silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul dalam belajar kelompok serta kiat-kiat yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kerja sama dalam belajar, pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif (cooprativei learning) dengan teknik jigsaw.

Setelah menyimak tayangam video ini, diharapkan Anda dapat membedakan bagai mana cara mengelola pembelajaran secara klasikal dan kerja kelompok. Sehingga masalah-masalah yang kemungkinan muncul dalam pembelajaran kelompok dapat diantisipasi melalui model pembelajaran kooperatif (cooprative leraning) dengan teknik jigsaw yang terdiri dari beberapa tahapan. Unutk lebih jelaskan silahkan simak secara seksama tayangan video ini.

Toto Fathoni

Dari tayangan video pembelajaran yang berdurasi hampir 6 menit tentang video pembelajaran yang berjudul: “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Ada beberapa hal yang dapat saya sampaikan:

1. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan bekerja kelompok, dalam hal ini adalah diskusi. Yang selama ini kebanyakan yang terjadi apabila dilaksanakan diskusi kelompok dalam pembelajaran tidak semua anggota kelompok berpartisipasi aktif dalam kelompoknya. Ada yang ngomong sendiri, ada yang bermain sendiri, bahkan ada yang mengganggu temannya yang sedang bekerja.

2. Di dalam video pembelajaran tadi, tujuan apa yang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut tidak disampaikan pada pendahuluan, sehingga siswa dalam belajar tidak mempunyai arah atau tujuan yang akan dicapai.

3. Tayangan dari video ini adalah bukan guru SD melaksankan proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok dengan menggunakan teknik Jigsaw” tetapi penjelasan tentang “bagaimana menggunakan teknik jigsaw dalam proses pembelajaran dengan pokok bahasan atau judul “Meningkatkan kerja sama siswa dalam kerja kelompok.” Nampak terlihat dengan jelas bahwa penjelasan setiap tahap dari teknik jigsaw diberikan contoh dalam proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan menggunakan teknik jigsaw tidak terlihat secara utuh. Bahkan apa yang dilakukan guru kelas dalam proses pembelajaran tidak dapat diterima secara utuh.

4. Dari video yang ditayangkan tersebut sudah menunjukkan adanya perbedaan belum ada dan sudah adanya peningkatan kerja sama siswa apabila dibandingkan antara penggal pertama yang belum menggunakan teknik jigsaw, dengan penggal kedua yang sudah menggunakan teknik jigsaw.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Similar Posts

697 Comments

  1. Nama : Dian Syahputra siregar
    Nim : 855995002
    Pokjar : Asahan
    Kelas/semester: A/8
    UPBJJ : medan

    Assalamualaikum wr.wb
    Berdasarkan hasil analisis saya setelah menyimak video seri pembelajaran IPA diatas tentang meningkatkan kerjasama siswa dalam kerja kelompok yaitu peran guru dalam membantu membimbing siswa sangatlah penting. terlihat reaksi siswa dalam kegiatan tersebut sangat antusias. Hal tersebut terjadi karena guru memberikan arahan, tujuan serta waktu yang jelas dalam pengerjaan tugas. Namun ada kalanya kelemahan guru yaitu tidak dapat secara intens memperhatikan siswa satu persatu. adapun kelebihannya yaitu guru dapat mengkondikan siswa agar dapat saling membantu satu sama lainnya sehingga siswa yang kurang paham dapat bertanya kepada teman sekelompoknya. Hal uniknya pada proses pembelajaran kelompok siswa dapat mengerjakan tugas dengan bantuan media cetak seperti gambar yang menunjang materi yang dibahas. Dengan demikian upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu Guru dapat memberikan sebuah reward baik itu berupa nilai, pujian, dan hadiah. agar semuanya semangat dalam belajar.
    Sekian dan terimakasih

  2. nama : Faustina Bewu
    Nim : 858446129
    prodi : PGSD
    Berdasarkan video diatas menurut saya pembelajaran nya sudah baik sudah menggunakan media pembelajaran.
    hanya saja dalam kegiatan pembelajarannya guru belum melakukan kegiatan pembukaan,kemudian belum jelasnya penugasan yang diberikan kepada siswa, metode yang digunakan kurang menarik perhatian siswa,sehingga pelajaran tersebut membuat siswa mudah bosan,sibuk bermain bersama temannya dan tidak melakukan pekerjaan dengan baik. kurangnya perhatian guru terhadap anak-anak yang sibuk bermain sendiri dan ribut dikelas.

  3. Nama;Hendra Safary
    NIM;856835265
    UPBJJ:Bandar Lampung
    Pokjar:Natar
    Berdasarkan video yang saya lihat pada sesi Pembelajaran IPA SD dengan judul : “Meningkatkan Kerjasama Siswa Dalam Kerja Kelompok” , video ini bisa menjadi solusi untuk guru yang kurang mahir dalam menguasai kelas dan bagi guru yang masih kurang dalam persiapan mengajar di didepan kelas.

    Dari video yang saya tonton, menurut saya cara guru mengajar sudah bagus tetapi masih ada beberapa kekurangan, maka dari itu saya akan memberikan pendapat saya beberapa kekurangan guru dalam video tersebut, yaitu :
    a. Pada awal pelajaran guru langsung membagi kelompok tanpa melakukan apersepsi
    b. Siswa asik dengan aktivitas masing-masing
    c. Materi kurang menarik
    d. Tidak semua siswa terlibat dalam membahas materi pelajaran

    Dari beberapa kelamahan dalam video tersebut terdapat kelebihan nya, yaitu :
    a. Guru tidak hanya menggunakan metode konvensional tetapi guru juga menerapkan metode Cooperative Learning Type Jigsaw dengan sangat baik
    b. Guru Menjelaskan terlebih dahulu materi apa yang akan dipelajari
    c. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa d. Guru mampu menguasai kelas dengan baik sehingga siswa jadi bisa dikendalikan dengan baik , semua siswa jadi lebih fokus dan aktif dalam melakukan aktivitas di kelas.
    e. Guru tampak sudah menyiapkan perangkat dan media pembelajaran sehingga anak-anak semakin tertarik dalam belajar.

    Dari video tersebut diatas maka dapat saya simpulkan pentingnya penggunaan metode dalam pembelajaran, nah salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode Cooperative Learning Type Jigsaw. sekian terimaksih.

    Berdasarkan video yang saya lihat pada sesi Pembelajaran IPA SD dengan judul : “Meningkatkan Kerjasama Siswa Dalam Kerja Kelompok” , video ini bisa menjadi solusi untuk guru yang kurang mahir dalam menguasai kelas dan bagi guru yang masih kurang dalam persiapan mengajar di didepan kelas.

    Dari video yang saya tonton, menurut saya cara guru mengajar sudah bagus tetapi masih ada beberapa kekurangan, maka dari itu saya akan memberikan pendapat saya beberapa kekurangan guru dalam video tersebut, yaitu :
    a. Pada awal pelajaran guru langsung membagi kelompok tanpa melakukan apersepsi
    b. Siswa asik dengan aktivitas masing-masing
    c. Materi kurang menarik
    d. Tidak semua siswa terlibat dalam membahas materi pelajaran

    Dari beberapa kelamahan dalam video tersebut terdapat kelebihan nya, yaitu :
    a. Guru tidak hanya menggunakan metode konvensional tetapi guru juga menerapkan metode Cooperative Learning Type Jigsaw dengan sangat baik
    b. Guru Menjelaskan terlebih dahulu materi apa yang akan dipelajari
    c. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa d. Guru mampu menguasai kelas dengan baik sehingga siswa jadi bisa dikendalikan dengan baik , semua siswa jadi lebih fokus dan aktif dalam melakukan aktivitas di kelas.
    e. Guru tampak sudah menyiapkan perangkat dan media pembelajaran sehingga anak-anak semakin tertarik dalam belajar.

    Dari video tersebut diatas maka dapat saya simpulkan pentingnya penggunaan metode dalam pembelajaran, nah salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode Cooperative Learning Type Jigsaw. sekian terimaksih.

    Berdasarkan video yang saya lihat pada sesi Pembelajaran IPA SD dengan judul : “Meningkatkan Kerjasama Siswa Dalam Kerja Kelompok” , video ini bisa menjadi solusi untuk guru yang kurang mahir dalam menguasai kelas dan bagi guru yang masih kurang dalam persiapan mengajar di didepan kelas.

    Dari video yang saya tonton, menurut saya cara guru mengajar sudah bagus tetapi masih ada beberapa kekurangan, maka dari itu saya akan memberikan pendapat saya beberapa kekurangan guru dalam video tersebut, yaitu :
    a. Pada awal pelajaran guru langsung membagi kelompok tanpa melakukan apersepsi
    b. Siswa asik dengan aktivitas masing-masing
    c. Materi kurang menarik
    d. Tidak semua siswa terlibat dalam membahas materi pelajaran

    Dari beberapa kelamahan dalam video tersebut terdapat kelebihan nya, yaitu :
    a. Guru tidak hanya menggunakan metode konvensional tetapi guru juga menerapkan metode Cooperative Learning Type Jigsaw dengan sangat baik
    b. Guru Menjelaskan terlebih dahulu materi apa yang akan dipelajari
    c. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa d. Guru mampu menguasai kelas dengan baik sehingga siswa jadi bisa dikendalikan dengan baik , semua siswa jadi lebih fokus dan aktif dalam melakukan aktivitas di kelas.
    e. Guru tampak sudah menyiapkan perangkat dan media pembelajaran sehingga anak-anak semakin tertarik dalam belajar.

    Dari video tersebut diatas maka dapat saya simpulkan pentingnya penggunaan metode dalam pembelajaran, nah salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode Cooperative Learning Type Jigsaw. sekian terimaksih.

    Berdasarkan video yang saya lihat pada sesi Pembelajaran IPA SD dengan judul : “Meningkatkan Kerjasama Siswa Dalam Kerja Kelompok” , video ini bisa menjadi solusi untuk guru yang kurang mahir dalam menguasai kelas dan bagi guru yang masih kurang dalam persiapan mengajar di didepan kelas.

    Dari video yang saya tonton, menurut saya cara guru mengajar sudah bagus tetapi masih ada beberapa kekurangan, maka dari itu saya akan memberikan pendapat saya beberapa kekurangan guru dalam video tersebut, yaitu :
    a. Pada awal pelajaran guru langsung membagi kelompok tanpa melakukan apersepsi
    b. Siswa asik dengan aktivitas masing-masing
    c. Materi kurang menarik
    d. Tidak semua siswa terlibat dalam membahas materi pelajaran

    Dari beberapa kelamahan dalam video tersebut terdapat kelebihan nya, yaitu :
    a. Guru tidak hanya menggunakan metode konvensional tetapi guru juga menerapkan metode Cooperative Learning Type Jigsaw dengan sangat baik
    b. Guru Menjelaskan terlebih dahulu materi apa yang akan dipelajari
    c. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa d. Guru mampu menguasai kelas dengan baik sehingga siswa jadi bisa dikendalikan dengan baik , semua siswa jadi lebih fokus dan aktif dalam melakukan aktivitas di kelas.
    e. Guru tampak sudah menyiapkan perangkat dan media pembelajaran sehingga anak-anak semakin tertarik dalam belajar.

    Dari video tersebut diatas maka dapat saya simpulkan pentingnya penggunaan metode dalam pembelajaran, nah salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode Cooperative Learning Type Jigsaw. sekian terimaksih.

    Berdasarkan video yang saya lihat pada sesi Pembelajaran IPA SD dengan judul : “Meningkatkan Kerjasama Siswa Dalam Kerja Kelompok” , video ini bisa menjadi solusi untuk guru yang kurang mahir dalam menguasai kelas dan bagi guru yang masih kurang dalam persiapan mengajar di didepan kelas.

    Dari video yang saya tonton, menurut saya cara guru mengajar sudah bagus tetapi masih ada beberapa kekurangan, maka dari itu saya akan memberikan pendapat saya beberapa kekurangan guru dalam video tersebut, yaitu :
    a. Pada awal pelajaran guru langsung membagi kelompok tanpa melakukan apersepsi
    b. Siswa asik dengan aktivitas masing-masing
    c. Materi kurang menarik
    d. Tidak semua siswa terlibat dalam membahas materi pelajaran

    Dari beberapa kelamahan dalam video tersebut terdapat kelebihan nya, yaitu :
    a. Guru tidak hanya menggunakan metode konvensional tetapi guru juga menerapkan metode Cooperative Learning Type Jigsaw dengan sangat baik
    b. Guru Menjelaskan terlebih dahulu materi apa yang akan dipelajari
    c. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa d. Guru mampu menguasai kelas dengan baik sehingga siswa jadi bisa dikendalikan dengan baik , semua siswa jadi lebih fokus dan aktif dalam melakukan aktivitas di kelas.
    e. Guru tampak sudah menyiapkan perangkat dan media pembelajaran sehingga anak-anak semakin tertarik dalam belajar.

    Dari video tersebut diatas maka dapat saya simpulkan pentingnya penggunaan metode dalam pembelajaran, nah salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode Cooperative Learning Type Jigsaw. sekian terimaksih.

    Berdasarkan video yang saya lihat pada sesi Pembelajaran IPA SD dengan judul : “Meningkatkan Kerjasama Siswa Dalam Kerja Kelompok” , video ini bisa menjadi solusi untuk guru yang kurang mahir dalam menguasai kelas dan bagi guru yang masih kurang dalam persiapan mengajar di didepan kelas.

    Dari video yang saya tonton, menurut saya cara guru mengajar sudah bagus tetapi masih ada beberapa kekurangan, maka dari itu saya akan memberikan pendapat saya beberapa kekurangan guru dalam video tersebut, yaitu :
    a. Pada awal pelajaran guru langsung membagi kelompok tanpa melakukan apersepsi
    b. Siswa asik dengan aktivitas masing-masing
    c. Materi kurang menarik
    d. Tidak semua siswa terlibat dalam membahas materi pelajaran

    Dari beberapa kelamahan dalam video tersebut terdapat kelebihan nya, yaitu :
    a. Guru tidak hanya menggunakan metode konvensional tetapi guru juga menerapkan metode Cooperative Learning Type Jigsaw dengan sangat baik
    b. Guru Menjelaskan terlebih dahulu materi apa yang akan dipelajari
    c. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa d. Guru mampu menguasai kelas dengan baik sehingga siswa jadi bisa dikendalikan dengan baik , semua siswa jadi lebih fokus dan aktif dalam melakukan aktivitas di kelas.
    e. Guru tampak sudah menyiapkan perangkat dan media pembelajaran sehingga anak-anak semakin tertarik dalam belajar.

    Dari video tersebut diatas maka dapat saya simpulkan pentingnya penggunaan metode dalam pembelajaran, nah salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode Cooperative Learning Type Jigsaw. sekian terimaksih.

    Berdasarkan video yang saya lihat pada sesi Pembelajaran IPA SD dengan judul : “Meningkatkan Kerjasama Siswa Dalam Kerja Kelompok” , video ini bisa menjadi solusi untuk guru yang kurang mahir dalam menguasai kelas dan bagi guru yang masih kurang dalam persiapan mengajar di didepan kelas.

    Dari video yang saya tonton, menurut saya cara guru mengajar sudah bagus tetapi masih ada beberapa kekurangan, maka dari itu saya akan memberikan pendapat saya beberapa kekurangan guru dalam video tersebut, yaitu :
    a. Pada awal pelajaran guru langsung membagi kelompok tanpa melakukan apersepsi
    b. Siswa asik dengan aktivitas masing-masing
    c. Materi kurang menarik
    d. Tidak semua siswa terlibat dalam membahas materi pelajaran

    Dari beberapa kelamahan dalam video tersebut terdapat kelebihan nya, yaitu :
    a. Guru tidak hanya menggunakan metode konvensional tetapi guru juga menerapkan metode Cooperative Learning Type Jigsaw dengan sangat baik
    b. Guru Menjelaskan terlebih dahulu materi apa yang akan dipelajari
    c. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa d. Guru mampu menguasai kelas dengan baik sehingga siswa jadi bisa dikendalikan dengan baik , semua siswa jadi lebih fokus dan aktif dalam melakukan aktivitas di kelas.
    e. Guru tampak sudah menyiapkan perangkat dan media pembelajaran sehingga anak-anak semakin tertarik dalam belajar.

    Dari video tersebut diatas maka dapat saya simpulkan pentingnya penggunaan metode dalam pembelajaran, nah salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode Cooperative Learning Type Jigsaw. sekian terimaksih.

    Berdasarkan video yang saya lihat pada sesi Pembelajaran IPA SD dengan judul : “Meningkatkan Kerjasama Siswa Dalam Kerja Kelompok” , video ini bisa menjadi solusi untuk guru yang kurang mahir dalam menguasai kelas dan bagi guru yang masih kurang dalam persiapan mengajar di didepan kelas.

    Dari video yang saya tonton, menurut saya cara guru mengajar sudah bagus tetapi masih ada beberapa kekurangan, maka dari itu saya akan memberikan pendapat saya beberapa kekurangan guru dalam video tersebut, yaitu :
    a. Pada awal pelajaran guru langsung membagi kelompok tanpa melakukan apersepsi
    b. Siswa asik dengan aktivitas masing-masing
    c. Materi kurang menarik
    d. Tidak semua siswa terlibat dalam membahas materi pelajaran

    Dari beberapa kelamahan dalam video tersebut terdapat kelebihan nya, yaitu :
    a. Guru tidak hanya menggunakan metode konvensional tetapi guru juga menerapkan metode Cooperative Learning Type Jigsaw dengan sangat baik
    b. Guru Menjelaskan terlebih dahulu materi apa yang akan dipelajari
    c. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa d. Guru mampu menguasai kelas dengan baik sehingga siswa jadi bisa dikendalikan dengan baik , semua siswa jadi lebih fokus dan aktif dalam melakukan aktivitas di kelas.
    e. Guru tampak sudah menyiapkan perangkat dan media pembelajaran sehingga anak-anak semakin tertarik dalam belajar.

    Dari video tersebut diatas maka dapat saya simpulkan pentingnya penggunaan metode dalam pembelajaran, nah salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode Cooperative Learning Type Jigsaw. sekian terimaksih.

    Berdasarkan video yang saya lihat pada sesi Pembelajaran IPA SD dengan judul : “Meningkatkan Kerjasama Siswa Dalam Kerja Kelompok” , video ini bisa menjadi solusi untuk guru yang kurang mahir dalam menguasai kelas dan bagi guru yang masih kurang dalam persiapan mengajar di didepan kelas.

    Dari video yang saya tonton, menurut saya cara guru mengajar sudah bagus tetapi masih ada beberapa kekurangan, maka dari itu saya akan memberikan pendapat saya beberapa kekurangan guru dalam video tersebut, yaitu :
    a. Pada awal pelajaran guru langsung membagi kelompok tanpa melakukan apersepsi
    b. Siswa asik dengan aktivitas masing-masing
    c. Materi kurang menarik
    d. Tidak semua siswa terlibat dalam membahas materi pelajaran

    Dari beberapa kelamahan dalam video tersebut terdapat kelebihan nya, yaitu :
    a. Guru tidak hanya menggunakan metode konvensional tetapi guru juga menerapkan metode Cooperative Learning Type Jigsaw dengan sangat baik
    b. Guru Menjelaskan terlebih dahulu materi apa yang akan dipelajari
    c. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa d. Guru mampu menguasai kelas dengan baik sehingga siswa jadi bisa dikendalikan dengan baik , semua siswa jadi lebih fokus dan aktif dalam melakukan aktivitas di kelas.
    e. Guru tampak sudah menyiapkan perangkat dan media pembelajaran sehingga anak-anak semakin tertarik dalam belajar.

    Dari video tersebut diatas maka dapat saya simpulkan pentingnya penggunaan metode dalam pembelajaran, nah salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode Cooperative Learning Type Jigsaw. sekian terimaksih.

    Berdasarkan video yang saya lihat pada sesi Pembelajaran IPA SD dengan judul : “Meningkatkan Kerjasama Siswa Dalam Kerja Kelompok” , video ini bisa menjadi solusi untuk guru yang kurang mahir dalam menguasai kelas dan bagi guru yang masih kurang dalam persiapan mengajar di didepan kelas.

    Dari video yang saya tonton, menurut saya cara guru mengajar sudah bagus tetapi masih ada beberapa kekurangan, maka dari itu saya akan memberikan pendapat saya beberapa kekurangan guru dalam video tersebut, yaitu :
    a. Pada awal pelajaran guru langsung membagi kelompok tanpa melakukan apersepsi
    b. Siswa asik dengan aktivitas masing-masing
    c. Materi kurang menarik
    d. Tidak semua siswa terlibat dalam membahas materi pelajaran

    Dari beberapa kelamahan dalam video tersebut terdapat kelebihan nya, yaitu :
    a. Guru tidak hanya menggunakan metode konvensional tetapi guru juga menerapkan metode Cooperative Learning Type Jigsaw dengan sangat baik
    b. Guru Menjelaskan terlebih dahulu materi apa yang akan dipelajari
    c. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa d. Guru mampu menguasai kelas dengan baik sehingga siswa jadi bisa dikendalikan dengan baik , semua siswa jadi lebih fokus dan aktif dalam melakukan aktivitas di kelas.
    e. Guru tampak sudah menyiapkan perangkat dan media pembelajaran sehingga anak-anak semakin tertarik dalam belajar.

    Dari video tersebut diatas maka dapat saya simpulkan pentingnya penggunaan metode dalam pembelajaran, nah salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode Cooperative Learning Type Jigsaw. sekian terimaksih.

    Berdasarkan video yang saya lihat pada sesi Pembelajaran IPA SD dengan judul : “Meningkatkan Kerjasama Siswa Dalam Kerja Kelompok” , video ini bisa menjadi solusi untuk guru yang kurang mahir dalam menguasai kelas dan bagi guru yang masih kurang dalam persiapan mengajar di didepan kelas.

    Dari video yang saya tonton, menurut saya cara guru mengajar sudah bagus tetapi masih ada beberapa kekurangan, maka dari itu saya akan memberikan pendapat saya beberapa kekurangan guru dalam video tersebut, yaitu :
    a. Pada awal pelajaran guru langsung membagi kelompok tanpa melakukan apersepsi
    b. Siswa asik dengan aktivitas masing-masing
    c. Materi kurang menarik
    d. Tidak semua siswa terlibat dalam membahas materi pelajaran

    Dari beberapa kelamahan dalam video tersebut terdapat kelebihan nya, yaitu :
    a. Guru tidak hanya menggunakan metode konvensional tetapi guru juga menerapkan metode Cooperative Learning Type Jigsaw dengan sangat baik
    b. Guru Menjelaskan terlebih dahulu materi apa yang akan dipelajari
    c. Guru melakukan tanya jawab dengan siswa d. Guru mampu menguasai kelas dengan baik sehingga siswa jadi bisa dikendalikan dengan baik , semua siswa jadi lebih fokus dan aktif dalam melakukan aktivitas di kelas.
    e. Guru tampak sudah menyiapkan perangkat dan media pembelajaran sehingga anak-anak semakin tertarik dalam belajar.

    Dari video tersebut diatas maka dapat saya simpulkan pentingnya penggunaan metode dalam pembelajaran, nah salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode Cooperative Learning Type Jigsaw. sekian terimaksih.

  4. Nama : ARI FAUZAN SAGALA
    Nim : 855996154
    Prodi : 118/Medan
    Pokjar : Asahan

    Berdasarkan video yang saya lihat pada sesi Pembelajaran IPA SD dengan judul :
    “Meningkatkan Kerjasama Siswa Dalam Kerja Kelompok” , video ini bisa menjadi solusi untuk guru yang kurang mahir dalam menguasai kelas dan bagi guru yang masih kurang dalam persiapan mengajar di didepan kelas.
    Dari video yang saya tonton, menurut saya cara guru mengajar sudah bagus tetapi masih ada beberapa kekurangan, maka dari itu saya akan memberikan pendapat saya beberapa kekurangan guru dalam video tersebut.
    Kelebihan dari video tersebut ialah :
    1. Penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw sudah tepat untuk meningkatkan kerjasama dalam kelompok
    2. Guru bisa mengelola kelas lebih baik sehingga tidak ada siswa yang berkesempatan untuk bermain – main atau mengganggu temannya yang lain
    3. Guru betindak sebagai fasilitator

    Dan Kelemahannya ialah :
    1. pada pendahuluan tidak disampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran
    2. sebelum menggunakan teknik jigsaw, anak – anak belajarnya tidak terarah
    3. tidak ada punishment bagi siswa yang tidak berpartisipasi dalam kerja kelompok
    4. teknik jigsaw membutuhkan waktu yang relatif lama, sehingga guru harus bisa memberi batasan waktu dalam setiap tahapnya

  5. Nama : Miratul Mufidah
    NIM : 857935073
    Prodi : S1 PGSD
    UPBJJ-Pokjar Yogyakarta

    assalamualaikum wr.wb
    izin menangapi dari vidio diatas, menurut saya dalam suatu pembelajaran didapati siswa yang kuang memperhatikan guru bahkan bermain sendiri, sehingga siswa tidak dapat memahami materi yang telah dijelaskan.
    dari viidio diatas, kita dapat melihat untuk menangani kasus anak yang tidak memperhatikan penjelasan guru bisa diatasi dengan kerja kelompok karena dengan kerja kelompok anak akan berperan aktif memberikan ide-ide dan gagasan mereka.
    kelebihan lain dari kerja kelompok yaitu, timbulnya interaksi antar siswa, sikap saling menghormati dan menghargai pendapat teman.
    kekurangannya yaitu terdapat siswa yang tidak aktif dan cenderung mengikuti teman yang aktif, berdiam diri dan mengandalkan teman yang lain untuk mengerjakan tugas
    dari sini, peran guru sangatlah penting. guru harus bisa memberikan dorongan terhadap siswa agar lebih aktif dalam kerja kelompok maupun yang lainnya.

  6. Nama : Tri agus saputra
    Nim : 856982252
    Pokjar : bumi ratu nuban Lampung Tengah
    Dari video ini menurut saya dalam suatu pembelajaran guru di dalam video sudah baik akan tetapi akan lebih baik lagi apabila
    Guru bisa lebih baik lagi dalam menguasai kelas sehingga tidak ada anak anak lagi yang bermain main saat pembelajaran sedang berlangsung, guru juga harus menjadi fasilitator yang baik bagi para siswa nya agar mereka lebih semangat untuk belajar, guru juga harus lebih aktif agar anak yang kelihatan bermalas-malasan dalam kelompok bisa ikut serta mengerjakan tugas yang diberikan, nah jadi kesimpulan nya menurut syaa adalah sebagai guru kita harus lebih baik dalam menggunakan metode belajar agar tercapai nya pembelajaran yang efektif dan tentunya mudah dipahami oleh peserta didik.

  7. Nama : Dinda Nurhaliza
    NIM : 857160066
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ : Jakarta
    Berdasarkan hasil analisis video seri pembelajaran IPA yang telah ditonton tentang “meningkatkan kerjasama siswa dalam kerja kelompok” peran guru dalam membantu membimbing siswa sangatlah penting. terlihat reaksi siswa dalam kegiatan tersebut sangat antusias. Hal tersebut terjadi karena guru memberikan arahan, tujuan serta waktu yang jelas dalam pengerjaan tugas. Dari video tersebut dapat diketahui pentingnya penggunaan metode dalam pembelajaran, salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode student active learning. sekian terimaksih. Metode ini bisa menjadi solusi untuk guru yang kurang mahir dalam menguasai kelas dan bagi guru yang masih kurang dalam persiapan mengajar di didepan kelas.

  8. Nama : etri gustiani
    Nim : 835667826
    Jurusan: PGSD
    Pokjar : Tembilahan
    Berdasarkan analisis saya terhadap kegiatan pembelajaran pada video tersebut, saya melihat sudah adanya peran guru yang mengarahkan siswa serta membagi siswa ke dalam kelompok yang tepat.
    Agar diskusi dapat berjalan lancar memang perlu adanya peran aktif dari seluruh siswa, dan guru tetap memantau dan memotivasi serta mengingatkan siswa agar dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

  9. Nama : Wini Wirka Sari
    Nim : 856734537
    Prodi : S1 – PGSD

    Menurut pendapat saya berdasarkan video yang saya tonton terdapat kelebihannya yaitu :
    a.Penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan teknik jigsaw sudah tepat untuk meningkatkan kerjasama dalam kelompok.
    b.. Guru Menjelaskan terlebih dahulu materi apa yang akan dipelajari
    c.Guru Menjelaskan terlebih dahulu materi apa yang akan dipelajari

    Adapun kekurangan dari video tersebut yaitu:
    a.Pada awal pelajaran guru langsung membagi kelompok tanpa melakukan apersepsi
    b. Siswa asik dengan aktivitas masing-masing
    c.Tidak semua siswa terlibat dalam membahas materi pelajaran

  10. Nama : Rika Wahyuni
    Nim : 859881665
    UPBJJ : Medan

    Dari video yang sudah saya tonton melalui GPO (Guru Pintar Online) bahwasanya masih sangat banyak anak-anak yang tidak mau ikut berpartisipasi dalam kerja kelompok.
    Ada beberapa hal yang mungkin menyebabkan sebagian besar dari mereka kurangnya partisipasi dalam kerja kelompok biasanya disebabkan antara lain oleh :
    a. Tugas yang diberikan tidak menantang dan kurang menarik bagi siswa.
    b. Guru kurang jelas memberikan arahan apa yang harus siswa kerjakan.
    c. Tidak ada target yang jelas yang harus dicapai oleh siswa.
    d. Dan tidak ada sanksi bagi siswa yang tidak bekerja sehingga ia menganggap bekerja atau tidak sama saja.

    Salah satu cara untuk mengatasi masalah tadi yaitu dengan menerapkan model pembelajaran KOOPERATIF (Cooprative Learning) dengan teknik JIGSOW.
    Salah satu alasan mengapa sebaiknya menerapkan teknik jigsaw yaitu dapat meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri atau berkelompok. Dan pembagian tugas pada setiap kelompok dapat divariasikan, siswa dapat memperoleh kesempatan untuk mengungkapkan pengetahuan tentang informasi yang dipelajari dalam kelompok, baik kelompok asal maupun kelompok ahli.

Leave a Reply