Sinopsis
Program ini mengulas pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan realia. Realia yang digunakan kali ini adalah poster-poster artis favourit para siswa. Poster-poster ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan topic Describing People.
Dengan menggunakan berbagai poster orang terkenal/artis guru mengajak siswa untuk aktif berbicara. Guru bertanya cirri-ciri yang dimiliki oleh orang yang terdapat dalam poster baik tentang hidung, rambut, kaca mata, dan baju yang dikenakan. Siswa menyebutkan dalam bahasa Inggris yang dimaksud oleh guru.
Kemudian pada bagian akhir guru mendeskripsikan ciri-ciri dari salah satu poster yang ada dan meminta siswa untuk menebak siapa yang dimaksud dengan ciri-ciri tersebut.
–
Pakar Dosen
Tayangan video sudah sesuai dengan “ Describing People “. Sebaiknya ada pembuka atau apersepsi untuk kesiapan siswa dengan topik yang akan disampaikan, juga penutup untuk mengevaluasi apakah siswa dapat mengikuti pembelajaran yang diberikan.
Guru sangat kurang melibatkan siswa sehingga siswa kurang aktif. Untuk membuat siswa aktif , salah satunya dengan meminta siswa menambahkan ciri – ciri dari salah satu gambar yang di tunjuk guru atau siswa yang diminta kedepan satu persatu. Diperlukan juga pendekatan guru, dapat dengan cara meminta siswa menyebutkan ciri – ciri salah seorang siswa yang diminta berdiri di depan kelas.
Tayangan video cukup sesuai dengan perkembangan peserta didik, namun untuk poster artis – artis sinetron sebaiknya tidak disertakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dikarenakan tayangan disenteron yang ada pada saat ini, banyak yang tidak sesuai dengan usia siswa SMP.
Secara umum tayangan video cukup baik, apalagi jika ditambahkan dengan hal – hal yang disebutkan diatas.
Ratih Kusumastuti
Nama : Rani Anggeraini
NIM : 501172894
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : UT Palembang
Dari video berjudul My Idols tersebut saya dapat mempelajari pembelajaran tentang keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan realia. Realia yang dapat digunakan adalah poster-poster artis favourit para siswa. Poster-poster ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan topic Describing People. Dengan menggunakan berbagai poster orang terkenal/artis guru mengajak siswa untuk aktif berbicara. Guru dapat bertanya tentang ciri-ciri yang dimiliki oleh orang atau artis yang terdapat dalam poster baik tentang hidung, rambut, kaca mata, dan baju yang dikenakan. Dan siswa dapat menyebutkan dalam bahasa Inggris yang dimaksud oleh guru.
Saran dan masukkan yaitu pada bagian akhir guru mendeskripsikan ciri-ciri dari salah satu poster yang ada siswa dapat memilih sendiri poster artis yang disukai siswa. Kemudian guru dapat menambahkan games untuk siswa menebak siapa artis yang dimaksud dengan ciri-ciri poster tersebut.
Nama : SUSILOWATI
NIM : 501433265
Jurusan : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : UT Gorontalo
Dari video tersebut dapat dipelajari bahwa guru harus bisa berkreasi membuat rencana strategi dan memanfaatkan media pembelajaran agar siswa termotivasi.
Manfaat yang saya temui dari mengamati video tersebut yakni Realia dalam konteks pembelajaran memiliki manfaat media realia dapat digunakan sebagai alat bantu visual dalam pembelajaran, memberikan pengalaman langsung kepada anak. Media realia memiliki beberapa keunggulan dan kekurangan, seperti mudah ditemukan dan mudah diidentifikasi, serta memiliki ukuran yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran Namun, terkadang juga memiliki keterbatasan, seperti memiliki ukuran yang terlalu besar atau kecil.
Masukan dan saran saya sebagai guru, seharusnya dalam pembelajaran di video sebelum guru mendeskripsikan ciri-ciri dari salah satu poster dan menyuruh siswa menebak, guru seharusnya memberikan kesempatan kepada siswa terlebih dahulu untuk membuat deskripsi sendiri dari salah satu poster artis favorit mereka.
Nama : Ika Septian Ciptaningtyas
NIM : 501253044
Prodi : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : UT Semarang
Video pembelajaran berjudul My Idols ini tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan tetapi juga memberikan manfaat dalam pengembangan keterampilan berbicara, mendengarkan, dan pemahaman kosakata bahasa Inggris. Siswa diajak untuk mendeskripsikan ciri-ciri fisik orang-orang dalam poster menggunakan bahasa Inggris. Dengan demikian, mereka dapat meningkatkan pemahaman tentang kosakata deskriptif, memperluas perbendaharaan kata mereka, dan belajar menggambarkan orang dalam bahasa Inggris dengan lebih detail.
Saran dan masukan :
Setelah aktivitas berbicara siswa, berikan umpan balik konstruktif untuk membantu mereka meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mereka. Berikan pujian untuk partisipasi yang baik dan berikan saran konkret untuk perbaikan.
Nama : Rosida Damayana
NIM : 501193225
UPBJJ : UT LAMPUNG
Dari video berjudul My Idols tersebut saya dapat mempelajari pembelajaran tentang keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan realia. pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan realia. Realia yang digunakan kali ini adalah poster-poster artis favourit para siswa. Poster-poster ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan topic Describing People.Dengan menggunakan berbagai poster orang terkenal/artis guru mengajak siswa untuk aktif berbicara. Guru bertanya ciri-ciri yang dimiliki oleh orang yang terdapat dalam poster baik tentang hidung, rambut, kaca mata, dan baju yang dikenakan. Siswa menyebutkan dalam bahasa Inggris yang dimaksud oleh guru.
Kemudian pada bagian akhir guru mendeskripsikan ciri-ciri dari salah satu poster yang ada dan meminta siswa untuk menebak siapa yang dimaksud dengan ciri-ciri tersebut.Realia memiliki manfaat media realia dapat digunakan sebagai alat bantu visual dalam pembelajaran, memberikan pengalaman langsung kepada anak.
Saran dan masukan :
Menurut saya sebaiknya setelah kegiatan pembelajaran guru berikan umpan balik kepada siswa untuk berberbicara kedepan dengan tujuan untuk membantu mereka meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris mereka. setelah itu guru dapat pujian kepada siswa serta saran untuk perbaikan.
NAMA : RORO SETIA NINGRUM
NIM : 501193178
PRODI : MPDr
Video yang diberikan merupakan program pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan realia, yaitu poster-poster artis favorit para siswa. Kelebihan dari program ini adalah:
1. Menggunakan realia yang menarik dan familiar bagi siswa, yaitu poster-poster artis favorit mereka, sehingga dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar bahasa Inggris
2. Guru mengajak siswa untuk aktif berbicara dengan memberikan pertanyaan tentang ciri-ciri yang dimiliki oleh orang yang terdapat dalam poster, sehingga dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa
3. Program ini dapat membantu siswa memahami ciri-ciri manusia dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris
Secara keseluruhan, program ini dapat menjadi alternatif pembelajaran yang menarik dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa dengan menggunakan realia yang familiar bagi mereka. Namun, program ini perlu dikombinasikan dengan pembelajaran keterampilan bahasa Inggris lainnya agar siswa dapat mengembangkan keterampilan bahasa Inggris secara menyeluruh.
Nama : Fatimah Nur Hasibuan
NIM : 501473787
UPBJJ : Medan
Video pembelajaran berjudul My Idols sangat menginspirasi saya. Kegiatan pembelajaran yang digunakan kontekstual berupa poster-poster artis favourit para siswa sehingga membangkitkan motivasi belajar. Poster-poster ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan topic Describing People. Dengan menggunakan berbagai poster orang terkenal/artis guru mengajak siswa untuk aktif berbicara. Guru bertanya cirri-ciri yang dimiliki oleh orang yang terdapat dalam poster baik tentang hidung, rambut, kaca mata, dan baju yang dikenakan. Siswa menyebutkan dalam bahasa Inggris yang dimaksud oleh guru. Kemudian pada bagian akhir guru mendeskripsikan ciri-ciri dari salah satu poster yang ada dan meminta siswa untuk menebak siapa yang dimaksud dengan ciri-ciri tersebut.
Saran dan masukan: setelah kegiatan murid memberikan refleksi dan umpan balik atas pembelajaran Describing People
Nama : Rina Yuliana
NIM : 501172783
Jurusan : Magister Pendidikan Dasar
UPBJJ : UT Palembang
Dalam video pembelajaran tersebut, dapat dilihat bahwa sebagian siswa merasa senang. Hal ini dapat terjadi karena media pembelajarannya adalah relia poster artis atau idola favorit mereka. Hal tersebut memberikan konteks yang lebih nyata dan menarik bagi siswa dalam mempelajari keterampilan berbicara bahasa Inggris. Pendekatan ini menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan mengajak siswa untuk berpartisipasi secara aktif, juga dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan relevan bagi para siswa.
Namun, kekurangan yang mungkin muncul adalah potensi terjadinya ketidakfokusan siswa jika terlalu terpaku pada artis favorit mereka dapat menjadi tantangan.
Dalam pembelajaran tersebut, lebih baik guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendeskripsikan artis favorit mereka, sehingga keterampilan berbicara dalan bahasa inggris dapat terasah. Guru juga dapat menjadikan pembelajaran ini sebagai peningkatan kepercayaan diri siswa dengan mengapresiasi siswa yang telah berani melakukan hal tersebut di depan kelas.
Nama : Tirta Lyhouw Harefa
NIM : 501573873
UPBJJ : UT Daerah Medan
1. Yang dipelajari dalam video pembelajaran diatas adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa berbicara bahasa Inggris, guru dapat menggunakan media pembelajaran jenis relia yang berupa poster-poster artis favorite siswa untk mengajak siswa aktif dalam berbicara bahasa Inggirs.
2. Manfaat pengamatan video pembelajaran diatas yaitu hal-hal yang menjadi favorite siswa dapat dijadikan menjadi satu jenis strategi pembelajaran dalam menraik minat dan perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Dan juga keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran akan sangat berpengaruh pada peningkatan kemampuan dan hasil belajar siswa
saran dan masukan :
Dalam video pembelajaran diatas sebaiknya diberikan batasan penggunaan poster para artis dalam proses pembelajaran sehingga kemungkinan siswa dalam mengikuti trend para artis pada diminimalisir.
Suhermin
NIM 501333009
Pada video yang berjudul My Idol tersebut menjelaskan tentang pembelajaran keterampilan berbicara Bahasa Inggris dengan metode realia melalui poster artis favorite dengan topik Describing People. Dari poster artis tersebut siswa dapat mendeskripsikan orang/artis melalui ciri-ciri yang disebutkan guru. Akan tetapi pada video tersebut menurut saya guru terlalu dominan, siswa hanya menjawab pertanyaan dari guru, Jika tujuan dari strategi ini adalah keterampilan berbicara, maka seharusnya siswa yang banyak berlatih berbicara dengan mendeskripsikan artis idolanya. Dalam video tersebut siswa tidak mendiskripsikan artis/idolanya, akan tetapi lebih cenderung menebak seseorang yang di deskripsikan.
Suprianto 510283126 Magister Pendidikan Dasar UPBJJ-UT Pontianak
Video pembelajaran berjudul My Idols ini tidak hanya memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan tetapi juga memberikan manfaat dalam pengembangan keterampilan berbicara, mendengarkan, dan pemahaman kosakata bahasa Inggris. Siswa diajak untuk mendeskripsikan ciri-ciri fisik orang-orang dalam poster menggunakan bahasa Inggris. Dengan demikian, mereka dapat meningkatkan pemahaman tentang kosakata deskriptif, memperluas perbendaharaan kata mereka, dan belajar menggambarkan orang dalam bahasa Inggris dengan lebih detail.