Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pada topik ini guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Dalam bagian ini, teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Penggalan berikutnya adalah cara untuk memberikan solusi pada masalah ini, guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek.
–
Pakar Dosen
Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.
Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.
Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.
Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.
Kualitas gambar video harus ditingkatkan.
Suci Madiarti Isman
Nama : Rosida Damayana
NIM : 501193225
Prodi : Magister Pendidikan dasar
UPBJJ : UT Bandar Lampung
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Dari video tersebut, terlihat bahwa siswa sedang belajar tentang hobi dan kesulitan dalam menulis karangan dalam kata dan tata Bahasa yang baik dan benar . Cara mengatasi hal ini, guru menggunakan video, outline, poster dan suara cerita sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa membuat karangan tentang hobi. Dengan bantuan video siswa dapat membuat karangan tentang hobi mereka.
Manfaat yang bisa kita dapat yaitu :
a. menarik perhatian siswa, meningkatkan pengetahuan
b. daya imajinasi,
c. daya pikir kritis
d. memicu siswa untuk lebih berpartisipasi serta antusias sehingga siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran.
Nama : Triyatno
NIM : 501172934
Prodi : Magister Pendidikan dasar
UPBJJ : UT Palembang
Dari pembelajaran bahasa Inggris dengan cara Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP dan menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek, saya mempelajari beberapa hal berikut:
– Pentingnya pemilihan topik yang menarik. Video pembelajaran tersebut menekankan pentingnya pemilihan topik yang menarik bagi siswa. Dengan memilih topik yang menarik, siswa akan lebih termotivasi untuk menulis essay.
– Pentingnya perencanaan dalam menulis. Video pembelajaran tersebut juga menekankan pentingnya perencanaan dalam menulis. Dengan merencanakan terlebih dahulu, siswa akan lebih mudah untuk menyusun ide dan struktur tulisannya.
– Langkah-langkah menulis essay. Video pembelajaran tersebut menjelaskan langkah-langkah menulis essay secara sistematis. Langkah-langkah ini dapat membantu siswa untuk menulis essay dengan lebih efektif.
– Tips dan trik menulis essay. Video pembelajaran tersebut juga memberikan tips dan trik menulis essay. Tips dan trik ini dapat membantu siswa untuk meningkatkan kualitas tulisannya.
Nama : Nurul Hidayah
NIM : 501123092
Prodi : Magister Pendidikan dasar
UPBJJ : Batam
didalam video tersebut pembelajaran bahasa inggris yang dikemas oleh guru tersebut terlihat sangat asik dan menyenangkan. guru tersebut membuat pembelajaran dengan pengalaman. siswa diminta untuk membuat hoby masing-masing lalu menliskan kembli kalimat tersebut dipapan tulis. lalu guru tersebut melakukan perbaikan kata yang benar terhadap hasil tugas siswanya. kemudian dengan menggunakan contoh langsung seperti video merupakan alternatif yang baik untuk mempermudah anak dalam memahami dimana letak salah dan kesulitan mereka dalam menuliskan sebuah karangan di dalam bahasa inggris.
Ardiarti Bangun Wijaya, 501263156, Magister Pendidikan Dasar, UT Surakarta
Guru Bahasa Inggris bersikap solutif untuk meningkatkan keterampilan menulis esai bagi siswanya. Dengan video pembelajaran, materi pun menjadi jelas. Berbantuan media video pembelajaran terbukti efektif meningkatkan pemahaman dan keterampilan menulis esai bagi siswa. Permasalahan tersebut saya terapkan di kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan media video pembelajaran yang membangun minat belajar siswa sehingga hasil belajar meningkat.
Sekadar saran, media tersebut dapat lebih variatif dan interaktif sehingga mengembangkan kemampuan motorik siswa juga.
Nama : Fatimah Nur Hasibuan
Nim : 501573787
UPBJJ : Medan
Video My Hobby menceritakan mengenai seorang, guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Solusi yang ditawarkan yaitu menonton video berisi percakapan hobby seorang anak, kemudian murid diberi pertanyaan seputar hobby dan murid-murid sangat antusias menajawab pertanyaan tersebut. Diakhir video murid diberikan LKPD yang berisi perkenalan mengenai hobby mereka masing-masing
Saran dan masukan : seharusnya didalam video my hobby tersebut memuat keterangan penjelasan mengenai kegiatan tersebut. sehingga kita dapat memahami dengan jelas langkah_langkah pembelajarannya
Nama : Rina Yuliana
NIM : 501172783
Jurusan : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : UT Palembang
Dalam video ini, guru menghadapi tantangan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik tentang cara menulis atau membuat esai pendek. Hal ini dikarenakan guru hanya meminta peserta didik untuk membuat esai pendek tanpa memberikan penjelasan atau panduan penulisan yang memadai, sehingga mengakibatkan kebingungan di antara siswa dan menghambat kemampuan mereka untuk menghasilkan karya tulis yang baik. Namun setelah itu, Guru menyajikan solusi dengan memanfaatkan contoh video mengenai hobi. Pendekatan ini memberikan contoh konkret yang dapat memandu siswa dalam pembuatan esai pendek mereka. Penggunaan video juga dapat meningkatkan daya tarik visual dan auditif siswa, membuat pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami.
Keseluruhan, video ini memberikan kontribusi positif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih baik untuk mengembangkan kompetensi menulis Bahasa Inggris di tingkat SMP.
Nama : Elsa Kurnia Windhyastuti
NIM : 501263235
Progdi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : UT Surakarta
Terlihat dalam video bahwa guru memberikan tugas Bahasa Inggris untuk menjelaskan hobi dari masing-masing individu. Namun kenyataannya peserta didik masih merasa kesulitan dalam penulisan Bahasa Inggrisnya. Kemudian guru tersebut menyajikan pembelajaran berupa video pembelajaran dan melakukan tanya jawab dari isi video pembelajaran tersebut. Setelah itu terlihat bahwa peserta didik memahami isi dari video. Kemudian guru juga memberikan soal berupa paragraf rumpang untuk diisi peserta didik. Sehingga mereka bisa mempelajari penulisan kosa kata Bahasa Inggris dengan benar.
Manfaat dari video tersebut yaitu sebagai guru kita harus lebih mengembangkan pembelajaran dengan menyediakan media dan metode pembelajaran yang menarik dan mempermudah peserta didik dalam memahami materi. Guru juga harus menguasai bermacam-macam jenis soal yang dapat merangsang pola berpikir kritis pada peserta didik.
Masukan dan sarannya yaitu : menurut saya video pembelajaran yang ditampilkan akan lebih mempermudah peserta didik apabila terdapat teks (dalam bentuk Bahasa Inggris) pada video tersebut. Sehingga selain mendengar, peserta didik juga dapat melihat bagaimana penulisan kosa kata yang disampaikan oleh pelaku dalam video tersebut. Namun secara keseluruhan semua sudah baik untuk membantu dalam proses pembelajaran.
Nama : Elsa Kurnia Windhyastuti
NIM : 501263235
Progdi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : UT Surakarta
Terlihat dalam video bahwa guru memberikan tugas Bahasa Inggris untuk menjelaskan hobi dari masing-masing individu. Namun kenyataannya peserta didik masih merasa kesulitan dalam penulisan Bahasa Inggrisnya. Kemudian guru tersebut menyajikan pembelajaran berupa video pembelajaran dan melakukan tanya jawab dari isi video pembelajaran tersebut. Setelah itu terlihat bahwa peserta didik memahami isi dari video. Kemudian guru juga memberikan soal berupa paragraf rumpang untuk diisi peserta didik. Sehingga mereka bisa mempelajari penulisan kosa kata Bahasa Inggris dengan benar.
Manfaat dari video tersebut yaitu sebagai guru kita harus lebih mengembangkan pembelajaran dengan menyediakan media dan metode pembelajaran yang menarik dan mempermudah peserta didik dalam memahami materi. Guru juga harus menguasai bermacam-macam jenis soal yang dapat merangsang pola berpikir kritis pada peserta didik.
Masukan dan sarannya yaitu : menurut saya video pembelajaran yang ditampilkan akan lebih mempermudah peserta didik apabila terdapat teks (dalam bentuk Bahasa Inggris) pada video tersebut. Sehingga selain mendengar, peserta didik juga dapat melihat bagaimana penulisan kosa kata yang disampaikan oleh pelaku dalam video tersebut. Namun secara keseluruhan semua sudah baik untuk membantu dalam proses pembelajaran.
Nama : Tirta Lyhouw Harefa
NIM : 501573873
UPBJJ : UT Daerah Medan
1. Yang dapat dipelajari dalam video pembelajaran diatas adalah siswa yang kesulitan dalam penulisan karangan dan pemilihan tata bahasa yang baik dapat dibantu dengan pemberian contoh video dan out line oleh guru. Jika keadaan sekolah tidak mendukung dalam pemberian video guru dapat menggunakan bantuan poster atau suara cerita dari guru dalam membantu siswa.
2. Manfaat pengamatan video pembelajaran diatas antara lain :
– Guru dapat menggunakan metode sederhana dalam membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran
– Peran guru sangat penting dalam andil membantu kesulitan siswa
– Proses pembelajaran yang menarik dan tidak monoton akan sangat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuannya
– Pemberian kesempatan kepada siswa dalam menyampaikan pendapat atau jawabannya akan meningkatkan kepercayaan diri siswa
– Reward atau apresiasi guru terhadap siswa akan membuat siswa merasa dihargai dan diperhatikan.
Video yang sangat bagus dan cukup mengispirasi dalam membelajarkan siswa untuk menulis. Pada video tersebut terdapat masalah siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis karangan tentang pengalaman atau hobinya, mereka masih kesulitan dalam memilih kata serta menyusun tata bahasanya. Melalui video pembelajaran atau video pendek yang ditayangkan oleh guru siswa menjadi lebih memahami cara menyusun kata dalam menuliskan cerita, ditambah dengan pertanyaan sebagai pemantik yang diberikan guru, sehingga ketika siswa diberikan tugas menulis kembali cerita sesuai dengan video yang dilihat, mereka dapat mengerjakannya dengan baik.
Adanya presenter dalam video ini cukup membantu audience dalam memahami isi video, akan tetapi dalam video tersebut penjelasan lebih mendalam oleh presenter tidak ada, takutnya menimbulkan miss konsep bagi penyimak video.