silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.
Badru Zaman
Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik, evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.
Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.
Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.
Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.
Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.
Tri Ekowati
Nama : Rosita
NIM : 856643562
UPBJJ : JAMBI
judul video : Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar
Dalam video ini menunjukkan pendekatan yang sangat tepat dalam mengatasi masalah fundamental pada anak usia dini. Saya sangat setuju dengan cara dan metode yang digunakan oleh ibu guru ini dalam mengajarkan anak memegang pensil. Dengan melatih anak sambil bermain, yaitu memegang gembok, memindahkan air, dan memasangkan kancing. Hal ini terlihat sederhana tetapi sangat menyenangkan hati anak anak. Guru dalam video memahami bahwa kemampuan memegang pensil tidak bisa dipaksakan secara langsung, melainkan perlu dibangun melalui kekuatan dan koordinasi otot-otot kecil terlebih dahulu.
Aktivitas yang dipilih – memindahkan air dengan spon, membuka gembok, dan memasang kancing – sangat relevan karena melibatkan gerakan pincer grip (menggunakan ibu jari dan jari telunjuk) yang merupakan dasar kemampuan memegang pensil. Video ini memberikan contoh yang bagus bagi guru PAUD agar lebih sabar dan kreatif dalam membantu perkembangan anak sesuai tahapannya. Terima kasih.
Nama : Yesi Tri Utari
NIM : 856821013
izin menanggapi dari video untuk ragam stimulasi yang di berikan menginspirasi saya untuk melakukan PTK di kelas saya yaitu menerapkan ragam stimulasi untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. seperti meremas kertas, menempel, membuka tutup botol, memasukkan benda kedalam botol, memasang kancing baju. video ini sangat bermanfaat. terimakasih untuk team pengembang
Nama : Anisa Amini A
NIM : 856592244
Saya sangat setuju dengan pendekatan yang ditunjukkan dalam video ini. Guru dengan sabar dan penuh perhatian membantu anak yang kesulitan memegang pensil dengan benar. Alih-alih langsung mengoreksi, guru memberikan stimulasi motorik halus melalui aktivitas yang menyenangkan, seperti memindahkan air menggunakan spons, membuka dan menutup gembok, serta memasang dan melepas kancing baju. Aktivitas-aktivitas ini membantu anak melatih koordinasi antara mata dan tangan serta memperkuat otot-otot jari, yang sangat penting untuk kemampuan menulis mereka di masa depan.
Pendekatan ini menunjukkan bahwa proses belajar tidak selalu harus langsung ke tujuan akhir, tetapi bisa melalui tahapan-tahapan yang menyenangkan dan sesuai dengan perkembangan anak. Saya juga belajar bahwa setiap anak memiliki kecepatan dan cara belajar yang berbeda, sehingga penting bagi guru untuk bersabar dan menyesuaikan metode pengajaran dengan kebutuhan masing-masing anak. Hal ini juga mengingatkan saya bahwa belajar sambil bermain adalah cara yang efektif untuk anak usia dini.
video diatas sangat membantu kita dalam menangani permasalahan pada anak. serta dari video ini kita juga mengetahui bahwa banyak cara yang bisa kita lakukan agar kemampuan motorik halus anak khususnya pada tangan agar terus dapat berkembang
assalamualikum
nama : holidatul munaroh
Nim : 856876515
dari penjelasan video diatas sangat membantu kami selaku tenaga pendidika untuk mengetahui tehnik mengajar anak yang belum memahami cara memegang pensil dengan baik dan benar. terimakasih
Assalammualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Kepada ibu dosen yang terhormat izin menjawab.
Nama: NURUL FALAH
Nim. : 859179044
Dengan cara melatih motorik halus anak secara bertahap. Caranya menebalkan garis sesuai pola, mencoret-coret krayaon atau mewarnai, menguntung kertas agar melatih koordinasi otot dan jari tangan anak, sebelum memberikan tugas kepada anak murid guru wajib memberikan contoh cara memegang pensil dengan benar agar pensil tidak mudah patah dan tidak membuat buku cepat robek seperti yang ada di video.
Agar hal tersebut tidak terulang kembali maka guru mengatasinya dengan memberikan latihan-latihan menulis awal dengan melakukan kegiatan-kegiatan sehari-hari.
1. Melatih kelenturan jari anak dengan cara memeras spon mangkok berisi air, memindahkan air ke mangkok yang lain dengan menggunakan spon diremas atau di peras setiap kali dipindah melatih motorik halus.
2.latih anak memegang satu objek dengan latihan membuka menutup kunci gembok atau gerakan membuka mengencangkan sekrup agar kemampuan objeknya semakin kuat dan berkoordinasi dengan baik. Selain itu juga melatih membuka dan menutup botol minuman.
3. Latih kelenturan jari-jari tangan dengan membuka dan memasangkan kancing baju, menjahit cara ini agar melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari tangan.
Assalamu’alaikum wr.wb
Sangat menginspirasi,akan saya tiru untuk anak didik saya. Kegiatan melenturkan dan menguatkan otot tangan anak yang belum pernah saya lakukan adalah membuka gembok dan mengencangkan skrup ataupun melonggarkan skrup. Terimakasih
Assalamu’alaikum
sangat menginspirasi, ada beberapa kegiatan yang belum pernah saya lakukan untuk melatih kekuatan otot tangan anak. Insyaallah akan saya tiru. Terimakasih atas ilmunya.
Assalamu’alaikum, sangat menginspirasi ada beberapa kegiatan pengutan jari tangan ,dan otot tangan yang belum pernah saya lakukan. Insyaallah beberapa kegiatan akan saya tiru, yaitu membuka kunci gembok dan melongarkan serta mengencangkan skrup.
terimakasih,semangat selalu
Nama : Raysa Nurpujawati Gunawan
NIM : 877839743
Izin menanggapi video diatas dengan judul “Mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar”
Langkah yang dapat dilakukan dengan kegiatan
1. Meremas spon yang basah untuk melatih kelenturan jari anak
2. Melatih anak memegang suatu objek contohnya membuka kunci gembok agar kemampuannya terkoordinasi dengan baik
3. Membuka dan memasang suatu kancing untuk melatih kelenturan dan koordinasi otot dan jari tangan anak