silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra anak dapat melakukan beberapa kegiatan, salah satunya     kegiatan apresiasi langsung

Kegiatan apresiasi langsung adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh nilai kenikmatan dan kekhidmatan dari karya sastra anak yang diapresiasikan.Kegiatan apresiasi langsung meliputi kegiatan seperti:

  • Membaca sastra anak.
  • Mendengar sastra anak ketika dibacakan atau dideklamasikan.
  • Menonton pertunjukan sastra anak dipentaskan

 

Salah satu manfaat dari pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar ini adalah memberi berbagai informasi tentang proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan.

Salah satu cara yang dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran apresiasi sastra adalah dengan metode  berkisah. Metode ini dapat diberikan oleh bapak atau ibu guru di  depan kelas dengan membawakan sebuah kisah. Secara lisan metode berkisah dapat disampaikan selama 15-25 menit untuk menarik perhatian siswa. Metode berkisah tidak sama dengan metode berceramah. Kisah tidak semata-mata disampaikan monoton dengan narasi, tetapi perlu selingan dialog dan humor dengan suara yang berubah-ubah.

Sedangkan Pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar dapat dimulai dari kegiatan pra-KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) hingga KBM di kelas. Kegiatan pra-KBM dapat dilakukan dengan memberi salinan atau kopi teks sastra, diberi tugas membaca, menghafalkan, meringkas atau mencatat dan menemukan arti kata-kata sukar yang terdapat dalam teks sastra. KBM di kelas dapat dilakukan dengan memberi tugas membaca sajak, membaca cerita, berdeklamasi atau mendongeng di depan kelas. Setelah itu baru diadakan tanya jawab, menuliskan pendapat, dan berdiskusi bersama merumuskan isi, tema, dan amanat.

Pembelajaran apresiasi sastra yang monoton terdakang membuat siswa menjadi takut untuk berkespresi. Maka diperlukan model pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik. Problem based learning dapat menjadi salah satu cara sebagai alternative pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Siswa akan berdialog dan praktik langsung untuk melakukan apresiasi sastra.

Selamat menyaksikan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

Similar Posts

284 Comments

  1. vidieonya sangat menginspirasi utuk pengembangan KBM
    hal penting yang saya perhatikan , adanya komunikasi yang baik antara guru dan siswa , jadi sisw dapat mengeluarkan ide atau gagasannya dengan berani .
    sikap guru yang saat menguasai kelas
    peingkatan rasa percaya diri siswa ,dengan penghargaan pada siswa yang bisa menjawab benar atau yang mejawab kurang tepat.
    pembimbingan guru ,sehingga siswa dapat mempresentasikan hasil analisa dari masalah yang di tanyakan pak gurunya.

  2. Nama : Nur fadila
    Nim : 858906899
    Program : 119/PGSD-S1
    1. Menurut saya, pembelajaran tersebut sudah sangat baik dan sangat cocok diterapkan di kelas tinggi karna pemahaman di kelas tinggi sudah matang terutama kelas 5&6.
    2. Hal penting yabg saya dapat dari video tersebut saya jadi tau cara menerapkan pembelajaran Apresiasi sastra anak (puisi,cerita,dan drama) dalam uoaya penguatan pendidikan karakter
    3. -Guru memberikan semangat belajar
    – Interaksi guru dan siswa sangat baik

  3. Assalamualaikum..
    Bu Dosen yang terhormat…
    Rekan mahasiswa yang berbahagia…
    Tanggapan saya tentang video :
    1. Sangat bermanfaat bagi saya dengan kegiatan pendahuluan yang sempurna dengan melengkapi semua aspek dalam kegiatan awal seperti : doa pembuka, menanyakan kesiapan siswa dalam belajar. Appersepsi. Dll.
    2. Dengan diadakan nya soal pemicu siswa untuk berpikir dengan cepat dengan dihadirkan guru pertanyaan-pertanyaan yang sederhana. Dan memicu semangat siswa untuk aktif dalam pembelajaran..

  4. Nama : irmajani
    Nim :859886592
    Program : 119 / PGSD S1
    MK : pemantapan kemampuan profesional guru
    Menurut saya setelah melihat Vidio pembelajaran model problem e-learning (PBL) dan project based (PJBL) berjudul pembelajaran apresiasi sastra anak (puisi / cerita/drama) dalam upaya penguatan pendidikan karakter
    *Pembelajaran tersebut sudah sangat baik dan cocok untuk diterapkan dikelas tinggi yg sudah matang dalam proses belajarnya
    Hal yang paling penting yg saya perhatikan , adanya komunikasi yang baik antara guru dan siswa ,jadi siswa dapat mengeluarkan ide atau gagasannya dengan berani sikap guru yang menguasai kelas
    *Sehingga siswa dapat mempresentasikan hasil analisa dari masalah yang ditanyakan oleh gurunya . Terimakasih

  5. Nama : irmajani
    Nim :859886592
    Program : 119 / PGSD S1
    MK : pemantapan kemampuan profesional guru
    Menurut saya setelah melihat Vidio pembelajaran model problem e-learning (PBL) dan project based (PJBL) berjudul pembelajaran apresiasi sastra anak (puisi / cerita/drama) dalam upaya penguatan pendidikan karakter
    *Pembelajaran tersebut sudah sangat baik dan cocok untuk diterapkan dikelas tinggi yg sudah matang dalam proses belajarnya
    Hal yang paling penting yg saya perhatikan , adanya komunikasi yang baik antara guru dan siswa ,jadi siswa dapat mengeluarkan ide atau gagasannya dengan berani sikap guru yang menguasai kelas
    *Sehingga siswa dapat mempresentasikan hasil analisa dari masalah yang ditanyakan oleh gurunya . Terimakasih

  6. Nama :Irmajani
    Nim : 859886592
    Program :119 / PGSD S1
    MK : pemantapan kemampuan profesional guru

    Menurut saya setelah melihat Vidio pembelajaran model pembelajaran e learning (PBL) Dan project based (PJBL). Berjudul pembelajaran apresiasi sastra anak (puisi/cerita/drama dalam upaya penguatan pendidikan karakter pembelajaran tersebut sudah sangat baik dan cocok untuk diterapkan dikelas tinggi yang sudah matang dalam proses belajarnya hal yang paling penting yang saya perhatikan , adanya komunikasi yang baik antara guru dan siswa jadi siswa dapat mengeluarkan ide atau gagasan dengan berani dan guru tidak lupa pula memberikan reward kepada siswanya

  7. Nama : ATIKAH RUSYDINA
    NIM : 857758363
    Prodi : 119/PGSD S1

    1. Menurut saya, video pembelajaran ini sangat membantu dan menambah wawasan kami sebagai pengajar dalam menerapkan metode yang menarik dan menyenangkan bagi siswa dalam KBM.
    2. Hal penting yang saya peroleh dari video ini adalah bagaimana langkah- langkah guru sebagai tutor/ pendamping siswa dalam menerapkan metode PBL ke dalam proses pembelajaran.
    3. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah antusiasme siswa dalam mengikuti jalannya KBM dengan penerapan metode PBl.

  8. Nama: arigentina
    Nim : 856077355
    Prodi : PGSD
    upbjj : Batam

    *Alham dulillah dengan pidio pembelajaran tersebut sangat menambah wawasan saya sebagai seorang mahasiswa dan guru.terimakasih

  9. Nama: Pace P. Balle
    Nim: 825704285
    Prodi: PGSD S1
    MK: Pemantapan Kemampuan Mwngajar

    Menurut pengamatan saya dari vidio model pembelajaran apresiasi sastra anak puisi/cerita/Drama dalam upaya pendidikan karakter pembelajaran tersebut sangat baik dan cocok apabila diterapkan di kelas tinggi
    1. Hal penting yang saya amati dari vidio ini adalah bagaimana guru dapat memotivasi untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa dalam KBM dengan metode pembelajaran yang diterapkan
    2. Hal baik yang saya amati dari vidio ini adalah siswa terlihat cukup antusias dalam KBM yang dilakukan oleh guru

  10. Nama: Pace P. Balle

    Nim: 825704285

    Prodi: PGSD S1
    MK: Pemantapan Kemampuan Mwngajar

    Menurut pengamatan saya dari vidio model pembelajaran apresiasi sastra anak puisi/cerita/Drama dalam upaya pendidikan karakter pembelajaran tersebut sangat baik dan cocok apabila diterapkan di kelas tinggi
    1. Hal penting yang saya amati dari vidio ini adalah bagaimana guru dapat memotivasi untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa dalam KBM dengan metode pembelajaran yang diterapkan
    2. Hal baik yang saya amati dari vidio ini adalah siswa terlihat cukup antusias dalam KBM yang dilakukan oleh guru

Leave a Reply