silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam Sekolah Dasar. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakuka metode field trip adalah:
- menentukan tempat yang akan digunakan sebagai sumber,
- mengamati kesesuaian sumber belajar dengan tujuan dan program sekolah,
- menganalisis sumber belajar berdasarkan nilai-nilai pedagogis,
- menghubungkan sumber belajar dengan kurikulum,
- melaksanakan karya wisata sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan, dan
- menganalisis apakah tujuan karya wisata telah tercapai atau tidak.
Toto Fathoni
–
–
Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas pemberian motivasi terhadap siswa untuk mencari tahu apa itu fotosintesis , pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah.
Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi masih belum memadai sebaiknya siswa diberikan worksheet tugas observasi / kunjungan lapangan saat berada di kebun sekolah maupun di luar sekolah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi sehingga dapat dijadikan patokan / tolak ukur bagi pendidik dalam memberikan pengajaran di kelas atau bila perlu dibuatkan teacher guide book nya.
Herwati, M.Pd
Nama : Aryani
Nim : 858448075
Menurut saya tentang vidio yang ada diatas,tidak adanya kegiatan pembuka, dan tidak adanya kegiatan yang dapat membangitkan semangat siswa, seperti ice breaking, tepuk semangat, atau menyanyikan lagu nasional, akan tetapi guru langsung menjelaskan materi. dan dalam menyampaikan materi, belajar masih berpusat pada guru. Jadi hanya guru yang menjelaskan, seharusnya dalam penyampaian materi guru hanya memberikan kalimat pemantik,sehingga siswa akan aktif dalam pelajaran atau tanya jawab (diskusi) dalam pelajaran.
Dan untuk metode yang digunakan sudah tepat yaitu Field Trip, hanya saja masih guru yang berperan aktif, seharusnya siswa diberi kesempatan untuk menentukan, menemukan, merumusakan dan menyelesaikan masalah yang belum dipahami, Jadi guru hanya memilihkan metode yang tepat.
Berdasarkan video pembelajaran diatas yg berjudul “tanaman dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar” terdapat beberapa hal yang terlihat didalam video pembelajaran tersebut diantaranya ialah :
– Terlihat siswa tidak bersemangat dalam menjawab pertanyaan oleh guru dikarenakan materi yang disampaikan tidak dilengkapi gambar dan siswa belum mengerti tentang materi yang disampaikan;
– Sehingga beberapa siswa terlihat bosan dengan penjelasan yang disampaikan oleh guru;
– Guru terlihat kebinggungan ketika siswa-siswanya tidak mengerti tentang materi yang dijelaskan;
– Siswa gembira dan bersemangat ketika guru menjelaskan pembelajaran menggunakan metode field trip meskipun hanya di kebun belakang sekolah.
Nama : Maya Pujawati
Nim : 847084124
Program Studi : PGSD-S1
Pokjar : Pagar Alam
* Identifikasi Maasalah
Siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi
* Penyebab
Guru langsung menyampaikan materi dengan menggunakan metode ceramah tanpa melakukan kegiatan pendahuluan terlebih dahulu
* Rencana Solusi
1. sebelum melakukan kegiatan pembelajaran guru harus membuat RPP terlebih dahulu, agar kegiatan pembelajaran akan berjalan efektif sesuai dengan RPP yang sudah dibuat.
Kegiatan pembelajaran dimulai dari kegiatan pendahuluan,inti dan penutup.
2. Menggunakan metode field trip/ karya wisata dalam menumbuhkan pemahaman siswa pada tumbuhan dengan memanfatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPA SD
Nama : Ursila Hidayah Rahmadani
Nim : 858697015
jurusan : S1-PGSD (119) UPBJJ SURABAYA
Terkait video pembelajaran diatas vidio pembelajaran sudah cukup baik hanya saja pada saat pembukaan belum terlihat jelas pemberian motivasi kepada siswa apa yang di maksud fotosintesis, setuju dengan komentar sebelumnya bahwa pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan apa itu fotosintesis belum terstruktur, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah. memberi acuan, menunjukkan kaitan, meninjau kembali, mengevaluasi, dan memberi dorongan psikologi atau sosial. Metode juga sudah cukup baik, yaitu membawa siswa ke luar kelas untuk mendapat pengalaman langsung tentang fotosintesis.
Guru belum menggunakan media dengan memadai.
Sebaiknya guru memberikan lembar observasi (disini dikatakan berupa LKS) yang dapat secara mudah diisi oleh siswa SD dalam melakukan pengamatan. Pemberian tugas akan lebih baik untuk pendalaman materi bagi siswa.
Nama : Mila Adelia
NIM : 856982435
1. Di awal pembelajaran siswa merasa tidak antusias untuk mengikuti pembelajaran IPA mereka terlihat biasa saja bahkan terlihat kesulitan memahami materi yang dijelaskan oleh guru, tetapi setelah guru menyampaikan bahwa mereka akan melakukan karyawisata walaupun ke kebun belakang sekolah siswa menjadi termotivasi dan antusias untuk belajar IPA secara sungguh-sunggu dan menyenagkan.
2. Guru tidak mengkomunikasikan secara berurutan antara materi yang akan dipelajari dengan materi yang akan dibahas, seperti ulasan singkat materi fotosintesis pada tumbuhan. guru belum menampilkan bagian awal dan akhir pembelajaran, seperti mengabsensi siswa, menanyakan kondisi siswa, dan menyimpulkan pembelajaran. Selain itu, penjelasan materi pun masih kurang jelas.
3.Guru mampu menarik perhatian siswa agar siswa dapat menyerap pelajaran dengan mengajak siswa melukan pelajaran diluar kelas yang disebut dengan metode Field.
4.Perubahan sikap siswa yang awalnya tidak berminat untuk belajar IPA berubah drastis sangat antusias untuk belajar IPA ketika siswa mengetahui betapa menyenangkannya belajar IPA yang bisa dipraktekan langsung diluar kelas dengan benda yang lebih nyata.
5.Lebih baik lagi jika guru menyusun rancangan metode pembelajaran field trip tersebut supaya siswa lebih memahami apa dan bagaimana tujuan pembelajarn yang akan mereka capai.
assalammu’alaikum, izin menjawab dari video yang saa totnton tentang pembelajaran ipa di sd, sudah sangat bagus dan kreatif, karena proses pembelajarannya sudah langsung dengan objeknya, mengenai pertumbuhan .akan tetapi cara penyampaiiannya terlalu cepat ,sehingga para peserta didik kurang begitu memperhatikan saat guru menjekaskan , jadi alangkah baiknya seorang guru saat memberikan penjelasan materi agak lambat namun jelas.
NAMA: YUNI ASTRIA
NIM: 856252742
PROGRAM STUDI: PGSD BI
UPBJJ : 14/ PADANG
Menurut saya, Diawal pembelajaran guru belum membuka atau mengawali pembelajaran guru juga belum mengecek kesiapan siswa dalam memulai pembelajaran, guru juga tidak mengulas kembali pembelajraan yang sudah dilakukan gruu juga tidak memberikan rtugas bagi siswa untuk mengingat dan mematangkan pemahaman siswa.
Kekurangan dalam kegiatan pembelajaran yang dapat saya analisis adalah :
– Pada tahap Pembelajaran Awal tidak ada kegiatan pendahuluan yang disampaikan oleh guru sehingga
siswa terlihat kurang siap dalam mengikuti pembelajaran.
– Guru tidak menyampaikan motivasi dalam pembelajaran sehingga siswa terlihat kurang bersemangat
menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
– Pembelajaran yang disampaikan hanya fokus pada metode ceramah sehingga pembelajaran terlihat
membosankan
Sedangkan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah :
Kelebihan:
– Guru terlihat sangat menguasai materi yang sedang disampaikan. Guru mampu mendorong siswa untuk
menganalisis permasalahan yang ada. Untuk meningkatkan kualitas belajar siswa
– Metode ini merupakan metode yang menyenangkan karena siswa dapat belajar di luar kelas, tidak sekedar
belajar di luar ruangan, metode karya wisata dapat mengajak siswa untuk melihat dan mengamati objek
secara langsung. Dalam Metode field trip ke kebun belakang sekolah dalam pengajaran tentang Ilmu
Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan
sebenarnya merupakan metode yang baik sehingga dapat membantu siswa dalam memahami materi
pelajaran dan keaktifan siswa dalam belajar.
Cara Mengatasi Kekurangan
Dalam membuka awal pelajaran guru bisa memulai memberikan motivasi agar siswa lebih bersemangat dan guru bisa memberikan kegiatan pendahuluan yang baik. Metodepun seharusnya bisa lebih bervariasi tidak menggunakan metode ceramah saja yang terlihat lebih menonjol. Alur dalam strategi pembelajaranpun bisa lebih diperhatikan yang alurnya kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir.
Pada awal pembelajaran guru terkesan kurang persiapan dalam penyampaian materi karena guru tidak memiliki media pembelajaran yang cukup dan menarik seperti menyediakan contoh contoh gambar tanaman yang menyimpan cadangan makanan baik di akar maupun di batang,sehingga anak tidak mengerti bahkan kebingungan dengan apa yang di sampaikan oleh guru,,
Akan tetapi dengan diterapkannya metode Karya wisata membuat siswa jadi kembali bersemangat dalam mengikuti pembelajaran diman siswa dapat secara langsung melihat dan menyentuh contoh tanaman yang dimaksud oleh guru.
Masalah ketika melakukan praktikum atau observasi di luar kelas:
Ketika melaksanakan kegiatan praktikum atau observasi di luar kelas dalam pembelajaran IPA pengelompokan tumbuhan para siswa tidak terkendali,terkontrol.Sebagian besar dari murid bermain- main,berlari-larian ,mengganggu temannya,dan ada pula siswa yang memanjat ke pohon padahal itu sangat berbahaya sekali.Sehingga murid tidak siap mengerjakan tugas praktikum yang diberikan oleh guru karena mereka asyik bermain- main saja.
Seharusnya seorang guru harus bisa mengatasi hal seperti ini sebelum melakukan praktikum atau observasi di luar kelas dengan cara guru pintar merancang pembelajaran,mengolah lingkungan sekolah dengan baik,memberikan lembar kerja kepada siswa sebelum keluar kelas,membagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompoknya di beri tugas yang berbeda- beda ,membatasi batas area yang bisa dilewati setiap kelompok,membatasi waktu setiap kelompok dalam melakukan observasi.Dengan begitu maka siswa akan fokus mengerjakan tugas yang diberikan guru.
Asalamualaikum warohmatulohi wabarokatuh.
Mohon maaf sebelumnya saya menyampaikan beberapa hal terkait dengan video pembelajaran materi IPA tentang materi tempat menyampaikan cadangan makanan apada tumbuhan. Setelah saya amati dalam video pembelajaran yang ditampilkan oleh ibu guru suda bagus.
Akan tetapi ada kekurangan dan kelebihan
Kekurangan:
Dari video tersebut saya amati Ibu guru disana tidak melakukan kegiatan pendahulu seperti, menyiapkan kelas, membaca doa bersama sebelum belajar, menanyakan keadaan siswa, mengecek kehadiran siswa, jadi guru kurang menciptakan suasana belajar yang demokratis sehingga siswa kurang termotivasi, dan tidak ada apersesi.
Kelebihan:
Saat ibu guru mengundang metode strategi karya wisata ibu guru membawa siswa diladang belakang sekolah,sehingga siswa tidak cepat bosan, dan bersemangat mengikuti pembelajaran Sehingga metode karya wisata dapat menemukan ide yang baru,dan metode itu juga dapat mbantu pembelajaran,karena siswa turut serta melihat tumbuhan secara langsung, berkesan dan menyenangkan