Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pada topik ini guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Dalam bagian ini, teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Penggalan berikutnya adalah cara untuk memberikan solusi pada masalah ini, guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek.

Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.

Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.

Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.

Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.

Kualitas gambar video harus ditingkatkan.

Suci Madiarti Isman

Similar Posts

202 Comments

  1. Nama : Ellya Reviana
    NIM : 501132797
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Menurut saya dalam vidio pembelajaran My Hobby sudah baik dimana guru mengikut sertakan siswa nya untuk aktif di kelas dan kedepan kelas untuk menampilkan keberaniannya dalam pembelajaran tersebut, dalam pembelajaran ini siswa juga dapat mengemukakan hobby nya masing – masing dan bisa bercerita di depan teman- temannya, dan juga menyajikan sebuah artikel yang berkaitan dengan topik membantu dalam memperluas pengetahuan siswa dan memperkenalkan mereka pada beragam sumber informasi,

  2. Nama: Neng Satryani S.K
    Nim : 501213223
    Pada video tersebut anak diminta menyampaikan PRnya di depan kelas, kemudian guru meminta menuliskan tugas muridnya di papan tulis. Pada saat pengoreksian kosa kata guru tidak melibatkan murid sehinnga murid tidak aktif. Selain itu sebagian besar murid kurang menguasai bahasa Inggris.
    Pada pembelajaran selanjutnya guru menampilkan video tentang seorang anak yang bebrbicara bahasa Inggris mengenai hobbynya. Pada proses pembelajaran itu anak terlihat aktif ketika menjawab pertanyaan dari gurunya.
    Dengan media video anak akan lebih memahami materi pelajaran, selain itu anak juga dilatih mendengarkan kata dalam bahasa inggris. Sehinnga pengucapan Bahasa Inggris anak menjadi benar.

  3. Nama : Idha Lestari
    NIM : 501123204
    Prodi : Magister Pendidikan dasar
    Proses pembelajaran telah berlangsung dengan baik, guru menggunakan media yang variatif berupa video dan outline sehingga membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar, guru telah memberikan apresiasi terhadap siswa yang dapat menjawab pertanyaan. Namun proses pembelajaran masih terkesan monoton dan kaku karena terlihat siswa kurang menikmati proses jika dilihat dari ekspresinya. perlu diajukan pertanyaan yang menggiring anak untuk berpikir kritis tidak hanya pertanyaan yang terdapat jawaban yang jelas dalam video.

  4. Nama : SUFINA SITI ZULFA
    NIM : 501223113
    Prodi : MPDR
    Dari hasil video pembelajaran bahasa inggris mengenai “My Hobby” strategi yang dilakukan guru tersebut sudah baik yaitu pemberian contoh video pembelajaran yang menjadi solusi agar kesulitan siswa untuk menulis sebuah karangan dapat teratasi. Di awal pembelajaran guru mengecek tugas rumah siswa, dan guru juga memberikan apreasiasi terhadap siswa yang menjawab dan berani maju ke depan.

  5. Nama : Tri Listiyani
    NIM : 501223152
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Bogor
    Manfaat dari mengamati video antara lain dapat mengetahui permasalahan pembelajaran Bahasa inggris dalam hal keterampilan menulis sebuah karangan, memilih kata dan menggunakan tata nahasa dengan benar, dapat mengetahu metode dan media yang digunakan guru dalam mengajarkan materi keterampilan menulis. Dari video tersebut kita dapat mengetahui variasi media dan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran. Guru mengaktifkan siswa dalam pembelajaran melalui kegiatan tanya jawab. Selain itu guru memberikan reward sehingga siswa lebih semangat dalam belajar bahasa inggris.
    Masukan dan Saran dari video antara lain sebaiknya guru perlu mempersiapkan variasi media dan metode pembelajaran agar mempermudah siswa dalam memahami pembelajaran bahasa Inggrris karena setiap siswa memiliki karakter dan gaya belajar yang berbeda-beda. Guru juga perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inngris sehingga keterampilan menulis mengalami peningkatan. Penggunaan media visual, audio visual dapat meningkatkan pembelajaran Bahasa inggris dalam keterampilan menulis. Dengan melihat dan mendengan siswa dapat berlatih menuangkan melalui kata-kata sehingga keterampilan menulis mengalami peningkatan. Perlunya pembiasaan Latihan menulis dalam Bahasa inggris merupakan salah satu cara meningkatkan keterampilan menulis. Guru dan siswa harus selalu semangat dalam meningkatkan latihan menulis dalam Bahasa inggris

  6. Pada vidio tersebut siswa membacakan tugas nya di depan kelas dan menuliskan kembali di papan tulis. setelah itu guru memberikan apresiasi berupa pujian, sehingga membuat siswa merasa di hargai dan semakin bersemangat. di dalam video tersebut juga guru memberikan simulasi video bagaimana membuat teks pendek tentang my hobby, setelah itu guru memberikan garis besar atau out line yang harus di kerjkan oleh siswa sehingga penulisan teks pendek sesuai dengan arahan guru.

  7. Nama: Alfina Fitriani
    NIM : 501132812
    Jurusan : Magister Pendidikan Dasar

    Penyampaian materi pada video tersebut sudah sangat baik, peserta terlihat merespon arahan yang diberikan oleh guru serta dapat melakukan instruksi yang sesuai permintaan guru. Pada video tampak guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengemukakan pendapatnya tentang hobi merrka di depan kelas yang diperhatikan oleh seluruh anggota kelas. Setelah dibacakan, peserta didik juga diminta menuliskan pendapatnya tersebut di depan kelas. Selain itu, guru juga menampilkan sebuah video terkait pembelajaran yang menambah wawasan peserta didik tentang pemahaman pembelajaran. Penyampaian materi berpusat kepada peserta didik membuat pembelajaran lebih bervariasi dan peserta didik lebih aktif selama proses pembelajaran.

  8. Menurut saya, dalam video tersebut guru sudah sangat baik dalam memberikan arahan dalam kegiatan pembelajaran di kelas, dimana siswa terlihat aktif dalam proses pembelajaran dan siswa dapat melaksanakan instruksi yang diberikan oleh guru. Guru juga memberikan apresiasi berupa pujian, sehingga membuat siswa merasa di hargai dan semakin bersemangat. Selain itu guru juga memberikan simulasi video bagaimana membuat teks pendek tentang my hobby.

  9. Untuk penampilan anak laki laki tersebut saya rasa sudah cukup baik. sebagai guru setifdaknya kita punya solusi lain dalam mengajar agar lebih menarik. Pembelajaran bahasa akan lebih baik jika dilaksanakan dengan bermain peran. Karena disaat bermain peran anak akan aktif berbahasa. Jika hanya metode tanya jawab saja maka akan ada siswa yang hanya diam tidak menjawab karena tidak bisa dalam menjawab dengan bahasa inggris. Mungkin ketika menggunakan video atau proyektor akan lebih menyenangkan.

  10. Nama : UMA FADHILA TRISNAWATI
    NIM: 501333141
    Prodi: Magister Pendidikan Dasar

    Setelah menyimak tayangan video tersebut, manfaat yang saya peroleh adalah bahwa dalam pembelajaran Bahasa Inggris dengan materi Mengembangkan kompetensi Menulis karangan Bahasa Inggris, pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran yang dapat dilakukan yaitu untuk mengatasi permasalahan siswa yang mengalami kesulitan dalam memilih kata dan tata bahasa yang baik dan benar. Cara memberikan solusinya dengan pemberian video, artikel, poster, dan suara cerita dari guru mengenai hobby.
    Menurut pendapat saya hal yang harus diperbaiki dalam video tersebut yaitu guru melakukan apersepsi, menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran terlebih dahulu agar dapat mengingat materi sebelumnya dan menghubungkannya dengan materi yang akan dipelajari.

Leave a Reply