Sinopsis
Pada video ini memperlihatkan bagaimana seorang guru berusaha secara maksimal dalam pembelajaran IPS agar siswanya mampu menggali sendiri peristiwa-peristiwa sejarah yang dapat dijadikan keteladanan bagi dirinya dalam pergaulan sehari-hari.
Setelah Anda menyimak dengan seksama tayangan video tersebut, tentu Anda ingin mencoba sendiri pengalaman belajar yang didapat dari menyimak video tersebut. Namun perlu diperhatikan oleh guru sebelum menggunakan pendekatan ini, guru harus cermat dan teliti dalam memilih peristiwa sejarah sebagai substansi mata pelajaran IPS yang mampu menggugah siswa tentang nilai-nilai kepatriotik-an tokoh, keteladanan dan toleransi. Karena nilai-nilai tersebut esensinya adalah merupakan penguatan dalam pembentukan kepribadian siswa.
Wisata tiruan diusahakan yang menarik dan memuat informasi yang memadai sehingga peserta didik akan mendapat informasi sesuai kompetensi yang diharapkan. (Jangan asal-asalan dalam membuat obyek wisata tiruan).
–
Nadia indah Pratiwi
043884622
S1 Pendidikan Ekonomi
“Beberapa hal yang saya ambil pelajaran bahwa sangat penting memastikan para peserta didik siap mengikuti kegiatan pembelajaran yaitu mengecek kehadiran dan juga memastikan peserta didik membawa modul atau buku paket. Selain itu ada hal menarik yang saya perhatikan di video pembelajaran diatas sang guru dengan kreatif menyediakan wacana kejadian peristiwa Rengasdengklok berupa naskah drama yg bisa dipraktekkan langsung oleh peserta didik sehingga peserta didik lebih memahami makna lebih dalam peristiwa Rengasdengklok.
Anisa Aprillia Bangun
043884084
Pendidikan Ekonomi
” Menurut saya, dari video yang saya lihat sang guru kreatif dalam menyediakan naskah mengenai Rengasdengklok yang akan dipraktikan secara langsung oleh peserta didik kemudian peserta didik akan lebih mudah memahami mengenai sejarah Rengasdengklok, dan sang guru juga tetap menyediakan modul agar peserta didik yang tidak membawa atau tidak memiliki buku paket tetap mengikuti pembelajaran “
Meyliya C. Dewi
501333134
Magister Pendidikan Dasar
Kita sebagai guru dituntut untuk lebih kreatif dalam proses pembelajaran agar lebih mudah dalam pemahaman materi bejalar. Dari yang saya amati pada video diatas, guru kreatif dalam cerita tentang rengasdengklok yang menggugah kreatifitas si anak dalam bermain peran dengan tema sejarah Rengasdengklok.