Sinopsis

Program ini mengulas pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan realia. Realia yang digunakan kali ini adalah poster-poster artis favourit para siswa. Poster-poster ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan topic Describing People.

Dengan menggunakan berbagai poster orang terkenal/artis guru mengajak siswa untuk aktif berbicara. Guru bertanya cirri-ciri yang dimiliki oleh orang yang terdapat dalam poster baik tentang hidung, rambut, kaca mata, dan baju yang dikenakan. Siswa menyebutkan dalam bahasa Inggris yang dimaksud oleh guru.

Kemudian pada bagian akhir guru mendeskripsikan ciri-ciri dari salah satu poster yang ada dan meminta siswa untuk menebak siapa yang dimaksud dengan ciri-ciri tersebut.

Tayangan video sudah sesuai dengan “ Describing People “. Sebaiknya ada pembuka atau apersepsi untuk kesiapan siswa dengan topik yang akan disampaikan, juga penutup untuk mengevaluasi apakah siswa dapat mengikuti pembelajaran yang diberikan.

Guru sangat kurang melibatkan siswa sehingga siswa kurang aktif. Untuk membuat siswa aktif , salah satunya dengan meminta siswa menambahkan ciri – ciri dari salah satu gambar yang di tunjuk guru atau siswa yang diminta kedepan satu persatu. Diperlukan juga pendekatan guru, dapat dengan cara meminta siswa menyebutkan ciri – ciri salah seorang siswa yang diminta berdiri di depan kelas.

Tayangan video cukup sesuai dengan perkembangan peserta didik, namun untuk poster artis – artis sinetron sebaiknya tidak disertakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dikarenakan tayangan disenteron yang ada pada saat ini, banyak yang tidak sesuai dengan usia siswa SMP.

Secara umum tayangan video cukup baik, apalagi jika ditambahkan dengan hal – hal yang disebutkan diatas.

Ratih Kusumastuti

Similar Posts

118 Comments

  1. Nama : Veradiana Novitasari
    NIM : 501322679
    Program Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ Surabaya
    Pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan realia, seperti poster-poster artis favorit para siswa, merupakan pendekatan yang menarik dan efektif. Dengan menggunakan poster-poster ini, guru dapat mengintegrasikan pembelajaran bahasa Inggris dengan topik Describing People secara langsung dan menyenangkan.
    Guru mengajak siswa untuk aktif berbicara dengan bertanya tentang ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh orang-orang yang terdapat dalam poster, seperti hidung, rambut, kacamata, dan pakaian yang dikenakan. Siswa diajak untuk memberikan jawaban dalam bahasa Inggris, sehingga mereka dapat melatih keterampilan berbicara mereka secara langsung.
    Di akhir, guru memberikan deskripsi tentang ciri-ciri dari salah satu poster yang ada dan mengajak siswa untuk menebak siapa yang dimaksud. Ini merupakan cara yang menarik untuk menguji pemahaman siswa tentang deskripsi orang dalam bahasa Inggris dan juga meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran.
    Manfaat :
    1. Memotivasi siswa untuk berbicara dalam bahasa Inggris
    2. Menghadirkan konteks nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa,
    3. Mendorong interaksi antara guru dan siswa
    4. Mengembangkan keterampilan berbicara, mendengarkan, dan memahami dalam bahasa Inggris secara holistik,

    Saran dari video pembelajaran ini sangat berguna untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan realia seperti poster-poster artis favorit siswa. Guru harus memberikan deskripsi tentang ciri-ciri orang yang ada dalam poster menggunakan bahasa Inggris, yang kemudian akan diidentifikasi oleh siswa. Interaksi antara guru dan siswa sangat penting. Guru harus membuat siswa memahami apa yang dideskripsikan dalam poster dan membantu mereka memahami makna kata-kata atau frasa yang mungkin baru bagi mereka. Dengan demikian, pembelajaran dapat berjalan dengan lebih efektif Interaksi antara guru dan siswa juga penting untuk memastikan pemahaman yang tepat dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertanya jika ada yang kurang jelas. Melalui interaksi ini, siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang bahasa Inggris dan meningkatkan keterampilan berbicara mereka.

  2. Nama : Ahmad Muhibbullah
    NIM : 501322693
    Jurusan : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT Surabaya.

    Video ini mengulas metode pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan realia, yakni poster-poster artis favorit para siswa, dalam topik “Describing People”. Melalui poster orang terkenal, guru mengajak siswa untuk aktif berbicara dengan cara mendeskripsikan ciri-ciri fisik seperti hidung, rambut, kacamata, dan pakaian dalam bahasa Inggris. Aktivitas ini meningkatkan keterampilan deskriptif siswa dan memotivasi mereka dengan materi yang menarik dan relevan. Selain itu, di bagian akhir, guru memberikan deskripsi tentang salah satu poster dan meminta siswa untuk menebak siapa yang dimaksud, yang menambah unsur interaktif dan meningkatkan pemahaman serta daya ingat siswa. Manfaat dari pendekatan ini adalah memberikan konteks nyata dan relevan yang memperkaya pengalaman belajar dan membantu siswa mengingat kosa kata dengan lebih baik. Saran untuk video ini termasuk menggunakan berbagai jenis realia untuk memperluas kosa kata siswa, mengorganisir aktivitas kelompok untuk meningkatkan interaksi antar siswa, dan mengintegrasikan teknologi agar pembelajaran menjadi lebih menarik.

  3. Nama : Teguh Iman Perdana Surbakti
    Nim : 501573565
    Magister Pendidikan Dasar

    Setelah menonton video tersebut, Saya dapat melihat betapa antusiasnya siswa dalam mengikuti pelajaran Bahasa Inggris. Seperti yang kita ketahui, materi pembelajaran yang diterapkan adalah mendeskripsikan orang dengan topik “my idol”, di mana siswa mendeskripsikan karakteristik fisik dari idola mereka. Selain itu, siswa juga dapat mendeskripsikan prestasi dan penghargaan yang telah diraih oleh idola mereka, apa yang membuat idola mereka terkenal, atau hal-hal baik apa yang membuat siswa tertarik pada idola mereka. Hal ini tentu akan membuat siswa merasa senang karena mereka dapat memperkenalkan idola mereka kepada orang lain. Tidak hanya menarik minat siswa dalam belajar Bahasa Inggris, model pembelajaran ini juga melatih siswa untuk aktif berbicara dalam Bahasa Inggris dan meningkatkan kosa kata mereka. Kegiatan seperti ini membuat siswa belajar dengan aktifitas yang menyenagkan. Pasti sebelum tampil mereka mempersiapkan sesuatunya sendiri termasuk kesiapan mental. Melihat Video tersebut saya ingat waktu SMP pelajaran bahasa inggris Saya mendapatkan tugas memdeskripsikan makanan kesukaan saya dalam bahasa inggris dangan bangaimana cara membuat makanan tersebut kegiatan tersebut masih saya ingat sampai sekarang.
    Namun, selain beberapa kelebihan, model pembelajaran ini juga memiliki kekurangan. Siswa dengan kosa kata yang terbatas akan kesulitan mendeskripsikan idola mereka sehingga membuat mereka menguragi kata – kata yang sulit. Sebagai solusi untuk mengatasi masalah ini, guru harus mempersiapkan siswa dengan banyak kosa kata yang berkaitan dengan materi pembelajaran, terutama kata sifat. Pemberian kosa kata dapat dilakukan pada pertemuan sebelumnya di mana siswa diminta untuk menghafal kosa kata pada pertemuan selanjutnya. Guru harus terus memberikan kosa kata kepada siswa dan menghafalkan karena kosa kata merupakan salah satu kunci penting dalam belajar Bahasa Inggris. Selain itu siswa dapat memanfaatkan fasilitas online untuk meningkatkan kosa kata mereka. kegiatan yang saya lakukan biasanya saya mencari novel atau cerita berbahasa inggris lalu menerjemahkan dengan kemampuan saya atau yang sulit saya cari di goggle dengan demikian referensi kosakatan akan meningkat

    **Terimakasih**

  4. Nama : ESTER
    NIM : 501193042
    Mahasiswa Megister Pendidikan Dasar UPBJ Medan

    Dari mengamati video pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan realia seperti poster artis favorit siswa, saya mendapatkan beberapa manfaat sebagai berikut:
    1. Menumbuhkan minat dan motivasi belajar Penggunaan realia yang dekat dengan kehidupan dan minat siswa seperti poster artis favorit dapat membuat siswa lebih tertarik dan termotivasi untuk terlibat dalam pembelajaran. Hal ini dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mengurangi kejenuhan.
    2. Mempraktikkan keterampilan berbicara secara kontekstual Dengan menggunakan realia yang nyata dan relevan, siswa dapat mempraktikkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mereka dalam konteks yang bermakna. Mereka dapat mendeskripsikan orang-orang yang mereka kenal dan sukai dengan lebih mudah.
    3. Mengembangkan kosakata dan tata bahasa secara alami Kegiatan mendeskripsikan orang dalam poster memungkinkan siswa untuk menggunakan dan mengembangkan kosakata dan tata bahasa yang terkait dengan deskripsi fisik secara alami, tanpa merasa seperti sedang belajar secara formal.
    4. Memupuk keterampilan berpikir kritis dan observasi Ketika siswa mengamati poster dan mendeskripsikan ciri-ciri fisik orang di dalamnya, mereka dilatih untuk berpikir kritis dan mengamati dengan seksama. Hal ini penting untuk pengembangan kemampuan berbahasa mereka.
    5. Menciptakan interaksi dan kolaborasi dalam kelas Aktivitas ini mendorong interaksi dan kolaborasi antara siswa dan guru, serta di antara siswa sendiri. Mereka dapat saling mengoreksi dan memberikan masukan, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis.
    Meskipun demikian, saya juga memiliki beberapa saran dan masukan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran ini:
    1. Gunakan poster dengan kualitas gambar yang lebih besar dan jelas agar lebih mudah diamati.
    2. Sediakan variasi realia seperti foto, gambar, atau bahkan video untuk memberikan pengalaman yang lebih beragam.
    3. Libatkan siswa untuk mendeskripsikan realia secara bergantian, sehingga semua siswa dapat berpartisipasi aktif.
    4. Berikan umpan balik dan koreksi yang konstruktif agar siswa dapat memperbaiki kesalahan dan meningkatkan keterampilan mereka.
    5. Sesuaikan tingkat kesulitan deskripsi dengan kemampuan siswa, dan berikan scaffolding (bantuan) jika diperlukan.
    Secara keseluruan, penggunaan realia dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris adalah pendekatan yang efektif dan menyenangkan. Dengan mengoptimalkan penggunaannya dan memberikan variasi serta umpan balik yang tepat, pembelajaran ini dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa.

  5. Nama : Y ERWIN PRANA RENDRA
    NIM : 501122993
    Jurusan : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : UT BATAM

    video ini menampilkan model pembelajaran deskripsi idola adalah metode yang kreatif dan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa. Model ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga membantu siswa untuk belajar kosakata baru dan melatih kemampuan berbicara mereka. Saya juga ingin menambahkan bahwa model pembelajaran ini dapat dimodifikasi untuk topik lain selain “my idol”. Misalnya, siswa dapat mendeskripsikan tentang hobi mereka, tempat wisata favorit mereka, atau bahkan tentang diri mereka sendiri. Dengan sedikit kreativitas, model pembelajaran ini dapat menjadi alat yang ampuh untuk membantu siswa belajar Bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan dan efektif.

  6. Nama : Dani syehabudin
    NPM :501232714
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    Dalam Video pembelajaran, siswa Di harapkan dapat mendeskripsikan Orang yang mereka idolakan dengan Bahasa Inggris, tentunya pada pembelajaran ini mampu mengajak anak untuk berantusias meningkatkan semangat dalam pembelajaran, dengan menerapkan strategi ini ,dengan mendeskripsikan orang yang di idolakan dapat menjadi cara yang menarik dan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dan Dapat meningkatkan keterampilan dalam menulis.
    Saran dalam pembelajaran ini ,kita harus memberikan kebebasan terhadap Siswa Siapa saja Yang di idolakan siswa untuk bisa di deskripsikan dengan bahasa Inggris agar mereka mampu memilah dan memilih kata yang bisa menunjukan orang yang di idolakan tersebut dan sebagai guru kita Mulailah pembelajaran dengan deskripsi yang sederhana dahulu yang menggunakan kalimat pendek dan fokus pada fakta dasar seperti nama,usia, dan pekerjaan.

  7. Nama : Rini Apriyanti
    Nim : 501232674
    Magister Pendidikan Dasar UT Bandung

    Setelah melihat video tersebut guru memberikan motivasi belajar siswa untuk percaya diri dalam berbicara bahasa inggris dengan memberikan stimulus berupa gambar idolanya sehingga nantinya siswa mampu berbicara bahasa inggris dengan baik.
    melalui model pembelajaran menarik yang diberikan oleh guru tersebut maka pembelajaran serta hasil belajar bisa bisa lebih bermakna untuk peserta didik.

  8. Nama : Elly Agustina
    NIM : 50157340

    1. Yang saya pelajari pada video tersebut adalah metode yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa inggris. Metode yang digunakan sangat menarik, membiasakan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran juga interaksi aktif yang dilakukan antara guru dan siswa, juga melatih siswa untuk mengingat. Dalam video tersebut, guru memberikan siswa untuk mendeskripsikan para sosok aktris dengan beberapa gambar mengenai ciri-cirinya seperti warna rambur, warna kulit, wajah, baju, jenis kelamin dan yang lainnya. Kemudian setelah itu, guru mengajak siswa untuk interaktif dalam menggunakan bahasa inggris pada setiap diskusi dan jawaban yang diberikan. Lalu, guru memberikan kuis kepada siswa dengan menyebutkan ciri-ciri tersebut di akhir pembelajaran, lalu siswa akan menebak sosok yang telah disebutkan guru ciri-cirinya. Hal yang demikian dapat melatih siswa berbahasa inggris yang baik, juga menghadirkan keterlibatan siswa dalam setiap diskusi dengan percaya diri.

    2. Manfaat yang dapat saya petik dari video pembelajaran tersebut adalah :
    – Dalam pembelajaran, pendekatan yang dilakukan kepada siswa tidak hanya tentang kolaborasi serta eksperimen, namun dengan metode demonstrasi seperti dalam video mendemonstrasikan aktris terkait dengan ciri-cirinya dapat menimbulkan semangat siswa dalam belajar, juga meningkatkan ketrerlibatan siswa dalam diskusi. Keterlibatan siswa juga dapat dirasakan karena semua siswa terlibat aktif dalam menyampaikan pendapatnya pada saat melakukan pembelajaran.
    – Dalam video tersebut menjelaskan suatu pemecahan masalah yaitu tentang kepercayaan diri siswa dalam menyampaikan pendapatnya dengan menggunakan bahasa inggris telah terselesaikan dengan berbagai metode dan pendekatan yang dilakukan guru. Karena, banyak sekali masalah kepercayaan diri terhadap siswa dalam menyampaikan pendapat pada saat mempelajari materi pelajaran bahasa inggris, siswa merasa takut salah bahka merasa asing dengan bahasa negara lain tersebut.

  9. Riana Sinaga, NIM: 501573533
    Hal yang dapat saya pelajari dari video tersebut adalah guru dapat memanfaatkan media gambar untuk membantu siswa belajar bahasa terkhusus bahasa inggris. Pertanyaan pemantik dari guru dapat memancing siswa untuk memberikan pendapatnya masing-masing mengenai gambar yang dilihatnya. Tentunya gambar yang dipilih oleh guru haruslah gambar yang banyak dikenal oleh masyarakat umum, guru dapat mencoba gambar artis ataupun tokoh pahlawan yang familiar dilihat siswa. Dengan mendeskripsikan gambar/orang dalam gambar siswa dapat melatih kosakatanya dalam bentuk bahasa inggris. Ketika guru memberikan gambar yang bisa jadi itu adalah idolanya sehingga siswa akan semakin semangat untuk menyampaikan hal-hal yang diketahuinya mengenai kehidupan, karakter, kesukaan, kegemaran bahkan bidang yang digeluti oleh idol tersebut . Hal ini dapat melatih kemampuan berbicara anak (Speaking). Dalam video guru memberikan tugas kepada siswa untuk menulis siapa nama idola/orang dalam gambar melalui deskripsi yang diberikan oleh guru hal ini dapat melatih daya ingat siswa. Berlatih berbicara (speaking) dan berlatih pengucapan/pronunciation melalui media gambar merupakan salah satu strategi dalam mengajarkan bahasa inggris kepada siswa.

  10. Nama : Robinson Bara Inna NIM : 501452939 UPBJJ : UT Jayapura Prodi : Magister Pendidikan Dasar Melalui video diatas menampilkan proses pembelajaran mata pelajaran bahasa inggris yang menggunakan media berbagai poster orang terkenal/artis. Bagi seorang pendidik diharapkan dapat menyampaikan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang mudah dimengerti dan menarik sehingga mudah dipahami, perkembangan media pembelajaran yang mampu mengolah, mengemas, menampilkan dan menyebarkan media pembelajaran, sehingga proses pembelajaran akan lebih menarik.

Leave a Reply