Mengenal Perekonomian Masyarakat Perkotaan dan Dampaknya bagin masyarakat Pedesaan

Sinopsis

Salah satu tantangan bagi guru IPS (ekonomi) adalah harus bisa menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Pada video ini menggambarkan bahwa pada awal pembelajaran metode yang digunakan guru kurang dapat menjelaskan materi, sehingga guru perlu merubah metode yang digunakan dengan tayangan video ini kemudian siswa diminta untuk berdiskusi. Siswa lebih tertarik dan mudah memahami materi Perekonomian Masyarakat Perkotaan dampaknya bagi Masyarakat Pedesaan. Pada video ini, siswa aktif dalam proses pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa menjadi aktif. Video ini dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran bagi guru IPS.

Similar Posts

  • Belajar Dari Peta

    Sinopsis Pada video ini memperlihatkan bagaimana guru memaksimalkan penggunaan peta sebagai media pembelajaran IPS. Siswa diupayakan dapat menemukan sendiri esensi belajar dengan peta baik secara individu maupun dalam kelompok. Setelah Anda menyimak dengan seksama tayangan video tersebut, tentu Anda akan mencoba menggunakan metode tersebut dalam pembelajaran IPS yang menjadi tanggungjawab Anda. Namun perlu diperhatikan antara…

  • Ayo Berorasi

    Sinopsis Keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat masih menemukan kendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan siswa untuk membiasakan mengemukakan pendapat lewat ide dan gagasannya terutama dalam penggunaan kata-kata. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami membiasakan mengemukakan pendapat lewat berorasi. Siswa diberi kesempatan bersimulasi bermain peran menjadi seorang tokoh…

  • My Idols

    Sinopsis Program ini mengulas pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan realia. Realia yang digunakan kali ini adalah poster-poster artis favourit para siswa. Poster-poster ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan topic Describing People. Dengan menggunakan berbagai poster orang terkenal/artis guru mengajak siswa untuk aktif berbicara. Guru bertanya cirri-ciri yang dimiliki oleh orang yang…

  • Konsep Fotosintesis

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lokasi sekolah terletak di daerah perkotaan Jakarta dengan lingkungan sekitar dikelilingi gedung tinggi dan lalu lintas yang ramai. Pembelajaran dilakukan pada pagi hari di kelas 7 sekolah menengah pertama dengan jumlah siswa sekitar 30 orang. Pada kegiatan pembelajaran ini guru berjenis kelamin laki-laki aktif membimbing…

  • Atmosfer dan Hidrosfer

    Sinopsis Atmosfir dan hidrosfir merupakan dasar bagi pengkajian lingkungan udara dan siklus air di permukaan bumi yang sangat diperlukan di dunia ini. Sebagai guru IPS di SMP harus bisa membangkitkan semangat siswa untuk belajar yang menyenangkan. Pada video ini menggambarkan strategi guru untuk membantu siswa memahami atmosfir dan hidrosfir. Guru mengajak siswa untuk bermain dengan…

  • Implementasi Nilai Pancasila Dalam Menanggulangi Aksi Terorisme di Indonesia

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lokasi sekolah terletak di daerah perkotaan yang dekat dengan jalan protokol tapi cukup kondusif dan nyaman. Pembelajaran dilakukan pada pagi hari di kelas 7 SMP dengan jumlah siswa sekitar 20 orang. Pembelajaran yang dilakukan adalah pembelajaran konseptual kekinian pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Pada kegiatan…

2 Comments

  1. Nama : Purnaming Wulan Hastutiningsih, NIM: 045112501, Pendidikan Ekonomi.
    Assalamu’alaikum wr wb,
    Mohon Ijin dari video yang saya simak ini, ada 2 hal yang ingin saya komentari :
    1.yang pertama metode pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran merupakan salah satu media yang cukup berhasil untuk memberi pemahaman materi kepada siswa karena lebih menarik dan disertai ilustrasi, gambaran dan contoh yang jelas tentang materi dibanding hanya melihat buku sembari mendengar ceramah dari guru. Metode ini pun juga sudah sering saya praktikkan di pembelajaran kelas saya.
    2. Yang kedua, diawal pembelajaran, kurang adanya kalimat-kalimat pemantik dari guru, disertai gesture dan mimik yang kurang ekspresif sehingga suasana serta respon dari siswa pun terlihat kurang bersemangat dan pasif.
    3. Metode grup investigation dapat menjadi metode yang dapat dilakukan setelah siswa mendapat tayangan materi lewat video. metode grup investigation membuat para siswa aktif berduskusi dan mendapat beberapa ide pemikiran dalam membuat simpulan isi materi dan memecahkan masalah.

  2. Nama: Ananda Indra Firmana
    NIM: 049821904
    Prodi: Pendidikan Ekonomi

    1.Pembukaan kelas yang hanya terdiri dari salam dan pertanyaan langsung dapat membuat siswa bosan dan tidak mengerti karena hal tersebut tidak memberikan konteks yang cukup bagi siswa untuk memahami tujuan dan topik pembelajaran yang akan dibahas. Siswa membutuhkan informasi yang jelas dan terstruktur tentang apa yang akan mereka pelajari di kelas, serta bagaimana materi tersebut dapat membantu mereka dalam mencapai tujuan akademik mereka. Oleh karena itu, sebaiknya seorang pengajar memberikan konteks yang cukup sebelum memulai pembelajaran.

    2.Dalam video pemebelajaran tersebut menggunakan video presentasi sangat membantu siswa memahami materi dengan baik karena video dapat memberikan konten visual yang menarik dan lebih mudah dipahami daripada hanya membaca atau mendengarkan presentasi verbal. Berikut adalah beberapa alasan mengapa video presentasi dapat membantu siswa memahami materi dengan baik. konten visual yang menarik, pemahaman yang lebih baik, fleksibilitas dan aksesibilitas, serta mendukung pembelajaran yang berbeda. Penggunaan video presentasi dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan membantu siswa untuk lebih terlibat dan fokus pada pembelajaran.

    3.Pada video tersebut guru membuat grup investigasi yang dapat membantu siswa belajar dengan cara yang berbeda dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Grup ini terdiri dari siswa-siswa yang bekerja bersama untuk menyelidiki atau menyelidiki topik tertentu. Dalam kelompok investigasi, siswa dapat berkolaborasi dan berdiskusi tentang topik tertentu, yang dapat membantu mereka lebih memahami materi dan meningkatkan keterampilan sosial dan interpersonal mereka. Grup investigasi juga dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan riset dan metodologi penelitian. Selain itu, siswa dapat belajar tentang cara-cara yang berbeda untuk mengumpulkan data, menganalisis informasi, dan menjelaskan hasil yang didapat. Selain itu, kelompok investigasi dapat membantu siswa memecahkan masalah dan meningkatkan motivasi mereka untuk belajar. Grup investigasi dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan presentasi dan komunikasi mereka. Setelah selesai melakukan penyelidikan, siswa dapat mempresentasikan hasil penelitian mereka kepada kelas atau kelompok lain.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://central.nasrda.gov.ng/
https://aenfis.com/cloud/bandarqq/https://aenfis.com/cloud/pkvgames/https://aenfis.com/cloud/dominoqq/
https://unm.edu.ni/old/pkvgames/https://unm.edu.ni/old/bandarqq/https://unm.edu.ni/old/dominoqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://cheersport.at/about-us/
https://sigarmas.com/backup/pkv-games/https://sigarmas.com/backup/bandarqq/https://sigarmas.com/backup/dominoqq/
https://www.spring.edu.sg/sci/pkv-games/https://www.spring.edu.sg/sci/bandarqq/https://www.spring.edu.sg/sci/dominoqq/
https://cecas.clemson.edu/mobile-lab/https://cecas.clemson.edu/ladnergroup/blog/water-jokes/https://cecas.clemson.edu/amic/https://science.clemson.edu/scinet/https://science.clemson.edu/systemsbiology/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/
https://gurupintar.ut.ac.id/
zeus slotmpo slotslot thailandslot gacorslot777