silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan  dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen  biotik menjadi mati. 

Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka  terhadap lingkungan hidup.

Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan  untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.  Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
  2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
  3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
  4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
  1.  

Similar Posts

275 Comments

  1. Nama : Ni Putu Suarminiasih
    NIM : 859038462
    UPBJJ : UT Denpasar

    Video pembelajaran Project based learning (PJBL) merupakan model pembelajaran yang sangat menarik peserta didik dalam model pembelajaran tersebut selain bisa menghasilkan karya juga bisa memberikan penjelasan terhadap proses pembuatan karya tersebut dan peserta didik menjadi lebih kreatif dalam mencari informasi di dalam diskusi.
    hal yang saya peroleh dari video pembelajaran diatas adalah menginspirasi saya dan semua guru untuk menerapkan model pembelajaran PJBL.
    tayangan video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran di kelas.
    hal yang sangat baik dalam video ini guru menciptakan suasana belajar yang kondusif dengan memberikan siswanya beberapa pertanyaan dan peserta didik di berikan kepercayaan sehingga menghadirkan sikap percaya diri dan kesiapan mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.

  2. Nama: Hizwana Aluh Aini Muhsan
    Nim : 859146924
    Prodi : S1 PGSD

    Setelah menonton video pembelajaran di atas, ada beberapa yang akan saya sampaikan yaitu:
    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu sangat antusias
    2. Namun secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru masih monoton atau gurunya masih kaku dalam menyampaikan pembelajaran. jika gurunya semangat pasti siswanya akan lebih semangat lagi, meskipun pada video tersebut siswa sudah terlihat antusias.
    3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu menguasai semua komponen RPP dari sintak pertama sampai terakhir dan guru juga banyak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif.
    4. Hal unik yang ditemukan dalam video pembelajaran tersebut yaitu siswa lebih antusian daripada guru dan pada sintak 2 terdapat keunikan yaitu ketika guru menanyakan siapa yang bawa botol kemudian ada siswa yang sangat antusias membawa banyak botol.
    5. Upaya yang saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan berikutnya yaitu kalau bisa, gurunya lebih antusias/lebih semangat dalam mengajar jangan terlalu kaku agar siswa bersemangat dalam belajar, karena belum tentu siswa-siswa yang kita hadapi akan sama atau seantusias siswa yang ada di video apabila guru masih kaku atau guru kurang antusias.

  3. Nama : Ni Putu Suarminiasih
    NIM : 859038462
    UPBJJ : UT Denpasar

    Video pembelajaran Project based learning (PJBL) merupakan model pembelajaran yang sangat menarik peserta didik dalam model pembelajaran tersebut selain bisa menghasilkan karya juga bisa memberikan penjelasan terhadap proses pembuatan karya tersebut dan peserta didik menjadi lebih kreatif dalam mencari informasi di dalam diskusi.
    hal yang saya peroleh dari video pembelajaran diatas adalah menginspirasi saya dan semua guru untuk menerapkan model pembelajaran PJBL.
    tayangan video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran di kelas.
    hal yang sangat baik dalam video ini guru menciptakan suasana belajar yang kondusif dengan memberikan siswanya beberapa pertanyaan dan peserta didik di berikan kepercayaan sehingga menghadirkan sikap percaya diri dan kesiapan mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.
    Terima kasih

  4. Nama : Yusrawani Tampubolon
    NIM : 856017106
    Analisis video pembelajaran
    1. Pendapat saya mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini adalah bahwa dalam pembelajaran tersebut proses belajarnya bisa berjalan dengan baik.Siswa aktif dalam menanggapi setiap pertanyaan dan respon yang diberikan guru.
    2. Hal penting yang saya dari video pembelajaran ini adalah untuk meningkatkan fokus dan minat belajar siswa guru harus menggunakan media pembelajaran.
    3. Menurut saya video pembelajaran tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan guru dalam mengajar atau merencanakan pembelajaran.
    4. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah kegiatan membuka pembelajaran,kegiatan inti,penutup,penggunaan media,siswa aktif mengikuti pembelajaran dan kemampuan kreatifitas siswa.

  5. Menurut pendapat saya mengenai video pembelajaran diatas
    1. sangat bermanfaat di dalam penerpan pembelajaran berbasis proyek. proses pembelajaran yang berhasil melibatkan siswa dan pendidik terlibat dalam diskusi yang aktif didalam setiap pertanyaan dan respon terhadap suatu titik permasalahan . dalam video ini guru memberikan salah satu contoh tentang suatu pengetahuan siswa misalnya komponen antibotik dan biotik , disini guru juga menyinggung intreaksi manusia dengan lingkunga sekitarnya. di sini di jelaskan dimana cara guru mengapresiasikan agar peserta didik peka terhadap perbaikan kerusakan dan begaiamana cara mengatasi masalah tersebut.
    2. Dengan adanya video di atas mempermudahkan dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek dalam memanfaatkan barang sederhana yang ada lingkungan sekitar sehingga membuat siswa kreatif, dan berkarya.
    3. Sesuai karena mempermudahkan proses pembelajaran baik dalam membuka, kegiatan inti, penutup dan hal-hal lainnya yang menunjang proses pembelajaran.

  6. Hal penting yang saya dapatkan di dalam pembelajaran tersebut adanya struktur pembelajaran dari awal sampai akhir memiliki point-point yang bermakna dalam setiap tahap pembelajaran pada proses pembelajaran di kelas. tayangan video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran di kelas.
    hal yang sangat baik dalam video ini guru menciptakan suasana belajar yang kondusif dengan memberikan siswanya beberapa pertanyaan dan peserta didik di berikan kepercayaan sehingga menghadirkan sikap percaya diri dan kesiapan mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.
    Terima kasih

  7. Menurut kami sebagai seorang pendidik tentu sangat berguna ataupun bermanfaat saat melihat video tersebut yah dimana memacu kami untuk lebih semangat lai.
    Terkait dengan ataupun bagaimana proses belajar mengajar di kelas setelah saya tonton video di atas banyak sekali pengalaman baru,atau tehnik belajar yang baru untuk memotivasi minat belajar siswa. video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran di kelas.
    hal yang sangat baik dalam video ini guru menciptakan suasana belajar yang kondusif dengan memberikan siswanya beberapa pertanyaan dan peserta didik di berikan kepercayaan sehingga menghadirkan sikap percaya diri dan kesiapan mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.
    Terima kasih

  8. Terkait video di atas, tentu kami sebagai seorang pendidik tentu sangat berguna ataupun bermanfaat.
    Terkait dengan ataupun bagaimana proses belajar mengajar di kelas setelah saya tonton video di atas banyak sekali pengalaman baru,atau tehnik belajar yang baru untuk memotivasi minat belajar siswa. Hal yang sangat baik dalam video ini adalah memotivasi kita sebagai seorang guru untuk bisa menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan serta membantu siswa untuk belajar dengan cara yang lebih memikat dan praktis, sehingga memungkinkan mereka untuk secara aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran.

  9. nama : Nurul Istiqomah
    nim : 858878815
    terkait video pembelajaran basic learning ini sangat meng inspirasi kami sebagai guru dalam teknik penyampaian ilmu, dimana ilmu yang di berikan mengajak para siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, dan siswa mampu memecahkan masalah yang terjadi terkait pembelajaran yang sedang mereka pahami.

  10. Kegiatan mengajar seperti video pembelajaran diatas efektivitasnya dalam menyampaikan suatu ilmu lebih mudah di ingat siswanya karena proyek yang dikerjakan secara langsung, selain itu metode kolaborasinya jg jalan karena setiap punya peran masing-masing untukewujudkan tujuan proyek mereka.
    Pendidik dalam video jg menurut saya tetap menjaga keaslian proyek yg dibuat walaupun dibuat dirumah melalui koneksi internet ia tetap memantau siswanya.

Leave a Reply