Sinopsis

Didalam ruangan laboratorium IPA suatu SMP tampak beberapa kelompok siswa sedang melakukan percobaan, sebagian kelompok tampak tidak serius dalam melakukan percobaan, mereka saling mengobrol dan tertawa, sebagian siswa hanya menonton temannya yang sedang bekerja melakukan percobaan. Bagaimana Seorang guru dapat mengaktifkan siswanya? Agar selama kegiatan praktikum berjalan dengan baik dan semua aktif, Guru tersebut membagi kelompok berdasarkan pemerataan kemampuan siswanya serta dengan distribusi kelompok yang merata. Kemudian guru membagikan LKS untuk tiap kelompok dan pemerataan tugas yang diberikan untuk tiap individu, sehingga kegiatan percobaan berlangsung dengan tenang karena semua siswa terlibat aktif. Tampak guru juga aktif dalam membimbing siswa.

Pertanyaan pemicu diskusi :
Sudah tepatkah strategi yang digunakan oleh guru tersebut di atas dalam mengaktifkan siswa. Selain strategi di atas, sebagai seorang guru strategi apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan siswa dalam belajar?

Tri Wahyuningsih

Video ini menayangkan tentang bagaimana agar siswa aktif dalam melaksanakan praktikum, khususnya praktikum tentang percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau.

Pada tayangan, presenter mengatakan bahwa praktikum merupakan kegiatan yang sangat disukai siswa, karena dapat mengasah kemampuan kinerja dan analisis siswa, tetapi sering ditemukan kegiatan praktikum yang berlangsung tidak tertib dan tidak efektif. Hal ini disebabkan karena anggota kelompok terlalu banyak dan pembagian tugas yang tidak jelas, sehingga beberapa siswa tidak terlibat dalam pelaksanaan praktikum dan cenderung bermain dengan temannya.

Ditinjau dari kesesuaian materi yang diberikan dengan tingkat perkembangan peserta didik sudah baik dan mudah untuk dilaksanakan, karena sudah sesuai dengan tingkat pemahaman siswa SMP terhadap bahan dan cara kerja yang harus dilakukan.

Materi yang diberikan pada pembelajaran sudah sesuai dengan kurikulum yang berlangsung pada saat ini karena dalam silabus kurikulum 2013 SMP kelas 7, 8, dan 9 edisi revisi tahun 2017 dimana pada kelas VIII, terdapat pembelajaran mengenai struktur dan fungsi tumbuhan (struktur dan fungsi akar, batang dan daun). Kompetensi dasar yang tercantum dalam kurikulum 2013 kelas VIII: menganalisis keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan dan pembelajarannya: mengamati dan mengidentifikasi struktur dan fungsi tumbuhan serta percobaan fotosintesis pada tumbuhan hijau.

Dari tayangan video dapat disarankan bahwa salah satu cara untuk mengaktifkan siswa melaksanakan praktikum sebagai berikut:
1. Jumlah anggota kelompok tidak terlalu banyak. Pembagian kelompok sebaiknya sesuai dengan tugas dan kemampuan siswa, sehingga setiap anggota kelompok dapat terlibat dalam pelaksanaan praktikum dan dapat memahami materi yang dipraktikumkan.
2. Guru menyiapkan lembar siswa, yg didalamnya terdapat penjelasan tentang prosedur kerja praktikum, sehingga siswa memahami apa yang akan dikerjakan dan dapat membagi tugas dalam kelompok.

Dra. Anna Ratnaningsih, M.Si.

Similar Posts

36 Comments

  1. Nama : Rita Anggraini
    NIM : 501173033
    Program Studi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ UT : Palembang

    Strategi yang digunakan oleh guru tersebut sudah tepat untuk mengaktifkan siswa dalam kegiatan praktikum. Dengan membagi kelompok berdasarkan pemerataan kemampuan siswa, memberikan LKS, serta pemerataan tugas, siswa akan merasa lebih terlibat dan fokus dalam melakukan percobaan. Selain strategi yang sudah dilakukan oleh guru tersebut, ada beberapa strategi lain yang dapat digunakan untuk mengaktifkan siswa dalam belajar, antara lain:
    a. Menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, seperti diskusi kelompok, tanya jawab, atau simulasi.
    b. Menggunakan media pembelajaran yang menarik dan relevan dengan konteks siswa, seperti gambar, video, atau benda nyata.
    c. Memberikan tantangan atau masalah yang memerlukan pemecahan secara aktif oleh siswa.
    d. Menerapkan cooperative learning, yaitu memberikan tugas yang memerlukan kerja sama antar siswa dalam kelompok.
    e. Memberikan umpan balik yang konstruktif dan positif kepada siswa.

    Dalam mengaktifkan siswa, penting juga untuk memperhatikan karakteristik siswa dan mengadaptasi strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka.

  2. Nama : Risma Yunita

    Nim : 501173183

    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Dalam vidio ini mengenai Mengaktifkan Siswa dalam Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan, pada kegiatan praktikum sangat disukai siswa sehingga pembelajaran praktikum dapat mengaktifan kinerja dan analisa siswa tetapi jumlah siswa mempengaruhi keaktifan siswa dalam melaksankan praktikum tersebut. ada beberapa solusi yang dapat dilakukan dalam pelaksanaan praktikum yaitu :

    – mengatur jumlah tiap kelompok sesuai dengan tugas yang akan dikerjakan sehingga semua siswa aktif melaksankan praktikum.

    – pembentukan kelompok yang heterogen dan pemerataan kemampuan siswa sehingga praktikum berjalan dengan baik

    – guru menyiapkan lembar kerja siswa yang didalamnya terdapat langkah-langkah dalam praktikum dan setiap sisiwa mempunyai tugas masing-masing yang sudah diatur dalam lembar kerja siswa sehingga semua siswa aktif dalam praktikum

  3. Nama: Nina Herlina
    NIM: 501223184
    Prodi: Magister Pendidikan Dasar

    Asalamualaikum wr wb.
    izin menanggapi,
    dalam video tersebut pembelajaran akan aktif dengan melakukan praktikum namun bukan hanya sembarang melakukan praktikum. dalam praktikum yang dilakukan biasanya masih saja ada siswa yang asik mengobrol dan tidak semua aktif dalam kegiatan tersebut, sehingga guru harus mengatur strategi dalam praktikum agar praktikum dapat berjalan dengan peserta yang aktif dan tidak ada yang mengobrol diluar topik kegiatan selain itu, tentu saja pembelajaran dibuat dengan kesan yang menyenangkan. Dengan perasaan para siswa yang merasa pembelajaran menyenangkan akan menjadikan pembelajaran tersebut menjadi bermakna, sehingga akan memaksimalkan daya ingat para siswa.
    dalam menentukan kelompok tentu saja guru harus memikirkan beberapa hal, seperti yang sudah disampaikan dalam video antara lain:
    1. guru harus membagi setiap kelompok sesuai dengan kegiatan yang akan dikerjakan
    2. pembagian setiap anggota kelompok haruslah merata sesuai dengan kemampuan siswa, sehingga semua kelompok dapat aktif mengikuti praktikum
    3. distribusi kelompok yang merata sehingga semua siswa tanpa terkecuali akan mendapatkan kelompoknya.
    4. Guru memberikan Lembar Kerja Siswa yang berisi tahapan kegiatan sehingga siswa mampu membagi tugas kepada setiap anggotanya secara merata. sehingga tidak ada anggota yang memiliki kesempatan untuk bersantai dan mengorbol.

    menurut saya, selain strategi-strategi diatas, kita juga bisa membuat praktikum menjadi aktif dengan memberikan kesempatan siswa mempresentasikan hasil praktikumnya di depan kelas/lab dan juga memberikan kesempatan siswa untuk melakukan tanya jawab setelah presentasi selesai.
    terimakasih.

  4. Nama : Indah Permatasari

    NIM : 501172973

    UPBJJ UT : Palembang

    Program Studi : Magister Pendidikan Dasar

    Saya sangat setuju dengan apa yang dilakukan guru dalam video tersebut yaitu sebelum praktek di laboratorium, guru mengatur jumlah anggota kelompok dengan cara memilih anggota kelompok berdasarkan pemerataan kemampuan siswa, dan guru menyiapkan siswa lembar kerja yang berisi tata cara praktikum agar semua siswa dapat aktif karena diberi tugas masing-masing. Selain itu, setelah latihan selesai, guru dapat mengadakan kuis dengan membagikan hadiah kepada responden, sehingga membuat siswa lebih bersemangat bahkan setelah pelajaran berakhir

  5. Nama : Atri Murni
    NIM : 501132883
    Program Studi : Magister Pendidikan Dasar

    Saya sangat setuju dengan yang di lakukan guru pada video tersebut. Pada video pembelajaran mengenai “Mengaktifkan Siswa dalam Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau” pembagian kelompok yang telah dilakukan oleh guru tersebut sangat bagus. dalam pembagian kelompok jumlah kelompok tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit disesuaikan dengan apa yang akan di pratekkan. begitu juga dengan anggota kelompoknya harus bersifat hetero artinya ada laki-laki perempuan dan kemampuan siswa ada yang pintar dan yang kurang. pembentukan kelompok dilakukan sebelum pratikum dilaksanakan agar setiap anggota kelompok dapat membagi tugas mengenai bahan-bahan yang harus dipersiapkan sehingga ketika waktu pratikum berlangsung tidak ada masalah tentang alat dan bahan.
    Strategi yang digunakan oleh guru tersebut sudah tepat untuk mengaktifkan siswa dalam kegiatan praktikum. Dengan membagi kelompok berdasarkan pemerataan kemampuan siswa, memberikan LKS, serta pemerataan tugas, siswa akan merasa lebih terlibat dan fokus dalam melakukan percobaan. Selain strategi yang sudah dilakukan oleh guru tersebut, ada beberapa strategi lain yang dapat digunakan untuk mengaktifkan siswa dalam belajar, antara lain:
    1. Menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, seperti diskusi kelompok, tanya jawab, atau simulasi.
    2. Menggunakan media pembelajaran yang menarik dan relevan dengan konteks siswa, seperti gambar, video, atau benda nyata.
    3. Menerapkan cooperative learning, yaitu memberikan tugas yang memerlukan kerja sama antar siswa dalam kelompok.
    4. Memberikan umpan balik yang konstruktif dan positif kepada siswa.
    Dalam mengaktifkan siswa, penting juga untuk memperhatikan karakteristik siswa dan mengadaptasi strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka.

  6. Nama : Atri Murni

    NIM : 501132883

    Program Studi : Magister Pendidikan Dasar

    Saya sangat setuju dengan yang di lakukan guru pada video tersebut. Pada video pembelajaran mengenai “Mengaktifkan Siswa dalam Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau” pembagian kelompok yang telah dilakukan oleh guru tersebut sangat bagus. dalam pembagian kelompok jumlah kelompok tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit disesuaikan dengan apa yang akan di pratekkan. begitu juga dengan anggota kelompoknya harus bersifat hetero artinya ada laki-laki perempuan dan kemampuan siswa ada yang pintar dan yang kurang. pembentukan kelompok dilakukan sebelum pratikum dilaksanakan agar setiap anggota kelompok dapat membagi tugas mengenai bahan-bahan yang harus dipersiapkan sehingga ketika waktu pratikum berlangsung tidak ada masalah tentang alat dan bahan. Strategi yang digunakan oleh guru tersebut sudah tepat untuk mengaktifkan siswa dalam kegiatan praktikum. Dengan membagi kelompok berdasarkan pemerataan kemampuan siswa, memberikan LKS, serta pemerataan tugas, siswa akan merasa lebih terlibat dan fokus dalam melakukan percobaan.
    Dalam mengaktifkan siswa, penting juga untuk memperhatikan karakteristik siswa dan mengadaptasi strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka

  7. Saya sangat setuju dengan yang di lakukan guru pada video tersebut. Pada video pembelajaran mengenai “Mengaktifkan Siswa dalam Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan Hijau” pembagian kelompok yang telah dilakukan oleh guru tersebut sangat bagus. dalam pembagian kelompok jumlah kelompok tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit disesuaikan dengan apa yang akan di pratekkan. begitu juga dengan anggota kelompoknya harus bersifat hetero artinya ada laki-laki perempuan dan kemampuan siswa ada yang pintar dan yang kurang. pembentukan kelompok dilakukan sebelum pratikum dilaksanakan agar setiap anggota kelompok dapat membagi tugas mengenai bahan-bahan yang harus dipersiapkan sehingga ketika waktu pratikum berlangsung tidak ada masalah tentang alat dan bahan. Strategi yang digunakan oleh guru tersebut sudah tepat untuk mengaktifkan siswa dalam kegiatan praktikum. Dengan membagi kelompok berdasarkan pemerataan kemampuan siswa, memberikan LKS, serta pemerataan tugas, siswa akan merasa lebih terlibat dan fokus dalam melakukan percobaan. Dalam mengaktifkan siswa, penting juga untuk memperhatikan karakteristik siswa dan mengadaptasi strategi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka

  8. Nama: SUPIAWATI
    Nim : 042667117
    prodi: FIKIP (Pendidikan biologi)

    ASSALAMUALAIKUM WR.WB
    Di dalam Video di atas Mengaktifkan Siswa dalam Percobaan Fotosintesis pada Tumbuhan.
    Saya sngat setuju, seblum guru melakukan praktikum guru sudah membentuk kelompok dan menjeaskan proses krja dalam praktikum,guru telah menyiapkan alat dan bahan setelah itu guru melaksanakan prktek dan siswa mendiskusikan dengan guru tersebut.kegiatan praktik di dalam vidio merupakan salah satu strategi mengaktifkan siswa dalam belajar selain melakukan praktik untuk mengaktifkan siswa yaitu dengan cara diskusi kwlompok dan memberikan penghargaan kepada siswa yang telah aktif dalam belajar.
    trimakasi….

  9. Dalam perbelajaran pratikum pasti akan mengalami berbagai kendala diantaranya ada peserta kelompok yang tidak aktif dalam diskusi, atau diskusi terjadi dalam suasana kehebohan dan lain sebagainya. Sehingga untuk melaksanakan pembelajaran pratikum harus dipersiapkan dengan matang. Seperti yang ada dalam video ada beberapa solusi untuk menciptakan keaktifan siswa dalam pratikum diantaranya, Pertama, mengatur jumlah anggota kelompok sesuai dengan jumlah tugas yang akan dikerjakan sehingga tidak ada anggota yang tidak memiliki tugas. Kedua, pembentukan kelompok harus memperhatikan tingkat kemampuan siswa, usahakan tingkat kemampuan siswanya heterogen. Ketiga, siapkan lembar kerja sebagai pedoman siwa dalam bekerja sehingga kegiatan siswa lebih terarah. Keempat, berikan penghargaan kepada siswa yang bisa memotivasi mereka dalam bekerja.
    Dengan adanya video ini dapat memberikan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran pratikum yang bisa diikuti oleh siswa secara aktif sehingga pembelajaran lebih efektif.

  10. NAMA : RIKA HERLINA
    NIM : 031351552
    PRODI : FKIP BIOLOGI

    Menurut pendapat saya strategi yang dilakukan guru pada video diatas sudah cukup tepat, dalam usaha untuk mengaktifkan siswa saat melakukan praktikum yaitu membagi kelompok sesuai dengan karakteristik dan kemampuan siswa, mendistribusikan pembagian kelompok secara merata, penggunaan LKS untuk mengarahkan siswa ke langkah-langkah praktikum yang akan dilakukan dengan benar. Namun hal ini masih perlu ditambahkan lagi agar keaktifan siswa jauh lebih meningkat dengan memadukan metode eksperimen ini dengan model pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa serta penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan bervariasi juga sangat penting digunakan dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan bagi siswa dan tidak monoton. misalnya menggunakan model problem based learning, metode eksperimen, diskusi, kerja kelompok, presentasi dan penggunaan media TIK untuk membuat sebuah permainan untuk menguji kemampuan siswa terhadap pemahaman materi dengan menggunakan games word square misalnya hal ini juga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Leave a Reply