Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pada topik ini guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Dalam bagian ini, teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Penggalan berikutnya adalah cara untuk memberikan solusi pada masalah ini, guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek.
–
Pakar Dosen
Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.
Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.
Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.
Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.
Kualitas gambar video harus ditingkatkan.
Suci Madiarti Isman
Nama : Tri Suranto
NIM : 501253123
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Dari video tersebut cara meningkatkan kemampuan siswa untuk mengatasi kesulitan dalam memilih kata dan menggunakan tata bahasa yang baik dan benar dalam menulis sebuah karangan adalah dengan pemberian contoh video dan outline kepada siswa, dan bila di sekolah belum mempunyai sarana video maka anda dapat menggunakan poster dan suara cerita dari guru.
Terima kasih
Nama : Ayu Ainul Maghfiroh
NIM : 501253155
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Video tersebut sangat menginspirasi saya dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris dikelas. Penggunaan video pendek menjadi salah satu altrenatif untuk memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran yang dilakukan. Kegiatan berikutnya berupa tanya jawab yang merupakan upaya feedback atau umpan balik antara guru dan siswa setelah siswa menonton video tersebut dan daikhiri dengan pemberian outline berupa pertanyaan terkait isi video tersebut. dari video tersebut saya mendapatkan pengetahuan baru dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa inggris di kelas agar materi pembelajaran lebih mudah dipahami oleh siswa.
Nama : Titik Kurniawati
NIM : 501343181
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Malang
Dalam video yang berjudul “My Hobby” ditampilkan kreativitas dan inovasi pembelajaran yang diberikan oleh Ibu Guru dalam mata pelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pembelajaran menjadi menyenangkan dan tidak monoton. Dalam video tersebut, guru hanya meminta siswa untuk membuat esai pendek tanpa menjelaskan atau memberikan panduan menulis terlebih dahulu. Bagian selanjutnya membahas solusi untuk masalah ini, di mana guru menyajikan contoh video dan artikel tentang hobi serta memberikan panduan menulis (guided writing) dalam membuat esai pendek.
Nama : Ario Sepka Dardiri
NIM : 501303242
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Banjarmasin
Dengan adanya penjelasan yang detail kepada siswa, apa yang sudah dilakukan guru merupakan suatu keharusan. Apalagi ditambah dengan menampilkan penggunaan media video. Sebenarnya untuk meningkatkan keterampilan menulis dapatlah dilakukan melalui kebiasaan baik seperti siswa dapat membuat catatan harian, yang menceritakan kegiatan mereka selama satu hari.
Nama : Yohanes Golanem
NIM : 501453156
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Papua
video pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi peserta didik karena tujuannya untuk mendorong siswa supaya merefleksi secara kritis hobi dirinya dalam rangka pemberdayaan prestasi dan karirnya.
Nama : ROSI GUSRI RAHMAWATI
NIM : 501132876
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : PADANG
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. menurut saya teknik yang diberikan guru dalam proses pembelajaran tersebut bagus, karena pada bagian pertama guru menguji pemahaman siswa tanpa memberikan penjelasan dan arahan terlebih dahulu, pada bagian akhir barulah siswa diberikan contoh dan artikel agar siswa paham serta memberikan panduan menulis (guided writing) dalam membuat esai pendek.
Nama : Wahyu nengsih
NIM : 501574187
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Menurut saya, dalam video tersebut guru sangat menguasai kelas. Sehingga pembelajaran dapat dilakukan dengan tertib. Selain itu, penggunaan media video juga turut membantu mempermudah pemahaman siswa.
Nama : Jennie Nathania Putri
NIM : 501203104
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Jakarta
Yang saya pelajari dari video ini adalah metode pembelajaran bahasa inggris bisa dilakukan dengan membangun kepercayaan diri peserta didik. Pertama, dengan meminta peserta didik untuk menuliskan cerita yang berkaitan dengan hobi atau kesukaannya. Kedua, peserta didik diminta untuk membacakannya di depan kelas tanpa peduli pengucapannya benar atau tidak. Ketiga, peserta didik diminta untuk menuliskan beberapa kalimat dari cerita yang telah ditulisnya untuk didiskusikan bersama mengenai susunan kata yang masih belum tepat. Pada ketiga kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran, manfaat yang saya dapatkan yaitu pentingnya suatu kegiatan pembelajaran yang dirancang oleh pendidik itu saling berkesinambungan namun tetap melibatkan peserta didik secara aktif. Pada video ini, pendidik mengaitkan 4 aspek berbahasa secara langsung, mulai dari menulis, berbicara, membaca, dan mendengar. Saran untuk video pembelajaran ini, masih perlu adanya ringkasan inti yang ingin disampaikan melalui video ini.
Nama : Sri Rahayuningsih
NIM : 501574109
Prodi: MPDr
Dalam video tersebut menurut saya guru sudah sangat baik dalam memberikan arahan dalam kegiatan belajar di kelas, terlihat siswa merespon apa yang guru terangkan dan siswa dapat melaksanakan instruksi yang guru berikan, yaitu siswa membacakan tugas nya di depan kelas dan menuliskan kembali di papan tulis. Meskipun masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam penulisan sebeuah karangan dan masih banyak siswa yang kesulitan dalam memilih kata dan menggunakan tata bahasa yang baik dan benar. Walaupun begitu guru tetap mengapresiasi pekerjaan muridnya dan guru tersebut memberikan petunjuk untuk menonton video tentang my hoby , dari video tersebut terlihat bagaimana penggunaan tata bahasa yang baik dan benar, bagaimana cara penulisan bahasa inggris, serta pemahaman dalam memilih kata untuk sebuah karangan.
Nama : Minhatul Maula
NIM : 042121684
Prodi : Pendidikan Bahasa Inggris
Menurut pendapat saya mengenai video tersebut guru sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik. Kelebihan dalam video pembelajaran tersebut adalah guru bisa menciptakan kegiatan belajar yang tenang dan kondusif. Komunikasi antara siswa dan guru juga terjalin dengan baik. Guru juga memberikan apresiasi kepada siswa setelah menyelesaikan menulis tugasnya di papan tulis. Dalam video tersebut guru juga menggunakan media video untuk membantu siswa agar lebih memahami bagaimana cara membuat teks pendek tentang my hobby.
Hal yang perlu perbaiki dalam video pembelajaran tersebut adalah setelah siswa selesai menuliskan tugas di papan tulis, seharusnya guru menjelaskan lebih detail lagi tentang kesalahan tugas yang telah ditulis siswa di papan tulis agar siswa lebih paham lagi dan kedepannya dapat menghindari untuk membuat kesalahan seperti sebelumnya.