Sinopsis
Program ini mengulas pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan realia. Realia yang digunakan kali ini adalah poster-poster artis favourit para siswa. Poster-poster ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan topic Describing People.
Dengan menggunakan berbagai poster orang terkenal/artis guru mengajak siswa untuk aktif berbicara. Guru bertanya cirri-ciri yang dimiliki oleh orang yang terdapat dalam poster baik tentang hidung, rambut, kaca mata, dan baju yang dikenakan. Siswa menyebutkan dalam bahasa Inggris yang dimaksud oleh guru.
Kemudian pada bagian akhir guru mendeskripsikan ciri-ciri dari salah satu poster yang ada dan meminta siswa untuk menebak siapa yang dimaksud dengan ciri-ciri tersebut.
–
Pakar Dosen
Tayangan video sudah sesuai dengan “ Describing People “. Sebaiknya ada pembuka atau apersepsi untuk kesiapan siswa dengan topik yang akan disampaikan, juga penutup untuk mengevaluasi apakah siswa dapat mengikuti pembelajaran yang diberikan.
Guru sangat kurang melibatkan siswa sehingga siswa kurang aktif. Untuk membuat siswa aktif , salah satunya dengan meminta siswa menambahkan ciri – ciri dari salah satu gambar yang di tunjuk guru atau siswa yang diminta kedepan satu persatu. Diperlukan juga pendekatan guru, dapat dengan cara meminta siswa menyebutkan ciri – ciri salah seorang siswa yang diminta berdiri di depan kelas.
Tayangan video cukup sesuai dengan perkembangan peserta didik, namun untuk poster artis – artis sinetron sebaiknya tidak disertakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dikarenakan tayangan disenteron yang ada pada saat ini, banyak yang tidak sesuai dengan usia siswa SMP.
Secara umum tayangan video cukup baik, apalagi jika ditambahkan dengan hal – hal yang disebutkan diatas.
Ratih Kusumastuti
Nama : Jhon Krisman Limbong
NIM : 501573945
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ UT Medan
Dari video-video tsb saya belajar tentang berbagai strategi dan metode pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan siswa. Misalnya, video tentang pembelajaran berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan realia menunjukkan bagaimana guru dapat memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitar atau yang disukai oleh siswa untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Video ini juga memberikan contoh pertanyaan dan jawaban yang dapat digunakan untuk mengajarkan topik Describing People. Saya juga belajar tentang cara membuat media pembelajaran yang kreatif dan efektif, seperti video tentang pembuatan komik digital dan video tentang pembuatan animasi dengan PowerPoint. Video-video ini memberikan langkah-langkah mudah dan praktis untuk membuat media pembelajaran yang dapat meningkatkan daya tarik dan pemahaman siswa.
Manfaat yang saya dapat dari mengamati video pembelajaran tersebut adalah:
– Saya dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang berbagai aspek pembelajaran, seperti kurikulum, materi, metode, media, evaluasi, dan lain-lain.
– Saya dapat mengembangkan keterampilan profesional sebagai guru, seperti keterampilan berkomunikasi, berinovasi, berkolaborasi, dan bersolusi masalah.
– Saya dapat menyesuaikan dan menerapkan strategi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa, mata pelajaran, dan lingkungan belajar.
– Saya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang saya lakukan, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Alasan saya menjawab demikian adalah karena saya percaya bahwa video pembelajaran adalah salah satu sumber belajar yang efektif dan efisien, terutama di era digital saat ini. Video pembelajaran dapat memberikan informasi yang lengkap, jelas, dan menarik dengan menggunakan kombinasi antara gambar, suara, teks, dan animasi. Video pembelajaran juga dapat diakses kapan saja dan di mana saja, sehingga memudahkan saya untuk belajar sesuai dengan waktu dan tempat yang saya inginkan. Video pembelajaran juga dapat membantu saya untuk memperkuat pemahaman dan mengulang materi yang telah saya pelajari sebelumnya.
Masukan dan saran saya tentang video pembelajaran dari portal guru pintar adalah sebagai berikut:
– Video pembelajaran sebaiknya memiliki durasi yang tidak terlalu panjang, agar tidak membuat bosan dan lelah. Durasi yang ideal adalah antara 5-10 menit per video.
– Video pembelajaran sebaiknya memiliki kualitas gambar dan suara yang baik, agar dapat dilihat dan didengar dengan jelas. Kualitas gambar dan suara yang buruk dapat mengganggu konsentrasi dan minat belajar.
– Video pembelajaran sebaiknya memiliki judul, deskripsi, dan kata kunci yang relevan, agar dapat mudah ditemukan dan dipilih oleh pengguna. Judul, deskripsi, dan kata kunci yang relevan juga dapat membantu pengguna untuk mengetahui isi dan tujuan video pembelajaran tersebut.
– Video pembelajaran sebaiknya disertai dengan materi pendukung, seperti slide, handout, latihan, atau kuis, agar dapat membantu pengguna untuk mempelajari materi lebih dalam dan menguji pemahaman mereka. Materi pendukung juga dapat memberikan umpan balik dan saran perbaikan bagi pengguna.
NAMA : ISMAIL
NIM :501323165
PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
UPBJJ UT SURABAYA
judul yang sangat bagus my idol, sangat tertarik untuk menontonnya. ada istilah strategi baru yang dikenal dengan realia yaitu menggunakan poster-poster artis vavorit peserta didik.
berikut analisis vidio : topik dalam vidio adalah mendeskripsikan. proses pembelajaran sangat bagus diawali dengan David beckam pemain sepak bola yang sangat terkenal, kemudian topik yang sangat menarik bagi siswi yaitu boy band. langkah pembelajaran dimulai dari menyebutkan nama-nama artis terkenal indonesia seperti artis idola saya yaitu Dian Sastro Wardoyo, selajutnya menyebutkan nama artis berdasrakan deskripsi yang disampaikan guru. sangat menarik sekali menggunakan media visual menggunakan artis terkenal. ini sangat cocok diterapkan dikelas IV sd tempat saya mengajar karena anak usia kelas IV SD berada pada tahap oprerasional konkrit. saran bagi pembelajaran saya nanti bisa menggunakan media vidio untuk aspek deferensiasinya.
NAMA : LILIK MARIYANIZAITIN
NIM : 501163247
PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
UPBJJ UT JAMBI
Kegiatan pembelajaran pada video yang berjudul “MY IDOLS” merupakan pembelajaran untuk melatih siswa berbahasa inggris dengan menggunakan realia. Realia yang digunakan pada pembelajaran kali ini adalah poster-poster artis favourit para siswa. Poster-poster ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan topic Describing People.
manfaat yang saya dapat dari menyimak video pembelajaran tersebut adalah dengan menggunakan media realia dapat meningkatkan minat belajar siswa, siswa semakin mudah memahami pembelajaran, kelas menjadi aktif, juga dapat melancarkan penggunaan bahasa inggris untuk siswa. sehingga dapat dipastikan bahwa hasil belajar pun akan meningkat secara baik.
saran untuk pembelajaran tersebut adalah, ada baiknya dalam penggunaan realia dalam bentuk foto dan poster wajah jangan menggunakan foto artis yang notabenenya mempunyai figur yang negatif. lebih baik jika menggunakan foto dan poster-poster pahlawan akan lebih dikenal sejarah perjuangannya dalam membela kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
Nama : Maria Noviana
NIM: 501202213
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : UT Jakarta
Pengemasan pembelajaran ini menarik, apalagi guru memilih topik tentang My Idol. Belajar bahasa memang akan sangat menyenangkan jika pemilihan topik adalah tentang hal yang disukai anak. Media poster yang digunakan juga dapat membantu siswa dalam mendeskripsikan tokoh yang dimaksud. Namnu, sebagai masukan guru bisa juga memberikan tokoh-tokoh seperti ilmuwan atau influencer pendidikan yang sedang naik daun saat ini, sehingga siswa pun jga bisa mengekspolarasi lagi tentang berbagai info dari tokoh tersebut.
Nama: Henti Santiawati
NIM: 501172823
Prodi: Magister Pendidikan Dasar
Video yang berjudul My Idols menunjukkan bahwa guru sedang melakukan pembelajaran dengan topic describing People menggunakan media realia berupa poster-poster para idola dan artis. Disini guru telah melakukan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dimana guru mengajak para siswa mendiskripsikan tetang idola mereka dengan menggunakan bahasa inggris. Diharapkan siswa mampu dengan lancar dalam mengucapkan bahasa inggris karena guru mengajak siswa untuk aktif berbicara dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang poster idola mereka. Siswa menjadi lebih mudah memahami maksud dari bahasa inggris tersebut melalui tanya jawab dengan media poster tersebut.
Nama : Vini Arnelda
NIM : 501201838
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ UT Jakarta
Manfaat yang didapat setelah menyimak video tersebut adalah betapa pentingnya memilih media pembelajaran yang tepat guna, efisien, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Kemudian saya mendapatkan inspirasi mengenai pembelajaran Bahasa Inggris yang dapat saya terapkan dalam proses belajar mengajar di kelas. Dengan memanfaatkan foto/poster, siswa lebih tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran. Materi ajar juga menjadi lebih mudah ditangkap siswa karena dikaitkan dengan sesuatu yang sering mereka lihat di televisi atau media lainnya. Dengan adanya foto/poster, siswa lebih mudah mendeskripsikan karakteristik fisik idola yang semula abstrak menjadi lebih konkret, sehingga siswa lebih mudah mengingat kosa kata Bahasa inggris, dan perbendaharaan kosa kata siswa pun menjadi lebih kaya. Dalam menentukan foto/poster idola, tentu sebelumnya guru harus melakukan pendekatan agar mengetahui tokoh mana yang disukai siswa.
Sedikit saran dari saya, dalam kegiatan menebak tokoh yang guru deskripsikan, menurut saya sudah bagus karena kegiatan tersebut sekaligus menjadi permainan yang memicu rasa penasaran siswa. Tapi menurut saya, hendaknya guru menuliskan deskripsi tersebut pada kertas saja, kemudian menyuruh salah satu siswa untuk membacakannya secara bergantian, dan siswa lainnya menebak. Dengan hal ini, harapan saya siswa akan semakin terlatih melafalkan kosa kata Bahasa Inggris, khususnya di depan teman-temannya. Efek pengiringnya adalah siswa jadi terbiasa dan percaya dirinya meningkat untuk menggunakan Bahasa Inggris di depan khalayak umum.
Nama : Shofa Fijria Amalia
NIM : 501263131
UPBJJ : UT Surakarta
Dari video tersebut dapat kita perhatikan seksama terkait pembelajaran bahasa Inggris dengan materi mendeskripsikan seseorang atau idol. Manfaat setelah menyimak video tersebut yaitu:
1. Mengetahui strategi belajar yang sesuai untuk mengajarkan materi deskripsi.
2. Mengetahui pemanfaatan media belajar seperti realia.
3. Mengetahui bagaimana penggunaan realia dalam pembelajaran.
Masukan dan saran dari video pembelajaran :
1. Dalam menentukan gambar, sebaiknya siswa diberi kebebasan untuk memilih gambar sendiri.
2. Keaktifan siswa sebaiknya ditingkatkan terutama pada saat mendeskripsikan ciri-ciri seseorang.
Febry Sabrani Putri
NIM 501312908
Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ UT Samarinda
Manfaat yang didapat setelah menonton video tersebut, saya menyadari betapa pentingnya memilih media pembelajaran yang tepat guna, efisien, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Terutama jika media yang kita gunakan berkaitan langsung dan konkret pada kehidupan sehari-hari siswa. dalam video ini menggunakan media foto/poster, siswa lebih mudah mendeskripsikan karakteristik idola yang semula tidak melihat secara nyata menjadi lebih konkret, sehingga lebih menarik siswa dalam memahami dan mengingat kosakata Bahasa Inggris.
Sedikit saran dari saya, hendaknya guru menuliskan deskripsi tersebut pada kertas saja, kemudian memandu salah satu siswa untuk membacakannya secara bergantian, dan siswa lainnya menebak. Melibatkan siswa secara langsung seperti ini dengan harapan siswa semakin terlatih melafalkan kosa kata Bahasa Inggris, khususnya di depan teman-temannya. Sehingga dampaknya siswa menjadi lebih percaya diri dalam menggunakan Bahasa Inggris.
NAMA : FURI LIVIA SARI
NIM : 501193232
PRODI : MAGISTER PENDIDIKAN DASAR
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
menurut saya dalam vidio pembelajaran bahasa inggris SMP tersebut guru sangat kreatif. dapat meningkatkan ketrampilan berbicara bahasa inggris siswa dengan menggunakan ” Realia” menggunakan poster-poster artis pavorit. menurut saya pembelajaran ini sangat menarik dan menyenangkan bagi siswa, meningkatkan kemampuan belajar siswa sesuai dengan kebutuhan siswa untuk mencapai tujuan belajar bahasa inggris tersebut dengan mengkombinasikan unsur bahasa dengan gambar-gambar tokoh artis tersebut sehingga siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Nama : Angga Oktavian
NIM : 501193192
Prodi : Magister Pendidikan dasar
UPBJJ : UT Bandar Lampung
Video tersebut menjelaskan tentang strategi pembelajaran Bahasa inggris pada aspek berbicara, siswa diajak melihat artis idola mereka melalui poster-poster yang dibagikan oleh guru untuk diamati dan selanjutnya ditempelkan ke papan tulis. Guru bertanya kepada menggunakan Bahasa inggris ciri-ciri artis idola mereka yang mereka sudah amati dan dijawab menggunakan kosakata Bahasa inggris. Guru juga mendeskripsikan salah satu artis dengan menggunakan Bahasa inggris dan siswa diminta untuk menebak artis yang dimaksud.
Manfaat setelah melihat tayangan video tersebut antara lain : 1) memberikan gambaran kepada guru bahwa mengajar harus menggunakan media yang disukai peserta didik; 2) menggunakan Teknik Describing People untuk mengajarkan siswa mengucapkan kosakata dalam Bahasa inggris.