silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra anak dapat melakukan beberapa kegiatan, salah satunya kegiatan apresiasi langsung
Kegiatan apresiasi langsung adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh nilai kenikmatan dan kekhidmatan dari karya sastra anak yang diapresiasikan.Kegiatan apresiasi langsung meliputi kegiatan seperti:
- Membaca sastra anak.
- Mendengar sastra anak ketika dibacakan atau dideklamasikan.
- Menonton pertunjukan sastra anak dipentaskan
Salah satu manfaat dari pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar ini adalah memberi berbagai informasi tentang proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan.
Salah satu cara yang dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran apresiasi sastra adalah dengan metode berkisah. Metode ini dapat diberikan oleh bapak atau ibu guru di depan kelas dengan membawakan sebuah kisah. Secara lisan metode berkisah dapat disampaikan selama 15-25 menit untuk menarik perhatian siswa. Metode berkisah tidak sama dengan metode berceramah. Kisah tidak semata-mata disampaikan monoton dengan narasi, tetapi perlu selingan dialog dan humor dengan suara yang berubah-ubah.
Sedangkan Pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar dapat dimulai dari kegiatan pra-KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) hingga KBM di kelas. Kegiatan pra-KBM dapat dilakukan dengan memberi salinan atau kopi teks sastra, diberi tugas membaca, menghafalkan, meringkas atau mencatat dan menemukan arti kata-kata sukar yang terdapat dalam teks sastra. KBM di kelas dapat dilakukan dengan memberi tugas membaca sajak, membaca cerita, berdeklamasi atau mendongeng di depan kelas. Setelah itu baru diadakan tanya jawab, menuliskan pendapat, dan berdiskusi bersama merumuskan isi, tema, dan amanat.
Pembelajaran apresiasi sastra yang monoton terdakang membuat siswa menjadi takut untuk berkespresi. Maka diperlukan model pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik. Problem based learning dapat menjadi salah satu cara sebagai alternative pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Siswa akan berdialog dan praktik langsung untuk melakukan apresiasi sastra.
Selamat menyaksikan.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Nama : ULFA FAJARIAH
NIM :855736212
POKJAR : UT KOTA AGUNG
1. Menurut pendapat saya video diatas sangatlah bermanfaat bagi pendidik /guru serta peserta didik, dalam video tersebut terdapat cara bagaimana kita bisa membangun komunikasi yang baik antara peserta didik dan guru selaku pendidik. dari video diatas mengajarkan cara intreaksi agar seorang siswa dapat memahami apa yang di jelaskan atau yang disampaikan.mengenai video pembelajaran berbasis proyek adalah salah satu bentuk proses pembelajaran agar siswa bisa aktif dan berintreaksi. Guru sangat interaktif dan intuitif dalam memberikan pembelajaran dan siswa sangat antusias. Kita dapat melihat dalam video diatas siswa lebih tertarik dan guru memberikan salah satu contoh tentang sesuatu pengetahuan siswa misalnya komponen antibioti dan biotik disini juga guru menyinggung interaksi manusia dengan lingkungan sekitarnya. Disini juga dijelaskan dimana cara guru mengapresiasikan agar peserta didik peka terhadap permasalahan yang ada dan dapat mengatasi dari masalah tersebut.
2.Dengan adanya video diatas mempermudahkan dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam memanfaatkan barang sederhana yang ada di lingkungan sekitar sehingga membuat siswa kreatif dan inovatif dapat menghasilkan proyek yang bagus, dan bermanfaat serta mengajarkan agar bagaimana siswa tidak bosan di dalam kelas serta memotivasi dan menarik perhatian siswa.
3. ya ada hal yang sangat baik ketika dalam sistem pembelajaran dalam video ini yaitu adanya umpan balik dalam video ini adalah kegiatan membuka pembelajaran, kegiatan inti, penutup penggunaan media siswa aktif mengikuti pembelajaran serta kreativitas peserta didik.
Assalammualaikum
Nama : Nirma Fatmala Sandy
NIM : 877966169
Prodi : PGSD
Pokjar : Amanah Blitar
UPBJJ : Malang
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
Menurut saya video pembelajarannya sangat menarik bagi anak anak dan dapat membentuk karakter anak.
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
Menurut saya dari video tersebut kita memperoleh metode pembelajaran dimana dengan metode tersebut mengkaitkan cerita kehidupan sehari-hari dengan karakter seorang anak.
3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Hal yang sudah baik yaitu anak-anak bisa mengambil segi positifnya dari alur cerita dengan sikap yang seharusnya dilakukan dalam kehidupan sehari hari. misal menjadi anak harus bersyukur, harus sayang kepada orangtua.
Nama : Intan ayu kurnia
Nim. : 857004926
Semester. : 6
Kelas : 6 c
Pokjar. : sidomulyo
UPBJJ. :Bandar lampung
1.menurut pendapat saya video di atas sangatlah menarik peseta didik untuk membentuk karakter masing masing anak.
2.video diatas menerapkan pembeljaran memanfaatkan barang sederhana yang ada disekitar lingkungan akan menjadikan anak menjadi kreatif.
3.banyak hal positif nya dalam mengajarkan anak anak untuk kehidupan sehari hari.
Nama :Dinda syahputri
NIM :855864858
POKJAR: sei balai
UPJBB: Medan
1.video pembelajaran diatas sangat menarik memberikan pengetahuan cara pemngembangan karakter anak ,dan pentingnya pengembangan karakter bagi anak sebagai penunjang pembelajaran.
2.dalam kaitan diatas banyak hal penting yang di dapat kan seperti betapa penting nya kehidupan sehari mempengaruhi sifat dan perilaku anak dalam membentuk karakter ,pentingnya bimbingan dan perhatian khusus dalam pengembangan karakter
3.Hal baik yang di dapatkan ialah tata cara proses pembelajaran yang tersusun seperti berdoa sebelum memulai pelajaran ,aktif di kelas serta kegiatan yang mendukung pembelajaran atau daya tarik siswa dengan demikian menjadi poros penunjang pembelajaran.
Nama : Shinta Puspa Nirwana
NIM : 857384708
UPBJJ : Bogor
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai video pembelajaran ini?
Menurut saya video saya sudah sangatlah bermanfaat karena bagi seorang pendidik dapat menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa. Selain itu, dari pembelajaran sastra siswa diharapkan dapat menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
2. Hal Penting apa yang anda peroleh dari video pembelajaran ini?
Materi sastra sangat penting untuk disampaikan di sekolah, karena dalam sastra terdapat nilai-nilai kehidupan yang tidak diberikan secara perskriptif –harus begini, jangan begitu-, pembaca diberikan kebebasan mengambil manfaat dari dari sudut pandangnya sendiri. Melalui karya sastra juga siswa ditempatkan sebagai pusat dalam latar pendidikan bahasa, eksplorasi sastra, dan perkembangan pengalaman personal. Keakraban dengan karya sastra akan memperkaya perbendaharaan kata dan penguasaan ragam-ragam bahasa, yang mendukung kemampuan memaknai sesuatu secara kritis dan kemampuan memproduksi narasi.
3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Hal ini sudah sangat baik karena manfaat pendidikan sastra melalui proses pembelajaran yang diberikan dapat membantu pendidikan secara utuh bagi siswa yaitu: (1) membantu keterampilan berbahasa, (2) meningkatkan pengetahuan budaya. (3) mengembangkan cipta dan rasa, dan (4) menunjang pembentukan watak.
Nama : Yeni Kristiani Zega
Nim : 855852918
Pokjar : Idanogawo
Upbjj : Medan
1.Pendapat saya mengenai pembelajaran video yang sudah saya tonton yaitu. Pentingnya intonasi dan semangat guru dalam memaparkan materi kepada siswa-siswi sehingga anak-anak antusias menerima materi yang disampaikan oleh guru.
2. Hal penting yang saya peroleh dari video yang sudah saya tonton yaitu pentingnya komunikasi tanya jawab kepada siswa-siswi sehingga apa yang sudah mereka terima dapat mereka ceritakan kembali dengan benar.
3. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini siswa-siswi menerima pembelajaran dengan baik.
Assalamu’alaikum
Nama: Farida Hidayati
NIM: 858566656
Prodi: PGSD
Pokjar: Purwodadi Pasuruan
UPBJJ: UT Malang
1. Pendapat saya tentang video tersebut sangat menginspirasi bagi kami yang ingin belajar menjadi guru yang mengerti kebutuhan pembelajaran siswa.
2. Hal penting yang saya pelajari dari video tersebut adalah bagaimana seorang guru dapat berinteraksi dengan sangat baik dengan siswa sehingga siswa tidak menjadi bosan untuk belajar dengan menggunakan bahan yang sederhana yaitu kertas origami berwarna warni guru menciptakan suasana belajar yang berbeda, menarik dan menyenangkan.
3. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini yaitu cara guru menyapa siswa dengan salam, bahasa yang digunakan serta intonasi yang baik, jelas, dan tidak tergesa-gesa, penggunaan bahan pembelajaran yang mudah didapat, serta penjelasan guru interaktif dengan siswa.
Assalamu’alaikum
Nama: Farida Hidayati
NIM: 858566656
Prodi: PGSD
Pokjar: Purwodadi Pasuruan
UPBJJ: UT Malang
1. Pendapat saya tentang video tersebut sangat menginspirasi bagi kami yang ingin belajar menjadi guru yang mengerti kebutuhan pembelajaran siswa.
2. Hal penting yang saya pelajari dari video tersebut adalah bagaimana seorang guru dapat berinteraksi dengan sangat baik dengan siswa sehingga siswa tidak menjadi bosan untuk belajar dengan menggunakan bahan yang sederhana yaitu kertas origami berwarna warni guru menciptakan suasana belajar yang berbeda, menarik dan menyenangkan.
3. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini yaitu cara guru menyapa siswa dengan salam, bahasa yang digunakan serta intonasi yang baik, jelas, dan tidak tergesa-gesa, penggunaan bahan pembelajaran yang mudah didapat, serta penjelasan guru interaktif dengan siswa.
Nama : Sri lestari
NIM : 855748557
POKJAR : Sidomulyo
Upbjj :bandar Lampung
1. Menurut saya video diatas sangatlah bermanfaat bagi guru dan peserta didik, dalam video diatas mengajarkan cara intreaksi agar seorang siswa dapat memahami apa yang di jelaskan atau yang disampaikan olah guru .
guru sangat interaktif dan intuitif dalam memberikan pembelajaran dan siswa sangat antusias
Dan siswa pun menjadi lebih aktif dan berani mengemukakan pendapat nya ketika dia kurang memahami pelajaran
2. Menurut saya hal penting yang saya dapatkan yaitu metode pembelajaran yang di terapkan dan motivasi siswa untuk menyampaikan maksud dari nilai nilai yang dia pilih dan interaksi serta apresia guru terhadap pendapat siswa sehingga siswa menjadi semangat dalam belajar.
3. Hal baik dari video ini yaitu sistem pembelajaran yang terarah dari awal pembukaan, pelajaran inti sampai penutup yang mana tardapa motivasi keberanian menyampaikan pendapat oleh siswa dan siswa yang kreatif serta aktif mengikuti pelajaran.
Nama: Vriska LidiaWati
NIM: 858065919
Semester: 6
Kelas: A
Prodi: PGSD – S1
Pokjar: Sintang
UPBJJ: Pontianak
Reaksi siswa: Siswa bersemangat mengikuti pembelajaran karena guru mengawali kelas dengan mengucapkan salam, bertanya tentang kabar anak-anak dan memberikan instruksi tepuk anak hebat.
Kelemahan guru: Guru tidak mengawali Pembelajaran dengan berdoa sebelum belajar.
Kelebihan guru: ketika dalam sistem pembelajaran adanya umpan balik dalam kegiatan membuka pelajaran, kegiatan inti, dan penutup penggunaan media siswa aktif mengikuti pembelajaran serta kreativitas peserta didik.