silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:
- menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
- mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
- menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
- menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
- melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
- menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.
Toto Fathoni
–
–
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.
Herwati, M.Pd
nama : eka marfungatus sangidah
nim : 856974707,upbjj bandar lampung,
dalam vidio tersebut materinya suda baik karena guru menggunakan metode field/karya wisata, sehingganya pembelajaran yang di dapat akan lebih menarik.
namun ada beberapa hal yang perlu guru perhatikan seperti di awal pembelajatan guru tersebut tidak melakuykan apersepsi. seharusnya ketika masuk ke dalam kelas untuk memulai pembelajaran guru melakukan apresepsi, menanyakan kehadiran siswa, memotifasi siswa, agar siswa siap dalam belajar.
guru tersebut menyampaikan materi dengan metode ceramah sehingga siswa sulit memahami apa yang di maksudkan oleh guru,, sebaiknya guru membawa poster proses fotosintesis agar siiswa lebih faham, kegiatan fiel memang sangat bagus sehingganya anak akan fajham bagian bagian penyimpanan cadangan makan pada tanaman .
Nama : Septiani Butar-Butar
Nim :859894471
UPBJJ: Medan
Pokjar : Humbang Hasundutan
jurusan: PGSD BI
tanggapan dalam video 1 yaitu pada saat mengawali pembelajaran guru tidak memberikan motivasi , tidak menyapa murid ” selamat pagi”. kemudian guru tidak menjelaskan lebih detail apa itu Fotosintesis, tidak menggunakan alat peraga dalam menjelaskan materi pelajaran. ada baiknya juga guru bertanya kepada siswa apa itu fotosintesis. dalam video pertama juga ada beberapa siswa tidak bersemangat dalam mengikuti pelajaran karna merasa pelajaran tersebut monoton.
Dalam video kedua dengan menggunakan metode pembelajaran field trip atau karya wisata, dalam video tersebut siswa lebih bersemangat mengikuti karena langsung berbaur dengan lingkungan sesuai dengan pembahasan yang akan mereka pelajari, tetapi dalam pembahasan materi guru tidak menjelaskan apa itu fotosintesis. kemudian diakhir pelajaran guru tidak mengulang kembali apa saja yang dapat dipahami oleh siswa tersebut.
Nama : Ronaldo Dwi Raharjo
Nim : 858685454
menurut saya Strategi yang digunakan sudah cukup baik.
Membawa siswa ke luar kelas untuk mendapat pengalaman langsung mengenai proses fotosintesis adalah kegiatan menyenangkan dan salah satu metode yang baik sebab anak anak cenderung lebih cepat faham jika langsung praktik dan mengamati nya secara langsung.
dan menurut saya, guru tersebut sudah cukup menguasai materi yang yang disampaikan dengan baik dan materi yang guru sampaikan adalah dengan menggunakan metode ceramah. pembelajaran kurang bersemangat dan kurang aktif, karena hanya berpusat pada guru serta kurangnya media yang lain guna penunjang pemahaman siswa kepada materi tersebut
Kekurangan dalam kegiatan pembelajaran yang dapat saya analisis adalah :
– Pada tahap Pembelajaran Awal tidak ada kegiatan pendahuluan yang disampaikan oleh guru sehingga
siswa terlihat kurang siap dalam mengikuti pembelajaran.
– Guru tidak menyampaikan motivasi dalam pembelajaran sehingga siswa terlihat kurang bersemangat
menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
– Pembelajaran yang disampaikan hanya fokus pada metode ceramah sehingga pembelajaran terlihat
membosankan
Sedangkan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah :
– Guru terlihat sangat menguasai materi yang sedang disampaikan. Guru mampu mendorong siswa untuk
menganalisis permasalahan yang ada. Untuk meningkatkan kualitas.
Berdasarkan pengamatan saya dari Video tersebut, tentang“Penggunaan Metode Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar”
Kelebihan:
Metode ini merupakan metode yang menyenangkan karena siswa dapat belajar di luar kelas, tidak sekedar belajar di luar ruangan, metode karya wisata dapat mengajak siswa untuk melihat dan mengamati objek secara langsung. Dalam Metode field trip ke kebun belakang sekolah dalam pengajaran tentang Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan sebenarnya merupakan metode yang baik sehingga dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dan keaktifan siswa dalam belajar.
Cara Mengatasi Kekurangan
Oleh karena itu, sebaiknya guru dapat memperbaiki metode field trip tersebut dengan fokus pada pengajaran cara melakukan observasi tanaman dan memberikan panduan serta pengawasan pada siswa saat melakukan observasi.
Selain itu, dalam membuka awal pelajaran guru bisa memulai memberikan motivasi agar siswa lebih bersemangat dan guru bisa memberikan kegiatan pendahuluan yang baik. Metodepun seharusnya bisa lebih bervariasi tidak menggunakan metode ceramah saja yang terlihat lebih menonjol. Alur dalam strategi pembelajaranpun bisa lebih diperhatikan yang alurnya kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir.
Dengan demikian, siswa akan lebih memahami materi yang diajarkan dan proses pembelajaran menjadi lebih efektif.
Berdasarkan pengamatan saya dari Video tersebut, tentang“Penggunaan Metode Karya Wisata dalam Menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar”
Kekurangan dalam kegiatan pembelajaran yang dapat saya analisis adalah :
– Pada tahap Pembelajaran Awal tidak ada kegiatan pendahuluan yang disampaikan oleh guru sehingga
siswa terlihat kurang siap dalam mengikuti pembelajaran.
– Guru tidak menyampaikan motivasi dalam pembelajaran sehingga siswa terlihat kurang bersemangat
menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
– Pembelajaran yang disampaikan hanya fokus pada metode ceramah sehingga pembelajaran terlihat
membosankan
Sedangkan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah :
Kelebihan:
– Guru terlihat sangat menguasai materi yang sedang disampaikan. Guru mampu mendorong siswa untuk
menganalisis permasalahan yang ada. Untuk meningkatkan kualitas belajar siswa
– Metode ini merupakan metode yang menyenangkan karena siswa dapat belajar di luar kelas, tidak sekedar
belajar di luar ruangan, metode karya wisata dapat mengajak siswa untuk melihat dan mengamati objek
secara langsung. Dalam Metode field trip ke kebun belakang sekolah dalam pengajaran tentang Ilmu
Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan
sebenarnya merupakan metode yang baik sehingga dapat membantu siswa dalam memahami materi
pelajaran dan keaktifan siswa dalam belajar.
Cara Mengatasi Kekurangan
Dalam membuka awal pelajaran guru bisa memulai memberikan motivasi agar siswa lebih bersemangat dan guru bisa memberikan kegiatan pendahuluan yang baik. Metodepun seharusnya bisa lebih bervariasi tidak menggunakan metode ceramah saja yang terlihat lebih menonjol. Alur dalam strategi pembelajaranpun bisa lebih diperhatikan yang alurnya kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir.
Dengan demikian, siswa akan lebih memahami materi yang diajarkan dan proses pembelajaran menjadi lebih efektif.
Nama : Rima Nur Fauzi
NIM : 836400418
Program Studi : S1 PGSD
UPBJJ Bogor – Pokjar Leuwiliang
Menurut saya, video yang ditampilkan oleh ibu guru sudah sangat bagus. Namun, masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki.
Hal yang bagus dari video pembelajaran tersebut adalah ibu guru telah menggunakan strategi pembelajaran dengan sangat baik yaitu dengan mengajak siswa berwisata ke ladang belakang sekolah. Dengan cara ini, siswa bisa melihat langsung bagaimana tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan, yang membuat pembelajaran menjadi berkesan dan menyenangkan.
Namun, ada juga beberapa kekurangan dalam video pembelajaran tersebut. Ibu guru belum menampilkan bagian awal dan akhir pembelajaran, seperti mengabsensi siswa, menanyakan kondisi siswa, dan menyimpulkan pembelajaran. Selain itu, penjelasan materi pun masih kurang jelas. Contohnya, apa pengertian dari istilah fotosintesis dan dimana tempat terjadinya. Ini akan membantu siswa untuk lebih memahami materi yang diajarkan.
Terakhir, waktu di ladang belakang sekolah, guru belum memberikan tugas yang jelas baik secara individu maupun kelompok. Hal ini membuat beberapa siswa terlihat kebingungan dan kesibukan yang harus benar-benar dikerjakan ketika dilapangan.
Assalamualaikum menurut strategi yang digunakan sudah baik, yaitu membawa siswa keluar kelas untuk mendapat pengalaman langsung tentang fotosintesis, guru menyampaikan materi dengan jelas, tetapi sebelum masuk kemateri pembelajaran guru memberikan apersepsi terlebih dahulu
Nama : Fitri Handayani
Nim : 856446607
Dari video pembelajaran diatas mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Kekurangan :
-Guru tidak membuka kelas dengan absensi dan berdo’a
-Guru langsung menjelaskan materi
Kelebihan :
-Guru menggunakan media yang sangat baik yaitu lingkungan sekitar sekolah
Nama : Serviam Gita Cahyani
NIM : 858685558
Prodi : FKIP PGSD
Guru belum menjelaskan apa itu fotosintesis dengan lebih jelas. Guru juga tidak memancing siswa untuk mencari tahu sendiri apa itu fotosintesis.
Strategi yang digunakan sudah cukup baik.
Metode juga sudah cukup baik, yaitu membawa siswa ke luar kelas untuk mendapat pengalaman langsung tentang fotosintesis.
Guru belum menggunakan media dengan memadai.
Sebaiknya guru memberikan lembar observasi (disini dikatakan berupa LKS) yang dapat secara mudah diisi oleh siswa SD dalam melakukan pengamatan.
Nama Rafika Sifa Aini
Nim 856948281
Program studi S1 PGSD
Pokjar Sidomulyo Bandar Lampung
Menurut saya video diatas guru tidak ada salam pembuka tidak ada motivasi minat siswa dalam pembelajaran ini
Pembelajaran yang disampaikan hanya fokus pada metode ceramah sehingga pembelajaran terlihat
membosankan banyak siswa yang masih bingung dengan materi yang disampaikan