silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita.
Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana guru mengajak siswa mempraktekkan konteks pada soal yaitu melakukan permainan jual beli dengan uang kertas mainan dan alat peraga buah-buahan. Siswa berkesempatan mempraktekkan secara langsung dan mengetahui berapa jumlah uang mainan yang harus dibayarkan untuk pembelian sejumlah belanjaan. Pembelajaran menjadi menyenangkan dan menyebabkan penyelesaian soal cerita menjadi mudah bagi siswa.
Idha Novianti
Pakar Dosen
Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan benda nyata serta jarak antara cermin dan bayangan benda tersebut. Konsep yang ditanyakan oleh guru tersebut sangat sulit dijawab siswa, bahkan mungkin oleh siswa SMA sekalipun, jika didasarkan pada peragaan tersebut yang memang tidak memberikan ide atau gambaran tentang jarak yang ditanyakan. Dalam video ini, pertanyaan tersebut berusaha dijawab melalui penjelasan langsung dari guru dan kerja kelompok di antara para siswa.
Dalam video ini, para siswa kurang mendapat penjelasan konsep dari guru terkait dengan jarak. Penjelasan guru yang diberikan kurang memperjelas makna pencerminan dan peragaan di atas meja juga kurang mampu menunjukkan bagaimana hasil pencerminan itu diperoleh dan mengapa seperti itu hasilnya. Guru di akhir kegiatan tidak memberikan konfirmasi atau penekanan konsep yang tepat, khususnya jawaban terhadap pertanyaan di awal pembelajaran. Apakah jarak tersebut sama?
Dilihat dari aspek pembelajaran, tampak bahwa guru mengarahkan agar siswa bekerja secara kelompok, tapi sayang tidak tergambar secara jelas, bagaimana masing-masing siswa dalam kelompoknya sampai pada pemahaman konsep melalui diskusi kelompok yang intensif. Peran guru justru lebih dominan dalam meminta siswa dalam kelompok siswa untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana kira-kira bayangan dari esbuah benda jika dicerminkan. Tidak digarisbawahi bagaimana jarak antara titik sudut atau sisi dan cermin serta perbandingannya dengan jarak antara cermin dan bayangan benda tersebut.
Dalam video ini ada gambaran bahwa guru memberi penjelasan di saat siswa dalam posisi duduk berkelompok, suatu setting kelas yang sebaiknya dihindari, karena bisa mengakibatkan siswa sakit pinggang atau sakit leher. Sebaiknya guru menjelaskan di depan kelas saat siswa semuanya duduk biasa menghadap ke depan dan tidak dalam posisi membelakangi guru. Di saat mereka diskusi kelompok guru sebaiknya ikut terlibat diskusi di dalam kelompok.
Prof. H. yaya kusumah (UPI Bandung)
Pakar Guru
1. Dalam pembukaan guru harus memasukkan konsep perkalian.
2. Pemakaian media sudah cukup tepat.
3. Materi sesuai dengan perserta didik dan kurikulum.
Taufik Ma’ruf
Nama : Sanni siregar
Nim : 859880498
Program studi :PGSD BI
Dari video ini kita dapat melihat guru berusaha untuk melibatkan murid dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran jadi siswa semakin tertarik dan mudah memahami dan menyelesaikan contoh soal cerita.
Nama: Dian safitri
Nim: 856986805
prodi : PGSD
analisis video dalam belajar memahami cara menyelesaikan soal cerita
kelebihan dalam video tersebut strategi yang digunakan guru dalam membantu siswa dalam meyelesaikan soal cerita sudah sangat baik. namun ada juga kekurangannya di karenakan guru tidak memakai alat peraga , oleh sebab itu guru harus mempraktekkan dengan alat peraga alat peraga yang tepat, misalnya potongan lidi kecil-kecil, daun yang ada di sekitar sekolah, gambar buah-buahan, dll yang bisa kita gunakan untuk alat bantu peraga penghitungan nilai dalam soal cerita tersebut, agar siswa dapat dengan mudah memahami pemebelajaran yang di sampaikan guru.
Nama: Desya Zahra Fadhilah
Nim: 857158575
Pada video tersebut, proses belajar yang dilakukan cukup efektif, sehinggal materi yang dipelajari mampu dipahami dengan baik dan mudah oleh siswa dan siswinya. Terlebih dengan adanya alat peraga yang sangat membantu siswa sehingga mampu memahami dalam menyimak penjelasan tentang soal cerita matematika dalam materi penjumlahan buah apel dan jeruk, dengan perhitungan antara pembeli dan penjual, dari pembelajaran matematika dapat didefinisikan bahwasanya dengan perhitungan, penjumlahan, perkalian, pembagian, dan pengurangan tersebut agar para siswa dapat memahami dan menganalisa tentang perhitungan penjumlahan buah-buahan antara si pembeli dan penjual. Dengan hal ini siswa juga bisa mudah memahami dan menguasai uang rupiah.
Nama : Lisa oktriani anggraeni
Nim : 857568467
1.siswa dalam pembelajaran aktif
2.kereatif karna guru nya mengunakan
Media
3.guru sudah kreatif tetapi medianya
kurang menarik
4.gurunya unik bisa nembuat pelajaran
Seperti permainan sehingga
membuat Anak lebih menarik
5. Menurut saya medianya lebih
dimenarik kan lagi
Assalamualaikum..Wr Wb.
Nama : Pipit Panca Puspitasari
NIM : 857169277
Dalam Video tersebut, yang diawali dengan terlihat seorang guru mengajukan pertanyaan soal cerita Matematika kepada murid-muridnya kelas IV. Berdasarkan hasil Identifikasi dapat ditemukan Masalah sebagai berikut :
1. Rendahnya pemahaman siswa terhadap soal cerita matematika. Hal ini terlihat tidak ada yang bisa menjawab pertanyaan guru tersebut dikarenakan siswa yang tidak paham atau tidak tahu cara menjawab pertanyaan dari guru.
2. Dalam melakukan pembelajaran guru hanya menggunakan metode tanya jawab tanpa penjelasan terlebih dahulu.
3. Tidak menggunakan alat yang digunakan guru dalam pembelajaran tersebut.
Sebelum Tindakan Pembelajaran dilakukan, perlu adanya analisis masalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi permasalahannya. Berdasarkan permasalahan yang teridentifikasi yaitu :
1. Siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran yang berlangsung
2. Guru kurang memberikan contoh nyata , sehingga siswa sulit memahami pelajaran yang di sampaikan
3. Dalam pembelajaran guru tidak menggunakan media sebenarnya
Sebaiknya Kondisi pembelajaran seperti di atas tidak terjadi. Jika guru melakukan hal yang ke dua yaitu dengan salah satunya menggunakan alat peraga ( uang dan buah) dengan bermain peran (jual beli).
Nama EKO MARIYADI
Nim 837607643
Pokjar Jenggawah
UPBJJ JEMBER
Menurut saya video pembelajaran diatas sangat baik dan saya terinspirasi soal nya dengan media tapi siswa nya kurang menarik
Dan kalau bisa lebih semangat lagi supaya siswa menjadi nyaman didalam pembelajaran.
Nama: Anna Fitri Wahyuni
NIM: 858752791
Video pembelajaran di atas menerapkan media video dalam pembelajaran khususnya dalam pelajaran Matematika di sekolah dasar yang dapat memberikan ide bagi saya untuk menerapkan media tersebut dalam pembelajaran Matematika materi soal cerita. Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar dengan menggunakan media video dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa dapat lebih fokus dalam pembelajaran. Selain itu, dengan menerapkan media video itu dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran, sehingga siswa dapat mengerjakan soal cerita Matematika dengan penuh semangat dan antisius.
Nama : SITI HAWA SANGAJI
NIM : 856485623
Analisis video pembelajaran
Judul Video : “Mengerjakan soal cerita, belajar memahami cara menyelesaikan soal cerita”
Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Video pembelajaran ini berisi trik tentang cara mengerjakan soal cerita. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa sebab siswa bermain
peran secara langsung menggunakan media.
alam video pembelajaran tersebut, guru sudah sangat baik dan detail dalam menjelaskan materi. Untuk kelas tinggi siswa sudah dapat diberikan hafalan dalam perkalian, namun harus dipastikan juga bahwa siswa tersebut sudah memahami konsep perkalian itu sendiri.
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, namun sudah ada apersepsi dan tujuan pembelajaran yang disampaikan. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa dan belum ada tugas yang diberikan melalui latihan soal atau tugas di rumah.
Saran dan rekomendasi, sebaiknya video pembelajaran dibuat lebih menarik lagi, kemudian tahapan penyelesaian soal lebih di perjelas lagi, memberi kesempatan latihan soal secara mandiri agar lebih meyakinkan bahwa siswa benar-benar mengerti.
1. Kelemahan pembelajaran dalam video:
a. Kekurangan dari tayangan ini adalah guru kurang banyak melibatkan siswa dalam menjelaskan materi.
b. Saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa dan belum ada tugas yang diberikan melalui latihan atau tugas di rumah.
. Kelebihan pembelajaran dalam video
a. Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik.
b. Dengan penggunaan media atau alat peraga, siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran.
c. Dengan penggunaan metode pembelajaran bermain peran, siswa dapat menyelesaikan soal cerita dengan benar.
d. Guru memberikan umpan balik ke siswa.
e. Guru menguasai materi pembelajaran.
3. Hal Unik dalam Pembelajaran Video
a. Penggunaan media berupa buah jeruk dan buah apel (buatan) serta mata uang kertas tiruan,
Assalamualaikum… Perkenalkan saya Dinda… senang sekali rasanya mendapatkan ilmu dari video – video yang ada di Guru Pintar Online.
Video yang ingin saya diskusikan adalah : Belajar memahami cara menyelesaikan soal cerita.
Dalam kasus video di atas, siswa kesulitan dalam mendeskripsikan soal, sehingga pemahamannya juga menjadi terhambat. Oleh karena itu, guru berperan sebagai fasilitator untuk mampu menjembatani kekurang pahaman anak terhadap materi – materi yang diberikan dengan metode – metode pembelajaran. Dalam video ini, telihat bahwa guru memberikan metode pembelajaran bermain peran ( sebagai penjual dan pembeli) sehingga anak tidak lagi hanya membayangkan, tetapi bisa langsung merasakan proses penjumlahan.
Nama : ARUM WILUJENG
NIM : 859670228
Program Studi : S-1 PGSD
Video : Mengerjaan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita “Belajar Memahami cara menyelesaiakn soal cerita”
Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dalam video yaitu dengan kegiatan tersebut siswa lebih aktif dalam melakukan pembelajaran. Siswa dapat memahami materi dengan kegiatan jual beli dengan peran penjual dan pembeli. Kelemahan Guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti salam, Guru tidak menjelaskan sedikit materi tentang materi tersebut atau mengulas Kembali materi sebelumnya. Kelebihan dalam melakukan pembelajaran yaitu Guru dapat mengetahui siswa yang paham dan tidak paham soal cerita berdasarkan praktek jual beli. Hal unik dalam video yaitu menggunakan media pembelajaran buah jeruk, buah ape, serta uang mainan. Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran guru harus melakukan refleksi, kesimpulan dari akhir pembelajaran.