Sinopsis

Program ini berisi cuplikan pembelajaran dengan pokok bahasan Unsur Intrinsik Cerita Pendek (cerpen). Dalam tayangan pertama, guru terjebak dalam pembelajaran “klasik” dengan model ceramah. Saat menjelaskan unsur intrinsik, guru hanya menjelaskan secara searah tentang definisi unsur intrinsik, seperti tema, alur, penokohan, dan latar. Saat akhir pembelajaran dan guru harus melakukan evaluasi, semua siswa tidak dapat memaparkan kembali apa yang disebut unsur intrinsik. Dalam tayangan kedua, ditampilkan guru yang mampu mengajak siswa dalam mengapresiasi cerpen. Siswa langsung diberikan sebuah cerpen untuk dibaca secara pribadi. Setelah itu, ketika membahas unsur intrinsiknya, mereka dibentuk dalam kelompok-kelompok. Dengan cara ini, semua siswa dapat dengan jelas menangkap materi pembelajaran dan menjelaskan dengan benar unsur-unsur tersebut atas dasar apresiasi secara langsung.


Alternatif pemecahan kasus pembelajaran yang terdapat pembelajaran pertama. Di dalam alternatif pembelajaran tersebut, diperlihatkan bagaimana proses pembelajaran menulis dengan menggunakan puisi sebagai medianya. Penggunaan puisi sebagai media pembelajaran menulis membuat siswa tertarik, senang, aktif, dan kreatif dalam menulis cerita.


Anda tertarik untuk mengetahui secara lengkap proses pembelajaran tersebut? Silakan Anda simak baik-baik video berikut. Selamat menyimak dan semoga Anda mendapatkan pencerahan dari tayangan video tersebut.

 

Tayangan video mengenai pembelajaran apresiasi sastra dengan topik “Menentukan Unsur Intrinsik Cerita dengan Analisa” sudah sesuai dengan kompetensi yang diharapkan yaitu siswa dapat mengapresiasi sastra melalui pembelajaran yang dilakukan.

Tayangan pertama terdapat kasus pembelajaran. Contoh kasus pembelajaran terlalu buruk bukan hanya interaksi dan metode yang digunakan guru yang salah tetapi materi yang disajikan guru pun salah.


Video kedua ditayangkan video perbaikan kasus pembelajaran di atas. Pembelajaran apresiasi sastra dengan metode analisa cerpen yang tergambar:


Melalui arahan guru siswa menemukan sendiri kompetensi yang diharapkan melalui membaca secara aktif melalui media buku cerpen, menganalisis unsur intrinsik dan menemukan unsur intrinsik sendiri, dan guru memperkuat pemantapan siswa dengan menayangkan ulang unsur-unsur intrinsik (melalui infokus) sehingga pembelajaran sangat berhasil.


Cara guru membuka pembelajaran sudah baik karena sudah menggunakan unsur-unsur pembuka pembelajaran seperti:

1. Menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Melakukan apersepsi.


Cara menutup pembelajaran sudah baik karena siswa diberi evaluasi yang langsung dinilai melalui teknik tanya jawab. Kekurangannya guru tidak memberikan pengayaan yang dapat menambah dan meluaskan pemahaman siswa misalnya guru menghimbau siswa untuk sering membaca berbagai jenis cerpen.


Kesan umum


1. Pembelajaran sangat menarik,

2. siswa mendapatkan pengalaman membaca cerpen langsung,

3. Siswa melakukan analisis unsur intrinsik sehingga dengan bimbingan guru siswa dapat menemukan sendiri kompetensi yang diharapkan, yang menandakan tujuan pembelajaran apresiasi dengan analisisa sudah tercapai.

 

Ratu Badriyah

Tayangan video bagus saat menjelaskan materi unsur intrinsic cerpen. Karena akan membuat siswa lebih semangat dalam belajar dan mempermudah siswa dalam menyerap/memahami materi pelajaran.

Dra. Juwita Nurhayati

Similar Posts

34 Comments

  1. Nama : KAREL AGUSTINUS DJAMI BANGNGU
    NIM : 016483822
    PRODI : BAHASA SAN SASTRA INDONESIA

    Tayangan Video Pertama:
    pembelajaran yang dirasakan oleh siswa tidak menyenangkan dan terlihat membosankan. dalam proses pembelajaran yang dilakikan oleh guru tidak sesuai dengan alur pembelajaran, oleh sebab itu anak-anak merasa bosan dan tidak memiliki antusias untuk mengikuti proses pembelajaran tersebut.
    Tayangan Video kedua:
    pada tayangan video kedua, guru telah melakukan proses perbaikan, yakni guru melakukan pembelajara sesuai dengan alur pembelajaran yakni ada kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
    pada grkiatan awal guru menyampaiakan tujuan pembelajaran dengan baik dan jelas serta memberikan apresiasi yang baik kepada siswa. oleh karena itu, siswa sangat antusias dan bahkan sangat bersemangat dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
    pada kegiatan inti, guru telah menyampaikan serta menjelaskan tentang pembelajaran yang akan di pelajarai , oleh karena itu siswa mendengankannya dengan seksama.
    cara yang dilakukan oleh guru pada video kedua sangan bagus sehingga menarik minat siswa untuk belajar serta mencerna semua apa yang disampaikan oleh guru.
    guru mempunyai kiat yang baikuntuk melatih, daya serap siswadengan cera memberikan evaluasi diakhir pembelajaran.

    ada hal unik yang saya lihat dari video kedua yakni penggunaan media pembelajaran yang memadai seperti LCD membuat anak-anak lebih mudah memahami akan materi yang diajarkan saat itu.

  2. Nama : Susana Fransina Bain
    NIM : 030748467
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    Menurut pendapat saya, pada video pertama siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran tersebut karena guru hanya berfokus pada teori dan hanya banyak ceramah; Sedangkan pada video kedua terlihat sangat jelas bahwa siwa sangat bersemangat saat pembelajaran berlangsung dan sangat berantusias dalam menjawab pertanyaan dari guru karena guru telah mengubah metode pembelajaran dari berceramah dengan menggunakan metode yang berbeda. Metode pembelajaran yang berbeda akan menghasilkan reaksi dan hasil yang berbeda pula dalam setiap pembelajaran. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk menggunakan berbagai metode pembelajaran yang sesuai agar siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

  3. Nama : Susana Fransina Bain
    NIM : 030748467
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    Menurut pendapat saya, pada video pertama siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran tersebut karena guru hanya berfokus pada teori dan hanya banyak ceramah; Sedangkan pada video kedua terlihat sangat jelas bahwa siwa sangat bersemangat saat pembelajaran berlangsung dan sangat berantusias dalam menjawab pertanyaan dari guru karena guru telah mengubah metode pembelajaran dari berceramah dengan menggunakan metode yang berbeda. Metode pembelajaran yang berbeda akan menghasilkan reaksi dan hasil yang berbeda pula dalam setiap pembelajaran. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk menggunakan berbagai metode pembelajaran yang sesuai agar siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

  4. Nama : Haryani Salim
    Nim : 031521418
    Prodi : Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia
    UPJJ : Manado

    Vidio yang saya lihat memberikan inspirasi bahwa mengajar membutuhkan metode yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan memanfaatkan media pembelajaran dengan maksimal ini terlihat pada cara guru menyajikan materi pada vidio tersebut. pertama guru menyajikan materi dengan metode klasik yaitu ceramah yang hanya mendefinisikan unsur-unsur intrinsik sehingga situasi terkesan monoton dan ketika guru melakukan evaluasi peserta didik terlihat belum menguasai materi tetapi ketika guru melakukan perbaikan dalam penyajian materi yaitu dengan memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik dengan membaca cerpen dan dikuatkan dengan penjelasan guru yang menggunakan power poin dalam menyajikan cuplikan-cuplikan kalimat yang berhubungan dengan unsur-unsur cerpen yang dibaca oleh peserta didik dan ketika guru melakukan evaluasi lisan peserta didik dapat menjawab dengan baik. ini membuktikan bahwa perubahan metode atau perbaikan dalam penyajian materi sangat berguna bagi peserta didik dan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran.

  5. Nama : Susana Fransina Bain
    NIM : 030748467
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    Menurut pendapat saya, pada video pertama siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pembelajaran tersebut karena guru hanya berfokus pada teori dan hanya banyak ceramah; Sedangkan pada video kedua terlihat sangat jelas bahwa siwa sangat bersemangat saat pembelajaran berlangsung dan sangat berantusias dalam menjawab pertanyaan dari guru karena guru telah mengubah metode pembelajaran dari berceramah dengan menggunakan metode yang berbeda. Metode pembelajaran yang berbeda akan menghasilkan reaksi dan hasil yang berbeda pula dalam setiap pembelajaran. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk menggunakan berbagai metode pembelajaran yang sesuai agar siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

  6. NAMA : KAREL AGUSTINUS DJAMI BANGNGU
    NIM : 016483822
    PRODI : BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

    REFLEKSI VIDEO PEMBELAJARAN
     Tayangan Video Pertama
    Pembelajaran yang dirasakan oleh siswa tidaklah menyenangkan dan terlihat sangat membosankan. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru tidak sesuai dengan alur pembelajaran. Oleh sebab itu anak-anak merasa bosan dan tidak mempunyai antusias untuk mengikuti proses pembelajaran tersebut.
     Tayangan Video Kedua:
    Pada tayangan video kedua, guru telah melakukan perbaikan yakni guru melakukan proses pembelajaran sesuai dengan alur pembelajaran, yakni ada kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
    Pada kegiatan awal, guru menyampaikan tujuan pembelajaran dengan baik serta memberikan apresiasi yang baik kepada siswa, oleh sebab itu siswa sangat antusias dan bahkan memiliki semangat untuk mengikuti setiap proses pembelajaran.
    Pada kegiatan inti, guru juga menyampaikan dan menjelaskan tentang materi pembelajaran yang akan dipelajari oleh siswa saat itu. Cara guru dalam melakukan proses pembelajaran membuat siswa mempunyai antusias, sehingga dengan mudah mencerna semua penjelasan yang diberikan guru.
    Guru mempunyai kiat yang baik untuk melatih serta menguji daya serap siswa tentang pembelajaran, dengan memberikan evaluasi di akhir pembelajaran.

    Satu hal unik yang saya lihat dari video kedua yakni, penggunaan media pembelajaran yang memadai seperti LCD, menambah semangat dan antusias siswa untuk belajar, serta membuat anak-anak lebih mudah memahami akan pembelajaran yang diajarkan saat itu.

  7. Nama: Herlina Paputungan
    NIM : 043172945
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    UPBJJ : Manado

    Setelah menyimak vidio pembelajaran di atas, saya ijin untuk menanggapi vidio pembelajaran tersebut :
    Tentang vidio pertama
    Pembelajaran yang berlangsung pada vidio pertama terasa sangat singkat sehingga para murid tidak mudah memahami materi yang diberikan guru tersebut, begitupun juga dengan kurangnya penjelasan tentang materi menemukan unsur-unsur intrinsik cerita yang di maksud gurunya.

    Tentang vidio kedua
    Pada vidio kedua dalan pembelajarannya guru ikut berperan banyak dalam menjelaskan dan juga memberikan pemahaman lebih kepada siswanya sehingga siswa yang belajar lebih cepat menangkap tentang materi yang diberikan gurunya.

  8. Nama : Firdaus Arrismal Maula
    NIM : 023618674
    Prodi : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

    Salam sejahtera untuk kita semua

    Tayangan vidio pertama

    kegitan awal guru terlihat kurang baik dalam mengajar para peserta didik kemudian masuk kegiatan inti guru terlalu singkat memberikan materi dan langsung memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang di ajarkan kepada peserta didik sehingga membuat mereka banyak yang belum mengerti dan paham dengan materi yang di ajarkan oleh guru,ini disebabkan karena guru hanya menggunakan metode pembelajaran ceramah untuk mengajar di dalam kelas. kegiatan penutup tidak di lakukan oleh guru setelah memberikan PR kepada peserta didik.

    Tayangan vidio kedua

    Pada kegiatan awal guru terlihat kurang sempurna membuka kegiatan pembelajaran lalu masuk kegitan inti guru mengajar para peserta didik sudah baik ini terlihat dari keaktifan belajar peserta didik dalam memahami materi serta menjawab pertanyaan-pertanyaan dari guru terkait materi yang sudah di ajarkan di kelas dan guru sudah menggunakan pembelajaran inovatif dengan media elektronik infokus untuk mendukung proses pembelajaran yang di lakukan meskipun dalam kegiatan penutup guru tidak memberi kesimpulan materi yang di ajarkan dan terlalu singkat menutup kegiatan pembelajaran.

    Tulisan tersebut merupakan analisis vidio dari saya
    sekian dan terima kasih

  9. Menurut pendapat saya, dalam kegiatan pembelajaran yang ada dalam tanyangan vidio 1, siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini terjadi karena model pembelajaran yang dilakukan guru kurang efektif, yaitu metode ceramah, hanya menjelaskan secara searah tentang definisi dari unsur intrinsik.

  10. Nama : Melisa M. N. Lantang
    Nim : 031522427
    Prodi : S1 Bahasa dan sastra Indonesia

    Saya akan coba memberikan analisis, sesuai dengan apa yang boleh saya pelajari dan pahami.

    -Menurut pendapat saya, dalam kegiatan pembelajaran yang ada pada tayangan vidio 1. Siswa kurang aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini terjadi, karena model pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang efektif, yaitu model ceramah dengan menjelaskan secarah searah pembelajaran tentang unsur intrinsik cerpen. Sehingga saat guru melakukan evaluasi pada akhir pembelajaran siswa tidak dapat memaparkan kembali materi yang diberikan guru.

    – Guru harus kreatif dalam menyiapkan materi yang akan diajarkan dengan menggunakan metode yang tepat. Agar siswa dapat lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dan guru juga akan lebih mudah dalam mentransfer ilmu kepada siswa.

    -Dalam tayang vidio selanjutnya. Guru dapat mengajak siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran, yaitu untuk mengapresiasi cerpen. Ketika siswa diberikan cerpen untuk dibaca, dan melihat dalam tayangan slide, maka siswa dapat memahami dan menjelaskan tentang unsur intrinsik cerpen yang dipelajari secara langsung.
    Siswa dapat berlatih menentukan jenis unsur intrinsik, terhadap cuplikan cerpen secara lisan. Dan menentukan unsur intrinsik cerpen dari cuplkian cerpen yan ada.
    Sehingga guru dapat memberikan evaluasi kepada siswa dengan hasil yang baik.

    – Dalam alternatif pembelajaran tersebut, proses pembelajaran menulis dengan menggunakan cerpen sebagai media pembelajaran, dapat membuat siswa tertarik, senang, aktif, dan kreatif dalam pembelajaran.

    Demikian analisis vidio dari saya.
    Jika ada yang kurang, kiranya boleh di tambahkan dan diperbaiki.
    Terima kasih 🙏

Leave a Reply