Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Ingris Peserta Didik Kelas VII SMP”. Pada topik ini guru mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik cara menulis atau membuat essay pendek. Dalam bagian ini, teknik yang dilakukan oleh guru hanya meminta peserta didik untuk membuat essay pendek tanpa dijelaskan dan diberikan guided writing terlebih dahulu. Penggalan berikutnya adalah cara untuk memberikan solusi pada masalah ini, guru menyajikan contoh video dan artikel mengenai Hobby dan guided writing dalam membuat essay pendek.
–
Pakar Dosen
Cuplikan proses pembelajaran yang ditampilkan dalam video dapat dengan mudah dilakukan oleh guru di kelas.
Guru sudah memperlihatkan kegiatan membuka, mengisi serta menutup yang baik.
Aktikvitas guided writing yang dilakukan menjadi contoh yang dapat ditiru oleh guru lain.
Cara bertanya dan pemberian motivasi kepada siswa yang melakukan presentasi sudah baik.
Kualitas gambar video harus ditingkatkan.
Suci Madiarti Isman
siswa yang mengalami kesulitan dalam memilih dan menggunakan kata yang baik dan benar dalam menulis sebuah karangan ,dengan menonton sebuah vidio siswa dapat menemukan dan menggunakan tata bahsa yang baik dan benar.
Nama : Intan Nuriyah
NIM : 042461645
Prodi : Pendidikan Bahasa Inggris
Setelah saya menyaksikan video GPO diatas, menurut pendapat saya bahwa guru dalam penguasaan kelas yang kondusif sudah sangat baik, dalam hal ini model pembelajaran sangat diperlukan sebuah media dan strategi pembelajaran guna untuk meningkatkan minat dan semangat belajar siswa. terlihat pada video bahwa guru sangat baik dalam memberi arahan dan tanya jawab pada siswa, dan siswa merespon pertanyaan guru dengan baik. akan tetapi pada awal pembelajaran siswa terlihat sangat bosan dan terlalu serius guru tidak memberikan ice breaking atau permainan sebagai sarana untuk meningkatkan semangat siswa. akan tetapi setelah guru melihat keadaan kelas dan permasalahan-permasalahan yang terjadi dikelas, maka guru memberikan media yang lebih menarik yaitu guru menampilkan tayangan video yang berkaitan dengan materi pembelajaran yaitu tentang “My Hobby” terlihat jelas bahwa siswa lebih semangat dan lebih aktif dalam mengukuti kegiatan pembelajaran di kelas ditambah guru selalu memberikan apresiasi kepada siswanya yang aktif maju didepan kelas dengan aplus atau tepuk tangan dengan meriah. hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode dan media dalam proses pembelajaran sangat diperlukan.
Nama : EKO TRIONO
NIM: 501173151
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : Palembang
Menurut saya setelah menonton video nya, guru sudah bagus dalam kegiatan belajar di kelas, hal tersebut dibuktikan dengan peserta didik yang merespon apa yang guru jelaskan dan peserta didik dapat mengikuti instruksi yang di berikan guru, yaitu peserta didik membacakan tugas nya di depan kelas dan menuliskan kembali di papan tulis. setelah itu guru memberikan apresiasi berupa pujian, sehingga membuat siswa merasa di hargai dan semakin bersemangat. Guru Juga memberikan simulasi video bagaimana membuat teks pendek tentang my hobby, setelah itu guru memberikan garis besar atau out line yang harus di kerjkan oleh peserta didik sehingga penulisan teks pendek sesuai dengan arahan guru. untuk bahan ajar sudah bagus
Nur Cholifatur Rojidah / NIM. 501373191 / Magister Pendidikan Dasar
Tayangan video tersebut menunjukkan cara guru mengatasi kesulitan siswa dalam menulis teks bahasa Inggris terlihat dari beberapa siswa yang kurang tepat dalam pemilihan kata dan tata bahasa. Guru mencoba mengatasi permasalahn tersebut dengan terlebih dahulu memberikan petunjuk pengerjaan sebelum pemberian tugas. Petunjuk pengerjaan dapat diberikan dalam bentuk tayangan video, audio, maupun teks bacaan terkait topik pelajaran. Tugas yang diberikan dapat dikerjakan dengan bantuan outline yang sudah disediakan. Dengan bantuan outline, siswa lebih mudah menulis dalam bahasa Inggris karena di dalamnya terdapat arahan/petunjuk yang dibutuhkan. Guru juga sangat apresiatif dalam pelajaran terlihat dengan pujian yang selalu diberikan atas hasil jawaban siswa meskipun masih terdapat beberapa kesalahan.
Nama : Amri Saleh
NIM : 501133008
UPBJ : Padang
Pokja : Agam
In my opinion, the learning that is carried out by the teacher by inviting one of the students to go to the front of the class to read his writing is not optimal. I provide learning solutions that can be done by having group discussions and giving worksheets to students by playing films or animations in English and writing down the conversations conveyed by the character. Thus learning can be fun for students. So that writing skills in English can increase from day to day.
Nama : PETY PUJIASTUTI
NIM : 501273282
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
Pada video tersebut, awalnya terlihat bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan untuk menulis karangan, masih banyak siswa yang kesulitan dalam memilih kata dan menggunakan tata bahasa yang baik dan benar. Lalu guru memberikan video. Pemberian contoh video dan outline kepada siswa dapat menjadi solusinya. Jika belum mempunyai sarana video, dapat menggunakan poster dan suara cerita guru. Sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa.
Nama : Dewi Putri Yuni
NIM: 501133079
Prodi : Megister Pendidikan Dasar
1. Yang saya pelajari dalam video tersebut adalah tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris dalam membuat essay pendek tentanh hobby, pemecahan masalah dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kemampuan menulis pada peserta didik dengan cara guru menyajikan contoh video, dan artikel mengenai Hobby serta memberikan guided writing dalam membuat esai pendek.
2. Manfaat yang didapatkan adalah saya dapat membandingkan dua kegiatan pembelajaran, yang mana pada video diawal tidak adanya strategi yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan menullis siswa. sedngkan video terahir, guru sudah menggunakan strategi, yakni dengan menyajikan contoh video dan artikel serta memberikan guided writing. maka hasil yangdidapatkan akan lebih baik dibanding sebelumnya.
Nama : Mia Kurniasih
NIM: 501223217
Prodi : magister Pendidikan Dasar
strategi yang dilakukan guru tersebut sudah baik yaitu pemberian contoh video pembelajaran yang menjadi solusi agar kesulitan siswa untuk menulis sebuah karangan dapat teratasi. Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pada penggalan pertama, video ini bercerita tentang pembelajaran Bahasa Inggris dengan topik “Mengembangkan kompetensi Menulis Bahasa Inggris Peserta Didik Kelas VII SMP. Di dalam video tersebut menurut saya guru sudah sangat baik dalam memberikan arahan dalam kegiatan belajar di kelas, terlihat siswa merespon apa yang guru terangkan dan siswa dapat melaksanakan instruksi yang guru berikan, yaitu siswa membacakan tugas nya di depan kelas dan menuliskan kembali di papan tulis. setelah itu guru memberikan apresiasi berupa pujian, sehingga membuat siswa merasa di hargai dan semakin bersemangat dalam pembelajaran Bahasa Inggris didalam kelas
nama : Zuliana Apriani
nim : 501173255
menurut saya bahwa video tersebut berfokus pada pentingnya dan cara mengembangkan kompetensi menulis Bahasa Inggris melalui topik atau konteks “Hobby”. Dalam video, ada pengenalan masalah yang dihadapi oleh guru dalam memberikan pemahaman yang baik kepada peserta didik dalam menulis essay pendek. Kemudian, guru memberikan solusi dengan menggunakan contoh video dan artikel tentang hobby serta memberikan pendekatan guided writing.
Beberapa saran yang dapat Anda pertimbangkan dalam mengatasi masalah pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah menengah terkait dengan mengembangkan kompetensi menulis Bahasa Inggris:
1. Menggunakan pendekatan berbasis tindakan (action-based approach)
2. Memberikan guided writing
3. Menggunakan contoh video dan artikel
4. Memberikan umpan balik yang konstruktif
5. Melibatkan diskusi dan kolaborasi
6. Menyediakan waktu dan kesempatan untuk latihan
Nama : Asep Kurnia
NIM : 501202775
menurut saya video pertama berisikan tentang pemecahan masalah yang di hadapi murid mengenai kesulitan menuliskan karangan dan tata bahasa yang baik dan benar. kemudian video selanjutnya guru sangat memfasilitasi dan memanfaatkan teknologi berupa video tentang hobi anak bernama angga dan yang terakhir guru sangat melibatkan aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran