Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pada topik ini guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Dalam bagian ini, teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Penggalan berikutnya adalah cara untuk memberikan solusi pada masalah ini, guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek.
–
Pakar Dosen
Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.
Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.
Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.
Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.
Kualitas gambar video harus ditingkatkan.
Suci Madiarti Isman
Nama : Mila Aulia
NIM : 501332956
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ UT Malang
Komentar tentang Video Pembelajaran “My Hobby”
Video pembelajaran ini berisi materi tentang kesulitan siswa untuk menulis sebuah karangan. Banyak siswa yang kesulitan memilih kata dan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Guru menemukan solusi dengan memberikan contoh video, poster, serta audio dari guru sehingga lebih mudah dipahami siswa.
1. Manfaat :
Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dengan memberikan contoh video, poster, dan audio tentang hobby dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam menulis bahasa inggris. Saat menonton video, siswa menjadi lebih mudah untuk memahami isi sehingga lebih mudah pula untuk diceritakan melalui tulisan.
2. Masukan dan Saran :
Akan lebih bagus dan lengkap lagi disertakan dalam video tentang penggunaan media selain video dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis bahasa inggris.
Nama : Lilik Nurhayati
NIM : 501333016
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPPBJ UT Malang
Video pembelajaran tersebut berisi tentang kesulitan siswa dalam menulis karangan. Langkah yang dilakukan guru adalah :
1. memberikan tugas kepada siswa untuk membuat karangan pendek tanpa memberi tahu grammar yang tepat bagaimana. Setelah siswa membaca dan menuliskan karangannya di depan kelas, guru baru memberikan koreksi tentang grammar yang tepat bagaimana. Dengan demikian akhirnya siswa menjadi lebih memahami cara menulis karangan dengan grammar yang tepat, siswa jadi tahu mana grammar yang salah dalam karangannya tersebut.
2. memberikan video tentang “Angga’s hobby”, setelah melihat vidio, guru memberikan beberapa pertanyaan pemantik yang sesuai dengan narasi dalam video tersebut, setelah itu guru memberikan karangan pendek tentang isi video tersebut, karangan pendek tersebut berupa kalimat rumpang, siswa diminta untuk melengkapi kalimat sesuai narasi dalam video. Dengan demikian siswa lebih bisa memahami antara kegiatan listening, speaking, dan wriitng sangat erat hubungannya.
Video tersebut sudah bagus, namun perlu ditingkatkan lagi motivasi kepada siswa agar lebih bersemangat lagi dalam menulis.
2. memberikan video pendek
Nama : Nirma Meirista
NIM : 501332852
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ UT Malang
Komentar tentang Video Pembelajaran “My Hobby”
Dalam video pembelajaran ini menggambarkan kejadian siswa yang kesulitan untuk membuat suatu karangan. Kebanyakan siswa yang belum bisa memilih dan menyusun kata menjadi kalimat yang padu dan runtut, siswa juga masih kesulitan dalam memilih kata dan bahasa yang baik dan benar. Dalam kasus ini guru mencoba memberikan solusi dengan menggunakan media pembelajaran berupa Audio vidio serta poster Guru menemukan solusi dengan memberikan contoh video pendek, outline, serta audio sehingga siswa dapat lebih mudah dalam memahami.
1. Manfaat :
Dengan menggunakan media pembelajaran membuat siswa lebih mudah untuk memahami isi materi yang diajarkan oleh guru, karena siswa dapat melihat contoh secara langsung. dengan melihat atau mendengarkan contoh kalimat yang disampaikan dengan baik dan benar. Me,ilih vidio pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar serta pemahaman siswa terhadap meteri yang dipelajari.
2. Masukan dan Saran :
Guru hendaknya menyiapkan vidio pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dengan beragam model atau beragam cerita . Dengan memberikan cerita masa lampau, masa kini dan yang akan datang. sehingga siswa dapat membedakan tata bahasa yang digunakan.
Nama : Indri Oksari Handayani
NIM : 501323101
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ UT Surabaya
Video tersebut memberikan gambaran tentang tantangan dalam pembelajaran menulis Bahasa Inggris di tingkat Sekolah Menengah, khususnya pada kelas VII, di mana guru mengalami kesulitan dalam menjelaskan cara membuat essay pendek secara memadai kepada siswa.
Manfaat dari video ini adalah bahwa itu menyoroti masalah umum dalam pengajaran Bahasa Inggris, yaitu kurangnya pemahaman siswa tentang bagaimana membuat essay. Solusi yang disajikan oleh guru dalam video, yaitu menggunakan contoh video dan artikel yang relevan mengenai topik “Hobby” serta memberikan guided writing, menunjukkan upaya untuk meningkatkan pemahaman siswa.
Komentar terhadap video ini adalah bahwa pendekatan yang digunakan oleh guru untuk memberikan solusi terhadap kesulitan siswa tampaknya lebih mendalam dan lebih baik dibandingkan dengan pendekatan sebelumnya yang hanya meminta siswa untuk membuat essay tanpa panduan yang jelas. Penggunaan contoh video dan artikel tentang topik “Hobby” bisa menjadi metode yang menarik dan memotivasi siswa untuk terlibat lebih dalam dalam kegiatan menulis.
Nama : Haris Krisantono
NIM : 501263149
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Setelah mengamati video pembelajaran tersebut, ada beberapa hal yang saya pelajari yaitu :
1. Untuk mengembangkan keterampilan menulis anak tidak bisa hanya sekedar diminta untuk menulis saja
2. Guru perlu memberikan sesuatu yang bersifat nyata yang bisa dilihat secara visual melalui bahan ajar baik cetak maupun non cetak untuk mengembangkan
keterampilan menulis anak
3. pengalaman anak sehari-hari dapat dijadikan konten untuk membuat tugas menulis anak karena anak akan lebih mudah memahami pengalaman mereka
Nama : SUSI ARDIYANTI
NIM : 501232982
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ Bandung
Video tersebut menceritakan siswa yang kesulitan dalam menulis Bahasa Inggris walaupun ide mereka sudah baik. Siswa merasa kesulitan dalam membuat karangan. Untuk mengatasi hal tersebut guru dapat menggunakan media pembelajaran berupa video pembelajaran yang ditayangkan di kelas
Lalu siswa diminta untuk menulsikan hobi mereka masing-masing. Hal tersebut menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat essay.
Natalia Ida Rohana Gultom
501202009
Jakarta
Video tersebut menggambarkan usaha seorang guru agar para siswa dapat menulis dengan struktur yang baik, dengan memberikan video, menggunakan kalimat yang sudah dihilangkan beberapa kata-katanya. Siswa diberi kesempatan untuk mengutarakan hobinya dan menulis kalimat yang sudah diucapkan, kemudian guru tersebut langsung memperbaiki kata yang salah penulisan. Sehingga siswa semakin paham.
Dengan penggunaan video, poster, dan audio sebagai media pembelajaran membuat siswa semakin semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan hal tersebut akan mempermudah guru untuk dalam menyampaikan materi kepada siswa.
Nama: Elfina Permata Salma
NIM: 042256484
UPBJJ UT JEMBER
komentar saya pada vidio pembelajaran ini:
menurut saya vidio pembelajaran dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP” ini cukup solutif bagi siswa yang masih kesulitan untuk merangkai kata menggunakan bahasa inggris, ide guru untuk menggunakan media belajar vidio dan kertas outline yang terdapat format penulisan bahasa inggris yang benar ini sangat bagus karna membuat siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan.
saran saya untuk vidio pembelajaran ini guru seharusnya dapat memberikan contoh vidio yang lebih beragam (tidak hanya satu vidio)sebagai refrensi siswa,kemudian sebelum peserta didik mengerjakan soal yang diberikan, guru dapat memberikan waktu kepada peserta didik untuk bertanya tentang hal yang belum dipahami dari materi yang diajarkan.
Nama : Nina Nopiana Yuda
NIM : 501202291
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : UT Jakarta
Video yang berjudul “My Hobby” membahas strategi penyelesaian masalah dalam pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama. Di awal video, terlihat guru menghadapi kesulitan dalam memberikan pemahaman yang efektif kepada siswa tentang cara menulis atau membuat essay pendek. Pada tahap ini, guru hanya meminta siswa untuk membuat essay pendek tanpa memberikan penjelasan mendalam atau memberikan panduan penulisan terlebih dahulu. Namun, pada bagian berikutnya, guru berhasil menemukan solusi untuk masalah tersebut dengan menyajikan contoh video tentang hobi dan memberikan panduan penulisan (guided writing) saat membuat essay pendek.
Manfaat yang saya dapat dari tayangan video tersebut adalah penting bagi seorang guru untuk secara praktis menunjukkan materi yang akan dijelaskan sebelum memberikan tugas kepada siswa.
Masukan dan saran untuk tayangan video tersebut adalah guru juga memberikan tanggapan dengan cara mengajukan pertanyaan kepada siswa terkait video yang telah mereka saksikan.