silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini menggambarkan bagaimana guru membelajarkan siswa untuk mengenal bangun-bangun geometri melalui kegiatan mendeskripsikan benda-benda disekitar mereka. Di awal kegiatan, siswa diajak mengeksplorasi ciri-ciri benda dan dibimbing mendeskripsikannya dengan bahasa yang baik dan benar. Selanjutnya siswa mendemonstrasikan kemampuan mendeskripsikan benda. Akhir kegiatan sebagai penguatan, siswa ditugaskan untuk mendeskripsikan benda-benda yang ada di rumah mereka.
–
Pakar Dosen
Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.
Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.
Pakar Guru
Video pembelajaran ini mengetengahkan upaya guru untuk memperkenalkan kepada siswa SD kelas rendah tentang geometri secara mendasar. Pendekatan pengkondisian pembelajaran (Gagne, 1992) yang dilakukan guru untuk meningkatkan perhatian melalui contoh bagaimana mendeskripsikan benda-benda konkrit di sekitar kelas yang dikenal oleh siswa. Langkah berikutnya dikenalkan benda-benda yang berbentuk bangun geometri sederhana, yaitu bola dan kotak yang langsung dijawab secara bersama. Model pembelajaran dimaksudkan melalui penemuan terbimbing secara kooperatif dengan membagi siswa dalam kelompok kecil, namun belum terlihat secara maksimal dimanfaatkan guru dan siswa. Hal ini terlihat dari penguasaan kelas masih secara kelompok besar. Ide guru memanfaatkan secara langsung dapat lebih ditambahkan dengan mempersiapkan pembelajaran melalui tugas sebelumnya yang berkaitan dengan Tema 2 “Kegemaranku” subtema 1 “Gemar Berolahraga” Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 kelas I SD/MI. Masing-masing kelompok membawa benda berupa berbagai peralatan olahraga dan musik di sekitar yang mempunyai bangun geometri sederhana, kemudian dengan model pembelajaran penemuan terbimbing siswa dapat lebih diperdalam dengan mengukur dimensi benda nyata. Kelompok siswa secara kooperatif mencatat data benda yang di bawa dan guru berkeliling membimbing setiap kelompok agar siswa baik secara kelompok maupun individu dapat medeskripsikan benda tersebut secara tepat.
Dr. Ir Suroyo, M.Sc.
Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, sebaiknya untuk anak kelas bawah, jika diawal guru membawa benda yang menarik dan bisa memanfaat benda tersebut tentu menjadi awal yang baik. Cara mengisi cukup baik, tetapi menutupnya kurang memberi makna ke murid, karena kurang penguatan dan menjelaskan mengapa kita harus bisa mendeskripsikan suatu benda.
Strategi, pendekatan, metode kurang maksimal, karena murid-murid masih sekedar mendengar dan menjawab tanpa merasakan/memegang bendanya dan evaluasinya belum jelas karena pertanyaan dijawab serentak hanya satu murid yang menjawab maju ke depan kelas.
Cukup sesuai walau belum maksimal.
Sebelum divideokan lebih baik, RPP (berkenaan dengan strategi,pendekatan,metode, media dan alat evaluasi) perlu didiskusikan dengan guru (pelaku di lapangan). Pengambilan gambar video/Pengeditan video jangan terlalu terpisah-pisah.
Satrio Setiawan, S.Pd.
Nama : Suyeni Orbayati
NIM : 857108366
Prodi : S-1 PGSD
Judul Video : Matematika Kelas 1 SD dengan Tema . ” Mendeskripsikan Benda Secara Tepat ”
Dalam video tersebut dapat dianalisis bahwa pembelajaran yang dilakukan sudah dapat dipahami , siswa sangat antusias dalam pembelajaran tersebut, metode yg digunakan juga sudah cukup baik interaksi guru dengan siswa juga baik, media yg digunakan juga sudah tepat , mulai dari benda yang ada dilingkungan sekitar kelas, guru juga melibatkan siswa untuk mencoba mendeskripsikan suatu benda dengan maju kedepan kelas hal ini melatih siswa untuk terampil dalam berbicara dan membangun kepercayaan diri pada siswa.
Bisa kita lihat sama-sama pada video kegiatan pembelajaran tersebut sudah cukup menarik karena di dalam proses pembelajaran tersebut guru melibatkan siswa untuk bisa aktif dan kreatif. Guru menyediakan media pembelajaran yg sesuai dengan materi yang akan di bahas dan siswa dapat mendeskripsikan barrang yang ada di dalam kelas. Hal ini akan membantu mempermudah pemahaman siswa terhadap mata pelajaran yang akan di bahas pada kegiatan pembelajaran tersebut. Ketika siswa merasa senang tentu proses pembelajaran akan sangat mudah di lakukan.
Nama: Fitri Melati Sukma
Nim : 857112216
Program studi: S1- PGSD
Bisa kita lihat sama-sama pada video kegiatan pembelajaran tersebut sudah cukup menarik karena di dalam proses pembelajaran tersebut guru melibatkan siswa untuk bisa aktif dan kreatif. Guru menyediakan media pembelajaran yg sesuai dengan materi yang akan di bahas dan siswa dapat mendeskripsikan barrang yang ada di dalam kelas. Hal ini akan membantu mempermudah pemahaman siswa terhadap mata pelajaran yang akan di bahas pada kegiatan pembelajaran tersebut. Ketika siswa merasa senang tentu proses pembelajaran akan sangat mudah di lakukan.
Nama : Nishfu Lailiyah
NIM : 858911392
UPBJJ : UT Jember
Pada video, guru tersebut telah mendeskripsikan dengan detail suatu benda. Media yang digunakan adalah bentuk nyata yang sering mereka temui di lingkungan sekitar. Dengan penggunaan media yang ada di sekitar siswa akan lebih meudah memahami atau mendeskripsikan benda. Selain itu, guru tersebut juga dapat menjadikan kelas lebih hidup. Dengan kata lain siswa yang ada mengikuti kegiatan pembelajaran antusias serta aktif dalam menjawab.
Untuk pemberian tugas kepada siswa alangkah baiknya guru memulai dengan benda-benda yang ada disekitar terlebih dahulu, kemudian berlanjud pada lembar kerja siswa pada LKS. Dengan adanya kesinambungan dari bobot soal mudah ke sulit mereka akan lebih mudah memahami dan menjawabnya.
Nama: Fitri Melati Sukma Nim : 857112216 Program studi: S1- PGSD
Pelajaran : Matematika di SD
Bisa kita lihat sama-sama pada video kegiatan pembelajaran tersebut sudah cukup menarik karena di dalam proses pembelajaran tersebut guru melibatkan siswa untuk bisa aktif dan kreatif. Guru menyediakan media pembelajaran yg sesuai dengan materi yang akan di bahas dan siswa dapat mendeskripsikan barrang yang ada di dalam kelas. Hal ini akan membantu mempermudah pemahaman siswa terhadap mata pelajaran yang akan di bahas pada kegiatan pembelajaran tersebut. Ketika siswa merasa senang tentu proses pembelajaran akan sangat mudah di lakukan.
Nama : Addina Mutiara Panjaitan
Nim : 856020469
Program studi: S1 PGSD
Pokjar : Labura
Menurut pengamatan saya setelah menonton video tentang
“mendeskripsikan benda secara tepat” video pembelajaran tersebut
mempunyai kelebihan dan kekurangan
Kelebihannya adalah guru membuat kelompok untuk murid agar saling
berdiskusi dan bekerja sama, guru juga memberikan contoh benda nyata
yang ada di sekitar kelas untuk mengenalkan dan mendeskripsikan , serta
guru juga memberikan umpan balik dalam bentuk tanya jawab.
Kekurangan di video tersebut yaitu
Guru tidak memberikan motivasi belajar kepada siswa, guru hanya di
depan kelas selama menjelaskan sehingga ada sebagian siswa yang
kesulitan atau tidak memperhatikan karena posisi duduk siswa
membelakangi guru yang sedang menjelaskan, guru tidak memberikan
kesempatan bertanya kepada siswa, guru belum menyimpulkan materi
pelajaran tersebut, dan guru tidak memberikan PR kepada siswa, hanya
sebagian siswa yang aktif.
Nama : Addina mutiara Panjaitan
Kelas : 6A AKPMM
Pokjar : Labura
Nim : 856020469
Program studi : S1 PGSD
Menurut pengamatan saya setelah menonton video tentang”Mengajar berat
benda” terdapat kelemahan dan kelebihan.
Kelemahan dalam vidio :
-Tidak ada berdoa sebelum dan selesai belajar.
– siswa kurang aktif dalam merespon pertanyaan dari guru.
Reaksi siswa
Siswa mampu menjawab soal tentang berat benda.
Kelebihan dalam vidio :
-Guru menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
-Menggunakan media pembelajaran yang nyata.
Hal unik yang ada di dalam vidio :
Guru memberi peluang kepada peserta didik untuk berani tampil
Tanggapan mengenai kelemahan dan kelebihan dalam vidio :
Guru harus memulai kegiatan pembukaan dan penutupan pembelajaran dengan
berdoa.
Guru harus mengondisikan siswa sebelum memulai pembelajaran.
Nama : ROSTININGSIH
Nim : 857136261
PRODI : S 1 PGSD
Menurut pengamatan saya :
Dalam penyampaian materi sudah baik , hanya guru sesekali memberi kesempatan kepada siswa ,agar siswa berani atau dapat membuat kalimat masiing -masing dan dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
Dalam pelajran mendeskrpsikan sebuah benda kiata bisa melihat dari tingkat kelas nya.
Karena biasakan tingkat kelas nya menggunakan bahasa yang baik dan benar.
Jika tingakat kelas nya lebih rendah kita dapat menggunakan bahasa sehari-hari.
Kita perhatikan juga bahwa tidak semua siswa dapat mendeskripsikan sebuah benda dengan baik, akan tetapi kita sebagai guru hendak nya berusaha mengajarkan mulai dari benda yang terdapat disekita kelas dahulu.
Dalam awal memulai pelajaran diusahakan terlebih dahulu berdo’a.
Setelah berdo’a kemudian guru mengabsen siapa hari ini yang tidak masuk.
Setelah itu mengadakan observasi ,boleh memberikan semanagt dengan cara mengajak mereka bermain tepuk tangan,atau bernyanyi bersama agar mereka semangat dalam menerima pelajaran dengan baik.
Nim: 857098416
prodi: PGSD
Menurut pendapat saya berdasarkan video yang mendeskripsikan benda secara tepat ada beberapa hal yang belum diterapkan oleh guru dalam video tersebut seperti mengabsen siswa,berdoa dan mempersiapkan siswa untuk mempelajari materi karena terlihat beberapa siswa yang kurang fokus saat memulai pembelajaran.
Akan tetapi guru dalam menyampaikan materi sudah cukup bagus dia memilih benda nyata untuk dijadikan bahan ajar,dan siswa pun begitu antusias saat guru menjelaskan dan mereka juga merespon saat pembelajaran.dan guru juga memberikan umpan balik pada siswa nya mengenai materi
namun
Ada hal yang kurang, Seharusnya pembelajaran diawali dengan salam , menyapa siswa dan berdoa atau juga bisa ditambah ice breaking agar membangun konsentrasi dan semangat belajar siswa, guru juga tidak mengelola kelompok untuk berdiakusi sehingga ada salah satu anak yang bermain sendiri , sebelumnya guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan disampaikan.
Nama:Riska Widyana Astuti
NIM : 856217232
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Harau
Guru tersebut menjelaskan materi dengan memanfaatkan benda-benda di sekitar kelas, sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi.
Guru juga terus mengajak siswa untuk bertanya jawab, tidak hanya berceramah mengenai materi kepada siswa, sehingga siswa berpartisipasi dengan aktif dan partisipasi siswa tersebut membuat kita mengetahui bahwa siswa sudah memahami materi.Guru juga meminta salah satu siswa untuk maju ke depan membacakan hasil pekerjaannya, dimana hal tersebut menurut saya melatih keterampilan siswa untuk berbicara di depan umum.Pembelajaran yang dilakukan menurut saya sudah sangat baik dan kreatif.