Sinopsis
Program ini mengulas pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan realia. Realia yang digunakan kali ini adalah poster-poster artis favourit para siswa. Poster-poster ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan topic Describing People.
Dengan menggunakan berbagai poster orang terkenal/artis guru mengajak siswa untuk aktif berbicara. Guru bertanya cirri-ciri yang dimiliki oleh orang yang terdapat dalam poster baik tentang hidung, rambut, kaca mata, dan baju yang dikenakan. Siswa menyebutkan dalam bahasa Inggris yang dimaksud oleh guru.
Kemudian pada bagian akhir guru mendeskripsikan ciri-ciri dari salah satu poster yang ada dan meminta siswa untuk menebak siapa yang dimaksud dengan ciri-ciri tersebut.
–
Pakar Dosen
Tayangan video sudah sesuai dengan “ Describing People “. Sebaiknya ada pembuka atau apersepsi untuk kesiapan siswa dengan topik yang akan disampaikan, juga penutup untuk mengevaluasi apakah siswa dapat mengikuti pembelajaran yang diberikan.
Guru sangat kurang melibatkan siswa sehingga siswa kurang aktif. Untuk membuat siswa aktif , salah satunya dengan meminta siswa menambahkan ciri – ciri dari salah satu gambar yang di tunjuk guru atau siswa yang diminta kedepan satu persatu. Diperlukan juga pendekatan guru, dapat dengan cara meminta siswa menyebutkan ciri – ciri salah seorang siswa yang diminta berdiri di depan kelas.
Tayangan video cukup sesuai dengan perkembangan peserta didik, namun untuk poster artis – artis sinetron sebaiknya tidak disertakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dikarenakan tayangan disenteron yang ada pada saat ini, banyak yang tidak sesuai dengan usia siswa SMP.
Secara umum tayangan video cukup baik, apalagi jika ditambahkan dengan hal – hal yang disebutkan diatas.
Ratih Kusumastuti
Nama : Farid Khusnul Mujib
NIM : 501252977
UPBJJ: Surabaya
Dari video tersebut, kita dapat belajar tentang pentingnya memanfaatkan realia dalam pembelajaran bahasa untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Melalui penggunaan poster artis idola sebagai media pembelajaran, siswa menjadi lebih tertarik dan termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Namun, ada beberapa saran yang dapat diberikan untuk meningkatkan kualitas video tersebut. Pertama, pertimbangkan untuk memperluas penggunaan realia dengan memasukkan gambar-gambar atau objek-objek lain yang relevan dengan topik pembelajaran. Selain itu, interaksi antara guru dan siswa bisa ditingkatkan dengan lebih banyak pertanyaan terbuka dan permainan peran. Variasi materi juga perlu dipertimbangkan untuk memperluas kosakata siswa dan memperkaya pembelajaran. Pemanfaatan teknologi juga bisa menjadi tambahan untuk membuat pembelajaran lebih menarik. Terakhir, evaluasi kemajuan siswa dan umpan balik dari siswa dapat membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dengan menerapkan saran-saran ini, video pembelajaran dapat menjadi lebih efektif dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mereka dengan lebih baik.
Nama : Khalida Ziah Siregar
NIM : 501573454
Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : UT Medan
Yang saya dapatkan dari menyimak video tersebut adalah penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan guru tersebut sangat menarik, dimana para siswa diminta untuk have fun dengan menyimak ciri-ciri yang disebutkan oleh guru tersebut, kemudian peserta didik diminta untuk menuliskan siapa tokoh yang dimaksud oleh guru tersebut. metode belajar ini sangat cocok digunakan dalam mendeskripsikan tokoh atau idol yang mereka suka.
selain itu siswa diminta maju menempelkan poster idol yang mereka sukai, kemudian meminta siswa menceritakan siapa nama idol tersebut dan menceritakan ciri masing-masing dari idol tersebut, dari kegiatan ini ada banyak manfaat yang didapatkan baik bagi guru itu sendiri maupun bagi siswa. adapun manfaat bagi siswa adalah melatih konsentrasi dalam menyimak tentang describe idol masing-masing siswa. selain itu melatih siswa untuk berbicara aktif sehingga terjadi komunikasi dua arah yakni guru dan siswa. kemudian manfaat lain yang didapatkan siswa adalah mendapatkan berbagai kosakata baru yang disebutkan oleh guru dan teman-teman dikelas, dari kegiatan ini memberikan motivasi tersendiri bagi siswa dan membuat pembelajaran yang asyik dan menyenangkan. adapun manfaat bagi guru yakni memudahkan dalam penyampaian materi sehingga mudah dalam transfer ilmu, tanpa ada paksaan dari guru. bagi saya pribadi video ini sangat bermanfaat dan metode pembelajaran tersebut bisa saya terapkan pada materi yang saya berikan dikelas saya.
Nama : Handy Prasetya Mulya
NPM : 501213019
Jurusan : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : UT Serang
Dalam video “My Idol” siswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa inggrisnya. Metode pembelajaran ini juga menambah kosakata baru dan melatih siswa mendeskrisikan idolanya dengan sebaik mungkin.
Nama : Amelia Gusriani
NIM; 501132536
Magister Pendidikan Dasar
UT Padang
Dalam video pembelajaran di atas, siswa SMP sangat antusias belajar saat guru sudah memberikan foto-foto idolanya. Dengan media poster tersebut pembelajaran lebih menarik dan siswa dapat menyebutkan ciri-ciri dari idolanya. Media pembelajaran sangat membantu siswa dalam proses pembelajaran. Media yang digunakan oleh guru sesuai video di atas akan dapat menambah kosakata siswa dalam bahasa inggris dan siswa lebih termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris
Cuplikan video pembelajaran tersebut sangat menarik karena menyajikan pembelajaran yang disukai murid tentang idola-idolanya, hal tersebut membangkitkan semangat belajar dan membuat mereka menjadi aktif. Manfaatnya sangat mengispirasi, karena baru tahu metode pembelajaran seperti itu. Dan ingin mencoba pembelajaran menggunakan gambar-gambar idola. Saran : memberi tugas siswa ke depan kelas untuk bercerita tentang idolanya, itu akan belajar cara mengucapkan dengan benar.
Nama : Melkianus Domu Pedi
NIM : 501372587
Melalui video “My Idols” saya dapat belajar tentang pentingnya menggunakan realitas dalam pembelajaran Bahasa inggris untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Poster artis idola meningkatkan ketertarikan dan motivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Manfaat yang saya dapatkan adalah ternyata strategi poster peserta didik tertarik dan termotivasi dalam belajarnya.
Sarannya memberikan ruang kepada peserta didik untuk memilih sendiri gambar favoritnya lalu dia mendeskripsikannya sesuai gambarnya, sehingga keterlibatan mereka lebih tinggi dan juga kita dapat memastikan peserta didik mana yang sudah mampu atau pun yang belum mampu. Selain itu peserta didik akan lebih antusias untuk menceritakan poster idolanya.
Nama : Nani Sugiarti
NPM : 501222831
Jurusan : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : UT Bogor
Manfaat yang bisa diambil dari vidio tersebut adalah Siswa cenderung lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar ketika materi yang digunakan relevan dengan minat mereka, dengan mendeskripsikan orang-orang di poster, siswa dapat belajar kata-kata baru dan cara menggunakannya dalam konteks yang sesuai.
Latihan ini juga membantu siswa menjadi lebih percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris karena mereka berlatih di depan teman-teman mereka dan Ketika guru mendeskripsikan ciri-ciri seseorang dan siswa harus menebak, mereka melatih kemampuan mendengarkan dan memahami instruksi dalam bahasa Inggris.
Saran yang bisa diberikan dalam vidio pembelajaran tersebut adalah Gunakan beragam poster yang mewakili berbagai etnis dan usia untuk mengajarkan inklusivitas. Imbaulah siswa untuk membawa barang-barang mereka sendiri untuk deskripsi untuk membuat kegiatan lebih pribadi dan menarik dan
Perluas aktivitas dengan meminta siswa membuat deskripsi mereka sendiri untuk ditebak orang lain.
Rina Astuti 501213058 Magister Pendidikan Dasar UPBJJ Serang
Video pembelajaran tersebut sangat menginspirasi guru dalam menyelenggarakan pembelajaran bahasa inggris, dengan melibatkan idola masing-masing siswa di dalam pembelajaran maka pembelajaran menjadi menarik dan menumbuhkan antusiasme, karena siswa tentu mempunyai idola dan mereka akan mengetahui banyak mengenai idolanya tersebut. Semangat mereka akan bertambah ketika berbicara mengenai idolanya dalam konteks berbahasa inggris sehingga pembelajaran lebih bermakna dan apa yang diucapkan siswa tersebut akan sangat diingat karena berkenaan dengan konteks yang dekat dengan kehidupannya.