silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Abdul Rozk Zaidean et. al. (1994: 35) dalam buku Kamus Istilah Sastra mengartikan apresiasi sastra adalah penghargaan atas karya sastra sebagai hasil pengenalan, pemahaman, penafsiran, penghayatan, dan penikmatan yang didukung oleh kepekaan batin terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra itu. Dalam melaksanakan apresiasi sastra anak dapat melakukan beberapa kegiatan, salah satunya kegiatan apresiasi langsung
Kegiatan apresiasi langsung adalah kegiatan yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh nilai kenikmatan dan kekhidmatan dari karya sastra anak yang diapresiasikan.Kegiatan apresiasi langsung meliputi kegiatan seperti:
- Membaca sastra anak.
- Mendengar sastra anak ketika dibacakan atau dideklamasikan.
- Menonton pertunjukan sastra anak dipentaskan
Salah satu manfaat dari pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar ini adalah memberi berbagai informasi tentang proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui pengajaran dan latihan.
Salah satu cara yang dapat digunakan dalam melakukan pembelajaran apresiasi sastra adalah dengan metode berkisah. Metode ini dapat diberikan oleh bapak atau ibu guru di depan kelas dengan membawakan sebuah kisah. Secara lisan metode berkisah dapat disampaikan selama 15-25 menit untuk menarik perhatian siswa. Metode berkisah tidak sama dengan metode berceramah. Kisah tidak semata-mata disampaikan monoton dengan narasi, tetapi perlu selingan dialog dan humor dengan suara yang berubah-ubah.
Sedangkan Pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra anak di sekolah dasar dapat dimulai dari kegiatan pra-KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) hingga KBM di kelas. Kegiatan pra-KBM dapat dilakukan dengan memberi salinan atau kopi teks sastra, diberi tugas membaca, menghafalkan, meringkas atau mencatat dan menemukan arti kata-kata sukar yang terdapat dalam teks sastra. KBM di kelas dapat dilakukan dengan memberi tugas membaca sajak, membaca cerita, berdeklamasi atau mendongeng di depan kelas. Setelah itu baru diadakan tanya jawab, menuliskan pendapat, dan berdiskusi bersama merumuskan isi, tema, dan amanat.
Pembelajaran apresiasi sastra yang monoton terdakang membuat siswa menjadi takut untuk berkespresi. Maka diperlukan model pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik. Problem based learning dapat menjadi salah satu cara sebagai alternative pembelajaran apresiasi sastra di sekolah dasar. Siswa akan berdialog dan praktik langsung untuk melakukan apresiasi sastra.
Selamat menyaksikan.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Nama : Sandra Amelia Hardianti
Nim : 857694848
Pokjar : Bangsri
1. Menurut saya, video pembelajaran ini sangat membantu dan menambah wawasan kami sebagai pengajar dalam menerapkan metode yang menarik dan menyenangkan bagi siswa dalam KBM.
2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini adalah dapat mendorong semangat para pendidik agar selalu kreatif dalam membuat media pembelajaran.
3. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah membuat suasa agar tidak menjadi pasif
Nama : Sandra Amelia Hardianti Nim : 857694848 Pokjar : Bangsri 1. Menurut saya, video pembelajaran ini sangat membantu dan menambah wawasan kami sebagai pengajar dalam menerapkan metode yang menarik dan menyenangkan bagi siswa dalam KBM. 2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini adalah dapat mendorong semangat para pendidik agar selalu kreatif dalam membuat media pembelajaran. 3. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah membuat suasa agar tidak menjadi pasif
Nama:Nila Niamilah
Nim:857699689
Prodi:S1 PGSD
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
dalam video pembelajaran ini sangat membantu dan menambah wawasan dan metode yang digunakan dalam video tersebut sangat menarik dan menyenangkan bagi siswa dalam KBM.
Guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, dan Guru mampu memberikan solusi terhadap tertanyaan siswa dengan kalimat yang mudah dipahami oleh siswa. dalam menyampaikan dan menjelaskan materi pembelajaran juga menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini yaitu bagaimana cara mengelola kelas dan siswa , membuat siswa aktif dalam pembelajaran, melibatkan siswa dalam pembelajaran. Dan bagaimana guru dapat memotivasi untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa sehingga pembelajaram tidak monoton .
3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah banyak pelajaran yang kita dapat mulai dari awal pembelajaran sampai akhir bahwa seorang guru adalah motivator untuk siswanya.
Artinya Guru harus mampu menumbuhkan dan merangsang semua potensi yang terdapat pada siswanya serta mengarahkan agar mereka dapat memanfaatkan potensinya tersebut secara tepat, sehingga siswa dapat belajar dengan tekun untuk mencapai cita-cita yang diinginkan.
Dalam video tersebut Guru mampu menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar. Menciptakan hubungan yang serasi dan penuh semangat dalam interaksi belajar di kelas. Dari mulai masuk kelas ,berdoa sampai menyiapkan anak untuk pembelajaran, guru ceria dan penuh semangat.
Nama : Nurul hidayah
Nim :856022226
Pokjar: ut medan
Prodi: PGSD-S1
1. menurut saya dalam vidio pembelajaran tersebut sudah bagus karena dalam vidio pembelajaran tersebut guru menerangkan dan menyampaikan materi pembelajaran sangat mudah dipahami anak-anak dan tidak membosankan selama pembelajaran berlangsung.
2. hal penting yang dapat diperoleh dalam vidio pembelajaran tersebut guru tersebut membuka sesi diskusi agar anak-anak aktif dalam memberikan pendapatnya masing-masing dan saya sebagai seorang pengajar terinspirasi dalam mengajar
3. banyak hal baik yang terdapat dalam vidio tersebut menejelaskan tujuan pembelajaran dengn jelas dan terususun seusai konsepnya dan guru tersebut dapat menciptakan kelas yang kondusif dengan penyajian yang sangat menarikdengan itu anak-anak berlomba lomba dalam menyampaikan pendapatnya dan guru tersbut sangat mengapresiasi siswa yang akti dalam pembelajaran tersebut.
Nama : Nurul hidayah
Nim :856022226
Pokjar: ut medan
Prodi: PGSD-S1
1. menurut pendapat saya di dalam vidio pembelajaran tersebut sudah sangat bagus karena dalam vidio pembelajaran tersebut guru menerangkan dan menyampaikan materi pembelajaran yang sangat mudah dipahami anak-anak dan tidak membosankan selama pembelajaran berlangsung.
2. hal penting yang dapat diperoleh dalam vidio pembelajaran tersebut yaitu guru tersebut membuka sesi diskusi agar anak-anak aktif dalam memberikan pendapat masing-masing dan saya sebagai seorang pengajar terinspirasi dalam proses mengajar tersebut
3. banyak hal yang baik terdapat dalam vidio tersebut menjelaskan tujuan pembelajaran dengan jelas dan tersusun seusai konsepnya dan guru tersebut dapat menciptakan kelas yang kondusif dengan penyajian yang sangat menarik
dengan itu anak-anak berlomba- lomba dalam menyampaikan pendapat nya dan guru nya juga sangat mengapresiasi siswa yang aktif dalam pembelajaran tersebut.
Nama : Galih Raga Siwi
NIM : 819763118
Program Studi : PGSD S1
Berdasarkan video pembelajaran di atas dapat disimpulkan sebagai berikut;
1. Pendapat saya mengenai video Pembelajaran Apresiasi Sastra Anak (Puisi/Cerita/Drama) dalam upaya penguatan pendidikan karakter yaitu sudah baik.
Kegiatan pembelajarannya aktif, siswa mudah memahami materi yang disampaikan oleh Guru.
2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini yaitu guru menyampaikan materi pembelajarannya dengan sederhana namun bermakna. Mudah dipahami dan langkah-langkah pembelajarannya sudah sangat baik.
3. Hal yang sudah sangat baik dari video pembelajaran ini yaitu siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan di depan, sehingga hal ini dapat melatih keberanian, mental dan percaya diri siswa.
Demikian pendapat dari saya, terimakasih
Nama : Yusnia Fildzah Zulhilmi
NIM : 857703868
Prodi : PGSD- S1
UPBJ : Semarang
1. Menurut pendapat saya mengenai video pembelajaran tersebut di atas, sebagai guru kita harus bisa membuat suasana kelas menjadi menyenangkan dan peserta didik bersemangat dalam kegiatan pembelajaran, bisa dimulai dengan yel-yel atau keyakinan kelas bersama agar pembelajaran sepanjang hari berjalan dengan lancar. Sebagai guru juga bisa melibatkan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan memberikan kesempatan peserta didik untuk maju, bertanya, dan menanggapi temannya. Tak pula juga sebagai guru kita juga harus memberikan apresiasi dan tindak lanjut dalam kegiatan pembelajaran kepada setiap peserta didiknya. Sehingga terjalinnya komunikasi 2 arah antara peserta didik dan guru.
2. Hal penting yang saya peroleh dari video tersebut adalah untuk menambah semangat peserta didik sebelum pembelajaran dimulai yaitu dengan memulai pembelajaran dengan yel-yel, memberikan kesempatan peserta didik untuk maju ke depan, memberikan kesempatan peserta didik untuk menanggapi pendapat temannya, dan memberikan apresiasi serta tindak lanjut kepada setiap peserta didik.
3. Menurut saya video tersebut sudah sangat baik, karena sudah memfasilitasi peserta didik untuk belajar di kelas dengan menyenangkan dengan pembelajaran yang tidak monoton sehingga peserta didik bisa memahami tujuan pembelajaran yang akan dicapai secara tidak langsung, karena pembelajaran tidak membosankan dan peserta bisa menikmati pembelajaran.
Nama : Rina Agustin
NIM : 857325428
Prodi : PGSD-S1
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran ini?
Menurut pendapat saya tentang video pembelajaran diatas adalah, sudah cukup baik dan terstruktur, mulai dari kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Guru juga mengajar dengan menyenangkan, sehingga siswa bisa memahami dengan baik serta turut aktif dalam pembelajaran.
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
Hal penting yang saya peroleh adalah, bahwa memberikan pembelajaran yang menyenangkan kepada siswa, memotivasi dan membangkitkan semangat siswa di awal pembelajaran.
3. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Hal yang sudah sangat baik dalam video diatas adalah pelaksanaan pembelajaran yang terstruktur, menggunakan metode berkisah dan problem based learning, model pembelajaran yang beroritasi pada sisiwa dan membuat siswa menjadi lebih tertarik. Sehingga tidak monoton dan siswa berani untuk mempresentasikan hasil belajar nya.
Nama : ISMI OKTAVIANI
Nim : 856955929
Pokjar : Rawapitu, kab.tulang bawang, prov.lampung
1Dari dalam tayangan pembelajaran yang terdapat didalam vidio tersebut, setelah saya amati, bahwa dalam menyampaikan juga menjelaskan materi pembelajaran menggunakan bahasa yang mudah dipahami juga metode mengajarnya yang membuat kesan menyenangkan, menarik dan anak tidak akan mudah bosan dalam proses pembelajaran.
2. Kekurangan nya sangat minim mungkin guru harus lebih rilex lagi.
3. Kelebihan Hal yang sudah baik dari video pembelajaran di atas adalah kegiatan membuka kelas, menjelaskan materi, kegiatan akhir pembelajaran sangat bagus dan terperinci. Sangat membantu saya dalam meningkatkan strategi mengajar pada siswa.
Nama : Yani Suryani
Nim. : 857321112
PGSD S1 Pokjar Warungkondang Kab. Cianjur
1. Mengenai video yang telah saya tonton sangat memotivasi bagi saya untuk dapat seperti bapa guru tadi sangat seru dalam memberikan pembelajaran mengenai sastra. Sampai tidak ngantuk menonton video pembelajaran tadi.
2. Hal penting dapat diambil dari video tersebut jadikan media pembelajaran yang selalu ceria dan murah senyum niscaya anak didik tidak akan merasa jenuh di dalam kelas
3. Videonya sudah sangat bagus sekali semoga dapat saya ekspresikan di dalam kelas saya. Terimakasih. Guru pintar