Sinopsis

~Sedang dalam perbaikan Artikel~

Memberikan contoh penugasan yang bermakna.

Video ini dibuka dengan tayangan tentang “Pemberian Tugas”, kemudian dilanjutkan dengan Presenter yang menjelaskan bahwa tugas harus dikaitkan dengan tujuan pembelajaran.

Sepertinya yang dibaca oleh presenter tidak tepat/ sesuai benar dengan yang ditayangkan.

Metode dan media pembelajaran yang digunakan guru sudah sesuai dengan materi.

Menonton video ini agak membingungkan. Materi tayangan benar, materi yang disampaikan oleh presenter juga benar, namun ketika ditonton secara keseluruhan nampaknya apa yang disampaikan presenter tidak mendukung tujuan.

Cara mengajar guru sudah baik/menarik, namun akan lebih baik bila guru berlatih dulu sebelum pengambilan gambar sehingga tidak terjadi slip of the tounge seperti: (1) “….akan bersenang-senang dengan lingkungannya…” seharusnya “….akan bersenang-senang dengan lingkungan kalian…”; (2) “….mencari tumbuhan dan diidentifikasi…” sebaiknya “….mencari tumbuhan kemudian cobalah identifikasi….”

Deetje Sunarsih

Similar Posts

25 Comments

  1. nama : muhammad satria
    nim : 501172966
    prodi : magister pendidikan dasar

    dalam video tersebut guru memberikan pembelajaran ipa tentang gerak pada tumbuhan pada materi tersebut guru memberikan tugas yang tidak singkron dengan pembelajaran yang dilakukan sehingga membuat siswa tidak terlalu paham
    lalu guru mengganti pembelajaran tersebut dengan cara memberikan tugas kepada siswa untuk berdiskusi dan mencari tahu dan membuktikan apa yang sudah di jelaskan oleh ibu guru dalam artian memberikan pembelajaran secara nyata atau real yang berhubungan dengan pembelajaran tersebut , dalam penugasan ini guru memberikan tema materi yang harus di buat perkelompok lalu siswa disuruh untuk mencari tahu tema tersebut dan tidak lupa guru memberikan rules dan juga aspek yang menjadi penilaian dalam pembelajaran tersebut .

  2. Nama : Wawan Lukmanul Hakim
    NIM : 500638707
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar
    UPBJJ : Bandung

    Pada tanyangan video ini tentang “Penugasan yang Bermakna”. Penugasan merupakan salah satu metode guru dalam pembelajaran. Menurut Syaiful Sagala, metode penugasan atau Resitasi adalah cara penyajian bahan pelajaran di mana guru memberikan tugas tertentu agar murid melakukan kegiatan belajar, kemudian harus dipertanggungjawabkannya. Metode penugasan ini mengiringi metode yang lainnya seperti pada video ini penugasan mengiringi metode pembelajaran diskusi berkelompok. Agar penugasan dapat bermakna maka instruksi tugas yang diberikan harus jelas dan runtut, sesuai dengan materi/topik dan melibatkan lingkungan sekitar (kontekstual). Penugasan bermakna mendorong siswa lebih aktif, kreatif dan inovatif sehingga hasil belajar yang ingin dicapai akan didapatkan dengan mudah. Tayangan video ini sangat bagus dan inspiratif dapat bermanfaat bagi mahasiswa yang akan mengembangkan kompetensi dan pemahaman metode pembelajaran.

  3. NAMA : YOHANES GOLANEM
    NIM : 501453156
    Prodi: Magister Pendidikan Dasar

    Penerapan metode pemberian tugas dalam proses pembelajaran , umumnya dimaksudkan untuk melatih siswa agar mereka dapat aktif mengikuti sajian pokok bahasan yang telah diberikan, baik di dalam kelas maupun di tempat lain yang representatif untuk kegiatan belajarnya. Tugas yang diberikan kepada siswa dapat dilakukan dengan berbagai bentuk seperti daftar pertanyaan mengenai suatu pokok bahasan tertentu, suatu perintah yang harus dibahas melalui diskusi atau perlu dicari uraiannya dalam buku pelajaran yang lain. Dapat juga berupa tugas tertulis atau tugas lisan yang lain, mengumpulkan sesuatu, membuat sesuatu, mengadakan observasi, eksperimen dan berbagai bentuk tugas lainnya. Kesemuanya itu bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar.

    Menurut saya, Bagi seorang guru dalam menerapkan metode pemberian tugas tersebut diharapkan memperjelas sasaran atau tujuan yang ingin dicapai kepada siswa. Demikian halnya dengan tugas sendiri, jangan sampai tidak dipahami dengan jelas oleh siswa tentang tugas yang harus dikerjakan. Dalam penggunaan teknik pemberian tugas atau resitasi, siswa memiliki kesempatan yang besar untuk membandingkan antara hasil pekerjaannya dengan hasil pekerjaan orang lain. Siswa juga dapat mempelajari dan mendalami hasil uraian orang lain. Kesemuanya itu dapat memperluas cakrawala berfikir siswa, meningkatkan pengetahuan dan menambah pengalaman berharga bagi siswa.

  4. Nama : Idha Lestari
    NIM : 501123204
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Ketika memulai pembelajaran guru perlu menyampaikan tujuan pembelajaran dengan jelas , menyampaikan langkah langkah kegiatan serta menyampaikan tehnik penilaian. penugasan yang diberikan kepada siswa harus sesuai dengan tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran berlangsung secara diskusi yang memfasilitasi siswa berkolaborasi, terdapat Lembar Kerja sebagai panduan langkah dalam mengerjakan tugas dalam diskuasi. penugasan yang dikaitkan dengan lingkungan siswa akan lebih memotivasi siswa untuk mengerjakan tugas namun perlu memastikan bahwa lingkungan dapat memfasilitasi kebermaknaan pembelajaran, untuk gerak tumbuhan nasti dan tropisme dapat diamati dilingkungan namun sepertinya untuk gerak taksis tidak dapat diamati langsung bagaimana geraknya sehingga untuk taksis lebih tepat dengan studi pustaka.

  5. Nama : Tri Suranto
    NIM : 501253123
    Prodi : Magister Pendidikan Dasar

    Dalam pemberian tugas agar bermakna harus mengacu pada tujuan pembelajaran agar para siswa bisa mencari informasi yang berkaitan secara mandiri sehingga memudahkan siswa memperoleh pengetahuan yang berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari. Selain itu kita harus menyiapkan panduan yang jelas terkait dengan ketentuan dan aturan dalam membuat tugas. Aspek apa saja yang akan dinilai juga menjadi hal yang sangat perlu diinformasikan kepada siswa. Sebagai guru kita harus melakukan penguatan terhadap apa yang sudah dipelajari di kelas dengan memperhatikan keterkaitan dengan fakta-fakta yang muncul dalam kehidupan sehari-hari. Karena penugasan yang dikaitkan dengan lingkungan siswa akan lebih memotivasi siswa untuk mengerjakan tugas dengan demikian pembelajaran akan lebih bermakna bagi siswa.

Leave a Reply