Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pada topik ini guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Dalam bagian ini, teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Penggalan berikutnya adalah cara untuk memberikan solusi pada masalah ini, guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek.

Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.

Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.

Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.

Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.

Kualitas gambar video harus ditingkatkan.

Suci Madiarti Isman

Similar Posts

202 Comments

  1. Nama : Dani syehabudin
    NPM :501232715
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Bandung

    Dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan materi pembelajaran tentang Hoby, dalam video tersebut masih banyak siswa kesulitan dalam menulis Easy bahasa Inggris,dengan keterampilan Berupa pemberian Pelajaran Tambahan Lewat Video terhadap Siswa, siswa mampu meningkatkan, memahami, pembelajaran secara baik , maka dari itu guru harus mampu memfasilitasi Bahan Ajar lain yang bisa mendukung proses pembelajaran.
    Saran dalam video tersebut Guru harus mengenalkan terlebih dahulu bahasa yang yang sering di pakai dalam keseharian dan Memberikan strategi Yang lebih terfokus dalam pembelajaran akan di sampaikan kepada peserta didik.

  2. Yang saya pelajari dari video tersebut yaitu:
    Jika murid kurang memahami bagaimana menulis kalimat dengan tata Bahasa yang benar, maka guru dapat menggunakan media video jika memungkinkan, poster atau suara cerita guru itu sendiri. Dengan media pembelajaran berupa video dapat melatih pendengaran dan pemahaman murid terhadap kalimat-kalimat berbahasa inggris. Kemudian dapat meningkatkan interaktif murid dalam proses pembelajaran dengan melakukan tanya jawab.

    Manfaat:
    Video ini memberi manfaat kepada saya bahwa sebagai guru harus dapat memahami situasi di kelas dan permasalahan yang dihadapi murid saat pembelajaran. Guru tidak hanya melakukan pembelajaran satu arah saja. Guru dapat menggunakan media yang dapat menarik perhatian dan minat siswa serta menciptakan pembelajaran yang interaktif.

    Saran:
    Sebelum pembelajaran, guru dapat mengenalkan beberapa kosakata penting yang akan digunakan pada hari itu.
    Guru dapat membentuk kelompok-kelompok berdasarkan kebutuhan belajar murid agar murid tidak merasa bosan dalam pembelajaran.
    Guru dapat memberi tugas yang berbeda-beda kepada setiap kelompok berdasarkan isi dari video.

  3. Nama : Farid Khusnul Mujib
    NIM : 501252977
    UPBJJ: Surabaya

    Video pembelajaran ini membahas strategi mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Menengah, khususnya dalam mengembangkan kemampuan menulis siswa kelas VII SMP dengan topik “MY HOBBY”. Awalnya, guru mengalami kesulitan dalam mengajarkan penulisan essay pendek karena siswa tidak diberikan penjelasan mendalam dan bimbingan dalam menulis. Guru hanya meminta siswa untuk langsung membuat essay, yang menyebabkan kesulitan dalam tata bahasa dan pemilihan kosakata. Penggunaan media video tentang hobi dianggap sangat efektif dalam membantu siswa memahami kosakata dan penggunaan bahasa yang tepat. Media ini melatih pendengaran dan pemahaman serta meningkatkan interaksi siswa melalui sesi tanya jawab. Video dan contoh konkret yang diberikan oleh guru meningkatkan pemahaman dan partisipasi siswa, menciptakan suasana belajar yang lebih baik. Manfaat yang diperoleh adalah pentingnya guru untuk memahami situasi dan masalah di kelas serta menggunakan media yang menarik dan interaktif. Beberapa saran yang diusulkan meliputi mengenalkan kosakata penting sebelum pembelajaran, membentuk kelompok belajar sesuai kebutuhan siswa untuk menghindari kebosanan, dan memberikan tugas yang berbeda berdasarkan isi video untuk meningkatkan pemahaman. Dengan strategi yang tepat dan inovasi dalam penggunaan media pembelajaran seperti video, guru dapat meningkatkan pemahaman siswa, menciptakan suasana belajar yang kondusif, dan mencapai tujuan pembelajaran secara lebih efektif.

  4. Nama : Khalida Ziah Siregar
    NIM : 501573454
    Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Medan

    Setelah menyimak video tersebut saya melihat seorang guru yang meminta siswa untuk bercerita tentang hobby mereka, salah seorang siswa menyukai musik india dan menari. Setelah selesai menyampaikan hobby siswa tersebut diminta menuliskan di papan tulis dan menyuruh siswa kembali ke tempat duduk. Disini guru tersebut mengevaluasi cara menulis yang baik dan benar yakni koreksi grammar. Dari kegiatan ini terlihat siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan kompetensi menulis bahasa inggris peserta didik. Terutama dikelas VII SMP.
    Dan pada penggalan video berikutnya saya melihat guru tersebut memperbaiki dan memberikan vidio seorang anak yang menceritakan hobby nya. Dalam video tersebut menunjukkan bahwa penggunaan kosakata dan grammar yang baik sehingga siswa mengetahui apa kesalahan dari yang mereka tulis. Ino melatih konsentrasi dan menyimak video pada siswa.
    Dan diakhir video guru memberikan selembar kertas dan meminta siswa untuk mengisi kertas tersebut, sehingga siswa pun menjadi faham cara mengerjakannya.
    Dalam kegiatan ini terjadi hubungan dua arah yakni antara guru dan siswa, memberikan suasana kelas yang menyenangkan, kemudian kegiatan ini melatih siswa dalam berfikir kritis mana yang benar mana yang salah, selain itu melatih kepercaya dirian siwa ketika maju kedepan menceritakan hobby nya.

  5. Nama : Amelia Gusriani
    NIM: 501132536
    Magister Pendidikan Dasar
    UT Padang
    Berdasarkan video di atas, saya melihat pada awalnya siswa mengalami kesulitan dalam menulis essay tentang hobinya. Alangkah lebih baiknya guru terlebih dahulu mengingatkan siswa dengan kata-kata yang berhubungan dengan Hobby, baru siswa menuliskan hobinya. Saat kegiatan tersebut siswa mengalami kesulitan dan guru dapat mengatasinya dengan menayangkan video pendek sehingga siswa lebih tertarik dan bisa menulis essay. Jadi dalam suatu pembelajaran sebagai kita harus dapat mengatasi situasi apapun yang sedang terjadi. Berusaha menjadi guru yang inovatif dan kreatif sehingga pembelajaran lebih bermakna.

  6. Yang dipelajari dari video tersebut adalah bahwa dalam proses pembelajaran tersebut sangat baik dalam membuka pelajaran sampai akhir, pembelajaran juga sudah mengaktifan siswa, siswa aktif berbiacara bahasa Inggris secara bergantian. Ketika pertama mengajar tanpa ada penjelasan dulu, jadi siswa kebingungan, tetapi setelah disajikan video pembelajaran bahasa Inggris, siswa menjadi paham belajar bahasa Inggris yang benar. pembelajaran menjadi tidak membosankan. Manfaat video bagi saya adalah bisa meniru hal-hal yang positif dari video tersebut seperti mengaktifkan murid,hanya saja sebaiknya karena tujuannya menulis essay, alngkah lebih baiknya dalam pembelajaran diberikan contoh atau tip menulis essay writing dalam bahsas Inggris.

  7. Nama : Firlyan Anugerah Nduru
    NIM : 501332662
    UPBJJ : Malang

    Saya belajar dari video tersebut bahwa guru dapat menggunakan tiga opsi dalam pembelajaran bahasa Inggris: berbicara langsung dengan siswa, menggunakan media audio, dan media visual. Video tersebut menunjukkan betapa pentingnya bagi guru untuk mempersiapkan diri sebelum mengajar karena mereka berfungsi sebagai contoh bagi siswa mereka. Dalam video tersebut, terlihat bahwa guru salah mengucapkan beberapa kosakata bahasa Inggris, yang dapat berdampak negatif pada siswa karena mereka cenderung meniru guru mereka. Oleh karena itu, guru harus berlatih pengucapan kosakata bahasa Inggris sebelum mengajar, misalnya dengan berdiri di depan cermin dan memperhatikan bagaimana lidah dan mulut mereka terbentuk. Ini akan membantu guru di masa depan. Selain itu, siswa dapat lebih mudah melihat dan mendengar pengucapan yang benar dengan menggunakan media audio atau video dari penutur asli yang berbicara dalam bahasa Inggris. Saya menemukan beberapa manfaat dari video ini: pengingat bahwa guru harus mempersiapkan diri sebelum mengajar siswa mereka bahasa Inggris, serta opsi lain yang dapat digunakan guru untuk mengajar siswa bahasa Inggris. Saya tidak memiliki kritik terhadap video pembelajaran ini karena menurut saya sudah sangat baik. Materi disampaikan dengan jelas, singkat, dan padat, dan durasi videonya tidak terlalu panjang sehingga membuatnya mudah dipahami. Saya berharap UT dapat menyediakan lebih banyak video seperti ini karena sangat bermanfaat untuk menambah wawasan kita.

  8. Nama : Revi Priscarina
    NIM : 501132543

    Setelah mempelajari video tersebut ada beberapa hal yang dapat saya pelajari yaitu di dalam pembelajaran banyak hal yang bisa guru lakukan agar siswa paham dalam materi yang diajarkan. Ketika guru memiliki masalah dalam mengajarkan materi maka guru bisa menggunakan cara lain agar materi bisa tersampaikan kepada siswa dengan baik. Ini merupakan salah satu alasan agar guru menjadi guru yang kreatif dan inovatif. Guru bisa menyelesaikan masalah yang terjadi dalam pembelajaran. Siswa diberikan kesempatan dalam menceritakan hobinya di depan kelas, ini juga dapat melatih percaya diri siswa dalam meyampaikan pendapat.

  9. Nama : Nani Sugiarti
    NPM : 501222831
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Bogor

    Manfaat dalam vidio pembelajaran tersebut adalah Memberikan inspirasi dan ide bagi guru untuk mengembangkan metode pengajaran yang lebih efektif.
    Menunjukkan pentingnya guided writing sebagai langkah awal sebelum meminta siswa membuat essay. Membantu siswa memahami struktur dan komponen penting dalam menulis essay.Meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menulis dengan contoh yang jelas.
    Saran yang dapat diberikan dalam tayangan vidio tersebut adalah Guru dapat menyediakan beberapa contoh essay yang baik dan meminta siswa untuk menganalisis struktur serta bahasanya, Mulailah dengan guided writing dimana guru memberikan kerangka dasar essay dan siswa mengembangkannya dan Setelah menulis, siswa bisa saling memberikan umpan balik terhadap essay temannya.

  10. Penggunaan contoh video dan artikel tentang hobi, serta latihan terarah dengan guided writing, membantu siswa dalam memahami gaya bahasa dan format penulisan yang sesuai untuk essay pendek. Penerapan metode yang menarik dan interaktif, seperti penggunaan video dan artikel tentang hobi, dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam belajar menulis essay pendek.

Leave a Reply