Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pada topik ini guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Dalam bagian ini, teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Penggalan berikutnya adalah cara untuk memberikan solusi pada masalah ini, guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek.
–
Pakar Dosen
Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.
Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.
Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.
Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.
Kualitas gambar video harus ditingkatkan.
Suci Madiarti Isman
Nama: Lilik Mutoliah
NIM: 501333159
Prodi: Magister Pendidikan Dasar
dari video di atas, menurut saya guru sudah sangat baik dalam memberikan arahan dalam kegiatan pembelajaran di kelas, siswa terlihat aktif dalam proses pembelajaran dan siswa dapat melaksanakan instruksi yang diberikan oleh guru. Guru juga memberikan apresiasi berupa pujian, sehingga membuat siswa merasa di hargai dan semakin bersemangat. Selain itu guru juga memberikan simulasi video bagaimana membuat teks pendek tentang my hobby. Pembelajaran terlihat sangat menyenangkan bagi siswa.
Nama: Lilik Mutoliah
NIM: 501333159
Prodi: Magister Pendidikan Dasar
dari video di atas, menurut saya guru sudah sangat baik dalam pembelajaran . Guru memberikan penjelasan dan arahan dalam kegiatan pembelajaran dengan cukup jelas, siswa terlihat aktif dalam proses pembelajaran dan siswa dapat melaksanakan instruksi yang diberikan oleh guru. Guru memberikan apresiasi terhadap pekerjaan siswa, sehingga siswa semakin bersemangat untuk belajar. Selain itu guru juga memberikan simulasi video bagaimana membuat teks pendek tentang my hobby. Pembelajaran terlihat sangat menyenangkan bagi siswa.
Nama : Dinny Sela Seftiani
NIM : 501223231
PRODI: Magister Pendidikan Dasar
Berdasarkan video tersebut ada beberapa yang saya fokuskan saat mengamatinya. Yang pertama sebelum guru memberikan rangsangan berupa video atau contoh penulisan essay My Hobby siswa terlihat kesulitan dalam proses pembelajaran. Namun saat diberikan video dan contoh untuk mengerjakan materinya siswa terlihat antusias dan menyenangkan. Ini berarti bahwa rangsangan saat pembelajaran sangat penting untuk menunjang pembelajaran. Yang kedua ialah pemberian apresiasi oleh guru kepada siswa yang sudah berani untuk membacakan essaynya di depan kelas. Pemberian apresiasi kepada siswa akan menimbulkan kepercayaan diri yang baik untuk siswa.
Nama : Raden Diana Iradanti
NIM : 501233099
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pada topik ini guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Dalam bagian ini, teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Penggalan berikutnya adalah cara untuk memberikan solusi pada masalah ini, guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek.
Nama : Malsina
Nim : 501574191
Prodi : MPDr/UPBJJ Medan
Dalam video diatas guru telah memperlihatkan sebuah video kepada anak agar anak punya gambaran bagaimana menulis sebuah cerita tentang my hobby dan mempresentasikannya di depan kelas. Metode ini mempermudah pemahaman pada anak karena menampilkan audio visual apalagi di tambah dengan penjelasan detail dari guru.
Terima kasih…
Nama : Malsina
Nim : 501574194
Prodi : MPDr/UPBJJ Medan
Dalam video diatas guru telah memperlihatkan sebuah video kepada anak agar anak punya gambaran bagaimana menulis sebuah cerita tentang my hobby dan mempresentasikannya di depan kelas. Metode ini mempermudah pemahaman pada anak karena menampilkan audio visual apalagi di tambah dengan penjelasan detail dari guru.
Terima kasih…
Nama : SWARENDA SEPTIA
NIM : 501574227
Berdasarkan video tersebut, guru menggali potensi siswa baik dalam keterampilan menulis maupun berbicara. Dengan menggunakan metode dan media video untuk membantu siswa dalam memahami pembelajaran. Adanya interaksi antara guru dan anak setelah ditampilkannya video. Guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek. Siswa saling berlomba menjawab pertanyaan guru. Selain itu, terdapat umpan balik guru dengan mengevaluasi hasil pengerjaan siswa dan mengapresiasi jawaban siswa.
Devi Aninda Putri
NIM : 501333127
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Dari melihat video tersebut dapat diketahui bahwa guru sudah memberikan arahan dengan baik pada saat kegiatan belajar di kelas dilakukan. hal tersebut dapat dilihat dari sikap guru yang menanggapi siswa. dan Siswa pada video dapat melaksanakan perintah yang guru berikan. Pujian yang diberikan kepada siswa merupakan reward yang secara tidak langsung dapat meningkatkan semangat siswa belajar karena merasa dihargai. Pembelajaran pada video menggunakan media pembelajaran berupa video yang diputar melalui proyektor sehingga semakin membuat siswa lebih teratrik serta menjadikannya memahami dan menangkap cerita lebih baik lagi.
Nama : Ratri Wulandari
NIM : 501202711
Prodi
Nama : Ratri Wulandari
NIM : 501202711
Prodi : MPDr UPBJJ Jakarta
Video tersebut memperlihatkan bagaimana upaya guru dalam membantu siswa dalam menuliskan cerita dengan menayangkan video yang dapat membantu pemahaman siswa yang sebelumnya mengalami kesulitan ketika menuliskan cerita. Guru juga memberikan apresiasi berupa pujian agar siswa menjadi lebih semangat