silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi) terhadap pelajaran.
Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.
–
–
–
–
NAMA: Kristiyani
NIM:859764552
POKJAR: S1-PGSD Kendari
analisis saya mengenai video tersebut.. berdasarkan pengetahuan saya, cara mengatasi masalah ini adalah dengan membuat suasana belajar yang kondusif, memberikan motivasi kepada siswa,dan menerapkan metode pembelajaran yang menarik dan Guru juga harus memastikan bahwa semua siswa memahami materi yang diajarkan dan memberikan umpan balik yang konstruktif.
Nama : Novia Yusnita
Nim : 856468143
Masyaallah berdasarkan video tersebut sangat penting adanya pengarahan dari seorang guru untuk siswa
Nama :Satrio Umar Gani
NIM: 501362658
untuk menjaga kondusifitas kelas guru perlu membuat kesepakatan kelas yang dibuat oleh siswa dan disetujui oleh siswa serta dipajang di kelas dengan demikian akan melatih siswa bertanggung jawab akan kesepakatan yang telah dibuat bersama
Nama : Yasmin Ferhad
NIM : 857126737
UPBJJ : UT JAKARTA
Yth. Bapak Aris Hadiyan Wjaksana
Tutor Mata Kuliah PKP (IDIK4501)
Menurut pendapat saya, Video tersebut menggambarkan seorang guru yang mengajarkan kepada siswa cara membaca dan bercerita di depan kelas secara bergilir.
Dalam proses pembelajaran, sebaiknya guru melaksanakan semua tahapan-tahapan pembelajaran, dari mulai pembuka, apersepsi, inti, kesimpulan, dan penutup dan guru harus lebih baik dalam menyampaikan materi. Di samping itu, guru juga sebaiknya menggunakan metode dan alat peraga yang menarik. kemudian, dalam proses pembelajaran terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki oleh guru tersebut, seperti:
• Guru membuat kesepakatan dengan siswa, kesepakatannya yaitu siswa akan diberi hukuman jika membuat keributan.
• Guru memberikan media gambar pada materi cerita sehingga menarik perhatian siswa.
• Guru memperkenalkan materi cukup baik dan unik sehingga siswa tertarik dan antusias dalam kegiatan pembelajaran.
• Guru mencoba memotivasi siswa untuk giat membaca dengan cara menunjuk salah satu siswa yang telah lancar membaca untuk membacakan sebuah cerita.
Adapun kelemahan yang dimiliki guru tersebut, seperti:
• Pada awal pembukaan guru tidak melakukan apersepsi dan absensi pada siswa.
• Pada saat jam pelajaran selesai guru tidak melakukan penutupan dan tidak menyampaikan kesimpulan tentang apa yang dipelajari.
• Media pembelajaran yang digunakan kurang menarik bagi siswa apalagi untuk kelas rendah.
Demikian tanggapan saya, Terima Kasih.
Nama : Rika Andrienny
NIM : 857143543
Assalammulaikum, izin untuk merespon diskusi 1 ini tentang Video yang berisi mengenai Pengarahan guru terkait pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa.
Bagi saya siswa akan sulit berkonsentrasi dalam menangkap apa yang diarahkan oleh guru, karena kelas yang ramai dan sesak sehingga menciptakan lingkungan yang tidak kondusif dan membuat siswa bosan serta mengantuk dalam proses pembelajaran.
Untuk mengatasi hal ini maka sebagai guru saya akan :
1. Membuat Kegiatan Pembuka yang Menarik/mengadakan ice breaking agar siswa tidak bosan dan fokus terhadap pembelajaran bercerita di depan kelas.
2. Guru menentukan jadwal pemanggilan siswa kedepan kelas secara acak agar siswa selalu menyiapkan diri karna merasa dirinya akan dipanggil segera,
sehingga keributan dalam kelas terhindari.
3. Menentukan durasi cerita agarsiswa tidak terlalu lama/singkat dalam bercerita dan menjaga fokus siswa tetap terjaga.
4. Mencipatakan pertanyaan pemantik, yakniaAjukan pertanyaan terkait cerita yang akan dibaca untuk menggugah rasa ingin tahu siswa.
5. Menggambar tokohyakni, setelah membaca, minta siswa menggambar tokoh favorit mereka dalam cerita.
6. Menggunakan Media Pembelajaran yang Variatif seperti Gambar, video, atau audio untuk mendukung cerita dan membuat pembelajaran lebih menarik.
7. Memberikan apresiasi dan motivasi kepada siswa sehingga siswa lebih bersemangat dan termotivasi dalam pembelajaran.
8. Menata ruangan kelas seindah dan nyaman sehingga siswa tidak merasa jenuh selama berada di dalam kelas.
9. Mengatur tata ruang kelas agar siswa dapat saling melihat dan guru dapat mengawasi semua siswa.
10. Minimisasi gangguan seperti suara bising dari luar kelas atau benda-benda yang dapat mengalihkan perhatian dan konsentrasi siswa.
11. Lakukan evaluasi sederhana untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami materi yang telah dipelajari.
Demikian pendapat saya mengenai pembelajaran Pengarahan guru terkait pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa ini. Terima kasih.
Nama : Winda Widiarti
Prodi : S1 PGSD (in service)
UPBJJ : Jakarta
NIM : 877638242
Menurut pendapat saya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuat siswa kondusif, tertib, dan konsentrasi serta membuat mereka tertarik dengan materi yang akan disampaikan. Guru bisa memberikan ice breaking terlebih dahulu sebelum belajar agar siswa lebih kondusif dan konsentrasi. Kemudian guru setidaknya harus mengetahui gaya belajar siswa di kelasnya, sehingga bisa menerapkan pembelajaran diferensiasi sesuai dengan gaya belajar siswa. Selain itu, pada saat pembelajaran berlangsung diselipkan beberapa game agar siswa tidak jenuh dalam pembelajaran. Terakhir, guru harus memberikan feedback untuk apa yang sudah dilakukan atau dikerjakan selama proses pembelajaran.
Berdasarkan hasil analisis dari menyimak video pembelajaran tersebut…menurut saya ,sudah sangat Luar biasa bagaimana Guru tersebut dengan kesabaran dan kelembutan mengarahkan siswa-siswinya untuk ada dalam pembelajaran tersebut,namun masih perlu diperhatikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia mengenai Membaca cerita yang dilakukan secara bergilir …sebaiknya sebagai seorang guru haruslah lebih memperhatikan langkah- langkah pembelajaran baik itu kegiatan awal, kegiatan inti, sampai kegiatan akhir,dengan teknik dan metode yang lebih menyenangkan untuk menghipnotis atau membuat siswa fokus dalam memperhatikan penjelasan guru . Berdasarkan kisah jalanya cerita dari video pembelajaran ini.. Diharapkan sebagai seorang pendidik haruslah lebih mempersiapkan diri sebelum memberikan pembelajaran kepada siswa. Terkadang hal ini juga pastinya terjadi pada kita ,namun hal ini menjadi bagian evaluasi untuk lebih menyiapkan diri sebaik mungkin.
Sekian dan terima kasih.
Nama: Kamilia Azh Zahro
Nim: 856084859
UPBJJ: BATAM
Dari video seri pembelajaran SD, Pentingnya Pengarahan Guru. reaksi anak terhadap pembelajaran yang dilakukan guru adalah:
– pada awal video anak terlihat antusias dan terlihat senang saat mengikuti pembelajaran yang disampaikan.
– setelah guru memberikan penjelasan anak bersifat pasif dalam kegiatan, seperti tidak berpartisipasi dalam pembelajaran.
– anak kurang termotivasi dengan pembelajaran karena merasa pembelajaran kurang bersangkutan dalam kehidupan sehari-hari.
Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah:
– guru tidak memulai pembelajaran dengan menanyakan kabar, melakukan apresensi, dan tidak ada tanya jawab tentang materi yang sudah dipelajari sebelumnya.
– guru kurang inovatif dalam menyediakan media pembelajaran yang lebih konkret dengan materi seperti, guru hanya menggambar papan tulis, seharusnya guru menambahkan media elektronik seperti infokus, agar siswa lebih tertarik.
– guru hanya menggunakan metode ceramah, di mana itu menyebabkan komunikasi satu arah dan hanya guru yang memegang kendali penuh atas jalannya pembelajaran.
– guru tidak melakukan sesuai pedoman kurikulum pelaksanaan pembelajaran sehingga waktu terbuang begitu saja tanpa ada materi yang jelas disampaikan.
– guru tidak menjelaskan secara jelas tujuan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan.
secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah:
– guru menunjukkan sikap tenang dan sabar.
– guru dapat membuat kesepakatan dengan semua siswa.
– guru dapat mengambil perhatian siswa.
– guru dapat selalu mengarahkan siswa.
hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melakukan pembelajaran adalah:
– guru menggambar tokoh menggunakan kapur di papan tulis.
– nada bicara guru tetap tenang dan sabar saat ada anak yang membawa mainan di dalam kelas.
– guru mengingatkan kepada siswanya agar berhati-hati saat beristirahat.
– guru dapat selalu tersenyum selama kelas berlangsung.
Sekian dari tanggapan saya pada video seri pembelajaran pentingnya pengarahan guru, mohon maaf bila ada kekeliruan atau kesalahan, mohon bimbingan serta arahannya.
Nama : Ariati
NIM : 856067282
Pokjar : Tebing Tinggi
UPBJJ : Medan
Setelah menonton video di atas, menurut saya sebaiknya di dahului dengan kegiatan awal seperti salam, mengecek kehadiran bahkan ice breaking agar lebih membangkitkan semangat anak dan juga apersepsi yang menarik tentunya.
Dan juga Tetapkan Aturan yang tegas tentang perilaku siswa selama pembelajaran. Aturan ini harus dipahami dan disepakati oleh semua siswa. Berikan juga sanksi yang tegas kepada siswa yang melanggar aturan.
Libatkan siswa dalam kegiatan diskusi, ajukan pertanyaan kepada siswa setelah mereka membaca cerita untuk memastikan mereka memahami isi cerita.
Berikan juga tugas kepada siswa untuk membuat ringkasan cerita, menjawab pertanyaan, atau membuat cerita kreatif berdasarkan cerita yang telah mereka baca.
Hubungkan materi membaca cerita dengan kehidupan sehari-hari siswa agar mereka lebih mudah memahami dan termotivasi untuk belajar.
Nama : Ariati NIM : 856067282 Pokjar : Tebing Tinggi UPBJJ : Medan
Setelah menonton video di atas, menurut saya sebaiknya di dahului dengan kegiatan awal seperti salam, mengecek kehadiran bahkan ice breaking agar lebih membangkitkan semangat anak dan juga apersepsi yang menarik tentunya.
Libatkan siswa dalam kegiatan diskusi, ajukan pertanyaan kepada siswa setelah mereka membaca cerita untuk memastikan mereka memahami isi cerita.
Berikan juga tugas kepada siswa untuk membuat ringkasan cerita, menjawab pertanyaan, atau membuat cerita kreatif berdasarkan cerita yang telah mereka baca.
Hubungkan materi membaca cerita dengan kehidupan sehari-hari siswa agar mereka lebih mudah memahami dan termotivasi untuk belajar.