silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan  dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen  biotik menjadi mati. 

Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka  terhadap lingkungan hidup.

Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan  untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.  Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
  4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
  1.  

Similar Posts

310 Comments

  1. Nama : Rina Suryaningtiyas
    Nim : 858860343
    Prodi : 119/PGSD S1
    Video pembelajaran berbasis proyek yang ditampilkan sudah sangat bagus dan sesuai dengan materi yang dipelajari, terlihat guru sangat menguasai konsep. Namun media yang digunakan dalam pembelajaran masih kurang, misalnya guru bisa membawa contoh sampah organik dan anorganik. Secara umumsudah bagus. Siswa juga aktif bertanya dan menjawab. Pada pembelajaran ini siswa benar-benar mendapatkan pengalaman langsung mendaur ulang sampah serta mempresentasikan karyanya, dan itu adalah pembelajaran yang sangat bermakna.
    Hal penting yang dapat diperoleh dari video tersebut adalah langkah-langkah dalam pembelajaran berbasis proyek. Sehingga sangat bermanfaat dan sesuai dengan yang saya butuhkan untuk merancang pembelajaran berbasis proyek muatan pembelajaran matematika. Sedangkan hal yang sudah baik dalam video adalah langkah-langkah kegiatan pembelajaran sudah sesuai sistematikanya serta guru mampu mengelola kelas dengan baik sehingga tercipta pembelajaran yang kondusif.

  2. Assallamu Alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
    Nama : MONIKA CINTIA GYNARTI
    Nim : 858664902
    Program Studi : S1 PGSD Semester 8
    1. Menurut saya setelah menonton video Pembelajaran Berbasis Projek / Projek Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang harus bapak dan ibu guru terapkan di kelas. karena model pembelajaran ini berpusat pada siswa.
    2. Video pembelajaran di atas sangat membantu saya sebagai pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran berbasis . karena sangat efisien dan efektif dalam Pembelajaran. Seperti menampilkan gambar situasi pantai dengan proyektor yang menarik. memicu siswa untuk belajar aktif dan inovatif.
    3. Hal penting yang saya dapat dari video pembelajaran di atas adalah, mendorong semangat guru supaya selalu kreatif saat membuat media pembelajaran.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah kemampuan problem-solving dari siswa yang muncul ketika siswa mengalami kesulitan dalam kerja kelompok mereka dapat mengambil keputusan untuk menyelesaikan kesulitan tersebut. Kemudian reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran dan berusaha menciptakan lingkungan belajar yang positif dan memotivasi bagi mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menyesuaikan gaya mengajar dengan gaya belajar siswa, ini bisa terlihat saat siswa diminta membawa botol untuk digunakan sebagai bahan praktek ada satu siswa bernama Calista membawa botol yang jumlahnya banyak guru meminta pada Calista untuk berbagi buat temen temennya yang tidak membawa botol dan ini salah satu contoh bagaimana seorang guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif dan memotivasi bagi siswa untuk belajar lebih semangat.
    Terimakasih. Wassalamualaikum wr.wb

  3. Assallamu Alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
    Nama : MONIKA CINTIA GYNARTI
    Nim : 858664902
    Program Studi : S1 PGSD Semester 8
    1. Menurut saya setelah menonton video Pembelajaran Berbasis Projek / Projek Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang harus bapak dan ibu guru terapkan di kelas. karena model pembelajaran ini berpusat pada siswa.
    2. Video pembelajaran di atas sangat membantu saya sebagai pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran berbasis . karena sangat efisien dan efektif dalam Pembelajaran. Seperti menampilkan gambar situasi pantai dengan proyektor yang menarik. memicu siswa untuk belajar aktif dan inovatif.
    3. Hal penting yang saya dapat dari video pembelajaran di atas adalah, mendorong semangat guru supaya selalu kreatif saat membuat media pembelajaran.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah kemampuan problem-solving dari siswa yang muncul ketika siswa mengalami kesulitan dalam kerja kelompok mereka dapat mengambil keputusan untuk menyelesaikan kesulitan tersebut. Kemudian reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran dan berusaha menciptakan lingkungan belajar yang positif dan memotivasi bagi mereka. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menyesuaikan gaya mengajar dengan gaya belajar siswa, ini bisa terlihat saat siswa diminta membawa botol untuk digunakan sebagai bahan praktek ada satu siswa bernama Calista membawa botol yang jumlahnya banyak guru meminta pada Calista untuk berbagi buat temen temennya yang tidak membawa botol dan ini salah satu contoh bagaimana seorang guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif dan memotivasi bagi siswa untuk belajar lebih semangat.
    Terimakasih. Wassalamualaikum wr.wb

  4. Terkait video diatas tentu kami sebagai seorang pendidikan tentu sangat berguna ataupun bermanfaat,tentu dalam hal imi terkait dengan bagaimana proses belajar mengajar dikelas setelah saya tonton atau simak video diatas banyak sekali pengetahuan baru, teknik belajar yang baru untuk memotifasi belajar siswa. dan tidak kalah pentimng dengan seorang guru yang memiliki cara hitung untuk memancing siswa dan untuk mengeluarkan ide atau gagasan dari setiap pertanyaan yang diberikan oleh guru.video ini sangat bermanfaat buat kamu para guru bukan hanya ketika belajar seorang guru hanya mengandalkan buku paket atau mengajak,tetapi juga bisa menggunakan media lain.yang paling terkesan dari video diatas adalah guru menciptakan suasana belajar yang kondusif dengan melontarkan beberapa pertanyaan dan siswa bisa menjawab dengan baik.

  5. Assallamu Alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
    Nama : IRPAN SIADALO
    Nim : 816529076
    Program Studi : S1 PGSD POKJAR BANGGAI KEPULAUAN
    1. Menurut saya setelah menonton video Pembelajaran Berbasis Projek / Projek Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang secara lansung dapat mengaktifkan semangat belajar siswa karena model pembelajaran ini berpusat pada siswa.
    2. Hal penting yang saya peroleh dari video ini yaitu mengenai keaktifan siswa yang sangat baik, mulai dari awal kelas dimulai, apersepsi,penjelasan guru,penugasan kelompok(diskusi) hingga presentasi siswa di depan kelas. Intinya, Siswa diberi waktu dan kesempatan untuk selalu bertanya dan aktif dalam menjawab pertanyaaan.
    3. Hal penting yang saya dapat dari video pembelajaran di atas adalah mendorong semangat saya secara khusus dan bagi guru supaya selalu termotivasi dalam membuat ide-ide kreatif saat membuat media pembelajaran bahkan saat melakukan proses belajar mengajar.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah kemampuan seorang guru dalam mendesain pembelajaran dengan mengaitkan pada media, terlihat adanya keaktifan siswa dalam pembelajaran, memberikan tugas rumahan secara berkelompok sebagai tantangan dalam bentuk kerja sama, memantau cara kerja siswa melalui via WhatshApp, memonitor siswa selama melksanakan tugas yang dimulai saat berdiskusi, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil projek dari masing-masing perwakilan kelompok, guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa saat mengerjakan tugas projek, guru memberikan pujian kepada siswa terhadap penjelasan dari hasil karya setiap kelompok, guru mengatakan betapa pentingnya dalam menjaga kelestarian lingkungan dengan memanfaatkan sampah dengan cara mendaur ulang, serta menutup pelajaran dengan tepuk jempol. Terimakasih, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

  6. Nama : Hendri Yanwar Sidik
    NIM : 857369031
    Jurusan : PGSD – S1 (119) UPBJJ Bogor
    1. Setelah menonton tayangan vidio diatas dapat saya refleksikan vidio tersebut sebagai berikut? saya dapat memberikan manfaat yang lebih mengenai penerapan pembelajaran berbasis proyek (PJBL). Bisa memberikan pemahaman yang lebih tentang bagaimana pembelajaran berbasis proyek yang benar, gurunya sangat interaktif dan siswa juga banyak berdialog dan saling menanggapi sehingga pembelajaran menjadi lebih hidup, tentunya juga arahan dari guru jelas. Pembelajaran berbasis proyek bisa dimulai dari hal sederhana yang terdapat di lingkungan dekat kita, contohnya dari memanfaatkan botol bekas yang bisa di daur ulang menjadi proyek kreatif sehingga memunculkan banyak ide dari siswa sesuai dengan kreativitasnya. Dan merupakan salah satu cara untuk mencegah banyaknya sampah.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan guru tersebut tidak melakukan absensi terhadap siswanya dan guru tidak bertanya kepada siswanya apakah sudah paham atau belum terhadap materi yang diajarkan.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru tersebut aktif melakukan tanya jawab kepada siswanya dan pembelajaran menggunakan media infocus sehingga tidak membosankan.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Guru tersebut memantau kerja kelompok siswanya melalui video call.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Guru lebih mendekatkan diri lagi kepada siswanya

  7. Nama : Rahma Yuke Sari Lubis
    Nim : 856036439
    Upbjj : medan
    S1 PGDD

    1. Berdasarkan vidio yang saya lihat pembelajaran dalam vidio sangat efektif untuk dilakukan karena didalam proses pembelajarannya antara materi dan praktek sangat seimbang dan hal ini dapat memicu semangat siswa dalam belajar.
    2. untuk dapat membangkitkan semangat siswa kita harus bisa semaksimal mungkin untuk mempersiapkan pembelajaran yang akan kita laksanakan.
    3. menurut saya tayangan vidio yang saya tonton ini sesuai dengan kebutuhan dalam proses belajar mengajar di sekolah dikarenakan dalam proses belajara tersebut materi yang disampaikan sudah tampak bahwasannya materi pelajaran sudah disiapkan dengan baik, begitu pula dengan alat peraganya.
    4. hal-hal yang sudah sangat baik dalam vidio ini menurut saya adalah, guru mempersiapkan materi dengan baik sebelum memulai proses belajar mengajar, bahan ajar dan praktik juga sudah disiapkan sebelum proses belajar mengajar, jadi menurut saya sebenarnya seperti inilah seorang guru, lebih dahulu memahami materi sebelu disampaikan kepada anak disekolah. Terimakasih

  8. assalamualaikum.wr.wb
    Nama : Indriasih Catur Puspitowati
    Nim : 857568901
    Program Studi :PGSD

    1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
    Menurut saya setelah menonton video Pembelajaran Berbasis Projek / Projek Based Learning (PjBL) bahwa PJBL adalah ini akan menjadikan siswa lebih aktif dan kreatif. Model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) ini tidak hanya fokus pada hasil akhirnya, namun lebih menekankan pada proses bagaimana siswa dapat memecahkan masalahnya dan akhirnya dapat menghasilkan sebuah produk. pada kesempatan ini siswa menelaah tentang penguaraian sampah dari plastik.
    2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    untuk siswa penggunaan model PBJL merupakan model yang tepat, karena anak2 akan lebih antusias dan anak-anak akan fokus dengan materi yang sedang di berikan.
    3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
    vidio ini sangat sesuai dan dapat dijadikan contoh ketika akan praktek mengajar nantinya untuk yang lebih baik.
    4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    secara keseluruhan dari mulai persiapan, penyampaian materi smpai penutup pembelajaran ini sangat baik.
    anak-anak juga antusias untuk mengikuti pembelajaran dengan model PBJL ini.

  9. NAMA : DIAN RATIH ANGGRAENI
    NIM 837617121
    ERTANYAAN PEMACU DISKUSI

    1.Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
    2.Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
    3.Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
    4Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
    1.Video diatas sangatlah bagus sekali karena isi pembelajarannya memotifasi dan mengajak anak untuk aktif bertanya dan menjawab pertanyaaan yang diberikan atau dilontakan oleh guru sehiggga anak2 merasakan kesenangan atas materi yang diberikan oleh guru.
    2. adanya video mempermudah anak 2 menerima materi yang di berikan guru
    3. ya.
    4. anak2 bbelajar lebih mudah dalam pembelajaran yg di berikan oleh guru lewat video

  10. Menurut saya, vidio tersebut sudah memenuhi kriteria akan tetapi lebih ditingkatkan dan semakin memberikan inovasi inovasi terbaru dan semakin mengembangkan kekreativitas kita sebagai pendidik dan bisa meciptakan suasana yang menyenangkan dan menjadikan anak bisa memahami apa yang telah kita ajarkan entah di dalam kehidupan sehari hari maupun dalam sebuah bahan ajar.

Leave a Reply