Sinopsis

Program ini mengulas pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan realia. Realia yang digunakan kali ini adalah poster-poster artis favourit para siswa. Poster-poster ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan topic Describing People.

Dengan menggunakan berbagai poster orang terkenal/artis guru mengajak siswa untuk aktif berbicara. Guru bertanya cirri-ciri yang dimiliki oleh orang yang terdapat dalam poster baik tentang hidung, rambut, kaca mata, dan baju yang dikenakan. Siswa menyebutkan dalam bahasa Inggris yang dimaksud oleh guru.

Kemudian pada bagian akhir guru mendeskripsikan ciri-ciri dari salah satu poster yang ada dan meminta siswa untuk menebak siapa yang dimaksud dengan ciri-ciri tersebut.

Tayangan video sudah sesuai dengan “ Describing People “. Sebaiknya ada pembuka atau apersepsi untuk kesiapan siswa dengan topik yang akan disampaikan, juga penutup untuk mengevaluasi apakah siswa dapat mengikuti pembelajaran yang diberikan.

Guru sangat kurang melibatkan siswa sehingga siswa kurang aktif. Untuk membuat siswa aktif , salah satunya dengan meminta siswa menambahkan ciri – ciri dari salah satu gambar yang di tunjuk guru atau siswa yang diminta kedepan satu persatu. Diperlukan juga pendekatan guru, dapat dengan cara meminta siswa menyebutkan ciri – ciri salah seorang siswa yang diminta berdiri di depan kelas.

Tayangan video cukup sesuai dengan perkembangan peserta didik, namun untuk poster artis – artis sinetron sebaiknya tidak disertakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dikarenakan tayangan disenteron yang ada pada saat ini, banyak yang tidak sesuai dengan usia siswa SMP.

Secara umum tayangan video cukup baik, apalagi jika ditambahkan dengan hal – hal yang disebutkan diatas.

Ratih Kusumastuti

Similar Posts

118 Comments

  1. Nama : Wawan Lukmaul Hakim
    NIM : 500638707
    Prodi : MPDr
    UPBBJ UT Bandung

    Tayangan video yang berisi pembelajaran bahasa inggris ini memberikan inspirasi tentang penggunaan media pembelajaran yang efektif. Foto/Poster My Idols memberikan umpan untuk siswa aktif speaking dengan penuh kegembiraan dan kebanggaan. Membicarakan tentang idola adalah sebuah kebanggaan. Pembelajaran dengan menggunakan media yang tepat akan berdampak positif terhadap proses dan hasil belajar siswa.

  2. Nama : Nuraini
    NIM : 042436791
    Prodi : Pendidikan Bahasa Inggris
    UPBJJ UT Jambi

    From the video it can be seen that the teacher and students are very compact in learning. The teacher gives posters to make it easy for students in describing people, And of course also make students become active. The class atmosphere in the video also looks not boring.
    In this video, the teacher has chosen a good learning media, namely posters. I think it would be better if students were asked to present again in front of other students Result of describing people Either individually or in groups. This is done with the aim of fostering self-confidence in students.

  3. Nama : Yuliana Welmince Ruhupatty
    Nim : 501372895
    Prodi : MPDr
    UPBJJ UT KUPANG

    Manfaat apa saja yang anda dapat dari mengamati video pembelajaran tersebut?
    Manfaatnya siswa lebih dapat mengerti dengan baik, karna guru menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran dan membuat siswa lebih aktif
    berbahasa inggris melalui media gambar dan siswa berani tampil di depan kelas untuk berbicara.
    Masukan dan saran anda tentang video pembelajaran
    Guru lebih baik jangan menggunakan media gambar artis-artis karena penggunaan media gambar artis dalam pembelajaran dapat memiliki dampak positif dan negatif pada siswa. Penggunaan media gambar artis dapat membantu siswa memahami konsep yang sulit dan memperjelas materi pelajaran. Namun, penggunaan media gambar artis juga dapat mengalihkan perhatian siswa dari materi pelajaran dan mengurangi konsentrasi siswa. Oleh karena itu, guru harus mempertimbangkan dengan cermat penggunaan media gambar artis dalam pembelajaran dan memastikan bahwa penggunaannya sesuai dengan tujuan pembelajaran dan tidak mengganggu konsentrasi siswa.

  4. Nama : Yuliana Welmince Ruhupatty
    Nim : 501372895
    Prodi : MPDr
    UPBJJ UT KUPANG

    Manfaat apa saja yang anda dapat dari mengamati video pembelajaran tersebut?
    Manfaatnya siswa lebih dapat mengerti dengan baik, karna guru menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran dan membuat siswa lebih aktif berbahasa inggris melalui media gambar dan siswa berani tampil di depan kelas untuk berbicara.

    Masukan dan saran anda tentang video pembelajaran
    Guru lebih baik jangan menggunakan media gambar artis-artis karena penggunaan media gambar artis dalam pembelajaran dapat memiliki dampak positif dan negatif pada siswa. Penggunaan media gambar artis dapat membantu siswa memahami konsep yang sulit dan memperjelas materi pelajaran. Namun, penggunaan media gambar artis juga dapat mengalihkan perhatian siswa dari materi pelajaran dan mengurangi konsentrasi siswa. Oleh karena itu, guru harus mempertimbangkan dengan cermat penggunaan media gambar artis dalam pembelajaran dan memastikan bahwa penggunaannya sesuai dengan tujuan pembelajaran dan tidak mengganggu konsentrasi siswa

  5. Nama : Bernadeta Prissila
    Nim : 501283158
    Manfaat yang saya dapat setelah menyaksikan video tersebut adalah pentingnya guru untuk menyiapkan bahan ajar dengan menyesuaikan tujuan pembelajaran yang ingin di capai dan topik yang dibahas, sehingga apa yang guru harapkan dari siswa dapat tercapai dan terlaksana dengan baik. Pada video tersebut bahan ajar yang digunakan berupa foto/poster .
    Saran dan masukan terkait video tersebut dari keseluruhan yang disampaikan sudah sangat baik hanya saja penggunaan media berupa poster mungkin untuk contoh idola bisa disesuaikan dengan materi pelajaran atau pun mengambil tokoh-tokoh pahlawan atau tokoh – tokoh ilmuan yang menginspirasi siswa.

  6. Nama : Lilik Nurhayati
    NIM : 501333016
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPPBJ UT Malang

    Manfaat dari pembelaran tersebut adalah siswa lebih bisa mengkonkretkan sesuatu yang abstrak. Dengan menggunakan realia / poster artis idola, siswa lebih bisa mendeskripsikan ciri-ciri seseorang dari bentuk hidung, rambut, dll.
    Video tersebut sudah sangat bagus dalam implementasi pembelajaran yang aktif kreatif dan menyenangkan, harapannya guru dapat lebih mengeksplor lagi keterampilan siswa dalam berbicara dan menulis dengan menggunakan media-media pembelajaran yang lainnya.

  7. Nama : Nirma Meirista Ayudianingsih
    Nim : 501332852
    Prodi : MPDr UPBJJ UT MALANG

    Dalam vidio ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan antusias belajar siswa, dan siswa lebih bersemangat dalam belajar banyak ide muncul karena anak merasa senang dalam belajar.
    Masukan dan saran anda tentang video pembelajaran
    Guru harus lebih selektif dalam memilih media gambar yang digunakan, karena semua media yang digunakan tidak lepas dari dampak positif dan negatif, mengingat anak usia SMP memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Dalam penggunaan media gambar harus sesuai dengan tujuan pembelajaran.

  8. Nama : Indri Oksari Handayani
    Nim : 501323101
    Prodi : MPDr
    UPBJJ UT Surabaya

    Video pembelajaran ini sangat interaktif dan menggabungkan realia yang menarik dengan pembelajaran bahasa Inggris. Penggunaan poster-poster artis favorit siswa sebagai realia membantu menarik perhatian siswa dan membuat pembelajaran lebih menarik.

    Metode mengajak siswa untuk mendeskripsikan karakteristik fisik orang dalam poster dalam bahasa Inggris adalah cara yang bagus untuk melatih keterampilan berbicara siswa. Ini tidak hanya meningkatkan kemampuan berbahasa mereka, tetapi juga memperluas kosakata mereka dalam konteks yang menyenangkan.

    Pada akhir video, ketika guru mendeskripsikan ciri-ciri dari salah satu poster dan meminta siswa untuk menebak siapa yang dimaksud, hal ini menambah unsur permainan dalam pembelajaran. Ini tidak hanya menguji pemahaman siswa, tetapi juga membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik.

    Secara keseluruhan, video ini memadukan realia, keterlibatan siswa, dan unsur permainan dengan baik untuk mengajarkan keterampilan berbicara Bahasa Inggris. Pendekatan ini tidak hanya efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa, tetapi juga membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menarik.

  9. Nama : ARCHANGELA GIRLANI VIDITIVIANA
    NIM : 501332949
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ UT Malang

    Setelah saya menyimak video praktik pembelajaran tersebut, menurut pendapat saya praktik pembelajaran dalam video tersebut merupakan pembelajaran keterampilan bahasa Inggris dengan menggunakan realia berupa media poster, gambar atau foto dari idola sehingga siswa mempunyai gambaran secara langsung tentang apa yang akan dideskripsikannya dan mampu bercerita dari idolanya masing-masing dalam bahasa Inggris. Pembelajaran menggunakan realia berupa poster, gambar atau foto idola menjadi pembelajaran yang menyenangkan agar siswa bersemangat untuk menceritakan ciri-ciri idolanya dalam bahasa Inggris sehingga siswa semakin mahir dalam kemampuan berbicara bahasa Inggris.
    Materi yang berkaitan dengan praktik pembelajaran dengan menggunakan madia poster ini adalah materi Describing Person atau Desrcibing People. Dalam prakteknya guru mengawali kegiatan dengan menyapa para siswa. Setelah itu guru menyebutkan salah satu tokoh sepak bola. Selanjutnya guru memberikan atau membagikan relia berupa poster yang dibawanya kepada seluruh siswa untuk ditempelkan di papan tulis. Setelah itu guru bersama siswa mendeskripsikan poster tersebut. Guru memberikan deskripsi tokoh atau artis dan siswa diminta untuk menuliskan siapa yang dimaksud dari yang dideskripsikan oleh guru. Terakhir guru mengajak siswa untuk memberikan jawaban terhadap tokoh atau idola yang sudah dideskripsikan oleh guru dan siswa serentak menjawab siapa tokoh yang dimaksud.

    Manfaat yang saya dapatkan dari tayangan video praktik pembelajaran berjudul ”My Idols” :
    1. Mengetahui bahwa penggunaan realia, seperti poster-poster dan gambar atau foto tokoh atau artis, dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
    2. Memahami bahwa penggunaan realia dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat memotivasi siswa dan meningkatkan minat mereka dalam belajar bahasa Inggris.
    3. Mengetahui bahwa penggunaan realia dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat membantu siswa memperkaya kosakata mereka dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menggambarkan ciri-ciri seseoarang dalam bahasa Inggris.
    4. Memahami pentingnya memilih realia yang tepat dan relevan dengan konteks pembelajaran dan tujuan pembelajaran.
    5. Mengetahui bahwa penggunaan realia dalam pembelajaran bahasa Inggris harus dilengkapi dengan kegiatan pembelajaran yang relevan dan bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa.
    6. Berdasarkan manfaat yang diambil dari video pembelajaran tersebut, seseorang dapat memahami bahwa penggunaan realia berupa poster, gambar atau foto dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa. Dengan demikian, metode pembelajaran dengan menggunakan realia dapat menjadi metode pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa.

    Saran dan masukan tentang video praktik pembelajaran berjudul ” My Idols” :
    1. Alangkah baiknya ada kegiatan apersepsi untuk memastikan kesiapan siswa terhadap topik yang disajikan, dan juga kegiatan penutup untuk menilai apakah siswa mampu memahami materi yang disajikan.
    2. Pada saat guru membagikan poster, alangkah baiknya siswa sendiri yang memilih realia berupa poster, gambar atau foto tokoh. Sesuai judul dari video praktik pembelajaran ini yakni “My Idols” maka akan nampak siswa yang memilih tokoh atau artis idolanya.
    3. Sebaiknya siswa lebih diaktifkan keterlibatannya, yakni dengan meminta siswa menambahkan ciri – ciri dari salah satu gambar yang di tunjuk guru atau siswa yang diminta kedepan satu persatu.
    4. Sebaiknya poster artis sinetron tidak dijadikan realia. Pasalnya, banyak tayangan sinetron saat ini yang tidak sesuai untuk siswa SMP. Penggunaan realia berupa media poster, gambar atau foto mungkin bisa disesuaikan dengan materi pelajaran atau pun mengambil tokoh-tokoh pahlawan atau tokoh-tokoh ilmuan yang dapat menginspirasi siswa.

  10. Nama : Heri Junawan Purba
    NIM : 501283205
    UPBJJ : PONTIANAK

    Video ini sangat bermanfaat menurut saya, karena guru mengkombinasikan seluruh gaya belajar siswa baik auditori (menggambarkan ciri-ciri), kinestetik (dengan gerakan tangan) dan visual (gambar poster). sehingga membuat siswa menjadi tertarik dalam pembelajaran bahasa inggris. jika dihubungkan ke kurikulum merdeka maka pembelajaran yang ada sangat sesuai dengan kebutuhan siswa dan saya belajar untuk mengkombinasikan seluruh gaya belajar pada pembelajaran yang akan saya lakukan.
    saran untuk video ini adalah, akan sangat menarik jika dipadukan dengan musik sehingga membuat suasana kelas lebih aktif apalagi kalau poster tersebut ada aktor/penyanyi.

Leave a Reply