silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
NAMA : MELDA
NIM : 858071596
PRODI : PGSD
UPBJJ : PONTIANAK
1. Menurut saya dengan pembelajaran berbasis proyek ( PJBL ), siswa dapat pendekatan pembelajaran yang memberikan kebebasan peserta didik untuk merencanakan aktivitas belajar. Melalui pembelajaran berbasis proyek siswa didorong untuk berpikir kreatif, mengeksplorasi minat mereka dan rasa ingin tahu serta adanya pelaksanaan proyek secara kolaboratif dan menghasilkan produk kerja.
2. Pembelajaran berbasis proyek merupakan sebuah model pembelajaran yang dapat menjadikan peserta didik sebagai subjek atau pusat pembelajaran sehingga siswa berperan aktif dalam proses tersebut.
3. Menurut saya video pembelajaran tersebut sangat sesuai dengan kebutuhan kita sebagai guru dalam mengajar dan merencanakan pembelajaran, dari video tersebut dapat termotivasi untuk merancang pembelajaran yang lebih kreatif sehingga anak- anak tidak bosan ketika pembelajaran berlangsung.
4. Hal yang sa giat baik dari video tersebut yaitu siswa dapat berpikir kritis dan kreatif selain itu siswa juga dapat mengenal kelebihan dan kekurangannya sendiri saat melaksanakan pembelajaran dan membuat siswa untuk bertanggung jawab akan tugas yang dikerjakan.
Nama : NUR RAHMAH
NIM : 858071682
Prodi : PGSD-S1
UPBJJ : PONTIANAK
1. Menurut pendapat saya mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini , dapat mengatasi masalah yang menghubungkan mereka dengan pengalaman hidup mereka, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan mereka yang ada di kelas. dan dapat meningkatkan kreativitas siswa sehingga siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, pengetahuan atau wawasan akan meluas.
2. Hal penting apa yang dapat diperoleh dari video pembelajaran ini adalah memberikan pengalaman pembelajaran yang mendalam, berpusat pada siswa, dan relevan dengan kebutuhan dunia nyata, yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran serta mempersiapkan diri untuk sukses di masa depan.
3. Tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang Pembelajaran berbasis proyek, ini memungkinkan siswa dapat melihat koneksi antara apa yang mereka pelajari di kelas dengan dunia nyata. Hal ini dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep dan ini. Ini sangat membantu saya untuk merancang model pembelajaran terutama untuk anak anak sekolah dasar
4. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah Kita seorang guru dapat mengenal kelebihan dan kekurangan barang yang Mereka buat sendiri dan kreativitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran menjadikan siswa lebih aktif dan proses pembelajaran lebih efektif. Sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik
NAMA : MEDYA ISTI PERTIWI HIA
NIM : 856059371
PRODI : PGSD S-1
UPBJJ : 12- MEDAN
1. Pendapat saya mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini adalah sangat menarik dan mudah dipahami karena memakai media yang bahan dasarnya adalah menggunakan barang – barang bekas yang ada dilingkungan sekitar sehingga memudahkan siswa untuk membuat proyek yang unik.
2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini antara lain memberikan pengalaman belajar yang menarik dan membuat siswa aktif, siswa mampu dan berani menyampaikan kelemahan dan kekurangan dari proyek yang mereka buat.
3. Tayangan video ini sudah sesuai hanya saja perlu ditambah dibagian pembuka seperti kegiatan absensi, menyanyikan lagu Nasionalisme, dan menyampaikan tujuan pembelajaran dan bagian penutup seperti menyampaikna kesimpulan secara rinci, serta menyampaikan materi yang akan dipelajari selanjutnya dan disertai dengan do’a penutup dalam mengajar atau merancang pembelajaran.
4. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah pemilihan model pembelajarannya yaitu model PjBl sudah sesuai dengan Materi yang diajarkan karena siswa membuat sebuah proyek.
NAMA : MEDYA ISTI PERTIWI HIA
NIM: 856059371
PRODI : PGSD S-1
UPBJJ : 12 – MEDAN
1. Pendapat saya mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini adalah sangat menarik dan mudah dipahami karena memaki media yang bahan dasarnya adalah menggunakan barang – barang bekas yang ada dilingkungan sekitar sehingga memudahkan siswa untuk membuat proyek yang unik.
2. Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini antara lain memberikan pengalaman belajar yang menarik dan membuat siswa aktif, siswa mampu dan berani menyampaikan kelemahan dan kekurangan dari proyek yang mereka buat.
3. Tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan saya hanya saja perlu ditambah dibagian pembuka seperti kegiatan absensi, menanyikan lagu Nasionalisme,dan menyampaikan tujuan pembelajaran dan bagian penutup seperti menyampiakan kesimpulan secara rinci serta menyampaikan materi yang akan dipelajari selanjutnya dan disertai dengan do’a penutup dalam mengajar atau merancang pembelajaran.
4. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah pemilihan model pembelajarannya yaitu model PjBl sudah sesuai dengan materi yang diajarkan karena siswa membuat sebuah proyek
Nama: Vriska LidiaWati
NIM: 858065919
Semester: 6
kelas: A
Prodi: PGSD – S1
Pokjar: Sintang
UPBJJ: Pontianak
Reaksi Siswa: Siswa bersemangat mengikuti pembelajaran karena guru membuka pelajaran dengan memberikan salam, menanyakan kabar dan mengajak anak-anak berdoa sebelum memulai pelajaran.
Kelebihan guru: Melaksanakan pembelajaran menjadi siswa lebih aktif dan proses pembelajaran lebih efektif sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
Nama : OKTARIYANA
NIM : 857005372
Prodi : PGSD-S1
SEMESTER : 6.C
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
1. Menurut pendapat saya mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini , dapat mengatasi masalah yang menghubungkan mereka dengan pengalaman hidup mereka, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan mereka yang ada di kelas. dan dapat meningkatkan kreativitas siswa sehingga siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, pengetahuan atau wawasan akan meluas.
2. Hal penting apa yang dapat diperoleh dari video pembelajaran ini adalah memberikan pengalaman pembelajaran yang mendalam, berpusat pada siswa, dan relevan dengan kebutuhan dunia nyata, yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran serta mempersiapkan diri untuk sukses di masa depan.
3. Tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang Pembelajaran berbasis proyek, ini memungkinkan siswa dapat melihat koneksi antara apa yang mereka pelajari di kelas dengan dunia nyata. Hal ini dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep dan ini. Ini sangat membantu saya untuk merancang model pembelajaran terutama untuk anak anak sekolah dasar
4. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah Kita seorang guru dapat mengenal kelebihan dan kekurangan barang yang Mereka buat sendiri dan kreativitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran menjadikan siswa lebih aktif dan proses pembelajaran lebih efektif. Sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik
Nama : OKTARIYANA
NIM : 857005372
Prodi : PGSD-S1
SEMESTER : 6.C
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
1. Menurut pendapat saya mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini , dapat mengatasi masalah yang menghubungkan mereka dengan pengalaman hidup mereka, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan mereka yang ada di kelas. dan dapat meningkatkan kreativitas siswa sehingga siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, pengetahuan atau wawasan akan meluas.
2. Hal penting apa yang dapat diperoleh dari video pembelajaran ini adalah memberikan pengalaman pembelajaran yang mendalam, berpusat pada siswa, dan relevan dengan kebutuhan dunia nyata, yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran serta mempersiapkan diri untuk sukses di masa depan.
3. Tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang Pembelajaran berbasis proyek, ini memungkinkan siswa dapat melihat koneksi antara apa yang mereka pelajari di kelas dengan dunia nyata. Hal ini dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep dan ini. Ini sangat membantu saya untuk merancang model pembelajaran terutama untuk anak anak sekolah dasar
4. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah Kita seorang guru dapat mengenal kelebihan dan kekurangan barang yang Mereka buat sendiri dan kreativitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran menjadikan siswa lebih aktif dan proses pembelajaran lebih efektif. Sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik
Nama : OKTARIYANA
NIM : 857005372
Prodi : PGSD-S1
SEMESTER : 6.C
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
1. Menurut pendapat saya mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini , dapat mengatasi masalah yang menghubungkan mereka dengan pengalaman hidup mereka, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan mereka yang ada di kelas. dan dapat meningkatkan kreativitas siswa sehingga siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, pengetahuan atau wawasan akan meluas.
2. Hal penting apa yang dapat diperoleh dari video pembelajaran ini adalah memberikan pengalaman pembelajaran yang mendalam, berpusat pada siswa, dan relevan dengan kebutuhan dunia nyata, yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran serta mempersiapkan diri untuk sukses di masa depan.
3. Tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar atau merancang Pembelajaran berbasis proyek, ini memungkinkan siswa dapat melihat koneksi antara apa yang mereka pelajari di kelas dengan dunia nyata. Hal ini dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep dan ini. Ini sangat membantu saya untuk merancang model pembelajaran terutama untuk anak anak sekolah dasar
4. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah Kita seorang guru dapat mengenal kelebihan dan kekurangan barang yang Mereka buat sendiri dan kreativitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran menjadikan siswa lebih aktif dan proses pembelajaran lebih efektif. Sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik
Nama: Mayang Sari Tarigan
Nim : 855865201
Menurut saya pembelajaran yang dijelaskan bagus
Nama : Cindy Grasella Sibuea
NIM : 856104832
PRODI : PGSD
UPBJJ : Batam
Selamat malam Bapak/Ibu izinkan saya memberikan pendapat mengenai hal-hal berikut :
1. pendapat saya mengenai video pembelajaran PjBL ini sangat penting untuk dipelajari oleh seorang guru, yang dimana banyak sekali tujuan pembelajaran yang di laksanakan secara projek sangat membantu di dalam daya tarik belajar siswa.
2. hal penting yang dapat dipelajari adalah dalam pembelajaran model PjBl ini adanya interaksi yang tinggi antara siswa dan guru, dan juga dalam pembelajaran secara proyek dapat mengetahui permasalahan-permasalahan ataupun kesulitan siswa secara jelas dan terbuka
3. tayangan video ini sangat sesuai dengan cara mengajar atau merancang pembelajaran yang tepat
4. hal yang baik dari video tersebut adalah bagaimana cara kita membawa suasana belajar yang baik sehingga seluruh peserta didik antusias dalam melakukan pembelajaran
terimakasih