silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video  ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi) terhadap pelajaran. Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti ini? Bagaimana cara Anda mengatasinya? Ayoo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar Anda mengenai masalah tersebut.!
Dra. Siti Rohmi Yuliati, M.Pd.

Similar Posts

125 Comments

  1. Assalamualaikum.Wr.Wb
    Nama : RIKA RAHAYU
    NIM : 859502742
    UPBJJ : MAJENE
    Kesimpulan dari saya Setelah melihat video diatas adalah sebagai berikut :
    1) Dalam video terlihat jelas bagaimana pentingnya pengarahan guru bagi peserta didik, dalam video tersebut terlihat jelas bahwa peserta didik sangat memerlukan arahan guru dalam proses pembelajaran seperti dalam mengendalikan kondisi kelas agar tetap kondusif saat proses belajar mengajar sedang berlangsung, agar peserta didik tetap tenang dan fokus dalam proses pembelajaran.
    2) Selanjutnya, dalam video tersebut peserta didik kurang antusias dalam melakukan pembelajaran karena guru kurang dalam kegiatan awal pembelajaran. Alangkah lebih baik jika proses pembelajaran diawali dengan apersepsi yang baik sehingga dapat mendorong peserta didik atau memotivasi peserta didik dalam proses pembelajaran yang akan berlangsung.
    3) Selanjutnya dalam vedeo tersebut terlihat jelas upaya yang telah dilakukan guru untuk memusatkan perhatian peserta didik, diantaranya dengan membuat kesepakatan dalam pembelajaran selain itu guru juga berinisiatif untuk menggambar tokoh yang berhubungan dengan pelajaran di hari itu, sehingga anak-anak bisa sedikit terfokuskan pada pembelajaran selain itu intonasi yang dimiliki oleh guru tersebut sangat jelas, sehingga instruksi yang di berikan dapat di terima dengan baik oleh peserta didik.
    4) Dalam hal ini saya juga punya pengalaman dalam hal ini, dimana yang saya lakukan ketika kondisi kelas kurang kondusif saya memberikan ice breaking kepada peserta didik saya agar perhatian mereka bisa terfokuskan kembali.

  2. Nama : SUNDOSO
    Nim : 856100502
    Semster : 6 ( Eanam )
    Prodi : S1 PGSD
    Pokjar : Natuna
    UPBJJ : UT Batam

    Setelah saya mengamati/memperhatikan video dari GPO yang berjudul “Pentingnya pengarahan Guru”,saya simpulkan kekurangan dari video tersebut :
    1. kelas Tidak kondusif jadi banyak siswa yang ribut dan tidak fokus saat proses pembelajaran
    2. Tidak ada penenangan guru untuk siswa menjadikan suasana belajar tidak nyaman
    3. Kurangnya perhatian dan komunikasi guru terhadap siswa
    4. Guru tidak memberikan motivasi apresisi menjadikan siswa tidak bersemangat belajar

    Kelebihan dari video tersebut :
    1. Guru sudah menjelaskan materi pembelajaran dengan sangat baik dan jelas.
    2. Guru diharapkan menggunakan metode pembelajaran yang baik serta selipkan candaan saat mengajar
    agar siswa tidak jenuh mendengarkan materi yang berpotensi ribut dikelas.

  3. Nama: MOHAMMAD FATTAH MUALLIM
    Nim. : 858937349
    Pokjar : JENGGAWAH
    UPBJJ : JEMBER

    Setelah saya melihat vidio diatas, saya mendeskripsikan dari beberapa siswa yang kurang kondusif saat melakukan proses pembelajaran salah satu diantaranya adalah kurangnya arahan guru saat awal pembelajaran, saya melihat guru tersebut menjelaskan dengan baik dimulai dari menyampaikan terlebih dahulu tujuan pembelajaran, lalu menyampaikan materi pembelajaran, namun pada akhir pembelajaran tidak menyampaikan kesimpulan dari pembelajaran tersebut.
    Namun dari video tersebut, walaupun para peserta didik masih ada saja yang ribut dan sibuk sendiri guru tersebut tetap bersabar memberikan arahan pada peserta didik agar bisa tetap kondusif selama pembelajaran berlangsung.proses belajar mengajar dikelas, selain itu seharusnya guru dapat menggunakan media pembelajaran yang dapat mendukung kelancaran proses belajar mengajar serta menarik perhatian siswa dengan menggunakaan proyektor atau buku cetak, ataupun media-media lain yang dapat menarik perhatian anak, dari segi komunikasi serta intonasi yang digunakan alangkah baiknya tidak monoton, bisa menggunakan nada intonasi yang ceria, agar siswa tidak mudah bosan, dan lebih tertarik dengan apa yang diucapkan oleh guru. kalau dari segi pengarahan agar siswa tidak gaduh saat mengajar, guru sudah bagus dalam menggunakan metodenya, yakni mengajak kesepakatan bersama dalam proses belajar mengajar.

  4. Nama : Muhammad yahya
    Nim : 857105188

    Menurut analisi saya tentang vidio pembalajaran di atas sudah cukup kondusif, tetpi ada beberapa kekurangan dalam pembawaan guru dalam mengajar.
    1. kurangnya pendekatan terhadap para siswa, karna kurangnya pendekatan guru terhadap siswa, maka siswa dapat mengaggap guru kurang tegas saat pembelajaran, menyebabkan siswa susah untuk di berikan arahan atau membangkang saat di berikan arahan.
    2. guru kurang semangat saat membawakan materi pembelajaran, kurangnya semngat dapat mempengaruh terhdap kelas yang kondusif, guru yang kurang semangat membawakan materi pembeljaran dapat mempengaruhi semnagat siswa dalam melaksanakan pembelajaran.

  5. Menurut yang saya lihat dari video tersebut, guru merupakan seseorang yang bertugas menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar, bimbingan, melatih, mengelolah, meneliti dan mengembangkan serta memberikan pelayanan tertib. Guru memiliki tugas pokok melaksanakan proses belajar mengajar karena itu, setiap guru harus memiliki kewajiban_kewajiban atau wewenang_wewenang yang profesional, dan memiliki kepribadian yang baik.

  6. Nama : Asih Pujiati
    Nim : 856991971
    Prodi : 118/ S1- PGSD

    Berdasarkan hasil analis menyimak video tersebut, pengarahan kepada siswa dalam belajar itu sangat penting agar proses kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan berjalan baik dan efektif. Pengarahan yang sudah disampaikan sebelumnya kepada siswa diharapkan membuat siswa siap dan sudah tahu konsekuensi apa yang akan diterima.Dari video tersebut pengarahan yang disampaikan oleh guru sudah cukup baik dan dapat dimengerti oleh siswa. Siswa terlihat bersemangat dalam belajar.

    Guru pada video tersebut terlihat seperti kurang bersemangat, dalam memberikan arahan ,kurang memberikan senyuman. Alangkah lebih baik jika guru bersemangat lagi dalam memberikan pengarahan agar siswa juga lebih bersemangat. pada video tersebut, guru sudah baik dalam menyampaikan pengarahan kepada siswa. Dimana pengarahan yang disampaikan membuat siswa tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan sehingga anak sudah tahu konsekuensi apa jika mereka melanggarnya. Pada video tersebut terlihat beberapa siswa yang sudah berani menyampaikan pendapat mereka tentang hukuman apa yang harus dilakukan ketika ada temannya tidak yang tidak memperhatikan pembelajaran.

    Upaya yang dapat dilakukan guru pada permasalahan tersebut dengan cara menarik perhatiam siswa kembali. Misalnya dengan tepuk diam atau sebagainya agar perhatian siswa kembali fokus pada pengarahan guru. Penekanan intonasi ucapan saat memberikan pengarahan pun perlu dilakukan untuk membuat pusat perhatian anak hanya ke guru saja.

  7. Nama : Dina Mariana
    NIM. : 857699592
    PRODI : PGSD S1

    Berdasarkan Vidio diatas menurut saya guru kurang memberikan semangat sehingga peserta didik ikut kurang semangat.
    Pengarahannya menurut saya sudah cukup baik dan memperhatikan siswa dengan memanggil siswa maju kedepan karena asik bermain yoyo lalu menyita permainan.

  8. Berdasarkan analisis saya berdasarkan video yang sudah saya tonton,menurut saya pengarahan kepada siswa dalam belajar itu sangat penting agar proses kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan berjalan baik dan efektif.

    Hal positifnya, saya melihat guru tersebut menjelaskan dengan baik dimulai dari menyampaikan terlebih dahulu tujuan pembelajaran, lalu menyampaikan materi pembelajaran, namun pada akhir pembelajaran tidak menyampaikan kesimpulan dari pembelajaran tersebut.
    Namun dari video tersebut, walaupun para peserta didik masih ada saja yang ribut dan sibuk sendiri guru tersebut tetap bersabar memberikan arahan pada peserta didik agar bisa tetap kondusif selama pembelajaran berlangsung.
    Terimakasih.

  9. Nama : Yuningsih
    NIM : 859768718
    Prodi : BI/PGSD

    Setelah menyaksikan Video di atas tentang ” Pentingnya Pengarahan Guru Dalam Pembelajaran” , hal yang harus diperhatikan seorang guru sebelum melaksanakan kegiatan salah satunya adalah tentang pentingnya memberikan pengarahan di dalam kegiatan belajar mengajar agar tercipta pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan efisien, selain itu guru harus mengetahui apa tujuan memberikan pengarahan, dan harus memiliki kemampuan di dalam hal teknik – teknik memberi pengarahan yang baik dan menarik minat belajar peserta didik, pengarahan yang diberikan harus dapat menggugah minat dan semangat peserta didik dalam proses pembelajaran.
    Menurut hasil pengamatan saya, apa yang dilakukan ibu guru di dalam video tersebut sudah cukup baik, ia sudah menyampaikan poin – poin penting sebelum kegiatan dimulai, dengan menyampaikan tujuan pembelajaran mereka, hal – hal apa yang akan mereka lakukan, dan hal – hal yang tidak boleh dilakukan pada saat kegiatan berlangsung, ia sudah berusaha memusatkan perhatian peserta didik agar tidak membuat keributan saat kegiatan belajar. Dalam pembelajaran terjadi komunikasi dua arah yang sudah cukup baik, guru dan peserta didik saling berkomunikasi, peserta didik tanpa ragu mengeluarkan pendapatnya tentang sanksi yang akan mereka terima apabila melanggar. Namun ada beberapa hal perlu diperhatikan :
    1. Ibu guru kurang bersemangat di dalam menyampaikan arahannya dan terkesan kaku dalam menyampai-
    kan pengarahan, ada baiknya menyelingi teknik dengan sedikit candaan yang menghibur.
    2. Ibu guru tidak menggunakan media pembelajaran sesuai materi yang dia ajarkan, padahal media belajar
    yang menarik akan meningkatkan mood dan minat peserta didik, selain itu bisa menghemat waktu
    dibandingkan jika ibu guru harus menggambar di papan tulis.
    3. Pada saat menutup pembelajaran, ibu guru tidak menyampaikan kesimpulan tentang hasil pembelajaran
    hari itu.
    Terima kasih.

  10. Nama:FAHMI ALHIMNI
    NIM :858747618

    Berdasarkan Vidio diatas menurut saya guru kurang memberikan semangat sehingga peserta didik ikut kurang semangat.
    Pengarahannya menurut saya sudah cukup baik dan memperhatikan siswa dengan memanggil siswa maju kedepan karena asik bermain yoyo lalu menyita permainan

Leave a Reply