Penugasan Yang Bermakna

Sinopsis

~Sedang dalam perbaikan Artikel~

Memberikan contoh penugasan yang bermakna.

Video ini dibuka dengan tayangan tentang “Pemberian Tugas”, kemudian dilanjutkan dengan Presenter yang menjelaskan bahwa tugas harus dikaitkan dengan tujuan pembelajaran.

Sepertinya yang dibaca oleh presenter tidak tepat/ sesuai benar dengan yang ditayangkan.

Metode dan media pembelajaran yang digunakan guru sudah sesuai dengan materi.

Menonton video ini agak membingungkan. Materi tayangan benar, materi yang disampaikan oleh presenter juga benar, namun ketika ditonton secara keseluruhan nampaknya apa yang disampaikan presenter tidak mendukung tujuan.

Cara mengajar guru sudah baik/menarik, namun akan lebih baik bila guru berlatih dulu sebelum pengambilan gambar sehingga tidak terjadi slip of the tounge seperti: (1) “….akan bersenang-senang dengan lingkungannya…” seharusnya “….akan bersenang-senang dengan lingkungan kalian…”; (2) “….mencari tumbuhan dan diidentifikasi…” sebaiknya “….mencari tumbuhan kemudian cobalah identifikasi….”

Deetje Sunarsih

Similar Posts

  • Konsep Fotosintesis

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lokasi sekolah terletak di daerah perkotaan Jakarta dengan lingkungan sekitar dikelilingi gedung tinggi dan lalu lintas yang ramai. Pembelajaran dilakukan pada pagi hari di kelas 7 sekolah menengah pertama dengan jumlah siswa sekitar 30 orang. Pada kegiatan pembelajaran ini guru berjenis kelamin laki-laki aktif membimbing…

  • My Idols

    Sinopsis Program ini mengulas pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan realia. Realia yang digunakan kali ini adalah poster-poster artis favourit para siswa. Poster-poster ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan topic Describing People. Dengan menggunakan berbagai poster orang terkenal/artis guru mengajak siswa untuk aktif berbicara. Guru bertanya cirri-ciri yang dimiliki oleh orang yang…

  • Shop Till You Drop

    Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama kelas VII dalam keterampilan SPEAKING. Guru berusaha untuk keluar dari kebiasaan umumnya pengajaran keterampilan berbicara (Speaking) yang dilakukan oleh guru dengan cara memberikan paragraf atau dialog yang harus dihafal siswa. Dalam video ini guru menyajikan pembelajaran speaking melalui tema…

  • Ayo Belajar dari Tokoh Idola

    Sinopsis Di salah satu kelas yaitu kelas VII tampak seorang guru berdiri di depan kelas. Guru tersebut mengajar mata pelajaran PKN dengan topik “Ayo Belajar Dari Tokoh Idola”. Guru tersebut kelihatan antusias dalam mengajar. Akan tetapi begitu guru tersebut menanyakan tentang materi, tampak siswa sulit untuk menjawab. Melihat hal tersebut, guru mulai menayangkan tokoh-tokoh yang…

  • HOTS Penyajian Data dalam bentuk tabel dan diagram

    silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar Sinopsis Di era perkembangan teknologi saat ini, akan memudahkan seseorang mengakses semua hal. Salah satunya adalah kemudahan membeli makanan secara online. Namun kadang-kadang makanan yang kita beli akan membuat tubuh menjadi kelebihan berat badan/obesitas. Dalam pembelajaran ini, siswa akan menyelidiki apakah orang-orang sekitar mereka telah mengalami…

  • Puzzle Organel Sel, Temukan dan Satukan

    Sinopsis Program video berisi pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran IPA (Biologi) di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Di awal, program menunjukkan siswa-siswa yang tampak mengalami kesulitan mempelajari Organel Sel yang membutuhkan kemampuan daya ingat yang tinggi. Solusinya adalah menunjukkan contoh penggunaan alat bantu sederhana berupa Puzzle Organel Sel. Dalam pembelajaran, siswa menyusun puzzle sehingga terbentuk gambar…

25 Comments

  1. nama : muhammad satria
    nim : 501172966
    prodi : magister pendidikan dasar

    dalam video tersebut guru memberikan pembelajaran ipa tentang gerak pada tumbuhan pada materi tersebut guru memberikan tugas yang tidak singkron dengan pembelajaran yang dilakukan sehingga membuat siswa tidak terlalu paham
    lalu guru mengganti pembelajaran tersebut dengan cara memberikan tugas kepada siswa untuk berdiskusi dan mencari tahu dan membuktikan apa yang sudah di jelaskan oleh ibu guru dalam artian memberikan pembelajaran secara nyata atau real yang berhubungan dengan pembelajaran tersebut , dalam penugasan ini guru memberikan tema materi yang harus di buat perkelompok lalu siswa disuruh untuk mencari tahu tema tersebut dan tidak lupa guru memberikan rules dan juga aspek yang menjadi penilaian dalam pembelajaran tersebut .

  2. Nama : Wawan Lukmanul Hakim
    NIM : 500638707
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Bandung

    Pada tanyangan video ini tentang “Penugasan yang Bermakna”. Penugasan merupakan salah satu metode guru dalam pembelajaran. Menurut Syaiful Sagala, metode penugasan atau Resitasi adalah cara penyajian bahan pelajaran di mana guru memberikan tugas tertentu agar murid melakukan kegiatan belajar, kemudian harus dipertanggungjawabkannya. Metode penugasan ini mengiringi metode yang lainnya seperti pada video ini penugasan mengiringi metode pembelajaran diskusi berkelompok. Agar penugasan dapat bermakna maka instruksi tugas yang diberikan harus jelas dan runtut, sesuai dengan materi/topik dan melibatkan lingkungan sekitar (kontekstual). Penugasan bermakna mendorong siswa lebih aktif, kreatif dan inovatif sehingga hasil belajar yang ingin dicapai akan didapatkan dengan mudah. Tayangan video ini sangat bagus dan inspiratif dapat bermanfaat bagi mahasiswa yang akan mengembangkan kompetensi dan pemahaman metode pembelajaran.

  3. NAMA : YOHANES GOLANEM
    NIM : 501453156
    Prodi: Magister Pendidikan Dasar

    Penerapan metode pemberian tugas dalam proses pembelajaran , umumnya dimaksudkan untuk melatih siswa agar mereka dapat aktif mengikuti sajian pokok bahasan yang telah diberikan, baik di dalam kelas maupun di tempat lain yang representatif untuk kegiatan belajarnya. Tugas yang diberikan kepada siswa dapat dilakukan dengan berbagai bentuk seperti daftar pertanyaan mengenai suatu pokok bahasan tertentu, suatu perintah yang harus dibahas melalui diskusi atau perlu dicari uraiannya dalam buku pelajaran yang lain. Dapat juga berupa tugas tertulis atau tugas lisan yang lain, mengumpulkan sesuatu, membuat sesuatu, mengadakan observasi, eksperimen dan berbagai bentuk tugas lainnya. Kesemuanya itu bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar.

    Menurut saya, Bagi seorang guru dalam menerapkan metode pemberian tugas tersebut diharapkan memperjelas sasaran atau tujuan yang ingin dicapai kepada siswa. Demikian halnya dengan tugas sendiri, jangan sampai tidak dipahami dengan jelas oleh siswa tentang tugas yang harus dikerjakan. Dalam penggunaan teknik pemberian tugas atau resitasi, siswa memiliki kesempatan yang besar untuk membandingkan antara hasil pekerjaannya dengan hasil pekerjaan orang lain. Siswa juga dapat mempelajari dan mendalami hasil uraian orang lain. Kesemuanya itu dapat memperluas cakrawala berfikir siswa, meningkatkan pengetahuan dan menambah pengalaman berharga bagi siswa.

  4. Nama : Idha Lestari
    NIM : 501123204
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Ketika memulai pembelajaran guru perlu menyampaikan tujuan pembelajaran dengan jelas , menyampaikan langkah langkah kegiatan serta menyampaikan tehnik penilaian. penugasan yang diberikan kepada siswa harus sesuai dengan tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran berlangsung secara diskusi yang memfasilitasi siswa berkolaborasi, terdapat Lembar Kerja sebagai panduan langkah dalam mengerjakan tugas dalam diskuasi. penugasan yang dikaitkan dengan lingkungan siswa akan lebih memotivasi siswa untuk mengerjakan tugas namun perlu memastikan bahwa lingkungan dapat memfasilitasi kebermaknaan pembelajaran, untuk gerak tumbuhan nasti dan tropisme dapat diamati dilingkungan namun sepertinya untuk gerak taksis tidak dapat diamati langsung bagaimana geraknya sehingga untuk taksis lebih tepat dengan studi pustaka.

  5. Nama : Tri Suranto
    NIM : 501253123
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Dalam pemberian tugas agar bermakna harus mengacu pada tujuan pembelajaran agar para siswa bisa mencari informasi yang berkaitan secara mandiri sehingga memudahkan siswa memperoleh pengetahuan yang berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari. Selain itu kita harus menyiapkan panduan yang jelas terkait dengan ketentuan dan aturan dalam membuat tugas. Aspek apa saja yang akan dinilai juga menjadi hal yang sangat perlu diinformasikan kepada siswa. Sebagai guru kita harus melakukan penguatan terhadap apa yang sudah dipelajari di kelas dengan memperhatikan keterkaitan dengan fakta-fakta yang muncul dalam kehidupan sehari-hari. Karena penugasan yang dikaitkan dengan lingkungan siswa akan lebih memotivasi siswa untuk mengerjakan tugas dengan demikian pembelajaran akan lebih bermakna bagi siswa.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://russiacb.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://argenerasiunggul.id/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/