silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra anak dapat melakukan beberapa kegiatan, salah satunya     kegiatan apresiasi langsung

Kegiatan apresiasi langsung adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh nilai kenikmatan dan kekhidmatan dari karya sastra anak yang diapresiasikan.Kegiatan apresiasi langsung meliputi kegiatan seperti:

  • Membaca sastra anak.
  • Mendengar sastra anak ketika dibacakan atau dideklamasikan.
  • Menonton pertunjukan sastra anak dipentaskan

 

Salah satu manfaat dari pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar ini adalah memberi berbagai informasi tentang proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan.

Salah satu cara yang dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran apresiasi sastra adalah dengan metode  berkisah. Metode ini dapat diberikan oleh bapak atau ibu guru di  depan kelas dengan membawakan sebuah kisah. Secara lisan metode berkisah dapat disampaikan selama 15-25 menit untuk menarik perhatian siswa. Metode berkisah tidak sama dengan metode berceramah. Kisah tidak semata-mata disampaikan monoton dengan narasi, tetapi perlu selingan dialog dan humor dengan suara yang berubah-ubah.

Sedangkan Pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar dapat dimulai dari kegiatan pra-KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) hingga KBM di kelas. Kegiatan pra-KBM dapat dilakukan dengan memberi salinan atau kopi teks sastra, diberi tugas membaca, menghafalkan, meringkas atau mencatat dan menemukan arti kata-kata sukar yang terdapat dalam teks sastra. KBM di kelas dapat dilakukan dengan memberi tugas membaca sajak, membaca cerita, berdeklamasi atau mendongeng di depan kelas. Setelah itu baru diadakan tanya jawab, menuliskan pendapat, dan berdiskusi bersama merumuskan isi, tema, dan amanat.

Pembelajaran apresiasi sastra yang monoton terdakang membuat siswa menjadi takut untuk berkespresi. Maka diperlukan model pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik. Problem based learning dapat menjadi salah satu cara sebagai alternative pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Siswa akan berdialog dan praktik langsung untuk melakukan apresiasi sastra.

Selamat menyaksikan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?

Similar Posts

243 Comments

  1. Nama : tiara Septiani
    Nim : 856083398

    1. Menurut saya vidio di atas sangat bermanfaat Karna memberi pemaham tentang apresiasi sastra dan didalam vidio guru sangat komunikatif dan inovatif dalam menyampai kan pembelajaran

    2. Hal yg paling penting dalam vidio ini adalah siswa sangat bersemangat dalam mengikuti pelajaran dan berani mengeluarkan pendapat mereka masing-masing

    3. Pembelajaran dari awal hingga akhir sangat terarah Karne guru tersebut menerapkan pembelajaran sesuai dengan Rpp

  2. Nama : syahrudin
    Pokjar : gunung kencana

    Ijin berpendapat mengenai vidio di atas.
    Sangat baik dan tentunya sangat bermanfaat bagi guru dan peserta didik tentunya.
    Hal terpenting yang saya ambil yaitu sistem pemeliharaan nya yang terarah yang menerapkan RPP yang maksimal.dan poin besarnya yaitu dapat mengaktifkan siswa nya berkomunikasi dan antusias dalam belajar.
    Terimakasih

  3. Nama : Nurhajjiah Nasution
    Dari video diatas dapat saya ambil beberapa point yang sangat mengedukasi dalam hal pembelajaran yang interaktif dan kreatif, seperti :
    1. Guru menerangkan dengan cara cepat dan tepat pada inti namun menarik
    2. Guru mengajak siswa untuk berfikir kreatif dengan menjelaskan cerita di origami sebagai bahan media interaktifnya
    3. Guru mengajar sudah sesuai modul/RPP dimana terdapat pembuka, inti kegiatan dan penutup kegiatan pembelajaran.

  4. Nama : Intan Permata Jelita

    1. Pendapat saya mengenai pembelajaran diatas adalah sangat bermanfaat terkhusus untuk guru dalam hal mengajarkan cara agar siswa dan guru dapat berinteraksi dan siswa memberikan umpan balik terhadap materi yang sudah guru ajarkan, hal tersebut dapat membantu guru untuk mengetahui apakah siswa memahami materi yang sudah diberikan.

    2. Hal penting yang saya peroleh dari video diatas adalah pembelajaran yang inovatif dan guru yang semangat dalam menyampaikan materi pelajaran dapat membuat siswa semangat juga dan dapat menarik perhatian siswa sehingga siswa memperhatikan pelajaran yang di berikan oleh guru dan dapat memahami materi yang diberikan

    3. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah metode pembelajaran yang berupa diskusi memacu siswa dalam bekerjasama dan berinteraksi terhadap sesama teman dan mengemukakan pikiran dan pendapat nya di hadapan teman. Guru yang bersemangat interaktif dan inovatif memacu ketertarikan dan konsentrasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dikelas.

  5. Assalamu alaikum, selamat siang

    Nama : Nurhasana Haruni
    Nim : 857159047
    UPBJJ : Jakarta

    Pendapat tentang Video Pembelajaran:
    Video pembelajaran ini sangat efektif dalam menyampaikan konsep apresiasi sastra kepada anak-anak. Metode yang digunakan, seperti berkisah dan aktivitas interaktif, dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa.

    Hal Penting yang Diperoleh
    Salah satu hal penting adalah pentingnya melibatkan siswa secara aktif dalam proses apresiasi sastra. Kegiatan seperti membaca, mendengar, dan mendiskusikan karya sastra membantu siswa memahami dan menghargai nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

    Aspek yang Sudah Sangat Baik:
    Video ini berhasil menunjukkan metode yang beragam dalam mengajarkan apresiasi sastra, seperti penggunaan dialog dan humor dalam berkisah. Selain itu, pendekatan problem based learning yang diusulkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa, menjadikan pembelajaran lebih dinamis dan tidak monoton.

    Terima kasih

  6. Assalamu alaikum, selamat siang

    Nama : Nurhasana Haruni
    Nim : 857159047
    UPBJJ : Jakarta

    Pendapat tentang Video Pembelajaran:
    Video pembelajaran ini sangat efektif dalam menyampaikan konsep apresiasi sastra kepada anak-anak. Metode yang digunakan, seperti berkisah dan aktivitas interaktif, dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa.

    Hal Penting yang Diperoleh:
    Salah satu hal penting adalah pentingnya melibatkan siswa secara aktif dalam proses apresiasi sastra. Kegiatan seperti membaca, mendengar, dan mendiskusikan karya sastra membantu siswa memahami dan menghargai nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

    Aspek yang Sudah Sangat Baik:
    Video ini berhasil menunjukkan metode yang beragam dalam mengajarkan apresiasi sastra, seperti penggunaan dialog dan humor dalam berkisah. Selain itu, pendekatan problem based learning yang diusulkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa, menjadikan pembelajaran lebih dinamis dan tidak monoton.

    Terima kasih

  7. Nama : Siti Jaenab
    NIM : 857258151
    UPBBJ : Serang
    1. Reaksi siswa terhadap tentang pembelajaran guru dalam video itu siswa ditempatkan dalam bentuk kelompok namun dalam kelompok sebagian kel
    ihatan siswa kurang aktif dalam kelompok pembelajaran

    2.Secara keseluruhan kelemahan guru tidak ada pengecekan siswa saat kelas dimulai, tidak berdoa sebelum pembelajaran,penguatan materi pembelajaran di akhir pembelajaran tidak disampaikan, serta tidak ada kegiatan penutup.

    3.. Secara keseluruhan kelebihan adalah guru membuka kegiatan pembelajaran dengan baik. Respon peserta didik dapat dilihat sangatlah antusias saat memulai pembelajaran. Guru tersebut menguasi dalam penyampaian materi, pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran yang tepat sehingga siswa kelasnya aktif, pengelolaan kelas yang baik, serta komunikasi dan pendekatan terhadap siswa. Membuka pembelajaran dengan apersepsi adalah hal yang baik karena siswa akan mengingat tentang materi sebelumnya dan dapat mengkaitkannya dengan materi yang akan dipelajari

    4. Hal unik yang saya dapatkan dalam video ditas adalah ketika guru memulai pelajaran salah satu siswa mengajak ice breaking agar para siswa bersemangat sebelum pembelajaran inti dimulai

    5.Upaya yang kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa adalah menerapatkan model pemeblajaran kooperatif learning metode penelitian tindakan kelas sehingga siwa bekerja secara kelompok dan interaksi antar siswa aktif

  8. Nama : Deswita Rahmadina Rasyid
    Nim : 857120087.
    Pendapat saya tentang Video Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak:

    1. Video ini sangat bermanfaat karena menggabungkan seni dengan pendidikan karakter. Melalui puisi, cerita, dan drama, anak-anak dapat belajar nilai-nilai seperti empati, keberanian, dan kejujuran dalam cara yang menyenangkan dan interaktif.
    2. Hal Penting yang Diperoleh dari Video :
    Video ini menekankan pentingnya penghayatan sastra dalam membentuk karakter anak. Melalui apresiasi sastra, anak-anak diajak untuk memahami dan merasakan berbagai pengalaman emosional, yang dapat membantu mereka mengembangkan empati dan rasa hormat terhadap orang lain.
    3. Hal yang Sudah Sangat Baik dalam Video :
    Penyampaian yang menarik dan kreatif, serta penggunaan berbagai bentuk sastra untuk mengekspresikan nilai-nilai karakter. Selain itu, contoh-contoh nyata tentang bagaimana sastra dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari membantu memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran juga menjadi poin positif yang menunjukkan bahwa mereka aktif berpartisipasi.

  9. Nama : Rizky Fitriani
    NIM : 857256086
    PRODI : PGSD

    1. Reaksi anak2 sangat antusias, dengan kisah fiksi yang disampaikan guru, karna di dalam sebuah cerita terhadap pesan pesan atau motivasi yang bisa diteladi

    2. Bagi siswa yang memiliki kecerdasan visual mungkin akan kurang tertarik dengan metode pembelajaran ini. Karna tidak adanya media yang digunakan

    3. Kelebihan divideo ini, siswa dapat meneladani nilai nilai yang terkandung dalam cerita. Dan mempraktikkan nya dikehidupan sehari-hari
    4. Hal unik yang terdapat dalam video ini, siswa dapat menganalisis sebuah masalah dalam sebuah cerita
    5. Upaya unik yang bisa dilaksanakan siswa bisa mempraktikkan langsung adegan adengam yang ada dicerita.

  10. Nama : Siti Anismah Harahap
    Nim. : 878248957
    Prodi : PGSD
    Assalammualaikum wr.wb izin memberi komentar Bapak/Ibu:
    1. Pendapat saya mengenai video
    tersebut begitu sangat bagus,
    karena guru tersebut mengajarkan
    kepada anak didiknya untuk saling
    berinteraksi dan berani
    mengungkapkan pendapat
    mereka masing². Sehingga anak
    didik dapat memahami dan mau
    mendengarkan cerita dari guru
    tersebut.
    2. Hal pentingnya yaitu guru dapat
    mengajarkan anak² untuk
    membuat penilaian baik dan
    buruknya terhadap cerita tersebut,
    agar kelak anak didiknya bisa
    berprilaku yang lebih baik terhadap
    orang tua, guru serta teman
    ataupun orang disekitarnya serta
    tidak mudah percaya terhadap
    sesuatu yang Belum pasti
    kebenarannya.
    3. Hal yang sudah baik dalam video
    ini yaitu Cara guru menyampaikan
    materi kepada anak didiknya yang
    sangat begitu sabar, sehingga
    terjadi interaksi antara guru dan
    anak didik sampai terjadinya
    tanya jawab antara guru dan anak
    didik yang menandakan bahwa
    anak didik nya faham dengan
    materi yang diajarkan oleh
    gurunya.

    Sekian dan terima kasih atas waktu dan kesempatannya. Wassalammualaikum wr.wb

Leave a Reply