silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya.
Sayangnya, dalam interaksi antara manusia dengan dua kompenen lingkungan hidup ini, seringkali menimbulkan efek yang kurang baik. Misalnya saja ulah perbuatan manusia yang tidak bertanggungjawab menimbulkan kerusakan lingkungan abiotik bahkan tidak jarang membuat komponen biotik menjadi mati.
Tentunya hal ini dapat dicegah sebelum semakin banyak kerusakan di muka bumi. Salah satu caranya adalah dengan mengedukasi sejak dini kepada siswa siswi, agar mereka memiliki bekal kecakapan hidup dan rasa peka terhadap lingkungan hidup.
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem. Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
- Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
- Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
- Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Assalamu alaikum Wr.Wb.
Salam sejahtera, untuk semuanya saya :
Nama : Marjuki
NiM : 857814368
Prodi : PGSD-S1 UT POKJAR Pergunu Wonogiri
A. Dari tayangan video yang telah saya amati didalam vidio tersebut yang berjudul “Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar”. Dimana didalam pembelajaran tersebut termasuk dalam pembelajaran project based learning atau istilahnya PJBL yang mana didalam pembelajaran itu menggunakan proyek atau suatu kegiatan nyata sebagai inti dari pembelajaran. Menurut pendapat saya materi yang disampaikan mudah dipahami dan anak- anak sangat semangat mengikuti arahan dan melaksanakan semua instruksi yang diberikan oleh Bapak gurunya. Saya sangat terbantu sekali dengan tayangan video di atas karena bisa sebagai referensi mengajar di kelas.
B. Dalam vidio pembelajaran tersebut saya kira sudah menggunakan langkah – langkah pembelajaran yang sistematis dari pembukaan dikelas, kegiatan inti, hingga sampai pada Kegiatan penutup.
C. Guru pembimbing dalam vidio tersebut sudah bagus dalam melaksanakan kegiatan eksplorasi dan elaborasi. Sehingga bisa langsung interaktif dengan siswa, merangsang dan menggiring pemantapan berfikir siswa dalam menerima materi yang akan dipelajari.
Mungkin demikian dari saya, sekian dan terimakasih . .
Wassalamu alaikum Wr.Wb.
Assalamu alaikum Wr.Wb.
Salam sejahtera, untuk semuanya saya :
Nama : Marjuki
NiM : 857814368
Prodi : PGSD-S1 UT POKJAR Pergunu Wonogiri
A. Dari tayangan video yang telah saya amati didalam vidio tersebut yang berjudul “Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar”. Dimana didalam pembelajaran tersebut termasuk dalam pembelajaran project based learning atau istilahnya PJBL yang mana didalam pembelajaran itu menggunakan proyek atau suatu kegiatan nyata sebagai inti dari pembelajaran. Menurut pendapat saya materi yang disampaikan mudah dipahami dan anak- anak sangat semangat mengikuti arahan dan melaksanakan semua instruksi yang diberikan oleh Bapak gurunya. Saya sangat terbantu sekali dengan tayangan video di atas karena bisa sebagai referensi mengajar di kelas.
B. Dalam vidio pembelajaran tersebut saya kira sudah menggunakan langkah – langkah pembelajaran yang sistematis dari pembukaan dikelas, kegiatan inti, hingga sampai pada Kegiatan penutup.
C. Guru pembimbing dalam vidio tersebut sudah bagus dalam melaksanakan kegiatan eksplorasi dan elaborasi. Sehingga bisa langsung interaktif dengan siswa, merangsang dan menggiring pemantapan berfikir siswa dalam menerima materi yang akan dipelajari.
Mungkin demikian dari saya, sekian dan terimakasih . .
Wassalamu alaikum Wr.Wb.
Syallomm,,,
Nama saya : Febernidar Halawa
Nim : 856023274
Program Studi : PGSD
Pokjar : Disdik Nias Barat
UPBJJ : Medan
Izin saya menanggapi diskusi ini. Yang dimana pertanyaannya yaitu :
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
Menurut saya, mengenai video pembelajaran berbasis proyek (PJBL) ini adalah:
Sangat menarik sekali, yang dimana dalam metode pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media, akan menjadikan siswa lebih aktif dan kreatif dalam menguasai pembelajaran yang telah diajarkan guru pengajarnya.
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
Menurut saya, hal penting yang diperoleh dari video pembelajaran ini adalah:
Dalam video ini ditampilkan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan hidup dalam model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Lingkungan biotik dan abiotik serta cara menjaga keseimbangan ekosistem.
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?.
Menurut saya, pada tayangan video ini adalah:
Suatu media yang dirancang secara sistematis dengan berpedoman kepada kurikulum yang berlaku di dalam pengembangannya. Sehingga belajar melalui video akan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, dan juga memudahkan peserta didik untuk memahami konteks mata pelajaran.
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
Menurut saya, hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah:
Siswa akan berdialog tentang kerusakan lingkungan dan mereka akan membuat projek sebagai salah satu cara mencegahnya, dengan menggunakan botol bekas.
Demikian tanggapan saya, Terimakasih.
Assalamualaikum wr.wb
Nama : Kurniawati
Nim. : 856493201
Prodi : S1 Pgsd
Setelah melihat Vidio mengajar tersebut
1. Bagaimana pendapat anda mengenai Vidio pembelajaran berbasis proyek( PJBL)?
Menurut pendapat saya pembelajarannya sangat menarik dan pelajar aktif dalam kegiatan belajar mengajar didalam Vidio tersebut,dengan pembelajaran berbasis proyek kelas sangat kondusif,tenang dan menyenangkan.
2. Hal penting apa yang anda peroleh dari Vidio pembelajaran ini?
Yaitu pelajar bisa menjawab pertanyaan dari guru,yaitu tentang pantai biotik dan pantai abiotik.
3. Apakah tayangan Vidio sesuai dengan kebutuhan anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
Tayangan Vidio diatas sesuai dengan kebutuhan dalam mengajar dan merancang pembelajaran,karena media nya menarik,sehingga anak aktif dalam proses pembelajaran.
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam Vidio ini?
Menurut saya yang sangat baik dalam visdio ini adalah kondisi kelas yang kondusif dan menyenangkan dalam pembelajaran.
Nama : Tri Wahyuningsih
NIM : 857814178
Program Studi : S-1 PGSD
Pokjar : Wonogiri
UPBJJ : Surakarta
1. Menurut pendapat saya terkait video pembelajaran berbasis pyoyek (PJBL) ini adalah bahwasanya dalam pembelajaran PBJL ini sangat baik apabila diterapkan didalam kelas karena dalam pembelajaran PBJL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa didin untuk belajar, mendorong kemampuan peserta didik untuk melakukan pekerjaan penting dan peserta didik perlu dihargai. Dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah yang akan dihadapi oleh peserta didik, peserta didik menjadi lebih aktif dan berhasil dalam memecahkan masalah, meningkatkan kolaborasi, mendorong peserta didik untuk mengembangkan dan mempraktekkan keterampilan dalam berkomunikasi, guru juga melibatkan peserta didik untuk belajar mengambil informasi yang menunjukkan pengetahuan yang dimiliki, serta membuat suasana belajar menjadi menyenangkan, sehingga peserta didik menikmati proses pembelajaran.
2. Hal penting yang saya peroleh dari video diatas adalah sebagai seorang guru harus bisa membangkitkan suasana kelas menjadi kreatif dan meningkatkan antusias belajar siswa di kelas, hal ini membuat anak – anak aktif dan tidak merasa bosan didalam kelas.
3. Video diatas sudah sesuai dengan kebutuhan dalam saya dalam mengajar atau merancang pembelajaran hal ini karena dalam video pembelajaran tersebut berisi rancangan belajar yang sesuai dengan urutan kegiatan pembelajaran seperti pendahuluan, pembukaan diawal pembelajaran, penyampaian materi, dan penutup yang disisipi ice breaking oleh guru sehingga anak – anak tidak merasa bosan dalam belajar.
4. Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah dalam menyampaikan pembelajaran guru sangat menguasai kelas sehingga anak – anak tidak merasa bosan, guru juga memberikan kesempatan siswa untuk menyampaikan pendapatnya sehingga siswa aktif dalam belajar.
1.Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
menurut saya sudah baik dalam menyampaikan materi sudah urut dari awal sampai akhir, model pembelajarannya sudah sesuai serta menerapkan IT.
2.Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
3.Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
sudah sesuai
4.Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
kesesuaian materi yang diterapkan, aktifan siswa, kreatifitas siswa, media , sumber belajar dan penggunaan IT turut diterapkan.
Nama : Nurbaiti
Nim : 855892216
Menurut saya
-Pembelajaran berbasis proyek sangat bagus karena dapat membuat suasan kelas lebih hidup,menyenangka,murid jg lebih aktif .
-Pembelajaran dengan menggunakan proyek lebih menyenangkan
-sangat sesuai
-Guru yg menguasai kelas,materi,guru yg kreatif
Nama Lengkap : SISKA ARYSANTY
NIM : 8587634636
Prodi : PGSD_BI / KELAS B
Pokjar : KALIJOGO
1. Bagaimana pendapat Anda mengenai Video Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) ini?
menurut pendapat saya dari vidio Pembelajaran Berbasisi Projek ( PjBL) yang berjudul pembelajaran IPAS dalam kurikulum BPKM di sekolah Dasar dimana pembelajaran tersebut berbasis pada peserta didik
atau biasa disebut student center . peran aktif peserta didik dalam pembelajaran untuk melakukan penyelidikan / investigasi berupa pertanyaan -pertanyaan terbuka dengan menerapakan pengetahuan untuk menghasilkan suatu produk nyata.
2. Hal penting apa yang Anda peroleh dari video pembelajaran ini?
terbapat kegiatan eksplorasi dan elaborasi guru membimbing peserta didik dalam memecahkan masalah sehingga peserta didik memperoleh pengetahuan dan ketrampilan , kecakapan, melatih kolaborasi peserta didik dengan kelompoknya
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengajar atau merancang pembelajaran?
ya dengan adanya vidio ini menambah inspirasi bagi seorang guru untuk menciptakan kegiatan eksplorasi dan elaborasi sehingga terjadi interaktif dengan siswa dimana metode pembelajaran yang digunakan projek atau kegiatan belajar sebagai media
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini?
a. Dalam pembelajaran di vidio ini terdapat sintah atau langkah-langkah dalam pembelajaran
b. Pembelajaran berfokus/ berbasisi peserta didik
c. Peserta didik berperan aktif dalam pembelajaran
d. terjadi kerjasama atau kolaborasi yang baik antara peserta didik dengan kelompoknya untuk menghasilkan suatu produk.
e. Guru mengarahkan dan membimbing siswa dalam melakukan kegiatan ekplorasi dan elaborasi
1. Menurut saya dalam pembelajaran ini sudah bagus sebelum guru memulai pembelajaran guru memberi motivasi kepada anak agar semangat belajar
2. Hal penting yg saya peroleh dari video ini ada bahwa guru itu harus mempunya ikatan atu kemistri dengan anak-anak dan cara menjelaskan pembelajarannya juga mudah difahami anak
3. Ya sesuai
4. Hal yang sudah sangat baik dalam video menurut saya semua pembelajarannya sudah sangat baik dari pembukaan inti dan penutup
Disi pak guru pada awal pembelajaran tidak langsung menerangkan materi kepada anak-anak melainkan memancing anak-anak dengan pertanyaan-pertanyaan yg menyangkut pembelajaran itu membuat anak-anak semakin antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Assalamualaikum wr.wb
Nama : MURTIANI
NIM : 857751948
PROGDI : PGSD
Izin menjawab diskusi tentang ” Pembelajaran IPAS dalam kurikulum MBKM di Sekolah Dasar”
1. Bagaimana pendapat anda mengenai video pembelajaran Berbasis Proyek (PJBL ) ?
Menurut pendapat saya tentang video pembelajaran berbasis proyek ( PJBL ) sangat menarik sekali karena guru sudah menggunakan media yang tepat untuk menyampaikan materi dan membuat pertanyaan mendasar tentang materi yang akan disampaikan sehingga anak – anak merasa penasaran sehingga memperhatikan video pembelajaran yang ditampilkan.
2. Hal penting apa yang anda peroleh dari video pembelajaran ini ?
Hal penting yang saya peroleh dari video pembelajaran ini adalah langkah – langkah dalam pembelajaran berbasis proyek yaitu diawal pembelajaran, kegiatan inti sampai proses daur ulang menjadi suatu produk. Selain itu metode pembelajaran guru sangat menarik sehingga peserta didik interaktif dan aktif selama proses pembelajaran.
3. Apakah tayangan video ini sesuai dengan kebutuhan anda dalam mengajar/ merancang pembelajaran ?
ya sangat sesuai dengan kebutuhan mengajar saya dan video pembelajaran tersebut bisa menjadi referensi saya dalam mengajar.
4. Apa saja hal yang sudah sangat baik dalam video ini ?
Hal yang sudah sangat baik dalam video ini adalah langkah- langkah kegiatan pembelajaran mulai dari kegiatan awal dengan membuat pertanyaan yang mendasar tentang materi sehingga memicu keaktifan peserta didik, men- desain perencanaan, mengatur jadwal pembuatan, jadwal proses pembuatan dan pengumpulannya sampai memonitor keaktivan peserta didik selama proses pembuatan produk.
Terima kasih, Wassalamualaikum wr. wb