silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra anak dapat melakukan beberapa kegiatan, salah satunya kegiatan apresiasi langsung
Kegiatan apresiasi langsung adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh nilai kenikmatan dan kekhidmatan dari karya sastra anak yang diapresiasikan.Kegiatan apresiasi langsung meliputi kegiatan seperti:
- Membaca sastra anak.
- Mendengar sastra anak ketika dibacakan atau dideklamasikan.
- Menonton pertunjukan sastra anak dipentaskan
Salah satu manfaat dari pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar ini adalah memberi berbagai informasi tentang proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan.
Salah satu cara yang dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran apresiasi sastra adalah dengan metode berkisah. Metode ini dapat diberikan oleh bapak atau ibu guru di depan kelas dengan membawakan sebuah kisah. Secara lisan metode berkisah dapat disampaikan selama 15-25 menit untuk menarik perhatian siswa. Metode berkisah tidak sama dengan metode berceramah. Kisah tidak semata-mata disampaikan monoton dengan narasi, tetapi perlu selingan dialog dan humor dengan suara yang berubah-ubah.
Sedangkan Pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar dapat dimulai dari kegiatan pra-KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) hingga KBM di kelas. Kegiatan pra-KBM dapat dilakukan dengan memberi salinan atau kopi teks sastra, diberi tugas membaca, menghafalkan, meringkas atau mencatat dan menemukan arti kata-kata sukar yang terdapat dalam teks sastra. KBM di kelas dapat dilakukan dengan memberi tugas membaca sajak, membaca cerita, berdeklamasi atau mendongeng di depan kelas. Setelah itu baru diadakan tanya jawab, menuliskan pendapat, dan berdiskusi bersama merumuskan isi, tema, dan amanat.
Pembelajaran apresiasi sastra yang monoton terdakang membuat siswa menjadi takut untuk berkespresi. Maka diperlukan model pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik. Problem based learning dapat menjadi salah satu cara sebagai alternative pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Siswa akan berdialog dan praktik langsung untuk melakukan apresiasi sastra.
Selamat menyaksikan.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Nama: Pace P. Balle
Nim: 825704285
Prodi:116 PGSD-S1
MK: Pemantapan Kemampuan Mwngajar
Menurut pengamatan saya dari vidio model pembelajaran apresiasi sastra anak puisi/cerita/Drama dalam upaya pendidikan karakter pembelajaran tersebut sangat baik dan cocok apabila diterapkan di kelas tinggi 1. Hal penting yang saya amati dari vidio ini adalah bagaimana guru dapat memotivasi untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa dalam KBM dengan metode pembelajaran yang diterapkan 2. Hal baik yang saya amati dari vidio ini adalah siswa terlihat cukup antusias dalam KBM yang dilakukan oleh guru
Pembelajaran dalam vidio sudah sangat bagus,baik dan cocok untuk diterapkan di kelas tinggi.Walaupun menurut saya sebaiknya guru mengajak siswa memerankan tokoh yang ada dalam cerita sehingga pembelajaran lebih bermakna.Interaksi siswa dalam pembelajaran kurang aktip.Guru bisa menambahkan media yang sesuai agar siswa lebih aktif.Tetapi sudah terlihat komunikasi yang baik antara guru dengan siswa,sehingga siswa dapat mengeluarkan ide atau gagasannya dengan berani dan guru tidak lupa memberikan riward kepada siswanya.
Nama : Ni Wayan Erna Watiningsih
Nim : 859037793
Program Studi : Pendidikan Sekolah Dasar
Pembelajaran dalam vidio sudah sangat bagus,baik dan cocok untuk diterapkan di kelas tinggi.Walupun menurut saya sebaiknya guru mengajak siswa memerankan tokoh yang ada dalam cerita sehingga pembelajaran lebih bermakna.interaksi siswa dalam vidio yang saya amati penayangan di pemebelajaran masih kurang aktip. guru sebaiknya menggunakan media kongkrit yang sesuai agar siswa lebih bisa menguasai suatu peran. Tetapi sudah terlihat komunikasi yang baik anatara guru dan siswa ,sehingga siswa dapat mengeluarkan ide atau gagasan dengan berani dan guru tidak lupa memberikan riward kepada siswanya
1. Menurut saya, video pembelajaran ini sangat membantu dan menambah wawasan kami sebagai pengajar dalam menerapkan metode yang menarik dan menyenangkan bagi siswa dalam KBM.
2. Hal penting yang saya peroleh dari video ini adalah bagaimana langkah- langkah guru sebagai tutor/ pendamping siswa dalam menerapkan metode PBL ke dalam proses pembelajaran.
3. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah antusiasme siswa dalam mengikuti jalannya KBM dengan penerapan metode PBl.
Nama : Salsabila
Nim : F1012221006
Prodi : PGSD
1. Menurut pendapat saya adanya Video PJBL ini sangat penting di lingkungan pendidikan karena memotivasi peserta didik dengan melibatkannya di dalam pembelajaran, menyediakan kesempatan pembelajaran berbagai disiplin ilmu, membantu keterkaitan hidup di luar sekolah, menyediakan peluang unik karena pendidik membangun hubungan dengan peserta didik sebagai fasilitator.
Dengan adanya media ini para siswa dapat menemukan cara untuk pemecahan masalah, disamping itu juga agar peserta didik mempelajari konsep cara pemecahan masalah dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis.
2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini adalah, dapat mendorong semangat para pendidik agar selalu kreatif dalam membuat media pembelajaran.
3. Sangat sesuai, dan media tersebut juga media yang terupdate
4. Hal yang menarik dalam video tersebut adalah, adanya interaksi antar siswa dan pengajar, yang mana tidak membuat suasana kelas menjadi pasif.
Nama : Maria Renita Limbong
NIM : 856039688
Program Studi : 118 / PGSD-S1
1. Pendapat saya mengenaoi video pembelajaran ini adalah sangat menarik dan menginspirasi bagi saya. Video tersebut menampilkan langkah-langkah pembelajaran yang baik mulai dari kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini adalah saya semakin mengetahui langkah-langkah atau sintaks dari suatu model pembelajaran.
3. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah guru sangat antusias dalam membimbing siswa ketika siswa sedang mengerjakan diskusi kelompok serta menutun siswa dalam menampilkan hasil diskusi siswa di depan kelas.
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
Menurut saya pembelajaran dalam video ini sangat menarik bagi seorang Guru dan siswa.
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
dalam menyampaikan materi sebagai Pra KBM bagus sekali yang disampaikan oleh Guru sehingga tibul minat anak untuk antusias dalam pembelajarannya
3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
guru memberi arahan anak dengan jelas, menyuruh siswa untuk mengambil kesimpulan yang sesuai dengan karakter yang diinginkan
Nama : salsabila
Nim : 858083229
Prodi : PGSD
Dalam pembelajaran sudah sangat baik terlihat dari video dimana siswa begitu bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang guru berikan kemudian guru dan siswa bermain sambil bernyanyi bersama mengikuti iringan lagu yang diputar. Namun untuk kedepan nya guru dapat mengawali kegiatan pembelajaran dengan memberikan salam dan mengajak murid membaca doa terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan belajar dan guru juga harus mengecek siswa nya dengan mengabsen satu persatu untuk memastikan bahwa siswa lengkap didalam kelas
dalam kelas
Nama : Nadia Ulfa marpaung
Nim : 856022147
Program studi : S-1 PGSD
pokjar : Asahan
Upbjj : Medan
1. menurut saya dalam vidio pembelajaran tersebut sudah bagus karena dalam vidio pembelajaran tersebut guru menerangkan dan menyampaikan materi pembelajaran sanagt mudah dipahami anak-anak dan tidak membosankan selama pembelajaran berlangsung.
2. hal pemtimg yang dapat diperoleh dalam vidio pembelajaran tersebut guru tersebut membuka sesi diskusi agar anak-anak aktif dalam memberikan pendapatnya masing-masing dan saya sebagai seorang pengajar terinspirasi dalam mengajar
3. 3. banayak hal baik yang terdapat dalam vidio tersebut menejelaskan tujuan pembelajaran dengn jelas dan terususun seusai konsepnya dan guru tersebut dapat menciptakan kelas yang kondusif dengan penyajian yang sangat menarikdengan itu anak-anak berlomba lomba dalam menyampaikan pendapatnya dan guru tersbut sangat mengapresiasi siswa yang akti dalam pembelajaran tersebut.
komentar :
Nama :Nur Azizah
Nim :858735749
prodi :PGSD BI
Di sini saya akan mencoba mengomentari :
1.Bagaimana pendapat anda tentang video pembelajaran tersebut?
jawab :
Dalam video tersebut guru memulai pembelajaran dengan salam ,menanyakan kabar ,memberi spirit /motivasi dengan contoh tepuk anak hebat.dalam video tersebut sangat bagus dan sarat dalam pembelajaran
guru menjelaskan banyak sekali sehingga peserta didik pun terlibat penuh di dalamnya dengan memberi contoh cerita kancil dan buaya ,kemudian guru menjelaskan kepada peserta didik untuk mencatat hasil dari pelajaran tersebut ,mengorganisasi siswa untuk belajar Siswa di suruh membuat nilai nilai yang terkandung dalam cerita tersebut dan yang terakhir siswa mempresentasikan hasilnya di depan kelas .
2.Hal penting apa yang anda peroleh peroleh dari video tersebut
Dari video tersebut kita dapat belajar hal apa yang kurang pada diri kita pada saat mengajar di kelas dan video tersebut bisa memotivasi kita untuk kedepannya bisa mengajar lebih baik dan profesional .
3.Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video tersebut ?
Dalam video tersebut banyak pelajaran yang kita dapat mulai dari awal pembelajaran sampai akhir bahwa seorang guru adalah motivator untuk siswanya..jika seorang guru itu bisa menyajikan materi dengan baik maka akan menghasilkan pemahaman dan kualitas yang baik untuk siswa.
kebetulan video yang saya tonton tadi tentang pelajaran b.indonesia di SD dan seorang guru perlu memotivasi dirinya untuk bisa maju dan berkemban g jangan malu untuk belajar bila menemui kesulitan dalam hal pembelajaran kita bisa sharing dengan teman sejawat seperti mencari sumber belajar guru pintar online SD.