silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini menggambarkan bagaimana guru membelajarkan siswa untuk mengenal bangun-bangun geometri melalui kegiatan mendeskripsikan benda-benda disekitar mereka. Di awal kegiatan, siswa diajak mengeksplorasi ciri-ciri benda dan dibimbing mendeskripsikannya dengan bahasa yang baik dan benar. Selanjutnya siswa mendemonstrasikan kemampuan mendeskripsikan benda. Akhir kegiatan sebagai penguatan, siswa ditugaskan untuk mendeskripsikan benda-benda yang ada di rumah mereka.
–
Pakar Dosen
Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.
Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.
Pakar Guru
Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.
Dr. Ir Suroyo, M.Sc.
Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Cara mengisi cukup baik, tetapi menutupnya kurang memberi makna ke murid, karena kurang penguatan dan menjelaskan mengapa kita harus bisa mendeskripsikan suatu benda.
Strategi, pendekatan, metode kurang maksimal, karena murid-murid masih sekedar mendengar dan menjawab tanpa merasakan/memegang bendanya dan evaluasinya belum jelas karena pertanyaan dijawab serentak hanya satu murid yang menjawab maju ke depan kelas.
Cukup sesuai walau belum maksimal.
Sebelum divideokan lebih baik, RPP (berkenaan dengan strategi,pendekatan,metode, media dan alat evaluasi) perlu didiskusikan dengan guru (pelaku di lapangan). Pengambilan gambar video/Pengeditan video jangan terlalu terpisah-pisah.
Satrio Setiawan, S.Pd.
Nama : Yulia Putri
Nim : 857031654
Mata kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar
UT UPBJJJ Bandar Lampung
Pokjar Sidomulyo
1. Reaksi anak-anak terlihat antusias dalam melihat kegiatan belajar, anak-anak cukup menyimak dengan baik.
2. Beberapa kelemahan guru dalam contoh vidio di atas salah satunya saat memulai pembelajaran guru kurang melakukan pendekatan sebelum mulai belajar, beberapa anak terlihat tidak berkonsentrasi.
3. Kelebihan dalam vidio belajar ini salah satunya adalah guru menggunakan media visualisasi, dengan hal itu siswa dapat lebih mempermudah siswa untuk mengenal bangunan-bangunan geometri dan mampu menjelaskannya.
4. Hal unik yang dapat di contoh dalam pembelajaran ini adalah bagaimana guru memberikan contoh menggunakan barang-barang di sekitar kelas sehingga siswa bisa mudah memahami pembelajaranya
5. Untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran ke depan, guru disarankan mengikuti pelatihan pendekatan interaktif agar bisa lebih dekat dengan siswa sejak awal pembelajaran. Penggunaan media visual juga perlu terus dikembangkan karena terbukti membantu pemahaman siswa. Selain itu, penerapan ice breaking bisa digunakan untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Guru juga sebaiknya memberikan ruang bagi siswa untuk memberi umpan balik, agar metode pembelajaran bisa terus disesuaikan dengan kebutuhan mereka.
Idarman Wati Zebua
859885505
Dari kegiatan video diatas
1. Guru tidak mengajak siswa berdoa dan tidak mengabsen siswanya
2. Guru tidak menanyakan tentang kabar siswa
3. Guru langsung melakukan proses pembelajaran.
Namun dari beberapa kelemahan guru tersebut.
Ada beberapa hal baik yang dapat di ambil
1. Keaktifan siswa dalam belajar
2. Bahasa sederhana yang dilakukan guru tersebut sehingga memudahkan siswa untuk memahami
3. Guru menjelaskan tidak hanya teori tetapi di praktekkan melalui benda yang ada disekitar.
4. Siswa mudah memahami dan mengingat di karenakan mereka langsung melihat dan meraba secara langsung benda yang di jelaskan guru tersebut .
5. Selalu membentuk diskusi kelompok memudahkan siswa bisa berbaur dengan teman temannya
Assalamualaikum WR, Wb.
Izin Menjawab komentar untuk memenuhi Tugas
Nama : Septiyana Permana
Kelas : D
Semester : 6
UBPJJ : Bandar Lampung
Pokjar : Sidomulyo
NIM : 857029697
1. Reaksi siswa cukup senang, telatem dan cukup disiplin dalam mengikuti pelajaran yang gurunya jelaskan
2. menurut saya kelemahan dalam melakukan pelajaran ialah guru kurang banyak memberikan contoh bentuk gambar yang lain kepada anak murid
3. kelebihan guru tersebut ialah menurut saya bisa menjelaskan dengan sabar dan telaten, apalagi dengan sistem duduk berkelompok, menumbuhkan rasa kekompakkan terhadap murid
4. hal hal unik yang saya dapatkan setelah menonton video tersebut ialah murid berani untuk maju dan menjelaskan. disitu kita sadar bahwa anak murid yang diajarkan guru tersebut paham dan berani
5. menurut saya tinggal banyak memberikan pelajaran lebih bervariatif lagi, apalagi soal benda, karena banyak sekali unsur benda di kehidupan dan lingkungan sekitar kita yang bisa kita jadikan contoh dan membuat murid semakin tahu akan pentingnya matematika dalam kehidpuan kita.
Nama: LISA MARTHIANA WARUWU
NIM: 859883558
Mendeskripsikan benda secara tepat
Beberapa yang saya ketahui berbagai kesalahan dalam video..
1. Ibu guru memang sudah menyapa dan
dalam penjelasannya mudah dimengertu namun ada beberapa hal yang masih belum
Disampaikan seperti mengajak siswa dikelasnya
untuk berdoa.
2. Ibu guru belum mengabsen siswanya terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
3. Ibu guru belum menjelaskan terlebih dahulu materi yang mau dipaparkan
4. Ibu guru belum mengondisikan siswanya supaya tertib dan tenang.
Kita sebagai bapak ibu guru.
Harus bisa mengetahui cara mendeskripsikan berbagai benda yang ada disekitar supaya siswa dapat memahami dengan baik🙏
dalam video yang diatas cukup jelas dan mudah dipahami oleh siswa apa materi yang disampaikan oleh guru apalagi langsu memberikan contoh benda yang ada di sekitar seperti kursi. Hanya saya guru masih belum mengecek kehadiran peserta didik, tidak berdoa sebelum memulaikan kegiatan belajar mengajar,m masih belum menjelaskan tujuan pembelajaran dan masih belum menyimpulkan tujuan pembelajara tersebut.
NAMA : Maya Nofrita
NIM : 857030684
POKJAR : Sidomulyo
MATKUL : PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
1. Judul video
– Matematika kelas 1 SD Mendeskripsikan Benda-Benda Secata Tepat
2. Ringkasan isi video
Pembelajaran dengan simulasi praktek untuk materi matematika SD kelas 1 dengan tema Mendiskripsikan benda-benda secara tepat.
Guru menggunakan alat peraga yang ada di dalam kelasnya untuk bisa menarik keaktifan anak dalam memberikan penjelasan .
3. Kelemahan pembelajaran dalam video
– Guru ketika masuk hanya menyapa ,tidak mengajak siswa untuk berDoa dahulu sebelum memulai pembelajaran .
– Guru tidak memperhatikan siswa yang tidak mendengarkan penjelasan materi yang ia sampaikan dan tidak mengkondisikan siswa nya untuk siap belajar agar fokus dengan yang disampaikan guru nya.
_ seharusnya guru sebelum pembelajaran berakhir dapet memberikan motivasi .
4. Kelebihan pembelajaran dalam video
– guru mengajar siswa dengan alat media berada disekitar nya sehingga bisa menarik perhatian siswa nya .
– memberikan tugas untuk siswa nya dirumah dengan meminta siswa untuk mencari benda-benda yang ada di sekitar.
-Menginformasikan tujuan pembelajaran nya apa, memberikan Penjelasan materi yang jelas,memberikan contoh alat peraga,Memberikan tugas PR di rumah.
5. Hal unik dalam pembelajaran video
– Pembelajaran nya menggunakan media yang nyata di sekitar kelas nya.
NAMA : Maya Nofrita
NIM : 857030684
POKJAR : Sidomulyo
MATKUL : PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
1. Judul video
– MATEMATIKA KELAS 1 SD MENDISKRIPSIKAN BENDA-BENDA SECARA TEPAT
2. Ringkasan isi video
Pembelajaran dengan simulasi praktek untuk materi matematika SD kelas 1 dengan tema Mendiskripsikan benda-benda secara tepat. Guru menggunakan alat peraga yang ada di dalam kelasnya untuk bisa menarik keaktifan anak dalam memberikan penjelasan.
3. Kelemahan pembelajaran dalam video
– Guru ketika masuk hanya menyapa ,tidak mengajak siswa untuk berDoa dahulu sebelum memulai pembelajaran .
– Guru tidak memperhatikan siswa yang tidak mendengarkan penjelasan materi yang ia sampaikan dan tidak mengkondisikan siswa nya untuk siap belajar agar fokus dengan yang disampaikan guru nya.
_ seharusnya guru sebelum pembelajaran berakhir dapet memberikan motivasi .
4. Kelebihan pembelajaran dalam video
– guru mengajar siswa dengan alat media berada disekitar nya sehingga bisa menarik perhatian siswa nya .
– memberikan tugas untuk siswa nya dirumah dengan meminta siswa untuk mencari benda-benda yang ada di sekitar.
-Menginformasikan tujuan pembelajaran nya apa, memberikan Penjelasan materi yang jelas,memberikan contoh alat peraga,Memberikan tugas PR di rumah.
5. Hal unik dalam pembelajaran video
– Pembelajaran nya menggunakan media yang nyata di sekitar kelas nya.
Nama : Surya Nugroho
Nim. : 856111118
Pada video yang saya saksikan guru kurang mengkondisikan keadaan kelas sehingga peserta didik belum sepenuhnya siap menerima pelajaran maupun penjelasan dari guru. Disisi lain, guru pada video yang saya saksikan menyampaikan materi dengan bahasa yang baik dan santun serta mudah dipahami peserta didik.
Assalamu’alaikum wr, wb.
Perkenalkan saya :
Nama : Mella Kristina
NIM : 857031758
Dari hasil analisis yang saya dapat dari refleksi pembelajaran pada vidio yang bertema “MENDESKRIPSIKAN BENDA SECARA TEPAT”. Ada beberapa temuan yang saya dapat :
1. Reaksi siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yg dilakukan guru tersebut sehingga menghidupkan suasana kelas dan tidak membuat para siswa merasa jenuh selama mengikuti proses pembelajaran.
2. Ada sedikit kelemahan yg dapat saya lihat dari vidio pembelajaran tersebut seperti kurangnya persiapan susunan pembelajaran dari guru sehingga mengakibatkan kelas kurang kondusif dan proses belajar mengajar tidak berjalan dengan baik.
3. Namun dari proses pembelajaran tersebut saya dapat melihat manfaat atau kelebihan yg mungkin dapat kita terapkan dalam proses belajar mengajar, seperti guru tersebut ia sangat baik dalam memilih dan memanfaatkan benda yg ada di lingkungan kelas sebagai bahan acuan untuk melakukan proses pembelajaran.
4. Hal unik yang saya lihat dari vidio tersebut siswa sangat produktif dalam mendeskripsikan benda² yg ditunjuk oleh guru seperti yg ada dalam vidio tesebut guru meminta siswa untuk mendeskripsikan sebuah bola dan siswa dapat menggambarkan bola tersebut dengan benar dan tepat.
5. Setelah saya melihat vidio tersebut dan menganalisis dgn seksama saya dapat menyimpulkan dalam mengevaluasi kegiatan belajar tersebut agar dapat meningkatkan kualitas belajar yang lebih baik. Alangkah baiknya sebelum kita memulai proses belajar mengajar kita sebagai seorang guru dapat menyusun terlebih dahulu tentang rangkaian belajar yang akan dilakukan pada hari tersebut, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dgn baik dan lebih kondusif.
Sekian Terimakasih🙏
Nama : MESKAN
NIM : 8777793781
MATA KULIAH : PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
POKJAR : SIDOMULYO
sumber vidio https://gurupintar.ut.ac.id/mendeskripsikan-benda-secara-tepat/
Menurut pendapat saya, Dari vidio tersebut, untuk materi penyampaiannya sudah cukup baik dan jelas.
siswa mudah di pahami oleh siswa.
Guru menggunakan contoh benda-benda yang ada di sekitar dan mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa dapat dengan mudah memahaminya
kelemahan pada vidio tersebut :
pada awal pembelajaran tidak menerapkan kegiatan berdoa
guru tidak membacakan tujuan pembelajaran
guru tidak mengajukan sesi tanya jawab