silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra anak dapat melakukan beberapa kegiatan, salah satunya kegiatan apresiasi langsung
Kegiatan apresiasi langsung adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh nilai kenikmatan dan kekhidmatan dari karya sastra anak yang diapresiasikan.Kegiatan apresiasi langsung meliputi kegiatan seperti:
- Membaca sastra anak.
- Mendengar sastra anak ketika dibacakan atau dideklamasikan.
- Menonton pertunjukan sastra anak dipentaskan
Salah satu manfaat dari pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar ini adalah memberi berbagai informasi tentang proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan.
Salah satu cara yang dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran apresiasi sastra adalah dengan metode berkisah. Metode ini dapat diberikan oleh bapak atau ibu guru di depan kelas dengan membawakan sebuah kisah. Secara lisan metode berkisah dapat disampaikan selama 15-25 menit untuk menarik perhatian siswa. Metode berkisah tidak sama dengan metode berceramah. Kisah tidak semata-mata disampaikan monoton dengan narasi, tetapi perlu selingan dialog dan humor dengan suara yang berubah-ubah.
Sedangkan Pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar dapat dimulai dari kegiatan pra-KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) hingga KBM di kelas. Kegiatan pra-KBM dapat dilakukan dengan memberi salinan atau kopi teks sastra, diberi tugas membaca, menghafalkan, meringkas atau mencatat dan menemukan arti kata-kata sukar yang terdapat dalam teks sastra. KBM di kelas dapat dilakukan dengan memberi tugas membaca sajak, membaca cerita, berdeklamasi atau mendongeng di depan kelas. Setelah itu baru diadakan tanya jawab, menuliskan pendapat, dan berdiskusi bersama merumuskan isi, tema, dan amanat.
Pembelajaran apresiasi sastra yang monoton terdakang membuat siswa menjadi takut untuk berkespresi. Maka diperlukan model pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik. Problem based learning dapat menjadi salah satu cara sebagai alternative pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Siswa akan berdialog dan praktik langsung untuk melakukan apresiasi sastra.
Selamat menyaksikan.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Nama : Handika tri putra
Nim : 856838128
Pokjar: CURUP
1.vidio diatas menunjukkan bahwa guru sudah mengajar dengan tujuan pembelajaran yang sudah tepat dan dengan pengolaan kelas yang sngat baik,serta bahasa dalam video tersebut sangat mudah dipahami
2.pada awal pembelajaran guru mengajak siswa untuk ice breaking sehingga siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar.
3.hal yang sangat baik dalam video tersebut adalah siswa sangat antusias dalam KBM serta guru nya sangat cerdas dalam membangkitkan semangat siswa untuk belajar.
Kiki rosanti-858435015 Upbjj kutai barat/samarinda (PGSD)
Vidio ini sangat membantu saya dalam mengembangkan pengetahuan untuk menghadapi siswa dari awal hingga akhir. Ternyata metode membacakan cerita ini efektif juga dalam membuat siswa aktif dan penilaian juga mudah untuk diberikan. Evalusinya cukup baik dan mudah untuk dipraktikan kepada kelas yg sekarang saya walikan. Saya akan mencoba metode ini.
Terima kasih atas ilmunya.
vidio diatas sangat membantu, memberikan tahapan tahapan dalam memberikan pelajaran terhadap siswa dengan menggunakan bahan ajar “dongeng” sebagai analisis siswa terhadap pembelajaran. memberikan arahan kepada saya agar dapat mencontohkan cara mengajar kepada siswa. terima kasih atas manfaat yang sudah diberikan.
maaf saya lupa memberikan keterang identitas pada komentar diskusi diatas.
Nama :Jaini
NIM : 858435617
Upbjj : 50 / Samarinda
Pokjar Kutai Barat.
B.S : 118/S1 PGSD
No. Hp. 082121267637
vidio diatas sangat membantu, memberikan tahapan tahapan dalam memberikan pelajaran terhadap siswa dengan menggunakan bahan ajar “dongeng” sebagai analisis siswa terhadap pembelajaran. memberikan arahan kepada saya agar dapat mencontohkan cara mengajar kepada siswa. terima kasih atas manfaat yang sudah diberikan. Dongeng kancil memang selalu jadi dambaan siswa.
Menurut pendapat saya video sangatlah bermanfaat bagi pendidik /guru serta peserta didik, dalam video tersebut terdapat cara bagaimana kita bisa membangun komunikasi yang baik antara peserta didik dan guru selaku pendidik. dari video diatas mengajarkan cara intreaksi agar seorang siswa dapat memahami apa yang di jelaskan atau yang disampaikan.mengenai video pembelajaran berbasis proyek adalah salah satu bentuk proses pembelajaran agar siswa bisa aktif dan berintreaksi.guru sangat interaktif dan intuitif dalam memberikan pembelajaran dan siswa sangat antusias. kita dapat melihat dalam video ini siswa lebih tertarik dan guru memberikan salah satu contoh tentang sesuatu pengetahuansiswa misalnya komponen antibioti dan biotik disini juga guru menyinggung interaksi manusia dengan lingkungan sekitarnya. disini juga dijelaskan dimana cara guru mengapresiasikan agar peserta didik peka terhadap permsalahan yang ada dan dapat mengatasi dari masalah tersebut.
2.Dengan adanya video diatas mempermudahkan dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam memanfaatkan brang sedehana yang ada di lingkungan sekitar sehingga membuat siswa kreatif dan inovatif dapat mengasilkan proyek yang bagus, dan bermanfaat serta mengajarkan agar bagaimana siswa tidak bosan di dalam kelas serta memotivasi dan menarik perhatian siswa.
3. ya, hal yang sangat baik ketika dalam sistem pembelajaran dalam video ini yaitu adanya umpan balik dalam video ini adalah kegiatan membuka pembelajaran, kegiatan inti, penutup penggunaan media siswa aktif mengikuti pembelajaran serta kreatifitas pesesrta didik.
nama : Nurul Istiqomah
Nim : 858878815
menurut saya pembelajaran sastra dalam video ini cukup menarik karena siswa di ajak untuk ikut serta dalam membaca kan kembali cerita sebelumnya guna untuk lebih menjelaskan / mengingatkan pada siswa cerita yang di bacakan oleh guru, sehingga siswa mampu untuk mengambil nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah cerita, baik nilai buruk / minus maupun nilai baik yang dapat di tiru oleh siswa. siswa juga di beri reward akan jawaban tugas mereka terkait nilia baik yang mereka paparkan dari cerita yang di ceritakan oleh guru mereka
Nama : Yuli Rismawati
Nim : 856078389
UPBJJ : Batam
– menurut saya isi dari vidio sangat membantu sekali bagi guru – guru pemula ataupun yang sudah lama , kita bisa menambah wawasan yang baru , mungkin selama ini yang belum kita terapkan disekolah kita khususnya kelas kita .
dari awal pembukaan , inti dan penutup . namun saya akan memberi masukan sedikit alangkah baiknya sebelum kita masuk dalam evaluasi pembelajaran kemarin , alangkah baiknya bapak / ibu guru mengabsen anak didiknya .
dalam penjelaskan yang diberikan guru tersebut sangat lengkat , baik penguatan kepada anak – anak , memberi penghargaan- penghargaan kecil dan menjelaskan dengan suatu topik sederhana , sehingga anak – anak mudah untuk memahaminya .
Nama : diah permata sari
NIM : 858175607
UPBJJ : Surabaya
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
Menurut saya, video pembelajaran apresiasi satra anak menjadi solusi bagi guru yang memiliki masalah mengenai kebosanan siswa di kelas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
Pertama, hal pentingnya adalah menemukan solusi dari pemsalahan di kelas.
Kedua, dari video ini saya menyadari bahwa penting bagi guru untuk mengetahui sintaks di dalam pembelajaran yang di gunakan. Ketika guru sudah menguasai dan memahami sintaks maka tujuan pembelajaran akan tercapai.
3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Pertama, dari kemampuan guru mengajar sudah sangat baik seperti penjelasan dan juga interaksi dengan siswa,
Kedua, siswa yang bersemangat mengikuti intruski dari guru.
Nama: Laila Fitriyana
NIM: 858526939
Pokjar: UT Dukuhseti Pati
Menurut saya berdasarkan video pembelajaran diatas video tersebut sangat membantu sekali bagi para pendidik, baik itu pendidik yang sudah lama mengajar ataupun baru dalam mengajar. Pendidik dalam video tersebut menjelaskan pembelajaran dengan suara yang lantang, dan penjelasan yang sangat mudah dipahami. Bahasa yang digunakan pak arif dalam berkomunikasi dengan peserta didik sangat interaktif dan pembelajaran sangat menyenangkan dibuktikan dengan tepuk anak hebat pada awal pembelajaran. Hal penting yang didapat dari video pembelajaran diatas
Pertama, hal pentingnya adalah menemukan solusi dari permasalahan di kelas.
Kedua, dari video pembelajaran ini saya menyadari bahwa penting bagi pendidik untuk mengetahui sintaks di dalam pembelajaran yang di gunakan. Ketika pendidik sudah menguasai dan memahami sintaks maka tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik.
Hal yang sudah baik dalam video ini adalah:
Pertama, dari kemampuan guru mengajar sudah sangat baik seperti penjelasan dan juga interaksi dengan siswa,
Kedua, siswa yang bersemangat mengikuti intruksi dari guru.
Ketiga, pada awal pembelajaran pak arif melakukan tepuk anak hebat sebagai awal dalam pembelajaran agar siswa semangat
Keempat, pak arif sangat interaktif sekali dengan siswa sehingga siswa menjadi paham dan tidak malu bertanya tentang kesulitannya dalam pembelajaran.
Nama : Hendra putra Gunawan Hulu
Nim : 855855311
Pokjar : Idanogawo
Prodi : PGSD
Berdasarkan vidio yang saya amati tentang pembelajaran apresiasi anak pada materi sastra di Sd Dengan mengggunakan model PBL (problem blessing learning)
1. Reaksi siswa terhadap tentang pembelajaran guru dalam vidio itu siswa ditempatkan dalam bentuk kelompok namun dalam kelompok sebagian keihatan siswa kurang aktif dalam kelompok pembelajaran
2. Secara keseluruhan kelemahan guru guru kurang mengasai kelas baik aktivitas siswa dalam kelompok maupun secara individual, guru kurang kurang mengusau model pembelajran yang digunakan, siswa juga belum tentu siap untuk bekerja kelompok
3. Secara keseluruhan kelebihan guru adalah guru dan siwa dapat bekerja sama sehingga saling berinterasi satu sama lain, krn metodo kooperatif maka siswa dapat bekerja secara aktif dalam pembelajaran, guru menguasai materi yang diajarkan
4. Hal unik yang saya dapatkam dalam vidioa ditas adalah ketika guru memulai pelajaran salah satu siswa di ajak kedpan utk memandu teman temannya utk bernyanyi, hal unik lain adalan guru menggunakan model promblem blessing learning (PBL) siswa berja secara berkelompok
5. Upaya yang kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa adalah menerapatkan model pemeblajaran kooperatif learning metode penelitian tindakan kelas sehingga siwa bekerja secara kelompok dan interaksi antar siswa aktif