silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

6,754 Comments

  1. Video ini sangat menarik dan membuka wawasan saya bahwa kemampuan memegang pensil tidak bisa langsung diajarkan pada anak, akan tetapi perlu juga dilatih melalui kegiatan motorik halus terlebih dahulu. Di TK tempat saya mengajar, saya juga pernah mencoba kegiatan memindahkan air dengan spons dan ternyata anak-anak sangat menikmatinya. Aktivitas ini tidak hanya melatih kekuatan dan koordinasi jari anak, tapi juga melatih konsentrasi dan kesabaran. Setelah menonton dan mempelajari video ini, saya menjadi terinspirasi untuk menambah variasi kegiatan motorik halus, seperti membuka dan memasang kancing baju atau membuka dan menutup gembok kecil. Kegiatan-kegiatan sederhana seperti ini sangat membantu anak-anak yang masih kesulitan menggenggam alat tulis dengan benar. Hal ini sejalan dengan pendapat Elizabeth B. Hurlock (1993) yang menyatakan bahwa perkembangan motorik anak usia dini sangat memengaruhi kesiapan belajar anak, termasuk dalam keterampilan menulis. Latihan motorik halus secara bertahap akan memperkuat otot-otot tangan yang berperan penting dalam aktivitas menulis dan menggambar. Oleh karena itu, sebelum anak dikenalkan pada kegiatan menulis, sangat penting bagi guru untuk memberikan stimulasi motorik halus secara konsisten dan menyenangkan. Terima kasih atas inspirasinya, saya merasa kegiatan ini sangat cocok diterapkan di kelas.

  2. Nama : Jumiatun
    NIM : 858541497

    Dalam video diatas cara untuk mengatasi anak yang belom bisa memegang pensil dengan cara melatih motorik halus jari-jari anak dengan melakukan kegiatan-kegiatan memegang obyek dengan cara melenturkan jari dengan memindahkan air pakai spon dari tempat 1 ketempat yang lain,membuka gembok kunci,membuka dan menutup kancing baju.

  3. Nama : Evi Lintari
    Nim : 858100135
    Dari video pembembelajaran di atas sebagai pendidik mendapatkan suatu pembelajaran tentang bagaimana cara mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar karena memang masalah seperti ini adalah masalah paling sering terjadi di kegiatan pembelajaran oleh sebab itu dengan video pembelajaran ini saya lebih memahami bagaimana cara dan apa yang harus saya lakukan untuk mengatasi masalah jika anak belum bisa memegang pensil dengan benar .

  4. Nama : Evi Lintari
    Nim : 858100135
    Dari video pembelajaran di atas adalah salah satu masalah yang sering terjadi dan di alami oleh anak tak hayal terkadang anak jika sudah merasa diri nya tak mampu ada beberapa anak yang menangis dan takut untuk meminta bantuan, dengan melihat serta mempelajari isi dari GPO di atas saya lebih memahami bagaimana cara mengatasi masalah tersebut jika ada anak yang mengalami masalah belum. Bisa memegang pensil dengan benar.

  5. setelah saya menonton video diatas, saya menyadari pentingnya untuk melatiih jari jari anak sebelum anak ditugaskan langsung untuk menulis, karena tidak semua anak bisa memgang pensil dengan benar atau anak belum tentu mendapatkan pelajaran dari rumah..dan cara yang digunakan juga sangat efektif dalam melatih jari-jari anak. terimakasih

  6. Nama : Evi Lintari
    Nim : 858100135
    Dari video pembelajaran di atas merupakan salah satu masalah yang sering di alami oleh anak pada saat melakukan kegiatan pembelajaran dan ada juga anak yang takut untuk memberi tahu kepada gurunya apa sedang ia alami sehingga anak menangis dari video pembelajaran di atas saya lebih memahami bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut.

  7. nama: Niagara prasasti
    nim: 856643673

    menanggapi video tersebut merupakan hal yang sering terjadi pada anak usia pra sekolah karena pada usia tersebut kemampuan motorik anak belum berkembang dengan baik sehingga perlu adanya stimulasi dari orang tua maupun guru yang bisa memberikan pemeblajaran dasar seperti menyobek kertas, meremas benda, dan bisa juga menggerakkan jari-jemari memebentuk bulatan dengan menggunakan plastisin hal ini berguna untuk melenturkan jari-jemari anak agar mudah terbiasa memegang pensil.

  8. Nama : susi susanti
    Nim : 858102991
    Dari video diatas suatu masalah yang sering kita alami dikala awal anak masuk sekolah disaat mereka melakukan kegiatan pembelajaran malah mereka diam,menangis dan takut tapi mereka tidak berani memberi tahu yang sebenarnya di alami mereka kepada guru nya.
    video pembelajaran di atas saya lebih memahami bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut.

  9. Nama : Lestari
    NIM : 857996142

    Menurut saya video diatas sangat membantu Guru dalam menghadapi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
    Dalam video tersebut Guru harus bisa mengajarkan dengan sabar dan lembut kepada anak.
    Video tersebut juga menjelaskan cara – cara menghadapi masalah ini dengan sangat baik dan jelas.

  10. Nama : Destria Angelina Bawuno
    Nim : 859960398
    Semester 2

    Dari video di atas menunjukkan cara seorang guru mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Maka sebagai pendidik perlu memperhatikan anak-anak tersebut dan mengajari mereka bagaimana memegang pensil dengan benar, dan melatih terus keterampilan motoriknya sehingga anak tersebut lambat Laun akan bisa memahami cara memegang pensil dengan benar.

Leave a Reply