Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pada topik ini guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Dalam bagian ini, teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Penggalan berikutnya adalah cara untuk memberikan solusi pada masalah ini, guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek.
–
Pakar Dosen
Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.
Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.
Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.
Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.
Kualitas gambar video harus ditingkatkan.
Suci Madiarti Isman
Rina Astuti 501213058 Magister Pendidikan Dasar UPBJJ Serang
Setelah mengamati video tersebut sebagai guru saya mendapatkan manfaat yaitu kita sebagai guru harus merencanakan pembelajaran secara optimal dengan memperhatikan karakteristik siswa di kelas yang akan kita ajar, guru harus menguasai materi pelajaran sebelum mengajar di kelas karena setiap kesalahan dan hal-hal baik akan ditiru oleh siswa, seperti pada video tersebut guru salah dalam pengucapan, harusnya hal ini tidak terjadi jika guru telah mempersiapkan apa yang akan diucapkan dan dilakukan di dalam kelas, ada aplikasi google translate yang tidak hanya menerjemahkan tetapi mengucapkan dengan benar, dan itu bisa dibawa ke dalam kelas, diperdengarkan. manfaatkan software dan hardware serta maksimalkan brainware.
Video ini sangat informatif dalam menjelaskan tantangan dan solusi dalam pengajaran menulis Bahasa Inggris untuk siswa kelas VII SMP. Penggunaan guided writing sebagai solusi sangat membantu, karena memberikan kerangka kerja yang jelas bagi siswa dalam menulis essay pendek. Namun, saran saya adalah agar guru juga mengadakan sesi diskusi setelah memberikan contoh video dan artikel. Ini akan memungkinkan siswa untuk bertanya dan berdiskusi tentang poin-poin penting, sehingga pemahaman mereka menjadi lebih mendalam. Selain itu, guru dapat memberikan umpan balik secara individu pada essay yang telah dibuat siswa untuk meningkatkan kemampuan menulis mereka secara bertahap.