silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Nama :Lia Aprianingsih
Nim. : 878260051
Menurut pendapat saya video pembelajaran tersebut sangat baik,sudah terkonsep secara sistematis.suasana kelas berwarna,metode yang digunakan pun membuat siswa aktif, kreatif, media pembelajaran pun menarik perhatian siswa terlihat dari wajah siswa.gurunya telah membimbing dalam kegiatan berkelompok.
Nama : syahrudin
Nim : 857219776
Ijin berpendapat
Dalam pidio pembelajaran PBL (problem based learning) memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif dan menciptakan suasana belajar yang interaktif Siswa diberikan kesempatan untuk aktif di kegiatan pembelajaran, dan arahan dari seorang guru yang jelas di mengerti bagi murid-murid.
Terimakasih
Nama : Noviyanti
NIM : 857125126
Pokjar : Serang Baru
UPBJJ : UT Jakarta
Menurut pendapat saya setelah melihat video di atas Guru dapat menguasai kelas dengan pembelajaran PBL. Pendekatan pembelajaran yang memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk merencanakan aktivitas belajar, melaksanakan proyek secara kolaboratif, dan pada akhirnya menghasilkan produk kerja yang dapat dipresentasikan kepada orang lain.
Dari video di atas siswa dapat memahami bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan alam sekitar.
Nama : Nurhajjiah Nasution
Nim : 878368503
Pokjar : serdang Bedagai
Dari video yang dilampirkan diatas saya mendapatkan point positif untuk proses pembelajaran, yakni :
1. Guru menerapkan discopery learning dimana melibatkan semua interaksi antara murid dan guru serta membuat imajenasi anak bergerak untuk konsep pengetahuannya,
2. Guru membuat media yang menarik sehingga anak-anak juga antusias dalam mengikuti pembelajaran dan fokus.
3. Konsep pembelajaran yang sesuai dengan RPP/modul ajar yang dubawakan guru sudah tepat.
Nama:Angga Abiansah
Nim:856828087
Pokjar:Seluma
Menurut saya dalam tayangan vidio tersebut menunjukan kegiatan pembelajaran yang efektif dengan menggunakan metode pjbl(project based learning)adalah sebuah metode pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media yang diterapkan dapat membuat siswa semakin aktif dalam kegiatan pembelajaran siswa dapat pengalaman belajar karna mengalami langsung pembelajarannya,siswa diberikan kesempatan untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran dan menciptakan suasana belajar sangat interaktif dan siswa memahami cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar.
Mohon izin berkomentar :
Nama : Bekti Trias Ambarsari
NIM : 858000108
Pokjar : Gunung Kidul
UPBJJ : Yogyakarta
Menurut saya dari video di atas sangat baik, komunikasi antara murid dan guru sudah bagus.. guru sudah mempersiapkan rancangan pembelajaran yang digunakan yaitu Problem Based Learning yang mana dalam metode ini membuat siswa aktif saat kegiatan pembelajaran berlangsung, guru dalam mengajar tidak berpacu hanya degan buku tetapi guru bisa memanfaatkan alat pembelajaran yang lainnya sehingga siswa mendapat pengalaman belajar yang nyata. Saya juga dapat menyimpulkan dalam video pembelajaran ini guru dapat menggali potensi serta keaktifan siswa di kelas. Sehingga siswa slalu aktif dalam pembelajaran.
Nama : Ardianto
Nim : 855718239
Pokjar : Sidomulyo
Upbjj : Bandar Lampung
Menurut pendapat saya, video materi yang ditampilkan sangat baik. Guru sangat menguasai materi dan membuat kelas hidup. Dalam model PJBL, fokusnya adalah pada proyek atau tugas yang melibatkan siswa secara langsung. Dalam video tersebut, siswa diberi kesempatan untuk terlibat dalam proyek yang relevan dengan kehidupan nyata, memungkinkan mereka untuk mengalami pembelajaran yang lebih mendalam dan bermakna.
Langkah-langkah pembelajaran disusun secara sistematis, memandu siswa melalui proses pemecahan masalah dan pengembangan proyek. Guru memberikan arahan yang jelas dan dukungan yang diperlukan agar siswa dapat mengatasi tantangan yang ada.
Dan tentunya pada video pembelajaran tersebut siswa diarahkan bagaimana cara untuk menjaga kebersihan lingkungan, alam sekitar dan memanfaatkan sesuatu untuk menjaga ekosistem biotik dan abiotik.
Intinya, guru menguasai materi dan peserta didik aktif.
Nama : Gabriel Raihany Rayagung
Nim : 857141073
Prodi : S1-PGSD
Dari analisis video tersebut yang saya pahami dari sudut pandang saya, video pembelajaran tersebut menampilkan penerapan yang sangat efektif dari model pembelajaran PJBL . Guru tampaknya memilih strategi dan metode yang tepat, sehingga langkah-langkah pembelajarannya terstruktur dengan baik, memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif dan menciptakan suasana belajar yang sangat interaktif.
Dalam model PJBL, fokusnya adalah pada proyek atau tugas yang melibatkan siswa secara langsung. Dalam video tersebut, siswa diberi kesempatan untuk terlibat dalam proyek yang relevan dengan kehidupan nyata, memungkinkan mereka untuk mengalami pembelajaran yang lebih mendalam dan bermakna.
Langkah-langkah pembelajaran disusun secara sistematis, memandu siswa melalui proses pemecahan masalah dan pengembangan proyek. Guru memberikan arahan yang jelas dan dukungan yang diperlukan agar siswa dapat mengatasi tantangan yang ada.
Melalui penerapan model PJBL, siswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga mengaplikasikan konsep-konsep tersebut dalam konteks yang nyata. Hal ini membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kolaboratif, dan pemecahan masalah yang penting untuk sukses di dunia nyata. Secara keseluruhan, video pembelajaran tersebut memperlihatkan bahwa model PJBL dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, karena mereka diberi kesempatan untuk belajar secara aktif, terlibat dalam proyek yang relevan, dan mengalami pembelajaran langsung yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.
Nama : ADE KUSUMAWATI
NIM : 857636631
UPBJJ : Purwokerto
Assalamulaikum wr wb..
Baik saya akan menanggapi
Menurut saya pada video tersebut sudah bagus,
terlihat siswa dapat fokus mendengarkan dan Guru menjelaskan dengan baik. Komunikasi antara Guru dan siswa sangat baik. Suasana kelas tidak membosankan sehingga pembelajaran sangat menyenangkan. Gurunya juga rapi .
Namun, ada beberapa hal yang kurang dalam video tersebut, yaitu Guru kurang tegas terhadap siswa sehingga siswa sedikit berisik.
Demikian tanggapan singkat dari saya…
Terima Kasih,,,
Wassalamualaikum wr wb…
Nama : Musdianto
NIM: 859946261
UPJJ: DKI JAKARTA
Secara keseluruhan pembelajaran berbasis Projek seperti dalam vidio tersebut sudah menggambarkan bagaimana mengelola kelas menjadi lebih teratur, menyampaikan tujuan, presenasi dan evaluasi projek. Namun alangkah lebih baiknya jika guru menyampaikan dahulu tentang pemahaman materi menjaga lingkungan dengan memberikan modul atau materi dari buku dan PFT. Setelah itu anak mengidentifikasi masalah lingkungan dan mencari solusi. Nah guru dapat mangarahkan projek apa yang akan anak buat. Harapannya setelah anak mempelajari lingkungan dan mencari solusi masalah lingkungan, anak akan termotivasi membuat projek yang bermanfa’at tinggi. Demikian terima kasih