silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Nama = Esti Dwi Pratiwi
Nim = 857624408
UPBJJ = PURWOKERTO
Prodi = PGSD
Assalamu’alaikum wr.wb.
Menanggapi video diatas, Video pembelajaran diatas sudah Bagus karena terlihat runtut dan kelas juga terkondisikan dengan baik.
Divideo juga terlihat Seorang guru sudah menggunakan model pembelajaran yang cukup menarik sehingga membangun keaktifan dari siswa yang ada dikelas. Model Pembelajaran yang digunakan kali ini adalah PJBL, model pembelajaran berbasis Projek yang diikuti oleh beberapa sintak yang sesuai.
Seluruh siswa terlihat antusias dan senang dengan pembelajaran yang dibawakan karena memang sesuai dengan yang ada dikehidupan nyata. Hal ini juga membuat anak-anak juga menjadi lebih kreatif, saling bekerja sama dengan kelompoknya dimulai dengan berdiskusi, membuat jadwal dan membuat hasil dari ide yang mereka utarakan. Anak-anak juga belajar untuk menganalisa kekurangan dari produk yang mereka buat sendiri.
Terima kasih
Nama ; Eka marfungatus sangidah
Nim : 856974707
Pokjar kota agung barat
Upbjj bandar lampung
Menanggapi dari video di atas vidio pembelajaran tersebut sudah baik,, proses belajar mengajar berjalan secara beruntun dan siswa juga antusias serta semangat dalam. Belajar, terlihat guru sudah menggunakan metode pembelajaran yang menarik sehingga membuat keadaan kelas menjadi kondusif, siswa mengamati, mendengarkan, penjelasan guru dengan tenang, anak anak menjadi lebih kreatif karena pembelajaran yang di bawakan sesuai dengan kehidupan nyata. Anak berdiskusi kelompok dengan tertib, anak mampu membuat jadwal dan mengutarakan ide mereka. Dalam. Vidio tersebut terlihat anak anak mampu menganalisis kekurangan dari apa yang mereka buat.
Nama: Eka marfungatus sangidah
Nim: 856974707
UPBJJ Bandar Lampung
Pokjar Kotaagung Barat
1.Dngan pembelajaran berbasis proyek ( PJBL ) siswa dapat pendekatan pembelajaran yang memberikan kebebasan peserta didik untuk merencanakan aktivitas belajar. Melalui pembelajaran berbasis proyek siswa didorong untuk berpikir kreatif, mengeksplorasi minat mereka dan rasa ingin tahu serta adanya pelaksanaan proyek secara kolaboratif dan menghasilkan produk kerja
2.Hal penting yang dapat diperoleh dari video pembelajaran ini adalah memberikan pengalaman pembelajaran yang mendalam, berpusat pada siswa, dan relevan dengan kebutuhan dunia nyata, yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran serta mempersiapkan diri untuk sukses di masa depan
3.Tayangan video ini sudah sesuai hanya saja perlu ditambah di bagian pembuka seperti doa sebelum belajar, kegiatan absensi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran. bagian penutup seperti menyampaikan kesimpulan secara rinci, serta menyampaikan materi yang akan dipelajari selanjutnya dan disertai dengan do’a penutup dalam mengajar atau merancang pembelajaran
4.Hal yang sangat baik dalam video ini adalah Kita seorang guru dapat mengenal kelebihan dan kekurangan barang yang Mereka buat sendiri dan kreativitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran menjadikan siswa lebih aktif dan proses pembelajaran lebih efektif, Sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.
Nama : Eva Suriani
Nim. : 858072004
Prodi. : PGSD-S1
UPBJJ: 47/ Pontianak
Baik saya akan menangapi video pembelajaran yang sudah saya tonton.
1.Menurut pendapat saya video pembelajaran berbasis proyek ( PJBL) dapat mengatasi masalah yang menghubungkan mereka dengan pengalaman hidup mereka sehingga dapat meningkatkan keterlibatan mereka yang ada dikelas dan dapat meningkatkan kreativitas siswa sehingga siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, pengetahuan dan wawasan mereka akan semakin luas.
2.Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini adalah pembelajaran ini memberikan pengalaman belajar yang baik dan membuat siswa aktif, dan siswa berani menyampaikan pendapat mereka tentang kekurangan dari proyek yang mereka buat
3.Tayangan video ini sangat sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar dan merancang pembelajaran berbasis proyek ini memungkinkan siswa dapat melihat koneksi antara apa yang mereka pelajari di kelas dengan dunia nyata
4.Hal baik dari video tersebut adalah bagaimana cara kita menghadirkan suasana belajar yang baik sehingga siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Nama: Eka marfungatus sangidah
Nim: 856874797
Upbjj Bandar Lampung
Pokjar Kotaagung Barat
1. dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek ( PJBL ), siswa dapat pendekatan pembelajaran yang memberikan kebebasan peserta didik untuk merencanakan aktivitas belajar. Melalui pembelajaran berbasis proyek siswa didorong untuk berpikir kreatif, mengeksplorasi minat mereka dan rasa ingin tahu serta adanya pelaksanaan proyek secara kolaboratif dan menghasilkan produk kerja.
2.Hal penting yang dapat diperoleh dari video pembelajaran ini adalah memberikan pengalaman pembelajaran yang mendalam, berpusat pada siswa, dan relevan dengan kebutuhan dunia nyata, yang dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran serta mempersiapkan diri untuk sukses di masa depan.
3. Tayangan video ini sudah sesuai hanya saja perlu ditambah di bagian pembuka seperti kegiatan doa sebelum belajar, absensi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran dan bagian penutup seperti menyampaikan kesimpulan secara rinci, serta menyampaikan materi yang akan dipelajari selanjutnya dan disertai dengan do’a penutup di akhir pembelajaran
4.Hal yang sangat baik dalam video ini adalah Kita seorang guru dapat mengenal kelebihan dan kekurangan barang yang Mereka buat sendiri dan kreativitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran menjadikan siswa lebih aktif dan proses pembelajaran lebih efektif. Sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik
Nama : Ruth Samosir
Nim. : 856035817
Program studi : PGSD S1
Pokjar : Toba
1.Dengan pembelajaran berbasis proyek (PBL), siswa mengatasi masalah yang menghubungkan mereka dengan pengalaman hidup mereka, sehingga meningkatkan keterlibatan mereka di kelas. dan meningkatkan kreativitas siswa… Dan ketika siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajarannya, retensi pengetahuannya akan meluas.
2. Pembelajaran berbasis proyek merupakan kesempatan bagi siswa untuk bisa menciptakan barang baru yang bisa di gunakan yang terbuat dari sampah plastik dan siswa juga bisa mengkritik dan merevisi pendekatan mereka ketika menemui kendala. Ketika mereka terus secara aktif mengeksplorasi masalah dunia nyata, mereka memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut – mereka harus, terus maju
3. menurut saya video pembeliaran tersebut sangat sesuai dengan kebutuhan guru dalam mengajar atau merencanakan pembelajaran karena siswa bisa lebih aktif dan kreativitas
Serta menggunakan berbagai macam media sehingga dapat membangkitkan semangat siswa dalam menerima pembelajaran
4 Hal baik yang yang terdapat dalam video di atas adalah siswa bisa mengenal kelebihan dan kekurangan barang yang mreka buat sendiri dan kreativitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran menjadikan siswa lebih aktif
Dan peran guru sebagai motivator dapat mendorong siswa dalam meningkatkan kegairahan dan pengembangan kegiatan belajar siswa.
Nama : Ruth Samosir
Nim. : 856035817
Program studi : PGSD S1
Pokjar :Toba
1.Dengan pembelajaran berbasis proyek (PBL), siswa mengatasi masalah yang menghubungkan mereka dengan pengalaman hidup mereka, sehingga meningkatkan keterlibatan mereka di kelas. dan meningkatkan kreativitas siswa… Dan ketika siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajarannya, retensi pengetahuannya akan meluas.
2. Pembelajaran berbasis proyek merupakan kesempatan bagi siswa untuk bisa menciptakan barang baru yang bisa di gunakan yang terbuat dari sampah plastik dan siswa juga bisa mengkritik dan merevisi pendekatan mereka ketika menemui kendala. Ketika mereka terus secara aktif mengeksplorasi masalah dunia nyata, mereka memperoleh pengetahuan yang lebih mendalam yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut – mereka harus, terus maju
3. menurut saya video pembeliaran tersebut sangat sesuai dengan kebutuhan guru dalam mengajar atau merencanakan pembelajaran karena siswa bisa lebih aktif dan kreativitas
Serta menggunakan berbagai macam media sehingga dapat membangkitkan semangat siswa dalam menerima pembelajaran
4 Hal baik yang yang terdapat dalam video di atas adalah siswa bisa mengenal kelebihan dan kekurangan barang yang mreka buat sendiri dan kreativitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran menjadikan siswa lebih aktif
Dan peran guru sebagai motivator dapat mendorong siswa dalam meningkatkan kegairahan dan pengembangan kegiatan belajar siswa.
Nama : IRMA ALFA SAKINAH MARULAFAU
NIM : 856034141
Prodi : PGSD-S1
UPBJJ : 12/MEDAN
1. Menurut saya, Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) tersebut sangat bagus dan menarik, dimana dalam video tersebut guru telah mengimplementasikan sintak dari model Project Based Learning (PjBL) dengan memberi pertanyaan tahap awal sebagai langkah awal kegiatan pembelajaran. Kemudian, guru telah menggunakan media pembelajaran yang menarik perhatian siswa yaitu berupa gambar/slide. selain itu, Guru menjabarkan materi dengan mengaitkan dalam kehidupan sehari-hari siswa sehingga mereka serta mempersiapkan alat bantu mengajar yang menyenangkan dan juga mengajarkan nilai moral kepada siswa. Dalam video tersebut, dapat membantu siswa untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi mereka masing-masing.
2. Hal penting yang dapat saya peroleh dari video pembelajaran tersebut yaitu : mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman mengajar yang menarik tentang pembelajaran yang dilakukan, sehingga menjadi panduan saja dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. Adapun yang menjadi kekurangan dari video tersebut, akan saya jadikan sebagai perbaikan pembelajaran ke depan supaya lebih baik lagi.
3. Ya, tayangan video tersebut sesuai dengan kebutuhan saya dalam mengajar dan merancang pembelajaran.
4. Adapun hal yang sangat baik dalam video tersebut yaitu guru dan siswa terlihat aktif dan kreatif.
Nama : siti handayani
Nim : 855864098
UPBJJ: MEDAN
POKJAR : labuhan batu
Saya ingin Menanggapi vidio diatas tayangan video ini sudah sesuai hanya saja perlu ditambahkan untuk bagian pembuka seperti berdoa sebelum belajar atau, absensi dan menyampaikan tujuan dari pembelajaran tersebut.. Dalam vidio tersebut banyak pelajaran yg dapat di ambil dan sangat bermanfaat bagi peserta didik,,dan peserta didik juga terlihat antusias dan senang pembelajaran yg dibawakan karna memang sesuai dengan yg di kehidupan nyata,,
Nama : Rahmad Andri Wianto
Nim : 856233617
Upbjj : UT Padang
Pokjar : Harau
1 pada pembelajaran berbasis proyek atau pjbl dalam hal ini siswa dapat melakukan sebuah pendekatan pembelajaran dengan memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada peserta didik dalam merencanakan aktivitas belajar. Pada aktivitas belajar siswa dapat mengekspresikan dan mengeluarkan pemikiran-pemikiran yang inovatif dalam proyek pelaksanaan pembelajaran secara kolaboratif untuk menghasilkan sebuah produk kerja
2. Hal-hal penting dari video pembelajaran tersebut yaitu relevan dengan kehidupan yang ada di dunia nyata siswa menjadi pusat dari pembelajaran tersebut sehingga pembelajaran menjadi semakin mendalam dan memberikan pengalaman yang berarti kepada siswa Hal ini dapat membantu siswa mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih baik dan membantu dalam proses pembelajaran
3. Hal-hal yang dapat ditambahkan dari kegiatan tersebut yaitu seperti sebelum belajar seorang guru melakukan kegiatan berdoa sebelum belajar menurut agama masing-masing, melakukan absensi dan menekankan tujuan pembelajaran pada hari, pada kegiatan penutup dapat menyampaikan beberapa kesimpulan secara rinci tentang materi yang telah dipelajari dan memberikan umpan balik kepada siswa, lalu disertai dengan berdoa pada akhir pembelajaran tersebut
4. Beberapa hal yang positif yang dapat kita ambil dari video tersebut yaitu sebagai seorang guru harus bisa mengerti tentang pembelajaran yang berlangsung tentang Apa saja kelebihan serta kekurangan dari pembelajaran sehingga membuat yang membuat siswa ikut aktif dalam pembelajaran dan menumbuhkan kreativitas dalam melindungi keseimbangan abiotik dan biotik dan melestarikannya dengan cara mendaur ulang botol-botol bekas dan membuat hasil karya yang menggunakan imajinasi siswa menjadi barang yang berguna