silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra anak dapat melakukan beberapa kegiatan, salah satunya     kegiatan apresiasi langsung

Kegiatan apresiasi langsung adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh nilai kenikmatan dan kekhidmatan dari karya sastra anak yang diapresiasikan.Kegiatan apresiasi langsung meliputi kegiatan seperti:

  • Membaca sastra anak.
  • Mendengar sastra anak ketika dibacakan atau dideklamasikan.
  • Menonton pertunjukan sastra anak dipentaskan

 

Salah satu manfaat dari pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar ini adalah memberi berbagai informasi tentang proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan.

Salah satu cara yang dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran apresiasi sastra adalah dengan metode  berkisah. Metode ini dapat diberikan oleh bapak atau ibu guru di  depan kelas dengan membawakan sebuah kisah. Secara lisan metode berkisah dapat disampaikan selama 15-25 menit untuk menarik perhatian siswa. Metode berkisah tidak sama dengan metode berceramah. Kisah tidak semata-mata disampaikan monoton dengan narasi, tetapi perlu selingan dialog dan humor dengan suara yang berubah-ubah.

Sedangkan Pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar dapat dimulai dari kegiatan pra-KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) hingga KBM di kelas. Kegiatan pra-KBM dapat dilakukan dengan memberi salinan atau kopi teks sastra, diberi tugas membaca, menghafalkan, meringkas atau mencatat dan menemukan arti kata-kata sukar yang terdapat dalam teks sastra. KBM di kelas dapat dilakukan dengan memberi tugas membaca sajak, membaca cerita, berdeklamasi atau mendongeng di depan kelas. Setelah itu baru diadakan tanya jawab, menuliskan pendapat, dan berdiskusi bersama merumuskan isi, tema, dan amanat.

Pembelajaran apresiasi sastra yang monoton terdakang membuat siswa menjadi takut untuk berkespresi. Maka diperlukan model pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik. Problem based learning dapat menjadi salah satu cara sebagai alternative pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Siswa akan berdialog dan praktik langsung untuk melakukan apresiasi sastra.

Selamat menyaksikan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

Similar Posts

246 Comments

  1. Nama : Novita Valefi
    Nim : 856957298

    Menurut saya dari vidio pembelajaran yang telah saya lihat tadi sudah sangat baik ,dari awal kegiatan pembelajaran sampai akhir pembelajaran guru dapat membuat suasana kelas menjadi aktif dan guru dalam menyampaikan materi sangat kreatif dan tidak membuat siswa menjadi bosan
    sekian pendapat dari saya ,terima kasih 🙂

  2. Nama:indah kasih crystine
    Gulo
    Nim:856033127
    Prodi:118/PGSD -s1

    Menurut pendapat saya tentang video yang telah saya tonton,guru telah melakukan tahap2 dalam melakukan pelajaran
    Dari awal,pertengahan hingga akhir pembelajaran guru memberi semangat kepada siswa dan siswa ikut serta aktif dalam proses pembelajaran
    Ada umpan balik sama2 aktif guru dan siswa
    Guru memberi kan waktu Kepada siswa untuk beragumen

    Demikian pendapat dari saya.
    Terima kasih

  3. Nama : Bayu Kusumo Dwi Laksono
    Nim : 858821818
    prodi : 118 PGSD-S1
    Menurut saya video ini sangat membantu dalam proses pembelajaran dan bagaimana tata cara menerangkan dan mengembangkan suatu pembelajaran. di video tersebut guru telah melakukan tahapan-tahapan pembelajaran dengan baik bahkan para siswa pun sangat semangat dalam menjalani pembelajaran, gurupun terasa seperti teman sendiri terbukti dari cara siswa bertanya dan guru pun menjelaskan begitu pula sebaliknya, intinya adalah guru melibatkan siswa untuk sama-sama aktif dalam proses kegiatan belajar mengajar.

    terimakasih, mungkin cuma itu yang dapat saya sampaikan dalam video pembelajaran tersebut 🙏

  4. NAMA = TUTUT WULANDARI
    NIM = 825557625
    PRODI = S1 PGSD

    Bismillah
    1.Bagaimana pendapat anda tentang video pembelajaran tersebut?
    jawab :
    Dalam video tersebut guru memulai pembelajaran dengan salam ,menanyakan kabar ,memberi spirit /motivasi dengan contoh tepuk anak hebat.dalam video tersebut sangat bagus dan sarat dalam pembelajaran
    guru menjelaskan banyak sekali sehingga peserta didik pun terlibat penuh di dalamnya dengan memberi contoh cerita kancil dan buaya ,kemudian guru menjelaskan kepada peserta didik untuk mencatat hasil dari pelajaran tersebut ,mengorganisasi siswa untuk belajar Siswa di suruh membuat nilai nilai yang terkandung dalam cerita tersebut dan yang terakhir siswa mempresentasikan hasilnya di depan kelas .

    2.Hal penting apa yang anda peroleh peroleh dari video tersebut
    Dari video tersebut kita dapat belajar hal apa yang kurang pada diri kita pada saat mengajar di kelas dan video tersebut bisa memotivasi kita untuk kedepannya bisa mengajar lebih baik dan profesional .

    3.Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video tersebut ?
    Dalam video tersebut banyak pelajaran yang kita dapat mulai dari awal pembelajaran sampai akhir bahwa seorang guru adalah motivator untuk siswanya..jika seorang guru itu bisa menyajikan materi dengan baik maka akan menghasilkan pemahaman dan kualitas yang baik untuk siswa.
    kebetulan video yang saya tonton tadi tentang pelajaran b.indonesia di SD dan seorang guru perlu memotivasi dirinya untuk bisa maju dan berkemban g jangan malu untuk belajar bila menemui kesulitan dalam hal pembelajaran kita bisa sharing dengan teman sejawat seperti mencari sumber belajar guru pintar online SD.

    Terimakasih

  5. Nama : Rumini
    Nim : 857160027

    1, Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?

    Menurut pendapat saya, setelah melihat tanyagan vidio diatas adalah :
    -Guru sudah mengajar sesuai dengan tujuan pembelajaran dengan pengelolaan kelas yang sangat baik..
    -Siswa dan guru dapat melakukan proses pembelajaran dengan tenang karena kelas kondusif, sehingga tercipta interaksi timbal balik yang baik antara guru dan siswa.
    -penyampaian materi sangat baik, siswa aktif dan semangat dalam tanya jawab, sehingga tujuan pe,belajaran tercapai

    2, Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?

    Hal positif yang dapat saya ambil adalah :
    -cara guru melakukan proses pembelajaran bisa saya jadikan contoh: misalnya dalam pengendalian jalannya pembelajaran, cara membuat siswa terlibat aktif dalam sesi tanya jawab dan membuat siswa semangat dari awal sampai akhir pembelajaran.
    -cara guru memotivasi siswa untuk semngat belajar, misalnya memberi pujian bagi siswa yang telh memberikan pendapatnya, atau menjawab setiap pertanyaan.

    3, Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?.

    Hal apa saja yang sudah sangat baik dalam vidio adalah :
    -Pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik.
    -Alternative pembelajaran apresiasi sastra dengan penerapan Problem based learning.
    -Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, berdialog dan praktik langsung untuk melakukan apresiasi.

  6. Nama : Ni Putu Anik Dyanawati
    NIM : 859038613
    UPBJJ : UT Denpasar
    Prodi : PGSD 118

    1. Menurut pendapat saya mengenai video di atas dimana video pembelajaran ini sangat menarik sehingga dapat membantu komunikasi guru dengan siswa dalam proses KBM, jadisiswa pun dapat memberikan umpan balik terhadap guru tersebut.

    2. Hal penting yang diperoleh dari video di atas dimana adanya pembukaan dengan melakukan Ice Breaking sebelum pembelajaran dimulai, sehingga dapat memberikan semnagat kepada anak-anak sebelum memulai pembelajaran. siswa pun juga terlihat memberikan umpan balik terhadap materi dan tugas yang diberikan oleh gurunya.

    3. Hal yang sudah baik dari video di atas adalah adanya kegiatan membuka kelas, uampan balik yang diberikan siswa dalam menghikuti KBM sangat antusiasme dengan penerapan metode PBL.

  7. Berkaitan vidio di atas terkait model pembelajaran berbasis masalah dalam materi pembelajaran bahasa Indonesia sangat membantu saya dalam pencarian ide mengenai judul tugas mata kuliah saya. Model PBL ternyata dapat di gunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
    Vidio ini memberikan banyak pengetahuan pada saya bagaimana cara menggunakan madel pembelajaran ini di dalam pembelajaran di kelas.

  8. Nama: Siti Vera
    NIM : 858103986

    Berdasarkan video tersebut menurut saya bahwa:
    1. Video pembelajaran dapat di jadikan sebagai bahan acuan untuk mengatasi masalah kesulitan siswa dalam memahami pembelajaran dengan
    2. Hal penting yang diperoleh dari video tersebut sadlaah pembelajaran yang diterapkan berorientasi pada siswa dengan memusatkan perhatian siswa dalam belajar dengan metode berkisah selama 15-25 menit yang diselingi dengan dialog dan humor dengan suara yang berubah-ubah sehingga pembelajaran tidak monoton
    3. Hal baik dari video pembelajaran tersebut adalah seorang guru membuka pembelajaran dengan ice breaking untuk memulihkan kembali konsentrasi siswa sehingga siswa tetap semangat dalam belajar. Selain itu, pembelajaran juga disampaikan dengan sangat sistematis sesuai rancangan pembelajaran sehingga KBM berjalan dengan lancar

  9. Menurut saya video diatas sangat mudah dipahami,karena dengan bahasa yang simple..
    Sehingga kegiatan pembelajaran yang diawali dengan pembukaan kelas yang ceria membuat anak2 menjadi semangat untuk mengikuti kegiatan ngajar mengajar kita..apalagi ditambah dg sapa2 pakai lagu2 yang menarik yang penuh makna..sehingga anak2 antusias untuk mengikut pelajaran selanjutnya..terima ksh

  10. 1.Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
    “Menurut saya video diatas sangat mudah dipahami,karena dengan bahasa yang simple”.
    2.Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    “Sehingga kegiatan pembelajaran yang diawali dengan pembukaan kelas yang ceria membuat anak2 menjadi semangat untuk mengikuti kegiatan ngajar mengajar kita..apalagi ditambah dg sapa2 pakai lagu2 yang menarik yang penuh makna..sehingga anak2 antusias untuk mengikut pelajaran selanjutnya”.
    3.Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    “Pembelajaran yang muda dipahami,implementasi yang gampang,video yang simple dan mempunyai visual yang baik”.

Leave a Reply