Sinopsis
Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 7 sekolah menengah pertama. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah bahasa Indonesia, dengan materi “Menulis Puisi dengan Mengamati Keindahan.” Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan sedikit mengenai materi tersebut, disertai contoh sebuah lukisan pemandangan yang terpajang di dinding kelas sebagai media untuk membantu menulis puisi. Selanjutnya guru juga mengajak siswa-siswanya untuk mengamati pemandangan yang ada di luar kelas untuk membantu mereka menciptakan sebuah puisi berdasarkan apa yang mereka amati. Selama di luar kelas mereka diberi kesempatan mengamati bentuk apapun yang ditemui dan tentunya menarik perhatian mereka. Ada yang mengamati bentuk sebuah tanaman, ada yang melihat-lihat bentuk sebuah bangunan tradisional, dan sebagainya. Setelah itu guru mengajak mereka untuk kembali ke kelas. Pada saat di dalam kelas, guru mulai mengajak siswa untuk mulai membuat sebuah puisi berdasarkan apa yang mereka lihat. Siswa mulai membuat puisi dengan menuliskan apa yang mereka amati. Siswa, secara satu persatu menuliskannya di papan tulis, sehingga terbentuklah satu buah puisi hasil pengamatan mereka sebelumnya. Guru pun menekankan kembali mengenai materi tersebut pada akhir pembelajaran.
–
Puisi adalah satu genre atau jenis karya sastra. Pelajaran menulis puisi di sekolah masuk ke dalam materi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Namun, banyak guru bahasa Indonesia yang tidak dapat mengajarkan apresiasi karya sastra seperti puisi. Dengan adanya video pembelajaran ini, guru mendapat tambahan pengetahuan tentang mengajar apresiasi sastra yaitu puisi.
Tujuan tayangan video ini pasti sangat mulia, yaitu membantu guru mengurangi kelemahan di dalam pengajaran apresiasi sastra. Kekuatan yang terdapat dalam proses pembalajaran dalam tayanagn ini antara lain:
A. Guru tidak menginformasikan untuk apa siswa belajar puisi (manfaat belajar puisi), mengapa harus melalui pengamatan terhadap pemandangan/lingkungan;
B. Di dalam penyajian guru terkesan texbook, hal ini membuat suasan menjadi kaku;
C. Tayangan ini berakhir begitu saja, seperti kehilangan atau kekurangan waktu tayang. Mungkin, karena habis digunakan untuk basa basi di depan sebelum masuk proses pembelajaran.
Puisi merupakan karya individu. Dalam pembelajaran ini guru meminta siswa membuat puisi bersama-sama sehingga tidak lahir satupun puisi karya seorang siswa. Hal ini disebabkan kesalahan pemilihan metode pembelajaran. Sedangkan kesesuaian dengan kurikulum, tidak ada masalah. Sastra sebagai hasil budaya dapat diajarkan dengan kurikulum manapun, yang diperlukan adalah guru yang profesional di bidangnya.
Secara umum, video pembelajaran ini memperkaya wawasan guru khususnya guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam mengajar materi sastra (karya sastra). Kelebihan dan kekurangan pasti ada. Evaluasi menjadi kegiatan yang sangat baik untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas sebuah hasil karya.
Lis Setiawati
1. Cara guru membuka pelajaran sudah cukup baik dengan memberitahukan materi yang akan dipelajari saat itu. Pada saat mengisi pelajaran guru sudah cukup baik, sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran,namun tidak ada penutup dalam video tersebut.
2. Pendekatan yang digunakan sudah tepat yaitu ctl dan metode kontekstual dan media yang digunakan yaitu alam sesuai dengan materi yaitu menulis puisi keindahan alam,setelah itu siswa menuliskan apa yang sudah mereka temui di lapangan.
3. Pendekatan, metode,dan langkah-langkah pembelajaran yang digunakan sesuai dengan perkembangan peserta didik.
4. Materi menulis Pusisi berdasarkan keindahan alam terdapat pada kurikulum 2006, materi tersebut tidak terdapat pada kurikulum 2013.
Neneng Fitriyah, M.Pd
Nama : Eka Aditya Wulandari
NIM : 042222287
UPBJJ : Jember
Berikut adalah beberapa temuan kelemahan dan kekurangan yang saya temukan berdasarkan vidio diatas
• KEGIATAN PENDAHULUAN/AWAL
1. Guru tidak Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
2. Guru tidak Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, mengingatkan kembali materi dengan bertanya.
3. Guru tidak Memberitahukan tentang tujuan pembelajaran, materi, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang sedang berlangsung
• KEGIATAN INTI
1. Guru telah memberi Peserta didik stimulus atau rangsangan untuk memusatkan perhatian tentang keindahan alam sebagai objek puisi
2. Guru tidak memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi aneka pertanyaan yang berkaitan dengan tayangan yang disajikan dan dijawab melalui kegiatan pembelajaran
3. Guru memberikan tugas membuat puisi dari keindahan alam yang dilakukan oleh siswa sehingga siswa langsung memahami puisi yang hendak dibuatnya
4. Guru memberikan umpan balik kepada siswa yang sudah melakukan kegiatan pengamatan terhadap alam lalu, mengatakan kendala apa yang ditemukan
• KEGIATAN PENUTUP
1. Guru tidak Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
2. Guru Memeriksa langsung pekerjaan peserta didik yang telah selesai
3. Guru tidak memberikan penguatan terhadap materi yang sudah dipelajari dengan memberikan penugasan dan menyampaikan rencana pembelajaran selanjutnya, serta tidak diakhiri dengan doa dan salam penutup.
Nama : niluh budiarti
Prodi : pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
Nim : 042227627
menurut pendapat saya pembelajaran dalam video tersebut telah baik dan tidak membosan kan karena penyampaian materi yang disajikan dengan cara yang kreatif dan menarik menggunakan teknologi multimedia, sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa serta membantu siswa dalam memahami konsep yang diajarkan dengan lebih mudah dan efektif.akan tetapi terdapat beberapa langkah-langkah pembelajaran yang kurang seperti :
Pembukaan dan salam
Pembukaan dan salam dalam pembelajaran merupakan bagian penting dalam memulai sesi pembelajaran. Sebagai seorang guru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembukaan dan salam dalam pembelajaran, di antaranya adalah:
1. Menyapa siswa dengan sopan: Saat memulai sesi pembelajaran, guru perlu menyapa siswa dengan sopan, misalnya dengan mengucapkan “Selamat pagi/siang/sore” dan mengucapkan salam kepada siswa.
2. Memperkenalkan diri: Jika guru baru pertama kali bertemu dengan siswa, guru perlu memperkenalkan diri dengan baik agar siswa dapat mengenal guru lebih dekat dan merasa nyaman.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran: Guru perlu menjelaskan tujuan pembelajaran pada awal sesi pembelajaran sehingga siswa dapat memahami tujuan pembelajaran dan mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti sesi pembelajaran.
4. Memberikan motivasi: Sebagai guru, perlu memberikan motivasi kepada siswa agar mereka dapat termotivasi untuk belajar dan berpartisipasi dalam sesi pembelajaran.
5. Mengingatkan aturan dan tata tertib: Guru perlu mengingatkan siswa tentang aturan dan tata tertib yang berlaku dalam kelas sehingga siswa dapat mematuhi aturan dan tata tertib tersebut selama sesi pembelajaran.
6. Membuat suasana yang menyenangkan: Guru perlu menciptakan suasana yang menyenangkan dan kondusif bagi siswa sehingga mereka dapat merasa nyaman dan bersemangat dalam mengikuti sesi pembelajaran.
7. Menyediakan tujuan pembelajaran yang jelas: Sebelum memulai pembelajaran, guru harus menyediakan tujuan pembelajaran yang jelas dan spesifik, sehingga siswa dapat memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang akan dipelajari dan dicapai selama pembelajaran.
8. Menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai: Guru harus memilih pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa, seperti pembelajaran kolaboratif, pembelajaran berbasis masalah, atau pembelajaran eksperimen.
9. Menyediakan bahan pembelajaran yang berkualitas: Guru harus menyediakan bahan pembelajaran yang berkualitas dan relevan dengan tujuan pembelajaran, seperti buku, artikel, video, atau sumber daya online yang dapat membantu siswa dalam memahami materi yang diajarkan.
10. Mendorong partisipasi siswa: Guru harus mendorong partisipasi siswa dalam pembelajaran, seperti melibatkan siswa dalam diskusi, pertanyaan, dan tugas-tugas yang melibatkan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran.
11. Memberikan umpan balik yang konstruktif: Guru harus memberikan umpan balik yang konstruktif dan spesifik kepada siswa untuk membantu mereka memahami kekuatan dan kelemahan mereka dalam memahami materi yang diajarkan dan meningkatkan kemampuan mereka dalam belajar.
12. Mengevaluasi pembelajaran: Guru harus mengevaluasi pembelajaran secara teratur untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai dan mengidentifikasi area di mana pembelajaran dapat ditingkatkan dan disempurnakan.
13. Mengembangkan keterampilan metakognitif: Guru harus membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan metakognitif, seperti refleksi, evaluasi, dan perencanaan pembelajaran, sehingga siswa dapat memahami bagaimana mereka belajar dan meningkatkan kemampuan mereka dalam belajar.
Kekurangan yang lainnya yaitu siswa kurang berinteraksi dengan guru sehingga kelas menjadi sedikit kaku Selain itu, kurangnya interaksi antara siswa dan guru dalam pembelajaran menggunakan keindahan alam sekiatr dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran, terutama dalam hal memberikan umpan balik dan penjelasan tambahan secara langsung. Selain itu, keterbatasan interaksi antara siswa juga dapat memengaruhi kemampuan siswa dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain di luar lingkungan sekolah. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk memaksimalkan interaksi antara siswa dan guru dalam pembelajaran menggunakan teknologi multimedia.
NAMA : BAHROMI
NIM : 04337515
PRODI : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Assalamualaikum wr wb.
pada diskusi ini, pendapat saya mengenai menulis puisi keindahan alam tersebut :
1. kelebihan
Pada video pembelajaran tersebut memiliki kelebihan. Pertama, pada video pembelajaran tersebut sudah menggunakan media di situ menggunakan media lukisan pemandangan.
Kedua, pada video pembelajaran tersebut guru terlebih dahulu memberikan contoh puisi atau menyuruh siswa untuk membaca puisi terlebih dahulu.
Selain itu juga anak-anak disuruh mengamati langsung pemandangan alam yang ada di sekitar sekolah dan menuangkan pengamatannya di sebuah puisi.
Tentu ini akan memberikan stimulus terhadap pikiran siswa dalam mengarang sebuah puisi yang langsung siswa amati dari lingkungan sekolah.
2. Kekurangan
Pada pidato tersebut memiliki sedikit kekurangan saya rasa video tersebut sudah cukup baik. Namun menurut saya pada video pembelajaran tersebut kekurangannya setiap siswa kan bisa menulis puisi berbeda-beda dari apa yang mereka lihat namun pada pembelajaran video tersebut siswa hanya diperkenankan menulis satu baris saja seharusnya biarkan saja siswa menyelesaikan satu buah puisi dari apa yang diamati dari lingkungan sekitar sekolah.
Pada vidio pembelajaran tersebut langsung pada inti pembelajaran saja. Seharunya dimulai dari pembukaan sampai akhir penutupan. Mungkin itu saja terima kasih.
3. Timbal Balik/Respon Siswa
Pada video pembelajaran tersebut saya rasa sudah aktif respon dari siswanya terhadap guru dan pembelajaran yang guru tersebut lakukan.
Sekian terima kasih,
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
NAMA : BAHROMI
NIM : 04337515
PRODI : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Assalamualaikum wr wb.
pada diskusi ini, pendapat saya mengenai menulis puisi keindahan alam tersebut :
1. kelebihan
Pada video pembelajaran tersebut memiliki kelebihan. Pertama, pada video pembelajaran tersebut sudah menggunakan media di situ menggunakan media lukisan pemandangan.
Kedua, pada video pembelajaran tersebut guru terlebih dahulu memberikan contoh puisi atau menyuruh siswa untuk membaca puisi terlebih dahulu.
Selain itu juga anak-anak disuruh mengamati langsung pemandangan alam yang ada di sekitar sekolah dan menuangkan pengamatannya di sebuah puisi.
Tentu ini akan memberikan stimulus terhadap pikiran siswa dalam mengarang sebuah puisi yang langsung siswa amati dari lingkungan sekolah.
2. Kekurangan
Pada pidato tersebut memiliki sedikit kekurangan saya rasa video tersebut sudah cukup baik. Namun menurut saya pada video pembelajaran tersebut kekurangannya setiap siswa kan bisa menulis puisi berbeda-beda dari apa yang mereka lihat namun pada pembelajaran video tersebut siswa hanya diperkenankan menulis satu baris saja seharusnya biarkan saja siswa menyelesaikan satu buah puisi dari apa yang diamati dari lingkungan sekitar sekolah.
Pada vidio pembelajaran tersebut langsung pada inti pembelajaran saja. Seharunya dimulai dari pembukaan sampai akhir penutupan. Mungkin itu saja terima kasih.
3. Timbal Balik/Respon Siswa
Pada video pembelajaran tersebut saya rasa sudah aktif respon dari siswanya terhadap guru dan pembelajaran yang guru tersebut lakukan.
Sekian terima kasih,
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
NAMA : BAHROMI
NIM : 043337515
PRODI : PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Assalamualaikum wr wb.
pada diskusi ini, pendapat saya mengenai menulis puisi keindahan alam tersebut :
1. kelebihan
Pada video pembelajaran tersebut memiliki kelebihan. Pertama, pada video pembelajaran tersebut sudah menggunakan media di situ menggunakan media lukisan pemandangan.
Kedua, pada video pembelajaran tersebut guru terlebih dahulu memberikan contoh puisi atau menyuruh siswa untuk membaca puisi terlebih dahulu.
Selain itu juga anak-anak disuruh mengamati langsung pemandangan alam yang ada di sekitar sekolah dan menuangkan pengamatannya di sebuah puisi.
Tentu ini akan memberikan stimulus terhadap pikiran siswa dalam mengarang sebuah puisi yang langsung siswa amati dari lingkungan sekolah.
2. Kekurangan
Pada pidato tersebut memiliki sedikit kekurangan saya rasa video tersebut sudah cukup baik. Namun menurut saya pada video pembelajaran tersebut kekurangannya setiap siswa kan bisa menulis puisi berbeda-beda dari apa yang mereka lihat namun pada pembelajaran video tersebut siswa hanya diperkenankan menulis satu baris saja seharusnya biarkan saja siswa menyelesaikan satu buah puisi dari apa yang diamati dari lingkungan sekitar sekolah.
Pada vidio pembelajaran tersebut langsung pada inti pembelajaran saja. Seharunya dimulai dari pembukaan sampai akhir penutupan. Mungkin itu saja terima kasih.
3. Timbal Balik/Respon Siswa
Pada video pembelajaran tersebut saya rasa sudah aktif respon dari siswanya terhadap guru dan pembelajaran yang guru tersebut lakukan.
Sekian terima kasih,
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Vemillia Anjani
NIM : 042230553
Prodi : FKIP Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Baik, saya akan memberikan komentar terhadap Video tersebut dengan menuliskan beberapa kelebihan dan kekurangan, guna memenuhi tugas saya dan semoga dapat menambah wawasan dan perbaikan baik bagi saya sendiri maupun orang lain.
Sinopsis: berdasarkan video tersebut, memperlihatkan seorang guru yang sedang memberikan pembelajaran kepada siswanya. Pembelajaran tersebut berupa mata pelajaran bahasa Indonesia dengan topik “menulis puisi dengan mengamati keindahan”.
Kelebihan :
1. Guru menyampaikan materi dengan kreatif, yakni meminta siswanya untuk belajar di luar kelas dengan mengamati keindahan alam sekitar. Pembelajaran yang dilakukan di luar kelas akan memberikan pengetahuan dan wawasan baru bagi mereka dan mereka tidak akan merasa bosan karena harus selalu di dalam kelas.
2. Guru terlihat menerapkan pembelajaran problem based learning, di mana siswa dapat aktif dalam mengikuti pembelajaran dan memecahkan sebuah persoalan. Terlihat dari siswa yang dapat mengerjakan dan menjawab materi pertanyaan dari guru.
3. Guru dapat membuat siswa untuk menyelesaikan tugas dengan baik dan dapat membuat siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Kekurangan :
1. Pembelajaran tidak diawali dengan pendahuluan, seperti doa dan mengecek kehadiran.
2. Guru terlalu flat dalam menyampaikan materi, tidak begitu menggunakan intonasi dan improvisasi. Sehingga hal tersebut dapat menimbulkan kejenuhan untuk pendengar/siswanya. Meskipun berdasarkan video tersebut siswa memperhatikan gurunya yang sedang memberikan materi, namun sebagai saran dari saya alangkah baiknya agar menggunakan intonasi yang membangun semangat lebih untuk siswa, sehingga siswa selalu antusias dalam mengikuti pembelajaran dan nyaman berada di dalam kelas.
Sekian komentar dari saya, semoga bisa bermanfaat
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Melsi Eka Febrianti
Nim : 042230134
Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelebihan yang terdapat pada video tersebut :
1. Guru menggunakan media pembelajaran untuk memberikan rangsangan kepada siswa melalui lukisan keindahan alam yang sesuai dengan topik pembelajaran.
2. Guru melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran.
3. Guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengamati keindahan alam dan berkreasi membuat puisi keindahan alam sesuai dengan pengamatan para siswa serta memberikan pengalaman nyata kepada siswa.
4. Guru memberikan apresiasi secara positif terkait dengan respon para siswa.
5. Guru menerapkan diskusi secara berkelompok dengan bertanya kepada siswa mengenai judul yang tepat untuk puisi yang telah disusun perbait oleh para siswa.
Kekurangan yang terdapat dalam video tersebut :
1. Guru belum menggunakan apresepsi secara utuh.
2. Guru tidak menyampaikan tujuan dan hasil pembelajaran yang diperoleh melalui pengajaran tersebut.
3. Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab terkait materi yang sedang dipelajari.
4. Suasana pembelajaran terkesan monoton, karena gerak guru dalam mengajar terkesan kaku.
5. Tidak terdapat kesimpulan pada akhir pembelajaran.
Hal unik yang terdapat dalam video tersebut :
1. Suasana kelas yang kondusif.
2. Respon siswa dalam pembelajaran tersebut sangat positif dan aktif.
3. Sumber pembelajaran terdapat pada siswa, guru hanya menjadi moderator saja.
Terimkasih
Nama : Melsi Eka Febrianti
Nim : 042230134
Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelebihan yang terdapat pada video tersebut:
1. Guru menggunakan media pembelajaran untuk memberikan rangsangan kepada siswa melalui lukisan keindahan alam yang sesuai dengan topik pembelajaran.
2. Guru melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran.
3. Guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengamati keindahan alam dan berkreasi membuat puisi keindahan alam sesuai dengan pengamatan para siswa, serta memberikan pengalaman secara nyata kepada siswa.
4. Guru memberikan apresiasi secara positif terkait dengan respon para siswa.
5. Guru menerapkan diskusi secara berkelompok dengan bertanya kepada siswa mengenai judul yang tepat untuk puisi yang telah disusun perbait oleh para siswa.
Kekurangan yang terdapat pada video tersebut :
1. Guru belum menggunakan apresepsi secara utuh.
2. Guru tidak menyampaikan tujuan dan hasil pembelajaran yang diperoleh melalui pengajaran tersebut.
3. Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab terkait materi yang sedang dipelajari.
4. Suasana pembelajaran terkesan monoton, karena gerak guru dalam mengajar terkesan kaku.
5. Tidak terdapat kesimpulan pada akhir pembelajaran.
Hal unik yang terdapat dalam video tersebut :
1. Suasana kelas yang kondusif.
2. Respon siswa dalam pembelajaran tersebut sangat positif dan aktif.
3. Sumber pembelajaran terdapat pada siswa, guru hanya menjadi moderator saja.
Terimakasih
Nama : Rinanda Afifah Oktaviyani
NIM : 044107592
Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Assalamualaikum wr.wb
Menurut pendapat saya pada video pembelajaran mengenai “Menulis Puisi dengan Mengamati Keindahan Alam” yaitu :
1. Respons para siswa dalam pembelajaran sangat baik, karena mereka aktif dalam belajar dan mengikuti setiap arahan guru.
2. Dalam video pembelajaran tersebut guru mempunyai kelemahan, seperti : Pada awal pembelajaran, guru tidak memberikan pembukaan karena pada awal pelajaran seharusnya pembukaan itu penting. Dalam bahasa tubuh dan kontak visual, guru masih terbilang kaku. Seharusnya guru bisa memberikan ruang kepada para siswa untuk melakukan diskusi sebelum membuat suatu karya seperti dalam membuat puisi agar para siswa bisa memberikan pendapat mereka masing-masing.
3. Sedangkan kelebihan guru dalam pembelajaran tersebut, yaitu : Guru memberikan media untuk para siswa agar mereka dapat belajar dengan mudah dan mempunyai imajinasi yang luas. Mengajak para siswa untuk melihat objek secara langsung agar mereka mendapatkan ide yang baik dan menarik. guru memberikan kesempatan untuk para siswa agar membuat puisi didepan kelas karena hal tersebut termasuk dalam melibatkan siswa dalam pembelajaran.
4. Hal unik saat pembelajaran yang dilakukan guru yaitu kondisi kelas yang kondusif dan tenang karena para siswa dapat memperhatikan dengan konsentrasi saat guru menerangkan materi didepan kelas.
5. Dengan saya mengetahui kelemahan dan kelebihan guru dalam video pembelajaran tersebut saya dapat memberikan upaya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut dengan, memberikan waktu para siswa untuk melakukan diskusi terlebih dahulu dalam melakukan pembelajaran, memberikan penjelasan tujuan pembelajaran hari ini, supaya dalam mengejar tidak kaku, sebaiknya guru dapat mengawali pembelajaran dengan game atau kuis supaya menjadi rileks.
Begitu pendapat saya, bila ada kesalahan saya mohon maaf
Sekian terima kasih
Wassalamualaikum wr.wb
Assalamualaikum, selamat pagi.
Nama : Moh. Bakhtiar Kusumahadi
NIM : 042222968
Prodi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Pada cuplikan video merupakan kegiatan pembelajaran cipta karya puisi. Pada cuplikan pertama, siswa diperintahkan membuat puisi yang bertemakan keindahan alam dengan menggunakan media gambar keindahan alam yang sudah disediakan oleh guru. Setelah itu, ada beberapa hal yang dapat diambil, yaitu penggunaan waktu dan kesempatan melihat situasi alam secara langsung merupakan kegiatan yang positif di dalam materi menciptakan karya puisi. Dengan kegiatan langsung tersebut, siswa dapat merasakan secara nyata situasi keindahan alam sekitar yang sesuai dengan tema puisi, sehingga puisi yang diciptakan akan menjadi karya sastra yang baik sesuai dengan fungsi puisi yaitu menyampaikan perasaan si penulis.
Namun, ada beberapa kekurangan yang dapat dilihat dari video tersebut. Kekurangan tersebut adalah guru tidak menjelaskan terlebih dahulu tentang struktur dan kaidah kebahasaan terkait penciptaan karya puisi. Hal ini dapat menyebabkan perluasan maksud yang ditangkap oleh siswa yang dapat mengurangi pemahaman siswa terhadap karya sastra tersebut. Jadi, sebaiknya guru harus memberitahukan kepada siswa terlebih dahulu tentang hal-hal yang harus diketahui oleh siswa mengenai penciptaan karya sastra puisi.