silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita.
Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana guru mengajak siswa mempraktekkan konteks pada soal yaitu melakukan permainan jual beli dengan uang kertas mainan dan alat peraga buah-buahan. Siswa berkesempatan mempraktekkan secara langsung dan mengetahui berapa jumlah uang mainan yang harus dibayarkan untuk pembelian sejumlah belanjaan. Pembelajaran menjadi menyenangkan dan menyebabkan penyelesaian soal cerita menjadi mudah bagi siswa.
Idha Novianti
Pakar Dosen
Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan benda nyata serta jarak antara cermin dan bayangan benda tersebut. Konsep yang ditanyakan oleh guru tersebut sangat sulit dijawab siswa, bahkan mungkin oleh siswa SMA sekalipun, jika didasarkan pada peragaan tersebut yang memang tidak memberikan ide atau gambaran tentang jarak yang ditanyakan. Dalam video ini, pertanyaan tersebut berusaha dijawab melalui penjelasan langsung dari guru dan kerja kelompok di antara para siswa.
Dalam video ini, para siswa kurang mendapat penjelasan konsep dari guru terkait dengan jarak. Penjelasan guru yang diberikan kurang memperjelas makna pencerminan dan peragaan di atas meja juga kurang mampu menunjukkan bagaimana hasil pencerminan itu diperoleh dan mengapa seperti itu hasilnya. Guru di akhir kegiatan tidak memberikan konfirmasi atau penekanan konsep yang tepat, khususnya jawaban terhadap pertanyaan di awal pembelajaran. Apakah jarak tersebut sama?
Dilihat dari aspek pembelajaran, tampak bahwa guru mengarahkan agar siswa bekerja secara kelompok, tapi sayang tidak tergambar secara jelas, bagaimana masing-masing siswa dalam kelompoknya sampai pada pemahaman konsep melalui diskusi kelompok yang intensif. Peran guru justru lebih dominan dalam meminta siswa dalam kelompok siswa untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana kira-kira bayangan dari esbuah benda jika dicerminkan. Tidak digarisbawahi bagaimana jarak antara titik sudut atau sisi dan cermin serta perbandingannya dengan jarak antara cermin dan bayangan benda tersebut.
Dalam video ini ada gambaran bahwa guru memberi penjelasan di saat siswa dalam posisi duduk berkelompok, suatu setting kelas yang sebaiknya dihindari, karena bisa mengakibatkan siswa sakit pinggang atau sakit leher. Sebaiknya guru menjelaskan di depan kelas saat siswa semuanya duduk biasa menghadap ke depan dan tidak dalam posisi membelakangi guru. Di saat mereka diskusi kelompok guru sebaiknya ikut terlibat diskusi di dalam kelompok.
Prof. H. yaya kusumah (UPI Bandung)
Pakar Guru
1. Dalam pembukaan guru harus memasukkan konsep perkalian.
2. Pemakaian media sudah cukup tepat.
3. Materi sesuai dengan perserta didik dan kurikulum.
Taufik Ma’ruf
Nama : Ni Luh Riyantini
NIM : 859042953
UPBJJ
Video ini sangat membantu dalam mengajarkan siswa cara menyelesaikan soal cerita. Penyajian materi yang jelas memandu siswa melalui langkah-langkah penting, mulai dari memahami konteks cerita, mengidentifikasi informasi kunci, hingga menentukan operasi matematika yang sesuai. Video ini juga mengajarkan pentingnya berpikir logis dan sistematis dalam menyelesaikan soal. Cocok untuk siswa yang ingin memperkuat pemahaman matematika melalui soal-soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Nama : Rahmi Niski Putri
NIM : 856291239
Pokjar : Padang
Menurut saya sebelum siswa menguasai konsep soal cerita yang diberikan guru guru melewatkan materi begitu saja tanpa menjelaskan terlebih dahulu materi yang akan di pelajari sampai siswa benar-benar memahaminya. Rendahnya pemahaman konsep soal cerita matematika yang terkait dengan soal cerita. Mereka juga kesulitan dalam memahami hubungan antara konsep matematika dan menerapkan rumus atau strategi yang tepat untuk memecahkan masalah.Kemampuan siswa dalam pemahaman soal cerita matematika merupakan kemampuan untuk memahami masalah matematika yang disajikan dalam bentuk cerita atau konteks yang relevan.
a. Reaksi peserta didik pada cara pertama yang diberikan guru sangat tidak membangun rasa keinginan dalam belajar dan sulit untuk dipahami.
Pada cara yang kedua sangatlah menarik perhatian peserta didik dan lebih mudah dipahami,karena menggunakan alat peraga yang menarik bagi peserta didik.
b. Kelemahan guru adalah sulitnya peserta didik memahami soal cerita dalam pembelajaran matematika.
c. Kelebihannya adalah guru bisa mengatasi masalah sulitnya peserta didik memahami menyelesaikan soal cerita,dengan menggunakan alat peraga.
d. Hal unik dalam video tersebut adalah siswa dengan mudah memahami soal cerita saat menggunakan alat peraga.
e. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan metode diskusi,karena dapat lebih menarik perhatian peserta didik.
Nama : Cica Dwi Julianti
Nim : 856860355
Pokjar : Curup
Reaksi peserta didik pada cara pertama yang diberikan guru sangat tidak membangun rasa keinginan dalam belajar dan sulit untuk dipahami.
Pada cara yang kedua sangatlah menarik perhatian peserta didik dan lebih mudah dipahami,karena menggunakan alat peraga yang menarik bagi peserta didik.
b. Kelemahan guru adalah sulitnya peserta didik memahami soal cerita dalam pembelajaran matematika.
c. Kelebihannya adalah guru bisa mengatasi masalah sulitnya peserta didik memahami menyelesaikan soal cerita,dengan menggunakan alat peraga.
d. Hal unik dalam video tersebut adalah siswa dengan mudah memahami soal cerita saat menggunakan alat peraga.
e. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan metode diskusi,karena dapat lebih menarik perhatian peserta didik.
Nama : Cica Dwi Julianti
Nim : 856860355
Pokjar : Curup
A.Reaksi peserta didik pada cara pertama yang diberikan guru sangat tidak membangun rasa keinginan dalam belajar dan sulit untuk dipahami. Pada cara yang kedua sangatlah menarik perhatian peserta didik dan lebih mudah dipahami,karena menggunakan alat peraga yang menarik bagi peserta didik.
B. Kelemahan guru adalah sulitnya peserta didik memahami soal cerita dalam pembelajaran matematika.
C. Kelebihannya adalah guru bisa mengatasi masalah sulitnya peserta didik memahami menyelesaikan soal cerita,dengan menggunakan alat peraga.
D. Hal unik dalam video tersebut adalah siswa dengan mudah memahami soal cerita saat menggunakan alat peraga.
E. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan metode diskusi,karena dapat lebih menarik perhatian peserta didik.
Nama:Wahyuni Ekayanti
Nim:59144225
Dalam proses belajar mengajar ibu guru tidak menjalankan apersepsi , ibu guru langsung ke materi pembelajaran, akan tetapi antusias anak dalam mengikuti pelajaran matematika tentang penggunaan sifat operasi hitung cukup menarik.Ibu guru sudah menguasai kelas dan materi.
Nama : Ayu Fu’aiza Ramanda
NIM : 877305058
POKJAR : Bojonegoro
Melalui video ini siswa dapat terbantu untuk mengerjakan dan menyelesaikan soal cerita dalam pelajaran matematika. seperti yang kita ketahui siswa sering merasa kesulitan saat mengerjakan soal cerita karena membutuhkan banyak pemahaman soal. penyajian materi pada video diatas membantu siswa memahami langkah-langkah dalam mengerjakan soal cerita. siswa dpat memahami konteks cerita, mengidentifikasi informasi kunci, dan menentukan operasi matematika yang sesuai. melalui video memberikan pembelajaran dfan mpemahaman siswa untuk memperkuat memahami soal-soal cerita matematika.
Nama : Nuraisyah Risqania Rachmawati Dwi Kusuma
NIM : 857027321
1. reaksi
kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan cerita. pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. reaksi peserta didik pada cara pertama tidak membangun keinginan rasa ingin belajar dan cara yang kedua menarik perhatian.
2. kelemahan isi video
-minimnya pemahaman terhadap konsep dan penalaran
– siswa kesulitan dalam pembelajaran soal cerita
-motivasi siswa sedikit melemah dalam mengikuti pelajaran
3. kelebihan isi video
– dengan menanamkan konsep serta penalaran yang tepat.
– siswa menjadi aktif dan fokus dengan pembelajaran.
4. Hal unik dalam isi video
-dengan menggunakan benda konkret buah jeruk, apel dari bahan plastik serta mata uang kertas tiruan, rata rata siswa dapat mengerjakan soal dengan cepat.
5. Saran
– untuk mempercepat pemahaman siswa tentang soal cerita, cara yang efektif dengan alat peraga yang tepat dan menarik, maka penanaman konsep berhitung dengan soal cerita akan terlaksana.
NAMA : HERNAWATI
NIM : 817163711
Menanggapi vidio yang disajikan ialah, metode pembelajaran yang diimplementasikan guru sangat efektif karena melibatkan peserta didik secara langsung.
Nama : Melisa
Nim : 855717172
video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan media pembelajaran,sehingga peserta didik dengan mudah untuk menjawab soal cerita tersebut.di samping itu guru juga dapat menggunakan metode diskusi,karena dapat lebih menarik perhatian peserta didik.