silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama Ester Sri Eryaningsih
Nim : 859682372
setelah mengamati video tersebut Bagaimana cara mengantasi anak belum dapat memegang pensil adalah Guru harus mengajari teknik awal yaitu melatih motorik anak ,supaya otot otott jari tangan kuat misalnya dengan cara meremas(meremas baju,/kertas membuat bola bola,menjimpit atau mengancing baju,dengan olah raga jari tangan diajak untuk menggegam jari tangan buka tutup dengan teknik tersebut anak dapat memeggang pensil dengan benar dan otot jari jari sudah lentur.
salam terima kasih
Nama: Reschy Surya Ningsih
Nirm : 859428882
pokjar : Luwu Utara
dam pembelajaran pemantapan kemampuan mengajar dalam video, mengatasi anak yg belum bisa memegang pensil dengan benar, dimana anak harus banyak latihan motorik halus seperti memengang pensil dgn benar, melatih perlahan dengan memasukkan benang kedalam manik-manik dan juga melatih konsentrasi anak dan minat dalam belajar menulis
Nama : Sriyati
NIM : 858464435
ijin Menanggapi Video diatas
Dengan melihat video yg di putar diatas cara guru menstimulasi anak sudah betul tetapi ada tambahan sedikit jika anak laki-laki biasanya senang bermain nah jadi bisa dilatih otot-otot jarinya dengan naik di tali titian, berayun dan permainan lainnya yang membuat genggaman anak menjadi kuat bisa juga dilatih dengan main plastisin, merobek dan meremas kertas. dan jikalau anak perempuan bisa bermain didalam saja. berbeda halnya dengan anak laki-laki yang mana lebih aktif dan sebaiknya stimulasi anak laki-laki lebih baik di luar kelas.
Dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa,pada anak pra sekolah memang tidak semua anak bisa memegang pensil dengan baik.Cara yang dilakukan oleh guru sudah sangat baik dalam melakuakan tahapan agar anak bisa memegang pensil dengan baik dan benar,serta melatih kelenturan otot-otot jari tangan untuk perkembangan motorik halus anak.
Video tersebut sangat bermanfaat bagi saya,dalam mengatasi anak yang masih belum bisa memegang pensil dengan baik dan benar.
Nama Ester Sri Eryaningsih
Nim 859682372
Setelah mengamati video tersebut untuk mengatasi anak yang tidak dapat memeggag pensil dengan baik adlah, Guru harus tahu teknik awal sebelum anak didik be;ajar menulis,teknik awal yg dimaksud guru dapat melatih motorik anak terutama otot jari tangan dengan cara meremas,(baju,kertas membuat bola bola, menjimpit,mengancing baju dll) bisa juga dengan olah raga tangan dengan cara mencengkram cengkram jari jemari tangan dengan kuat suapaya otot otot menjadi kuat dan dapat memeggang pensil dengan baik.
Assalamualaikum
saya sangat menyukai video yang tonton karena sangat memotivasi dan membantu anak-anak kesulitan dalam memegang pensil dan guru sangat kreatif dalam mengajari anak tersebut dan juga sangat sabar dalam membantu melenturkan otot-otot dan jari anak-anak.
Nama : Christy Febrianti Carlos
Nim : 859957329
Dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa,pada anak pra sekolah memang tidak semua anak bisa memegang pensil dengan baik.Cara yang dilakukan oleh guru sudah sangat baik dalam melakuakan tahapan agar anak bisa memegang pensil dengan baik dan benar,serta melatih kelenturan otot-otot jari tangan untuk perkembangan motorik halus anak. Video tersebut sangat bermanfaat bagi saya,dalam mengatasi anak yang masih belum bisa memegang pensil dengan baik dan benar.
nama Evrita Hunaidah nim : 877310723 melatih motorik anak sangat penting untuk melenturkan motorik anakterutama jari-jari saat memegang pensil . dalam video diatas guru sudah melakukan stimulus perkembangan motorik anak dengan sangat baik, namun seharusnya jika sebelum memberi tugas kepada anak-anak guru memberikan contoh terlebih dahulu kepada anak-anak bagaimana memegang pensil dengan benar dan sebaiknya kalau kita memberi tugas pada anak-anak pemula diberikan menebalkan garis lurus karena dianggap lebih mudah.
Nama : Arlentina Putri Vionata
Nim : 859038795
Setelah menyaksikan video ini, saya menyadari bahwa kemampuan motorik halus anak, khususnya dalam memegang pensil, adalah keterampilan yang memerlukan waktu, kesabaran, dan pendekatan yang tepat. Video ini memberikan gambaran jelas bahwa setiap anak berkembang dalam ritme yang berbeda, dan kita sebagai pendidik atau orang tua harus memberikan stimulus yang sesuai tanpa memaksakan. Selain itu, pentingnya memberikan contoh, memfasilitasi dengan alat tulis yang sesuai ukuran tangan anak, serta membangun suasana yang santai saat anak berlatih menjadi kunci sukses.
Nama: Nurmasari
Nim: 850881162
Cara penanganan anak untuk memegang pensil dengan benar adalah dengan melatih otot tangan anak dengan cara memindahkan air dengan spon ketempat wadah yang lain dan mengancingkan kemeja, mewarnai dan menggerakkan otot-otot tangan dengan cara buka tutup dengan seringnya dilakukan kegiatan melatih otot tangan dengan sendirinya anak akan bisa memegang pensil dengan benar.