silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:
- menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
- mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
- menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
- menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
- melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
- menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.
Toto Fathoni
–
–
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.
Herwati, M.Pd
NAMA : NUR AMINATUN NAJAH
NIM : 858696994
PRODI : PGSD / UPBJJ SURABAYA
diawal pembelajaran guru mbelum membuka atau mengawali pembelajaran guru juga belum mengecek kesiapan siswa dalam memulai pembelajaran, guru juga tidak mengulas kembali pembelajraan yang sudah dilakukan gruu juga tidak memberikan rtugas bagi siswa untuk mengingat dan mematangkan pemahaman siswa.
namun didalam vidio kita bisa belajar
ketika anak kesulitan belajar maka guru harus bisa berinovasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang memungkinkan atau memanfaatkan lingkungan sekitar salah satunya guru bisa menggunakan metode field trip / karya wisata dengan begitu siswa bisa memperoleh pengalaman belajar yang berbeda dan lebih memudahkan mereka dalam memahaminya karena bisa langsung menyaksikan dan bersentuhan langsung dengan apa yang merekaakan pelajari bukan hanya meendengar dan melihatr penjelasan guru secara teori
pengembangan wawsan pengalaman diluar kelas
membantu memahami materi yang tidak bisa didapatkan dikelas.
sebelum melakukan metode field trip harus memperhatikan
1. temnpat yang akan digunakan sebagai sumber belajar
2. mengamati kesesuaian sumber belajar
3. menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai -nilai pendagogis
4. menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum sesuai dengan tujuan
5. menganalisis apakah tujuan telah tercapau atau tidak
6. apakah tujuan terdapat kesulitan
Di video tersebut msh byk kekurangan. Sperti Di kegiatan awal guru tdk mengecek kehadiran, tdk melakukan apersepsi, dan tdk menggunakan media, guru hny melakukan metode ceramah dan tdk menggunakan media shg membuat siswa menghayal dan tidak mengerti. Sbg Guru harusnya menyiapkan media pembelajaran sebelum mengajar, melakukan pembukaan dgn cara mengecek kehadiran dan apersepsi dan menjelaskan serta memberikan contoh dari proses fotosintetis melalui media gambar, dan siswa tdk aktif. Dlm metode fielf trip ini siswa lbh aktif lg belajar dan tdk mnghayal bagaimana tumbuhan menyimpan makanannya krn siswa melihat lgsg benda trsebut dan menuliskan pengalaman di lmbr LKS.
Selamat siang, saya Rifa Auliasari Churul’ain, PGSD BI dengan NIM 857167069
Pada awal video pembelajaran, pendidik tidak membuka dan menstimulus siswa sebelum melakukan pembelajaran agar lebih menarik. Siswa juga lebih pasif dalam pembelajaran dimana seluruh informasi masih berorientasi pada guru. Hal ini adalah metode pembelajaran lama dimana semua informasi diberikan oleh pendidik.
Penyelesaian dari metode dalam video yaitu adalah field trip dimana siswa mengembangkan langsung pembelajaran yang ada di kelas dan dapat menyelesaikan masalah sesuai dengan apa yang siswa pahami. Field trip juga perlu dikembangkan lagi oleh inovasi dari pendidik atau guru dikelas. Tempat, kesesuaian pembelajaran, analisis pembelejaran, analisis nilai pedagogis, dan lainnya. Dimana banyak sekali yang harus di amati dan di pertimbangkan oleh guru. Maka field trip itu tidak hanya sekedar pembelajaran keluar kelas tetapi juga guru dapat membuat siswa mampu dan faham pembelajaran yang sedang terjadi.
NAMA :LISA OKTRIANI ANGGRAENI
NIM :857568467
Guru belum menjelaskan apa itu fotosintesis dengan lebih jelas. Guru juga tidak memancing siswa untuk mencari tahu sendiri apa itu fotosintesis.
Strategi yang digunakan sudah cukup baik.
Metode juga sudah cukup baik, yaitu membawa siswa ke luar kelas untuk mendapat pengalaman langsung tentang fotosintesis.
Guru belum menggunakan media dengan memadai.
Sebaiknya guru memberikan lembar observasi (disini dikatakan berupa LKS) yang dapat secara mudah diisi oleh siswa SD dalam melakukan pengamatan.
Nama : MUHAMMAD KARIM PURBA
Nim : 855995224
Prodi : S1- PGSD
menurut pendapat saya tentang melihat video tersebut yaitu :
1. kekurangan dalam video tersebut ialah guru tidak melakukan kegitan tahap awal yaitu pendahuluan seperti tidak berdoa sebelum memulai pelajaran dan tidak melaksanakan daftar kehadiran siswa .
2. kelebihan dari video tersebut guru mampu menarik perhatian siswa agar siswa dapat menyerap pelajaran dengan mengajak siswa melukan pelajaran diluar kelas yang disebut dengan metode Field.
Nama : Euis Sartika
Nim : 857358949
UPBJJ : BOGOR
Pokjar : Cibadak
https://drive.google.com/file/d/1qTUE-bosoyTt6xDfILPcCufueDDYwjG0/view?usp=sharing
Instrumen
refleksi sebagai berikut :
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukanguru?
Jawab: Ketika di awal pembelajaran siswa merasa tidak antusias untuk mengikuti pembelajaran IPA mereka terlihat biasa saja bahkan terlihat kesulitan memahami materi yang dijelaskan oleh guru, tetapi setelah guru menyampaikan bahwa mereka akan melakukan karyawisata walaupun ke kebun belakang sekolah siswa menjadi termotivasi dan antusias untuk belajar IPA secara sungguh-sunggu dan menyenagkan.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukanpembelajaran?
Jawab: Guru masih belum bisa menggunakan media pembelajaran yang bervariasi untuk menjaga minat dan fokus belajar siswa sehingga guru masih ketergantungan kepada sumber belajar dari sumber buku
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab: Guru mampu membuat inovasi baru dengan melakukan pembelajaran diluat kelas siswa mendapatkan pengalaman belajar langsung di lua kelas dengan benda yang lebih konkret yang sesuai dengan yangdibutuhkan untuk membangkitakan kembali motivasi siswa agar kembali menyukai pembelajaran IPA
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawab: Perubahan sikap siswa yang awalnya tidak berminat untuk belajar IPA berubah drastis sangat antusias untuk belajar IPA ketika siswa mengetahui betapa menyenangkannya belajar IPA yang bisa dipraktekan langsung diluar kelas dengan benda yang lebih nyata.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati daritayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitaskegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab: Kedepannya guru tersebut harus lebih kreatif dalam membuat dan menggunakan metode pembelajaran yang menarik untuk menyampaikan materi pelajaran IPA agar motivasi dan semangat siswa dalam mempelajari IPA tetap terjaga dan meningkat. Sehingga, diharapkan siswa akan senantiasa untuk lebihbersemangat dalam belajar matematika.
Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
Nama : Ardes Muliono Marbun
Nim : 856336861
Jurusan : PGSD BI
Upbjj : Pangkalpinang
Dalam tahap pembelajaran pembuka guru tersebut tidak mengucapkan salam pembuka
Keadaan:
Mungkin ringkasan vidio tersebut sudah sudah diatur
Pembelajaran di kelas awalnya kurang antusias,karna murid2 masih bayak yang kurang fokus dalam mendengarkan ,ceramah guru
Masukan:mungkin bisa dikasih semangat pancingan terpebih dahulu .
Penampilan guru sudah terlihat rapi,perlunya penampilan guru mengajar itu sebagai penyemangat murid murid juga.
Dalam hal akhir vidio,guru memberikan pembelajaran diluar kelas yaitu ditaman blakang sekolah,pelajaran ipa memang perlu adanya pembelajaran langsung /praktek langsung menampilkan bahan ajar yang kita ajarkan,disitula murid lebih paham dan tau tentang apa sebenarnya pembelajaran ipa yang biasa dilihat diluar sekolah dalam keseharian tapi tidak tau bagaimana sistim kerja pertumbuhan tanaman.dalam hal ini praktek lapangan lebih meningkatkat kualitas murid dan lebih suka belajar ipa disekolah dan diluar sekolah karna mudah ditemui dilingkungan rumah dn jalan.
Mata Kuliah PKP
Nama : Annis Khoirruly Miftah Jannah
Nim : 857358877
UPBJJ : BOGOR
Pokjar : Cibadak
Instrumen
refleksi sebagai berikut :
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukanguru?
Jawab: Ketika di awal pembelajaran siswa merasa tidak antusias untuk mengikuti pembelajaran IPA mereka terlihat biasa saja bahkan terlihat kesulitan memahami materi yang dijelaskan oleh guru, tetapi setelah guru menyampaikan bahwa mereka akan melakukan karyawisata walaupun ke kebun belakang sekolah siswa menjadi termotivasi dan antusias untuk belajar IPA secara sungguh-sunggu dan menyenagkan.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukanpembelajaran?
Jawab: Guru masih belum bisa menggunakan media pembelajaran yang bervariasi untuk menjaga minat dan fokus belajar siswa sehingga guru masih ketergantungan kepada sumber belajar dari sumber buku
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
Jawab: Guru mampu membuat inovasi baru dengan melakukan pembelajaran diluat kelas siswa mendapatkan pengalaman belajar langsung di lua kelas dengan benda yang lebih konkret yang sesuai dengan yangdibutuhkan untuk membangkitakan kembali motivasi siswa agar kembali menyukai pembelajaran IPA
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Jawab: Perubahan sikap siswa yang awalnya tidak berminat untuk belajar IPA berubah drastis sangat antusias untuk belajar IPA ketika siswa mengetahui betapa menyenangkannya belajar IPA yang bisa dipraktekan langsung diluar kelas dengan benda yang lebih nyata.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati daritayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitaskegiatan pembelajaran berikutnya?
Jawab: Kedepannya guru tersebut harus lebih kreatif dalam membuat dan menggunakan metode pembelajaran yang menarik untuk menyampaikan materi pelajaran IPA agar motivasi dan semangat siswa dalam mempelajari IPA tetap terjaga dan meningkat. Sehingga, diharapkan siswa akan senantiasa untuk lebihbersemangat dalam belajar matematika.
Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.
Nama: Ni Made Ariani
NIM: 859544463
UPBJJ: BANDAR LAMPUNG
POKJAR: RUMBIA
Mohon maaf sebelumnya saya ingin mengomentari video pembelajaran mengenai “Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar”
Menurut saya pemilihan metode pembelajaran dalam video tersebut sudah tepat yaitu metode field trip atau karya wisata yang dilakukan di likungkan sekitar sekolah, dalam hal ini peserta didik secara langsung dapat mengamati tumbuhan yang ada disekitar sekolah mereka, manakah yang menyimpan cadangan makanan didaun, buah, umbi maupin batang. Dengan penggunaan metode ini juga terlihat bahwa peserta didik lebih bersemangat dalam kegiatan belajar. Namun sayangnya dalam video tersebut masih terdapat beberapa kekurangan, salah satunya yaitu guru belum memberikan penjelasan secara rinci dan mendalam kepada siswa mengenai apakah itu fotosintesis dan prosesnya serta cadangan makanan itu yang seperti apa. Dalam video tersebut juga guru tampak belum menggali pengetahuan siswa mengenai materi yang akan mereka pelajari dengan mengajukan pertanyaan yang membuat siswa dapat mengeluarkan pendapat mereka. Hal ini membuat pemahaman siswa masih sangat terbatas karena hanya mendengarkan penjabaran dari gurunya, bahkan tampak beberapa siswa yang terlihat bingung mengenai apa yg disampaikan serta siswa terlihat kurang semangat dalam belajar. Oleh sebab itu, alangkah baiknya ketika guru sedang menyampaikan penjelasannya, guru juga harus mempersipkan media pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran, misalnya dapat menggunakan media seperti gambar-gambar tumbuhan yang menyimpan cadangan makanan didaun, batang, buah,dll maupun video yang berisikan proses fotosintesis pada tumbuhan. Hal ini akan membuat siswa tidak merasa bosan dan akan fokus dalam belajar.
Terimakasih
Nama : Ula Azminatus Sa’diyatul imama
Nim : 858669546
Menurut hasil pengamatan vidio pembelajaran diatas yaitu :
1. Pada awal pembelajaran guru tidak melakukan apresiasi terhadap kegiatan pembelajaran. Guru belum membuka atau mengawali pembelajaraj dan belum mengabsen setiap siswa. Dan juga guru tidak mengulas kembali pembelajaran yang sudah dilakukan sebelumnya. Sehingga ketertarikan terhadap pembelajaran yang dilakukan tersebut sangat kurang. Seharusnya pada awal pembelajaran dilakukan ice breaking terlebih dahulu.
2. Strategi pembelajaran yang digunakan sudah cukup baik dan metode pembelajaran yang dilakukan cukup baik yaitu membawa siswa ke luar kelas untuk mendapatkan pengalaman langsung dan agar pembelajaran tidak membosankan
3. Media yang digunakan guru belum cukup memadai. Siswa sebaiknya diberikan lembar observasi yang dapat secara mudah diisi oleh siswa dalam melakukan pengamatan
4. Pada saat penyampaian materi guru belum menjelaskan secara detail apa itu fotosisntesis dengan lebih jelas.