Sinopsis

Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 7 sekolah menengah pertama. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah bahasa Indonesia, dengan materi “Menulis Puisi dengan Mengamati Keindahan.” Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan sedikit mengenai materi tersebut, disertai contoh sebuah lukisan pemandangan yang terpajang di dinding kelas sebagai media untuk membantu menulis puisi. Selanjutnya guru juga mengajak siswa-siswanya untuk mengamati pemandangan yang ada di luar kelas untuk membantu mereka menciptakan sebuah puisi berdasarkan apa yang mereka amati. Selama di luar kelas mereka diberi kesempatan mengamati bentuk apapun yang ditemui dan tentunya menarik perhatian mereka. Ada yang mengamati bentuk sebuah tanaman, ada yang melihat-lihat bentuk sebuah bangunan tradisional, dan sebagainya. Setelah itu guru mengajak mereka untuk kembali ke kelas. Pada saat di dalam kelas, guru mulai mengajak siswa untuk mulai membuat sebuah puisi berdasarkan apa yang mereka lihat. Siswa mulai membuat puisi dengan menuliskan apa yang mereka amati. Siswa, secara satu persatu menuliskannya di papan tulis, sehingga terbentuklah satu buah puisi hasil pengamatan mereka sebelumnya. Guru pun menekankan kembali mengenai materi tersebut pada akhir pembelajaran.

Puisi adalah satu genre atau jenis karya sastra. Pelajaran menulis puisi di sekolah masuk ke dalam materi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Namun, banyak guru bahasa Indonesia yang tidak dapat mengajarkan apresiasi karya sastra seperti puisi. Dengan adanya video pembelajaran ini, guru mendapat tambahan pengetahuan tentang mengajar apresiasi sastra yaitu puisi.

Tujuan tayangan video ini pasti sangat mulia, yaitu membantu guru mengurangi kelemahan di dalam pengajaran apresiasi sastra. Kekuatan yang terdapat dalam proses pembalajaran dalam tayanagn ini antara lain:
A. Guru tidak menginformasikan untuk apa siswa belajar puisi (manfaat belajar puisi), mengapa harus melalui pengamatan terhadap pemandangan/lingkungan;
B. Di dalam penyajian guru terkesan texbook, hal ini membuat suasan menjadi kaku;
C. Tayangan ini berakhir begitu saja, seperti kehilangan atau kekurangan waktu tayang. Mungkin, karena habis digunakan untuk basa basi di depan sebelum masuk proses pembelajaran.

Puisi merupakan karya individu. Dalam pembelajaran ini guru meminta siswa membuat puisi bersama-sama sehingga tidak lahir satupun puisi karya seorang siswa. Hal ini disebabkan kesalahan pemilihan metode pembelajaran. Sedangkan kesesuaian dengan kurikulum, tidak ada masalah. Sastra sebagai hasil budaya dapat diajarkan dengan kurikulum manapun, yang diperlukan adalah guru yang profesional di bidangnya.

Secara umum, video pembelajaran ini memperkaya wawasan guru khususnya guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam mengajar materi sastra (karya sastra). Kelebihan dan kekurangan pasti ada. Evaluasi menjadi kegiatan yang sangat baik untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas sebuah hasil karya.

Lis Setiawati

1. Cara guru membuka pelajaran sudah cukup baik dengan memberitahukan materi yang akan dipelajari saat itu. Pada saat mengisi pelajaran guru sudah cukup baik, sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran,namun tidak ada penutup dalam video tersebut.
2. Pendekatan yang digunakan sudah tepat yaitu ctl dan metode kontekstual dan media yang digunakan yaitu alam sesuai dengan materi yaitu menulis puisi keindahan alam,setelah itu siswa menuliskan apa yang sudah mereka temui di lapangan.
3. Pendekatan, metode,dan langkah-langkah pembelajaran yang digunakan sesuai dengan perkembangan peserta didik.
4. Materi menulis Pusisi berdasarkan keindahan alam terdapat pada kurikulum 2006, materi tersebut tidak terdapat pada kurikulum 2013.

Neneng Fitriyah, M.Pd

Similar Posts

59 Comments

  1. Nama : Siti Mariyam
    NIM : 044604412
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    Pada peragaan kedua anak lebih terlihat aktif dan responsif terhadap pembelajaran. Siswa juga cukup antusias dalam membuat puisi.
    Guru tidak melakuakn apersepsi dan motivasi. Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat dari menulis puisi itu sendiri. Guru juga tidak mengaitkannya dengan kehidupan nyata. Guru juga tidak melakukan kegiatan penutup seperti menyimpulkan pembelajaran, melakukan refleksi pembelajaran dan memberitahukan materi selanjtnya yang akan dipelajari.
    Secara keseluruhan kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut adalah dari segi metode yang digunakan. Guru menggunakan contextual teaching learning dengan membawa siswa ke luar kelas untuk menggali keindahan alam yang akan dijadikan dasar pembuatan puisi. Guru juga membantu siswa menemukan sendiri keindaha-keindahan alam dan hal tersebut berarti guru sudah bertindak sebagai fasilitator dalam poembelajarn dan siswa yang lebih aktif dalam belajar.
    Hal unik dari guru pada pembelajaran tersebut adah cara guru menstimulus siswa dengan membawa siswa ke lingkungan luar untuk mengobservasi keindahan alam. Guru juga membantu siswa dalam membuat atau menulis puisi dari hal-hal yang siswa temukan dari hasil pengamatan di luar kelas. Sehingga tercipta puisi karya siswa dalam satu kelas.
    Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya adalah sebagai berikut:
    a. Menyampaikan apersepsi dan motivasi guna meningkatkan minat semangat siswa dalam belajar.
    b. Menyampaikan tujuan dan manfaat pembelajaran agar pembelajaran lebih terarah dan bermakna.
    c. Menambahkan tayangan video singkat mengenai keindahan alam sebagai variasi media pembelajaran selain lingkungan sekitar.
    d. Penyampaian materi mengenai puisi dan langkah-langkah penulisan puisi agar siswa lebih mantap dalam menulis puisi.
    e. Melakukan kegiatan penutup pada pembelajaran.

  2. assalamualaikum warohmatullahi wabarokaatuh
    perekanalkan
    Nama : Irfan M Faisal
    NIM : 042927291
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra indonesia

    izinkan saya memberikan tanggapan dari video pembelajaran di atas
    video pembelajaran di atas menurut saya

    Pembelajaran di atas kurang efektif banyak sekali rangkaian KBM yang terlewat,
    Buka kelas tidak diawali dengan do’a sehingga akan mengurangi keberkahan ilmu,
    Secara keseluruhan kekurangan guru dalam mengajar adalah kurang interaktif terlalu fokus kepada materi yang di sampaikan, sehingga pserta didik cenderung merasa bosan.
    Guru tidak mengingtkan tugas, tidak plashback dengan materi yang sudah di sampaikan sbelumnya.
    Namun kelebihannya juga adalah guru selalu memperhatikan seluruh peserta didiknya sehingga peserta didik mendaptkan kebutuhan materi yang disampaikan.
    Ada hak uni yang dari pembelajaran tersebut adalah metode pembelajaran yang menggunakan media alam, belajar di alam, dengan begitu peserta didik semakin banyak berexplorasi dan semakin luas wawasn mengenai alam. Secara tidak langsung peserta didik akan tumbuh rasa cinta kepada lingkungan hidup.
    Dari hasi pengmatan sya secara keseluruhan maka saya mengusulkan rangkai kegiatan pembelaajran
    1. Buka kelas di awali dengan berdoa
    2. Lebih intet aktif dengan peseta didik
    3. Tidak terlalu kaku dalam mengajar
    4. Masuk kedalam dunia anak

    sekian analisis dari saya mengenai video pemlajaran di atas

    terimakasih
    wassalamualaikum warohmatullahi wabarokaatuh

  3. Nama : Lutfiana
    Nim :042223074
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Assalamuaikum wr wb
    terimakasih tutor atas kesempatan yng telah diberikan, menurut vidio yang telah saya lihat izin menanggapi nya ..
    Kelebihan : dalam vidio tersebut guru telah melakukan pertanyaan, dan membuat ruangan kelas sangat kondusif murid-murid tampak antusias merespon.
    Kekurangan : Sebaiknya diawal pembelajaran harus berdoa terlebih dahulu, menyapa, memotivasi, menyakan kabar, dan menanyakan materi sebelumnya.
    Hal unik : guru mempunyai banyak ide untuk membuat situasi tidak membosankan.
    Saran : sebenarnya sudah sangat baik, namun guru harus memperhatikan lagi tentang bagaimana awal pembelajaran yang baik.
    terimakasiih mohon bimbingan nya …
    wassalamualaikum wr wb

  4. Nama : Musdalifah
    Nim : 044146555
    Prodi : FKIP Bahasa Indonesia
    Assalamualaikum wr. Wb
    Berikut pendapat yang saya berikan
    Berdasarkan video yang telah disajikan.
    Untuk kegiatan pendahuluan, guru/tenaga pendidik tidak melakukan kegiatan salam atau berdoa terlebih dahulu sebelum proses kegiatan belajar mengajar(KBM) dan tidak melakukan absensi kehadiran peserta didik. Guru/tenaga pendidik juga tidak melakukan kegiatan apersepsi, yaitu mengingat kembali materi sebelumnya. Guru/tenaga pendidik juga seharusnya menjelaskan tentang indikator atau tujuan pembelajaran serta pencapaian siswa, dan format penilaian. Adapun untuk kegiatan inti guru/tenaga pendidik, belum sepenuhnya menjelaskan tentang materi menulis puisi dengan metode mengamati keindahan alam sekitar. Guru/tenaga pendidik juga tidak menjelaskan tujuan menulis puisi. Di video yang disajikan, guru/tenaga pendidik juga terlihat agak kaku dan monoton dalam memberikan penjelasan kepada peserta didik sehingga proses KBM terlihat kurang nyaman. Guru/tenaga pendidik juga tidak melakukan sesi baca puisi secara bergantian terhadap puisi yang diciptakan peserta didik. Guru/tenaga pendidik juga tidak melakukan penilaian terhadap puisi yang telah diciptakan peserta didi. Guru/tenaga pendidik tidak membuat kesimpulan dari apa yang telah dipelajari. Guru/tenaga pendidik juga tidak melakukan kegiatan evaluasi, serta tidak menutup pembelajaran dengan berdoa atau salam.

  5. Bismillaahirrohmaanirrohiim.
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Nama : Khairul Fajri
    Nim : 044042552
    Prodi : Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

    Setelah saya menonton video “Menulis puisi dengan mengamati keindahan alam” Maka izinkan saya memberi masukan nya :
    a). Yang pertama reaksi siswa-siswi ketika belajar, menurut saya mereka sangat bersemangat dan senang. Dan respon nya juga sangat bagus ketika guru menjelaskan pelajarannya. Mereka tidak hanya mendengarkan materi puisi nya saja, akan tetapi mereka bisa menikmati langsung keindahan alamnya. Jadi mereka bisa mengamati dan mencermati langsung tentang puisi yang dibacakan temannya, karena guru menyuruh mereka ke luar kelas. Dan tentunya mereka sangat antusias sekali, dan memperhatikan dengan baik.
    b). Kelebihan dari guru tersebut adalah bisa menyampaikan materi nya dengan langsung menikmati alam. Dan menggunakan media gambar. Jadi siswa siswi langsung ter imajinasi dan sangat menyenangkan sekali untuk mereka. Mereka tidak hanya mendapat materi puisi saja, akan tetapi bisa langsung mengamati dan melihat alam langsung.
    c). Kekurangan dari guru tersebut menurut saya, ketika awal pembelajaran tidak menyapa dengan salam dan menanyakan kabar muridnya. Jadi agak terasa canggung begitu ketika ingin memulai pembelajaran nya. Dan penyampaian nya juga masih kurang bagus. Guru tersebut penyampaian nya masih agak tegangtegang dan kaku.
    d). Yang unik dari guru tersebut adalah bisa memberi materi dengan cara mengamati nya langsung sesuai dengan temanya puisi. Jadi anak-anak lebih paham dengan materinya. Yang lebih unik dari guru tersebut adalah ketika mereka selesai mengamati keindahan alam, siswa dan siswi bisa membuat sebuah puisi dengan bagus, dengan menggabungkan beberapa kata kata puisi yang telah mereka amati dan menjadi sebuah puisi dan mereka bisa langsung bersama-sama memberi judul dari puisi tersebut.
    e). Dan yang terakhir adalah supaya meningkatkan mutu pembelajaran nya di dalam kelas, sebaiknya guru bisa membuat suasana kelas lebih ceria, dengan penyampaian yang lebih santai dan tidak kaku. Ketika selesai pembelajaran dilakukan evaluasi dan intisari nya, supaya siswa-siswinya memperdalam pemahaman nya lagi. Dan menjelaskan tujuan pembelajaran nya. Wassalam
    Terimakasih 🙏

  6. Nama : Lufiana
    Nim : 042223074
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Terimakasih tutor atas kesempatan yang telah diberikan, menurut vidio yang telah saya lihat , kelebihan yang ada pada vidio dan kekurangan serta hal unik yang ada di vidio.
    Kelebihan : Dalam vidio tersebut guru telah melakukan pertanyaan dan membuat ruangan kelas menjadi lebih semangat dan kondusif, murid-murid tampak antusias merespon.
    Kekurangan : sebaiknya diawal pembelajaran harus berdoa terlebih dahulu, menyapa, memtivasi, menanyakan kabar, dan menanyakan materi sebelumnya.
    Hal Unik : Guru mempunyai banyak ide ntuk membuat situasi tidak membosankan.
    Saran : Sebenarnya sudah sangat baik, namun sebaiknya guru lebih memperhatikan lagi tentang bagaimana awal pembelajaran yang baik.

  7. Nama: Hendriana
    NIM : 042929191
    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    NIM: 042649119
    1. Kelebihan: Guru telah melakukan proses sesi tanya jawab dengan para siswa, siswa memberikan jawaban da respon yang baik dalam metode pengajaran tersebut.
    Guru mengajak para siswa melakukan eksplorasi lingkungan untuk menunjang kegiatan belajar proses pembuatan puisi.
    2. Kekurangan: Dalam prose kegiatan pembelajaran belum harusnya diawali dengan berdoa terlebih dahulu,sapaan, mereview materi sebelumnya.
    3. Hal Unik: Ketika Guru memperlihatkan dan menunjukkan lukisan pemandangan sebagai bahan referensi penulisan puisi merupakan hal yang unik dan menarik. Namun langkah selanjutnya yang diambil guru tersebut ketika mengajak siswa-siswi keluar kelas merupakan langkah yang sangat tepat yang guru lakukansebagai proses yang konstektial
    4. Saran Perbaikan: Guru dapat mempersiapkan dan menambah media belajar sebagai referensi materi puisi dengan memperlihatkan karya puisi puisi yang dibuat oleh pengarag-pengarang yerkenal. Guru dapat meminta seluruh siswa menuliskan hasil karya puisi yang mereka buat secara masing-masing sehingga puisi yang dituliskan merupakan hasil karya personal.

  8. NAMA : NURKHOERUDIN
    NIM : 041096603
    PRODI : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

    Assalamualaikum saya akan memberikan sedikit pendapat saya tentang pembelajaran menulis puisi keindahan alam.
    Menurut saya
    1. Kekurangan guru tersebut dalam mmbuka pembelajaran tidak di awali dengan membaca do’a, menanyakan kabar, menanyakan materi sebelumnya, dan pembawaannya kaku jadi suasana kelas kurang hidup.
    2. Kelebihannya, guru tersebut sudah kreatif dg menggunakan media pembelajaran dg memanfaatkan objek disekitar kelas.
    3. Hal yang unik, meskipun terkesan kaku tetapi anak sangat antusias mengikuti pembelajaran tersebut, terbukti anak tidak ada yang tidur.
    4. Saran perbaikan dari saya karena dalam proses belajar mengajar itu merupan proses transfer pengetahuan yang mana anak dudik merupakan manusia pada umamnya yang memiliki hati dan perasaan, saya memberikan saran guru juga harus bisa menghidupkan suasana kelas agar anak senang mengikuti pembelajaran dengan kita. Contoh kecilnya dengan memberikan senyuman ketika mengawali proses belajar mengajar.

    Mohon kritik dan saran apabila tanggapan saya ada yang salah
    Trimakasih

  9. Nama : Fitri Nurjihan
    Nim : 043884575
    Prodi : FKIP Bahasa Indonesia

    Bismillah…
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

    Pendapat saya dari video di tas dalam pembelajaran ‘Menulis puisi dengan keindahan alam”
    – Sebaiknya sebelum memasuki pembelajaran terlebih dahulu guru mengucapkan salam serta menanyakan kabar siswa
    – berdoa bersama sama menurut kepercayaan masing masing
    – Guru memberikan penjelasan materi yang akan diberikan kepada siswa
    – Guru memberikan ruang jepada siswa untuk tanya jawab mengenai pembahasan puisi tersebut
    – Setelah selesai pembelajaran, alangkah baiknya guru memberikan motivasi agar selalu semnagat dalam belajar serta lebih giat lagi belajar dan tak lupa guiru menutup pembelajaran dengan salam dan doa (menurut kepercayaan masing masing)

    Sekian dari tanggapan dari saya. Jika ada kesalahan dalam berpendapat dan penulisan kata. saya memohon maaf

    Wassalamualikum warahmatullahi wabarakatuh

  10. Nama : Sri Utami

    NIM : 043636921

    Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

    Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?

    Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru sangat antusias dan aktif, anak-anak mengerjakan dan mengikuti setiap instruksi yang diberikan oleh guru dengan baik.

    Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?

    Menurut saya kelemahan yang dilakukan guru dalam pembelajaran:

    Pada bagian pendahuluan, guru belum mengaitkan tujuan pembelajaran dengan pembelajaran sebelumnya serta guru tidak menjelaskan keterkaitan antara tujuan pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa. Selain itu di bagian pendahuluan guru juga tidak memberikan kesempatan siswa untuk meresponi pembukaan yang dilakukan oleh guru, misalnya melalui pemberian pertanyaan terbuka untuk mematik keterlibatan siswa.

    Dalam memandu pembelajaran bahasa tubuh yang dilakukan oleh guru masih kaku dan tidak bergerak bebas. Kontak visual, gerakan tangan dan posisi badan masih sangat terbatas.

    Guru belum mengajak siswa untuk berdiskusi baik secara berkelompok maupun berpasangan.

    Tidak ada penutup pembelajaran dan pemberian kesimpulan di akhir pembelajaran.

    Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?

    Beberapa kelebihan yang dilakukan guru dalam pembelajaran diantaranya:

    Guru telah menyampaikan tujuan pembelajaran secara eksplisit dalam kegiatan pendahuluan.

    Guru telah mempraktikkan komunikasi dua arah dan memberikan instruksi dengan bahasa yang sesuai dengan jenjang yang diajar. Guru juga telah memberikan apresiasi positif terhadap respon siswa dan memberikan beberapa pertanyaan terbuka yang mematik keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

    Guru menggunakan contoh atau alat peraga yang dalam menjelaskan inti pembelajaran. Guru juga meminta siswa untuk alam sekitar untuk memberikan pengalaman nyata pada siswa.

    Guru memberikan kesempatan siswa untuk menulis puisi dan membacanya di depan kelas, dalam hal ini berarti guru telah berusaha melibatkan siswa dalam pembelajaran.

    Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?

    Hal unik yang saya perhatikan adalah keadaan kelas yang telah terkondisikan, sehingga saat guru menjelaskan semua siswa menyimak, dan berespon dengan antusias. Guru seolah-olah menyampaikan pembelajaran tanpa ada kendala sama sekali. Pada kenyataanya sulit sekali menemukan hal yang demikian dalam situasi nyata. Apalagi berkaitan dengan materi puisi, tidak semua siswa antusias dengan materi tersebut. Kendala diperlukan supaya guru lebih bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan menjadi bahan pembelajaran.

    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?

    Usulan yang saya tawarkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya:

    Dalam pendahuluan selain menjelaskan tujuan pembelajaran, sebaiknya guru juga menjelaskan keterkaitan pembelajaran hari ini dengan pembelajaran sebelumnya. Selain itu guru juga perlu menjelaskan keterkaitan tujuan pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa, sehingga siswa makin semangat dalam mengikuti pembelajaran.

    Guru sebaiknya lebih memperhatikan gerakan tubuh dalam memandu pembelajaran misalnya kontak visual dengan siswa, senyuman, anggukan, gerakan tangan, memperlihatkan semangat yang tinggi dalam pembelajaran, serta badan yang condong ke arah murid.

    Guru memaksimalkan keterlibatan siswa dengan memberikan kesempatan pada siswa untuk berdiskusi dalam kelompok atau berpasangan sebelum siswa diminta untuk presentasi atau menuliskan puisi di depan kelas.

    Guru perlu menutup pembelajaran dan memberikan kesimpulan di akhir pembelajaran. Guru juga perlu meminta siswa untuk melakukan refleksi di akhir kegiatan pembelajaran.

Leave a Reply