silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra anak dapat melakukan beberapa kegiatan, salah satunya     kegiatan apresiasi langsung

Kegiatan apresiasi langsung adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh nilai kenikmatan dan kekhidmatan dari karya sastra anak yang diapresiasikan.Kegiatan apresiasi langsung meliputi kegiatan seperti:

  • Membaca sastra anak.
  • Mendengar sastra anak ketika dibacakan atau dideklamasikan.
  • Menonton pertunjukan sastra anak dipentaskan

 

Salah satu manfaat dari pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar ini adalah memberi berbagai informasi tentang proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan.

Salah satu cara yang dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran apresiasi sastra adalah dengan metode  berkisah. Metode ini dapat diberikan oleh bapak atau ibu guru di  depan kelas dengan membawakan sebuah kisah. Secara lisan metode berkisah dapat disampaikan selama 15-25 menit untuk menarik perhatian siswa. Metode berkisah tidak sama dengan metode berceramah. Kisah tidak semata-mata disampaikan monoton dengan narasi, tetapi perlu selingan dialog dan humor dengan suara yang berubah-ubah.

Sedangkan Pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar dapat dimulai dari kegiatan pra-KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) hingga KBM di kelas. Kegiatan pra-KBM dapat dilakukan dengan memberi salinan atau kopi teks sastra, diberi tugas membaca, menghafalkan, meringkas atau mencatat dan menemukan arti kata-kata sukar yang terdapat dalam teks sastra. KBM di kelas dapat dilakukan dengan memberi tugas membaca sajak, membaca cerita, berdeklamasi atau mendongeng di depan kelas. Setelah itu baru diadakan tanya jawab, menuliskan pendapat, dan berdiskusi bersama merumuskan isi, tema, dan amanat.

Pembelajaran apresiasi sastra yang monoton terdakang membuat siswa menjadi takut untuk berkespresi. Maka diperlukan model pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik. Problem based learning dapat menjadi salah satu cara sebagai alternative pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Siswa akan berdialog dan praktik langsung untuk melakukan apresiasi sastra.

Selamat menyaksikan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

Similar Posts

281 Comments

  1. Nama : Nursanti
    Nim : 820878528
    UPPBJ : PALU
    Prodik : PGSD
    1. Pendapat saya mengenai video pembelajaran tersebut sangat bagus, ada pembukaan yang dimulai dengan berdoa, memberikan semangat terhadap murid untuk membuat konsentrasi murid, tujuan pembelajaran disampaikan dengan sangat jelas, pembelajaran inti yang dilakukan dengan dengan memberikan materi yang disertai dengan contoh-contoh dan siswa terlibat aktif dengan pembelajaran yang disampaikan oleh guru, kemudian ditutup dengan evaluasi yang diberikan siswa untuk membuat kesimpulan yang mendorong siswa untuk kreatif berpikir menyampaiakan hasil pengamatan setelah pembacaan cerita.
    2.Hal penting dalam video tersebut adalah, perlu membuka diskusi dan tanya jawab agar siswa dapat memahami serta keaktifan dalam pembelajaran.
    Banyak hal baik yang terdapat dalam vidio tersebut, contohnya guru menjelaskan tujuan pembelajaran dengan jelas dan tersusun sesuai konsepnya dan guru tersebut dapat menciptakan kelas yang kondusif dengan penyajian yang sangat menarik sehingga siswa berlomba-lomba dalam menyampaikan pendapatnya dan guru tersebut sangat mengapresiasi siswa yang aktif dalam pembelajaran tersebut. Dalam hal ini juga siswa mempunyai sikap pemberani dalam mempresentasikan hasil analisa.

  2. Nama : Rini Wulandari
    Nim: 857108563
    UPBJJ: 21/Jakarta

    Menurut saya setelah melihat Vidio pembelajaran model pembelajaran e learning (PBL) Dan project based (PJBL). Berjudul pembelajaran apresiasi sastra anak (puisi/cerita/drama dalam upaya penguatan pendidikan karakter pembelajaran tersebut sudah sangat baik dan cocok untuk diterapkan dikelas tinggi yang sudah matang dalam proses belajarnya hal yang paling penting yang saya perhatikan, adanya komunikasi yang baik antara guru dan siswa jadi siswa dapat mengeluarkan ide atau gagasan dengan berani dan guru tidak lupa pula memberikan reward kepada siswanya. Terkait dengan video tersebut pembelajarannya juga sudah sangat bagus,baik dan cocok untuk diterapkan di kelas tinggi. Meskipun menurut saya sebaiknya guru mengajak siswa memerankan tokoh yang ada dalam cerita sehingga pembelajaran lebih bermakna.interaksi siswa dalam vidio yang saya amati penayangan di pemebelajaran masih kurang aktif. Guru sebaiknya menggunakan media kongkrit yang sesuai agar siswa lebih bisa menguasai suatu peran.

  3. Nama : Yeni faniza
    Nim : 856995241
    Uppbj : bandar Lampung
    1. Video tersebut memberikan inspirasi dalam proses pengajaran di dalam kelas
    2. Hal penting yang saya dapatkan di dalam pembelajaran tersebut adanya struktur pembelajaran dari awal sampai akhir memiliki point-point yang bermakna dalam setiap tahap pembelajaran pada proses pembelajaran di kelas
    3. Yang sudah sangat baik dalam video ini adanya cara menumbuhkan motivasi kepada peserta didik serta menanamkan nilai-nilai pembelajaran tersebut kepada peserta didik

  4. Nama :DARMANSYAH
    Nim : 856568529
    UPPBJ : JAMBI

    1. Menurut saya video pembelajaran diatas sangat bagus. Diawali dengan guru mengucapkan salam serta menanyakan kabar peserta didik. Setelah itu, guru memberikan yel-yel dan diikuti oleh peserta didik, hal ini untuk membangkitkan semangat dan keaktifan peserta didik. Suara guru terdengar dengan jelas dan juga menguasai kelas. media pembelajaran yang diguanakan sangat relavan sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih baik.
    2. Hal penting yang saya peroleh adalah, bahwa memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan kepada siswa sangat berpengaruh untuk membangkitkan semangat belajar dan memotivasi siswa untuk lebih giat belajar.
    3.Hal yang sangat baik yang saya peroleh dari video:
    – Guru membuka kelas dengan melakukan kegiatan menyapa kepada anak-anak yang ada di kelas
    – Dengan semangat guru dalm kegiatan mengajar, siswa dapat memahami apa yang disampaikan oleh guru
    – Menjelaskan dan menjabarkan orientasi masalah yang akan dibahas terkait pembelajaran di kelas
    – Melakukan kegiatan akhir di akhir pembelajaran dengan menarik dan menyenangkan.
    – menutup kelas dengan mengucapkan salam

  5. NAMA : FERIANI SARTIKA
    NIM : 042413289
    UPBBJ : PEKAN BARU

    1. Menurut saya video pembelajaran tersebut sangat baik dan sangat memotivasi. Dapat di jadikan sebagai referensi dalam mengajar.
    2. Hal penting yang saya dapatkan dalam video adalah pentingnya menjalin rasa kenyamanan anak didik terhadap guru. Dan bagaimana cara guru menciptakan suasana belajar yang baik dan menarik bagi anak didik.
    3. Hal penting yang dapat saya lihat dalam video adalah
    – Kegiatan awal atau pembuka yang sangat menarik dengan membuat ice breaking pada awal pembelajaran dapat memberikan semangat kepada anak didik
    – Guru juga memiliki semangat yang tinggi dalam mengajar dan dapat menyampaikan semangatnya kepada anak didik sehingga anak didik juga memiliki semangat dalam memulai pembelajaran
    – Guru juga menjelaskan apa permasalahan dalam pembelajaran sebelum menyampaikan materi pembelajaran.
    – Guru juga membantu anak didik dalam menyelesaikan masalah pembelajaran ( mengerjakan tugas).
    – Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan cara memberikan apresiasi kepada siswa dan mengucapkan salam.

  6. Nama : Nuning efiana
    NIM. : 822327813
    Prodi. : BI PGSD
    Pokjar. : Way tuba

    Kelebihan : menurut saya bisa nyajikan pembelajaran yang tepat, dan bisa di pahami oleh siswa , kekurangan: menurut saya diakhir pembelajaran tidak ada salam dan doa. Saran kebaikan : menurut saya Vidio ini sangat menarik dan dan keterangan keterangan bisa di pahami.

  7. Nama: DARNI
    Nim:859887831
    Pokjar:Madina
    1.pendapat saya tentang video di atas adalah sangat bermanfaat bagi kami sebagai pendidik.
    2.Hal yang penting yang saya peroleh dari video pembelajaran di atas dengan kegiatan membuka kelas yang ada dalam video tersebut sangat bagus dan memberi semangat pada anak dalam memulai proses pembelajaran.Guru dividio di atas membimbing dan memberi motivasi pada siswa pada saat tanya jawab dan mengerjakan tugas mandiri dan membuat anak-anak nyaman dan antusias dalam menjawab pertanyaan.
    3.Hal yang sudah baik dari video pembelajaran di atas adalah kegiatan membuka kelas,menjelaskan materi kegiatan akhir pembelajaran sangat bagus dan Terperinci sangat membantu saya dalam meningkatkan strategi mengajar di kelas.

  8. Nama : Endah Kartika Sari
    NIM : 858744408
    Prodi : PGSD BI 2B
    1. Pendapat saya tentang video di atas sangat bermanfaat dan penting bagi kami sebagai guru.
    2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran di atas bahwa jadi guru harus kreatif dan inovatif dalam membeikan pelajaran kepada siswa. Jika mengalami masalah bertanya kepada rekan sejawat atau membuka portal Guru Pintar Online.
    3. Hal baik dari Kegiatan membuka kelas yang ada dalam video sebelumnya, bagus karena sudah memberi semangat pada anak-anak dalam memulai pembelajaran. Guru membimbing dan memberi motivasi siswa pada saat tanya jawab, maka disaat mengerjakan tugas mandiri, anak-anak nyaman dan antusias dalam menjawab pertanyaan. Selain itu hal baik dari video pembelajaran sebelumya yaitu membantu saya dalam meningkatkan kualitas mengajar di kelas yang diampu.

  9. NAMA : JULIANI DWI MUJI ASTUTI
    NIM : 858746132
    PRODI : PGSD-BI
    POKJAR : SURABAYA (PITALOKA)

    PENDAPAT SAYA TERKAIT VIDEO PEMBELAJARAN:
    1. Guru sudah menyampaikan materi secara bertahap
    dalam video tersebut tampak seorang guru yang menyampaikan materi secara bertahap, sehingga siswa
    mudah dalam mengikuti proses pembelajaran tersebut.
    2. Ada interaksi siswa ketika pembelajaran berlangsung
    dengan penyampaian yang urut, maka siswa akan mudah dalam berinteraksi ketika ada hal yang kurang
    paham, mulai dari awal hingga akhir.
    3. Guru membimbing siswa
    guru dalam video tersebut membimbing siswa, artinya siswa lebih aktif guru hanya membangkitkan
    semangat dan mengarahkan.
    4. Ada sedikit yang perlu dievaluasi yaitu terkait ekspresi guru yang sama dari awal hingga akhir
    alangkah baiknya jika mimik wajah guru juga harus disesuaikan dalam situasi tahapan, namun kejelasan
    suara guru sudah cukup jelas dan keras.

  10. NAMA : HERMAN FELANI
    NIM : 857503448
    PRODI : PGSD-MS1
    UPBJJ : BANDUNG
    POKJAR: PURWAKARTA

    UPBJPERTANYAAN PEMACU DISKUSI
    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

    1. Pendapat saya tentang vidio Apresiasi Sastra PJBL pada fase A Sekolah Dasar ini sangat bagus.
    Vidio berdurasi 13 menit 53 detik ini bercerita tentang kegundahan seorang guru dalam mengajarkan Apresiasi Sastra kepada murid-muridnya. Akhirnya dengan membuka Guru Pintar Online beliau mendapatkan inspirasi dan solusi.

    2. Hal penting yang saya peroleh dari vidio pembelajaran ini adalah:
    a. Menggunakan model PJBL (Problem Base Learning) dengan beberapa tahapan:
    b. Inisiasi awal/ pengkondisisan:
     Guru mengawali kelas dengan mengucapkan salam – dijawab lantang oleh seluruh siswa.
     Guru bertanya tentang kabar anak-anak dan mendo’akan mereka
     Guru memberikan semangat dengan mengajak anak-anak melakukan tepuk anak hebat
     Guru memberikan instruksi tepuk anak hebat
    c. Sintak 1: Orentasi peserta didik pada masalah
    d. Sintak 2: Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar
    e. Sintak 3: Mengembangkan dan menyajikan karya
    f. Sintak 4: Menganalisi, evaluasi proses, mendorong dan memberikan masukan

    3. Hal-hal yang sudah baik dalam vidio tersebut:
    a. Dalam mengajar seorang guru perlu mempersiapkan diri
    b. Selain persiapan materi ajar diperlukan juga persiapan metode mengajar
    c. Dalam pembelajaran B. Indonesia – Apresiasi sastra di fase A, anak-anak sudah pada fase memahami, baik itu unsur intrinsik maupun unsur ekstrinsik cerita
    d. Penggunakan Problem Base Learning dalam pembelajaran Apresiasi sastra dapat menjadikan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menghidupkan suasana belajar yang dinamis.

    Terima kasih

Leave a Reply