Similar Posts
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Belajar Penjarian dengan Bermain Recorder tanpa Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang kegiatan belajar anak dalam mempelajari teknik penjarian bermain recorder / suling tangga nada 1 = C pada siswa kelas 4 SD. Pada awal pertemuan guru menyampaikan apersepsi dengan penjelasan bagaimana cara memainkan alat musik sederhana yaitu recorder. Pada topik ini guru…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata…
Mendeskripsikan Benda Secara Tepat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Geometri sebagai bagian dari kajian matematika perlu diperkenalkan dan dipahami siswa sejak awal sekolah. Teori Van Hiele mengungkapkan bahwa tingkat berpikir geometri siswa berawal pada tahap visualisasi. Visualisasi bangun geometri melalui benda-benda representasi di sekitar siswa akan mempermudah siswa membangun pengetahuan geometrinya. Tayangan video ini…
Asyiknya Melakukan Perkalian Dengan Tulang Napier
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan perkalian dengan media karton yang dinamakan “Tulang Napier”. Dengan metode ini anak-anak jadi lebih mudah memahami perkalian dua buah bilangan. Vera Maya Santi, M.Si. Pakar Dosen Video ini diawali dengan ungkapan guru yang akan menyajikan bilangan bulat. Ungkapan…
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Nama : Nindita Nur Ramadhany
NIM : 859697008
Prodi: PGSD S1 Semester 6
Pokjar: PUTRA BANGSA JOMBANG
Assalamulaikum wr.wb
Menurut analisa saya guru sudah melakukan metode pembelajaran dengan baik, mampu menciptakan pembelajaran yang bervariasi sehingga pembelajaran menjadi evektif.
Penguasaan mateeri yang akan disampaikan sudah baik, dan guru tersebut berhasil memiliki kemampuan menciptakan situasi belajar mengajar yang mempunyai interaksi tinggi yang lebih untuk menarik siswa lebih focus
NAMA : NINDITA NUR RAMADHANY
NIM : 858697008
POKJAR : PUTRA BANGSA JOMBANG
Assalamualaikum wr.wb
Menurut analisa saya guru sudah melakukan metode pembelajaran dengan baik, mampu menciptakan pembelajaran yang bervariasi sehingga pembelajaran menjadi evektif.
Penguasaan materi yang akan disampaikan sudah baik, dan guru berhasil memiliki kemampuan menciptakan situasi belajar mengajar yang mempunyai interaksi tinggi sehingga dapat menarik siswa lebih fokus.
Nama : Riska Apriani
Nim : 856943275
Prodi : PGSD S1 Semester 8
Upbjj-ut: Bandar Lampung
Pokjar : Sidomulyo
Menurut saya pembelajaran di dalam video tersebut sudah bagus karena guru dapat mewujudkan kegiatan seperti menggambar mewarnai menari dan bernyanyi dalam satu kegiatan yang sama siswa juga antusias dalam pembelajaran tetapi pada video tersebut guru memulai kelas tidak dengan berdoa bahkan guru tidak mengecek kehadiran siswa menurut saya itu saja menurut hasil analisis saya atas video tersebut selebihnya guru menjelaskan dengan cukup bagus.
NAMA : NURUL ADHA
NIM : 859377374
PRODI : PGSD-S1
SEMESTER 8
POKJAR : LUWU
menurut saya isi dari pembelajaran sudah bagus, guru telah mewujudkan kegiatan seperti menggambar mewarnai menari dan bernyanyi dalam satu kegiatan yang sama siswa juga antusias dalam pembelajaran. sikap bapak dalam pembelajaran sudah baik. namun yang saya lihat dari video adalah guru tidak membukka kelas dengan berdoa dan mengecek kehadiran siswa. selain itu guru juga tidak memaparkan tujuan dari pembelajaran pada hari itu.
NAMA : INTAN FITRIA E. W
NIM : 85901581
PRODI : PGSD-S1
SEMESTER 6
POKJAR : WULUHAN
Kelebihannya dari video tersebut
1. guru memberikan pembelajaran yang sedikit menarik mulai dari menyanyi, menggambar, dan keterampilan karya seni. 2. Memberikan lirik lagu dan dinyanyikan secara bersama dengan siswa/i,
3. kemudian guru menyuruh siswa untuk memperagakan gerakan tari dari karya seni kupu-kupu tersebut. Sehingga pembelajaran yang diberikan guru tersebut terkesan sangat bervariasi.
Dan untuk kelemahan menurut saya, yakni pada saat pembelajaran guru kurang memberikan penjelasan secara rinci pada saat awal pembelajaran dimulai mungkin karena waktu yang kurang juga.
SEKIAN TERIMAKASIH
NAMA : APRILIA NUR INDRIANI
NIM : 858691551
PRODI : S1-PGSD
Assalamu’alaikum wr wb
saya akan memberi komentar pada video Pembelajaran Seni Terpadu Guru Pintar Online (GPO)
Dalam video tersebut pembelajaran seni di sd merupakan pembelajaran yang dimana guru bisa membangkitkan kreativitas anak yang terpendam. pada dasarnya guru harus bisa berfikir kreatif agar materi yang diajarkan pada anak mudah terserap atau mudah di terima oleh anak. dari video yang saya lihat barusan sudah menerapkan kekreatifan guru dalam melaksanakan pembelajaran seni di sd. mungkin ada beberapa yang krlupaan dalam video tersebut pada saat mengawali pembelajaran sebaiknya guru mengajak anak untuk berdoa sebelum memulai pelajaran dan dilanjutkan dengan memberi semangat pada anak seperti tepuk semangat atau kegiatan yang lain. kemudian tak lupa juga untuk selalu mengecek kehadiran siswa sebagai simbol keaktifan pada siswa. untuk pembelajaran yang sudah di terapkan sangat bagus dan sangat menginspirasi guru-guru yang lain, agar bisa lebih kreatif dalam membimbing siswa-siswanya. mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan sebagai koreksi pembelajaran yang di terapkan.
Terimakasih
Wassalamu’alaikum wr wb
Nama mahasiswa: Irma Komariah
Nim : 858424908
Matkul : PKM-PGSD / PDGK4209
kasus 2 menganalisis video pembelajaran seni secara terpadu di portal guru pintar (GPO)
Link video: https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/pembelajaran-seni-secara-terpadu/
1.Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Jawaban : reaksi anak atau siswa terhadap kegiatan pembelajaran tersebut sangat antusias sekali. Siswa juga mendengar arahan yang diinstruksikan oleh guru dengan baik.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawaban : Dari video ini terlalu lama masuk dalam inti video pembelajaran sehingga sangat singkat video pembelajarannya. Guru aktif tetapi agak kaku dalam mengajar seperti kurang tersenyum. Guru tidak menjelaskan tentang materi secara rinci dan langsung memulai untuk menggambar, menari dan bernyanyi.
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawaban : Guru mengawali pembelajaran dengan sangat aktif (bertanya tentang kabar, melalui pembelajaran dengan bertanya materi yang akan dibahas). Guru memberi apresiasi kepada siswa yang menjawab pertanyaan. Guru mempraktekkan langsung dalam pembelajaran dan mengajak siswa-siswinya untuk menari bersama.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawaban : Siswa-siswi sangat aktif dalam menggambar bernyanyi dan menari, karena mereka diberi kesempatan untuk mengekspresikan sesuai dengan kemampuannya
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawaban : Menurut saya, video yang sudah saya lihat sudah bagus dan sudah sesuai dengan topik yang diberikan. Namun ada upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran selanjutnya diantaranya sebagai berikut :
a). Guru harus lebih memperhatikan semua siswa pada saat pembelajaran berlangsung.
b). Guru harus banyak bertanya kepada siswa, ada kesulitan apa pada saat pembelajaran tersebut berlangsung, terutama pada saat menggambar bentuk Kupu-kupu.
c). Guru harus selalu memberikan semangat dan motivasi siswa, serta menyampaikan kepada siswa untuk selalu mengulang pembelajaran di rumah, agar tidak pernah lupa dalam materi yang sudah diberikan.
Nama : Riana Putri Silalahi
NIM : 858066261
Prodi : S1 PGSD
Semester 6
Beradasarkan analisa yang telah saya lakukan pada video tersebut, guru sudah melakukan metode pembelajaran dengan baik dan menarik. Hal ini dapat dilihat dari reaksi siswa yang aktif saat guru tersebut bertanya. Selain itu, guru juga menulis lirik lagu yang berhubungan dengan hasil kegiatan yang dilakukan, lalu mencontohkan bagimana gerakan dari hewan hasil karya siswa (yaitu kupu-kupu) yang meningkatkan semangat siswa.
Namun, kekurangan yang saya temukan yaitu, guru tidak mengawali kelas dengan berdoa bersama serta mengecek kehadiran siswa. Selain itu, guru juga tidak menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang dilakukan.
Sekian hasil analisis dari saya, terima kasih.
NAMA : RAHMAD
NIM : 858918958
PRODI : S1-PGSD
POKJAR : KALISAT
SEMESTER 6.
berdasarkan analisa saya , pembelajaran yang diberikan oleh guru sangat menarik dan atraktif hal ini dibuktikan dengan siswa dan siswi yang sangat menikmati pembelajaran. menggabungkan gerakan menari dan menyanyi juga menarik sehingga siswa lebih bisa mengembangkat bakat dan minatnya dalam pembelajaran ini. kekurangan pada pembelajaran ini adalah guru tidak melakukan cek siswa siswi yang tidak hadir dan berdoa sebelum pembelajaran dilaksanakan,
NAMA : RAHMAD
NIM : 858918958
PRODI : S1-PGSD
POKJAR : KALISAT
SEMESTER 6.
berdasarkan analisa saya , pembelajaran yang diberikan oleh guru sangat menarik dan atraktif hal ini dibuktikan dengan siswa dan siswi yang sangat menikmati pembelajaran. menggabungkan gerakan menari dan menyanyi juga menarik sehingga siswa lebih bisa mengembangkat bakat dan minatnya dalam pembelajaran ini. kekurangan pada pembelajaran ini adalah guru tidak melakukan cek siswa siswi yang tidak hadir dan berdoa sebelum pembelajaran dilaksanakan,