silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
izin menjawab
video tersebut sangat bermanfaat bagi saya, karena memperlihatkan bagaimana guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Video ini menurut saya sangat bermanfaat bagi saya dan guru-guru PAUD/TK. Untuk membantu anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, penting untuk menstimulasi motorik halus mereka melalui berbagai aktivitas seperti :
– Aktivitas Penjepitan : Ajari anak menjepit kancing, biji-bijian, atau menggunakan penjepit kertas untuk melatih kekuatan jari-jari dan otot-otot tangan mereka
– Aktivitas Lain : Ajari anak meremas tanah liat, menggunakan botol semprot, atau bermain dengan lilin.
– Aktivitas Menjepit dan Memutar : Ajari anak untuk “menjepit” pensil dengan ibu jari dan telunjuk, lalu “memutar” pensil saat menulis.
– Menggunakan Pensil yang Lebih Panjang : Jika anak kesulitan memegang pensil pendek, gunakan pensil yang lebih panjang agar anak lebih mudah memegang dengan posisi yang benar.
nama : nurlela Latif
nim : 858590776
Setelah saya melihat video tersebut, Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar, sangat bermanfaat bagi guru yang belum tau tekhnik untuk melatih motoric halus sebagai melatih anak cara memegang pensil disekolah, tapi semua ada langkah-langkah untuk melatih otot-otot dan melenturkan jari-jari dengan kegiatan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lain menggunakan spon kemudian diremas atau di peras agar air bisa berpindah, latihan membuka dan mengunci gembok agar memegang objek semakin kuat, latihan membuka dan menutup seperti bisa nelakukan membuka dan menutup botol, kegiatan melatih memasang dan menutup kancing baju, itu sebagai melatih kelenturan dan jari-jari otot anak agar tidak kaku lagi dalam memegang pensil.
Nama : Arie Lestari
Nim : 859939266
Saya sangat menyukai video ini, karena sangat inspiratif dan edukatif. Cara Bu Guru mengajarkan anak-anak menebalkan garis dengan sabar dan semangat patut diapresiasi. Interaksinya hangat, seperti memotivasi dengan kata-kata ‘pintar’ dan ‘hebat’. Menurut saya ini sangat efektif membangun kepercayaan diri anak. Selain itu, video ini juga memberikan solusi praktis untuk membantu mengatasi tantangan umum dalam perkembangan motorik halus anak, seperti kesulitan membuat garis lengkung atau memegang pensil. Bagian yang paling saya suka dari video ini saat di mana Bu Guru memberikan contoh gerakan menebalkan garis dengan jelas (naik ke atas, turun ke bawah) disertai visual di papan tulis untuk membantu anak memahami pola gerakan dengan konkret. Latihan kelenturan jari dengan aktivitas memindahkan air menggunakan spons, membuka gembok, dan mengancing baju juga sangat kreatif! Metode ini tidak hanya melatih motorik halus tetapi juga mengajarkan kesabaran dan koordinasi. Secara keseluruhan, video ini sangat bermanfaat bagi guru dan orang tua dalam mendukung perkembangan anak usia dini. Terima kasih telah berbagi
Nama : Arie Lestari
Nim : 859939266
Saya sangat menyukai video ini, karena sangat inspiratif dan edukatif. Cara Bu Guru mengajarkan anak-anak menebalkan garis dengan sabar dan semangat patut diapresiasi. Interaksinya hangat, seperti memotivasi dengan kata-kata ‘pintar’ dan ‘hebat’. Menurut saya ini sangat efektif membangun kepercayaan diri anak. Selain itu, video ini juga memberikan solusi praktis untuk membantu permasalahan umum dalam perkembangan motorik halus anak, seperti kesulitan membuat garis lengkung atau memegang pensil. Bagian yang paling saya suka dari video ini saat di mana Bu Guru memberikan contoh gerakan menebalkan garis dengan jelas (naik ke atas, turun ke bawah) disertai visual di papan tulis untuk membantu anak memahami pola gerakan dengan konkret. Latihan kelenturan jari dengan aktivitas memindahkan air menggunakan spons, membuka gembok, dan mengancing baju juga sangat kreatif! Metode ini tidak hanya melatih motorik halus tetapi juga mengajarkan kesabaran dan koordinasi. Secara keseluruhan, video ini sangat bermanfaat bagi guru dan orang tua dalam mendukung perkembangan anak usia dini. Terima kasih telah berbagi
Video tersebut sangat bermanfaat karena menunjukkan pendekatan yang tepat dan menyenangkan dalam mengatasi masalah anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Guru tidak langsung memaksa anak menulis, tetapi justru fokus pada melatih keterampilan motorik halus secara bertahap. Kegiatan seperti memindahkan air dengan spons, membuka kancing, atau bermain kunci gembok memang terlihat sederhana, tapi sangat efektif untuk menguatkan otot-otot jari dan tangan anak. Ini adalah contoh penerapan stimulasi yang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini, sekaligus menunjukkan bahwa proses belajar tidak harus selalu lewat alat tulis, tetapi bisa melalui aktivitas bermain yang bermakna dan menyenangkan.
Dari video tersebut saagat bermanfaat apabila anak masih belum isa menuis atau memegang pensil dengan benar kita sebagai gurudapat memberikan pengarahan dan penyaluran motorik halus terlebih dahulu agar otot tangan anak luwes dan siap untuk menulis karena terjadinya anak belum dapat memegang pensil yaitu belum tuntas nya masa motorik haus anak denganmaksimal kita bisa mengguanakan cara meremas,memutar,meronce,membuka kunci anak juga bisa mnguji kosentrasi dan kesabaran dalam pemecahan masalah yang dihadapi
Nama: Amalia Purwanty
NIM: 858193762
Video ini menyajikan masalah umum yang terjadi dalam perkembangan fisik motorik terutama motorik halus anak tentang anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar.
Pendekatan yang dilakukan pada video ini sangat baik karena melalui rangsangan praktis seperti memindahkan air dengan spon untuk melatih jari, membuka dan menutup kunci gembok atau mengencangkan sekrup untuk memperkuat kemampuan memegang objek, serta melatih kelenturan jari dengan membuka dan memasang kancing baju.
Aktivitas-aktivitas tersebut tidak hanya melatih keterampilan motorik halus tetapi juga menyenangkan bagi anak. Sebagai tambahan, mungkin bisa dimasukkan juga kegiatan finger painting, bermain plastisin, atau menggunting kertas sederhana yang juga efektif untuk mengembangkan kekuatan dan koordinasi jari.
Juga perlu di ingat bahwa setiap anak memiliki tempo perkembangan yang berbeda, jadi kesabaran dan konsistensi dalam melatih mereka sangat diperlukan.
Nama :Maknah
Nim : 859182651
video ini sangat bermanfaat karena dengan pendekatan yang sangat tepat dan penuh kesabaran ,,Anak menunjukkan minat yang baik dalam kegiatan belajar, namun saat ini masih memerlukan bimbingan dalam keterampilan motorik halus, terutama dalam memegang pensil dengan benar. Hal ini merupakan bagian dari perkembangan yang wajar, dan dengan stimulasi serta latihan yang konsisten, anak akan semakin terampil. Orang tua diharapkan dapat mendampingi anak di rumah dengan latihan-latihan sederhana seperti menggambar, mewarnai, atau bermain menggunakan alat yang melatih otot-otot jari.
Saya sangat suka dengan vidio di seri pembelajaran paud tentang mengatasi masalah kesulitan dalam memegang pensil ini,karena sangat inspiratif dan edukatif serta menunjukan pendekatan yang menyenangkan. Di sini saya terinpirasi bahwa untuk mengatasi setiap permasalahan atau kesulitan belajar anak usia Dini seorang guru tidak seharusnya menggunakan cara yang kasar dan berkesan memaksa namun seorang guru Paud justru dengan sikap yang lembut penuh kesabaran serta fokus untuk melatih keterampilan anak secara bertahap melalui berbagai aktifitas bermain yang bermakna dan menyenangkan bagi anak usia dini.
Terima kasih Guru Pintar Oneline seri pembelajaran paud.