silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama: Mutmainnah
Nim:859041478
Semester:4
Terimakasih gpo, video ini sangat bermanfaat bagi saya.
Berdasarkan video diatas, Saya memiliki acuan untuk mengatasi atau memberikan refleksi latihan pada anak didik saya yang kesulitan memegang dan menggunakan pensil.
NAMA : NURSYAM
NIM : 838007381
Video yang di tampilkan diatas sangat bermamfaat bagi anak terkhusus pada aspek perkembangan motorik halus anak dimana anak di berikan beberapa kegitan seperti memengang objek, memindahkan benda , dan memutar mutar benda agar dapat melatih konsentrasi dan kordinasi antara mata dan tangan peserta didik.
kegiatan tersebut sangat bermamfaat bagi saya untuk saya terapkan di tempat mengajar saya
Sekian dan terimah kasih… ilmunya sangat bermamfaat bagi saya selaku pendidik
Izin untuk berdiskusi
NAMA : JULIANA
NIM : 858104505
dari video yang saya tonton mengatasi anak yang tidak bisa memegang pensil dengan benar adalah sebagai guru kita harus memahami kemampuan anak peserta didik kita, menciptakan suasana yang menyenagkan dan tidak membuat anak merasa tertekan karena belum bisa memegang pensil dengan benar. dan kita sebagai guru juga perlahan-lahan melatih motorik halus si anak. banyak cara untuk melataih motorik halus anak, contohnya meremas kertas, melempar bola-bola kecil, memindahkan benda kecil misalnya manik-manik,bermain plasstisin dan masih banyak yang lain.
Nama : Ririn renitasari sari
Nim: 859686538
Materi yang disampaikan sangat bermanfaat untuk membantu orang tua dan guru memahami perkembangan motorik halus anak. Terima kasih atas penjelasan yang komprehensif.”
Penjelasan yang diberikan sangat jelas dan aplikatif. Semoga semakin banyak pihak yang menyadari pentingnya membimbing anak sejak dini dalam hal keterampilan dasar seperti memegang pensil.”
Video ini sangat membantu dalam memberikan wawasan tentang tahap perkembangan anak. Terima kasih Guru Pintar atas konten edukatifnya.”
Nama : Siti Istiqomah
NIm : 859915124
video tersebut sangat bermanfaat terutama bagi guru PAUD untuk melatih anak-anak cara
Memegang pensil dengan benar. dalam video tersebut guru melatih anak Dengan cara yang sangat tepat karena pendekatan yang digunakan guru tersebut yaitu melatih motok halus anak secara bertahap. Karena guru tidk memaksa anak memegang pensil secara langsung tetapi guru melatih keterampilan dasar motorik anak yang dapat mendukung kemampuan tersebut. Seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka dan memasang kancing baru, dsn membuka dan mengunci gembok.
Nama : Siti Istiqomah
NIm : 859915124
video tersebut sangat bermanfaat terutama bagi guru PAUD untuk melatih anak-anak cara Memegang pensil dengan benar. dalam video tersebut guru melatih anak Dengan cara yang sangat tepat karena pendekatan yang digunakan guru tersebut yaitu melatih motok halus anak secara bertahap. Karena guru tidk memaksa anak memegang pensil secara langsung tetapi guru melatih keterampilan dasar motorik anak yang dapat mendukung kemampuan tersebut. Seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka dan memasang kancing baru, dsn membuka dan mengunci gembok.
NAMA : SUSI KANIFATIN
NIM: 859683525
Tentu, mari kita analisis cara guru mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
### Ide untuk Menyelesaikan Masalah
1. **Perkembangan Motorik Halus:** Kemampuan memegang pensil dengan benar sangat bergantung pada perkembangan motorik halus anak. Motorik halus melibatkan koordinasi otot-otot kecil, terutama di tangan dan jari.
2. **Latihan Bertahap:** Melatih motorik halus secara bertahap adalah kunci keberhasilan. Dimulai dari aktivitas sederhana dan secara bertahap meningkatkan kompleksitasnya.
3. **Aktivitas yang Relevan:** Aktivitas yang dipilih harus relevan dan menarik bagi anak, sehingga mereka termotivasi untuk berlatih.
4. **Konsistensi dan Kesabaran:** Latihan yang konsisten dan kesabaran dari guru atau orang tua sangat penting dalam proses ini.
### Langkah-Langkah Solusi
#### Langkah 1: Memindahkan Air dengan Spon
Memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainnya menggunakan spon melatih kekuatan genggaman dan koordinasi tangan-mata.
* **Penjelasan:** Anak harus memeras spon untuk menyerap air, kemudian memindahkannya ke mangkok lain dan memerasnya lagi. Ini melatih otot-otot tangan dan jari.
* **Manfaat:** Meningkatkan kekuatan genggaman, koordinasi tangan-mata, dan kontrol motorik halus.
#### Langkah 2: Membuka dan Menutup Gembok Kunci
Membuka dan menutup gembok kunci melatih koordinasi jari dan kekuatan genggaman.
* **Penjelasan:** Anak harus memegang gembok dan kunci, memasukkan kunci ke dalam lubang kunci, dan memutar kunci untuk membuka dan menutup gembok.
* **Manfaat:** Meningkatkan koordinasi jari, kekuatan genggaman, dan pemahaman tentang hubungan sebab-akibat.
#### Langkah 3: Membuka dan Memasangkan Kancing Baju
Membuka dan memasangkan kancing baju melatih koordinasi jari dan ketelitian.
* **Penjelasan:** Anak harus memegang kancing dan lubang kancing, memasukkan kancing ke dalam lubang, dan menariknya hingga terpasang.
* **Manfaat:** Meningkatkan koordinasi jari, ketelitian, dan kemandirian.
-Cara guru mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap melalui aktivitas seperti memindahkan air dengan spon, membuka dan menutup gembok kunci, serta membuka dan memasangkan kancing baju.
### Sorotan
– **Pentingnya Motorik Halus:** Perkembangan motorik halus sangat penting untuk kemampuan menulis dan aktivitas sehari-hari lainnya.
– **Latihan yang Menyenangkan:** Membuat latihan menjadi menyenangkan dan menarik akan meningkatkan motivasi anak untuk berlatih.
– **Kesabaran dan Konsistensi:** Kesabaran dan konsistensi dalam melatih anak sangat penting untuk mencapai hasil yang optimal.
– **Modifikasi Aktivitas:** Jika anak mengalami kesulitan dengan aktivitas tertentu, modifikasi aktivitas tersebut agar lebih mudah dan sesuai dengan kemampuan anak.
Nama: Rismayanti
Nim: 858328963
Menurut saya video diatas gurunya sangat kreatif dalam memberikan kegiatan-kegiatan yang dapat melatih perkembangan motorik halus, dan terus mendampingi anak dalam kegiatan serta memberikan motivasi dan semangat.
Terima kasih.
nama ; JULIANA
nim : 858104505
semester 4
setelah menonton video diatas banyak sekali yang bisa saya terapkan ketika ada peserta didik saya yang takud untuk menangkap bola. Guru dalam video menunjukkan pendekatan yang sangat empati dan memahami. Ia tidak memaksa anak, tetapi berusaha memahami sumber ketakutan anak tersebut. Ini sangat penting karena menciptakan suasana aman dan nyaman bagi anak untuk belajar. Guru tidak langsung meminta anak menangkap bola dengan kecepatan tinggi. Ia memulai dengan latihan yang lebih sederhana, seperti melempar dan menangkap bola yang ringan dan lembut. Pendekatan bertahap ini efektif membangun kepercayaan diri anak secara perlahan.
Nama: Jusman
NIM : 856275646
Video ini sangat menarik dan membuka wawasan saya bahwa kemampuan memegang pensil tidak bisa langsung diajarkan pada anak, akan tetapi perlu juga dilatih melalui kegiatan motorik halus terlebih dahulu. Di TK tempat saya mengajar, saya juga pernah mencoba kegiatan memindahkan air dengan spons dan ternyata anak-anak sangat menikmatinya. Aktivitas ini tidak hanya melatih kekuatan dan koordinasi jari anak, tapi juga melatih konsentrasi dan kesabaran. Setelah menonton dan mempelajari video ini, saya menjadi terinspirasi untuk menambah variasi kegiatan motorik halus, seperti membuka dan memasang kancing baju atau membuka dan menutup gembok kecil. Kegiatan-kegiatan sederhana seperti ini sangat membantu anak-anak yang masih kesulitan menggenggam alat tulis dengan benar. Hal ini sejalan dengan pendapat Elizabeth B. Hurlock (1993) yang menyatakan bahwa perkembangan motorik anak usia dini sangat memengaruhi kesiapan belajar anak, termasuk dalam keterampilan menulis. Latihan motorik halus secara bertahap akan memperkuat otot-otot tangan yang berperan penting dalam aktivitas menulis dan menggambar. Oleh karena itu, sebelum anak dikenalkan pada kegiatan menulis, sangat penting bagi guru untuk memberikan stimulasi motorik halus secara konsisten dan menyenangkan. Terima kasih atas inspirasinya, saya merasa kegiatan ini sangat cocok diterapkan di kelas.